silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Dalam video tersebut cukup bagus dalam mengajarkan anak dalam mengenal konsep bilangan. Guru memulainya dengan hal yang menjadi kebiasaan seperti menyanyi dulu yang ada relevansinya dengan berhitung. Pada video tersebut terlihat bagaimana guru mengajarkan tahapan pengenalan konsep bilangan. Pertama -tama guru mulai dengan cara berhitung, bernyanyi selanjutnya bertepuk. Selanjutnya guru melakukan aktivitas pengenalan bilangan dengan cara mengambil benda sejumlah instruksi guru. Setelah anak-anak memahami konsep bilangan, guru memberikan tugas dengan memasangkan bilangan dengan jumlah benda yang tepat. Terakhir guru memberikan penguatan kepada anak, bagi anak yang dapat melakukannya dengan benar mendapatkan reward.
Sehat Warhangan
855708704
Video tersebut menyampaikan berbagai kegiatan yang bisa di lakukan untuk mengenal konsep bilangan pada anak, ini sangat mengemukakan dan memberikan tips untuk guru PUAD yang lain. Dalam penyampaian guru di dalam Video tersebut sangat jelas. Dan juga anak di berikan kata pujian dalam melakukan tugasnya. Guru dalam Video menggunakan benda konkrit sehingga anak lebih tertarik dan menyenangkan.
Sehat Warhangan
855708704
Vidio tersebut menyajikan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak, ini sangat mengedukasi dan memberikan tips untuk guru PAUD yang lain. Dalam penyampain guru dalam vidio tersebut sangat jelas dan juga anak diberi kata pujian dalam melakukan tugasnya. Guru dalam vidio menggunakan benda konkrit sehingga anak lebih tertarik dan menyenangkan.
Sehat Warhangan
855708704
Vidio tersebut menyajikan berbagai kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak, ini sangat mengedukasi dan memberikan tips untuk guru PAUD yang lain. Dalam penyampain guru dalam vidio tersebut sangat jelas dan juga anak diberi kata pujian dalam melakukan tugasnya. Guru dalam vidio menggunakan benda konkrit sehingga anak lebih tertarik dan menyenangkan.
Assalamualaikum wr wb
Dari video ini yang berjudul Mengenal konsep bilangan, sangat menarik buat diterapkan dalam pembelajaran dalam mengenal bilangan kepada anak, dengan berbagai teknik yang digunakan dan sebaiknya sebagai guru dalam memberikan pembelajaran sebaiknya menyediakan berbagai konsep atau media dalam pembelajaran sehingga anak dapat memilih sendiri apa yang ingin digunakan dalam media pembelajaran yang bervariasi dengan konsep yang sama seperti mengenalkan bilangan kepada anak-anak. sehingga anak-anak lebih tertarik dan memilih sendiri media yang digunakannya.
terimakash
Assalamualaikum wr wb
Nama : Anita
Nim : 859427873
Dari video ini yang berjudul Sulit Mengenal konsep bilangan, sangat menarik buat diterapkan dalam pembelajaran dalam mengenal bilangan kepada anak, dengan berbagai teknik yang digunakan dan sebaiknya sebagai guru dalam memberikan pembelajaran sebaiknya menyediakan berbagai konsep atau media dalam pembelajaran sehingga anak dapat memilih sendiri apa yang ingin digunakan dalam media pembelajaran yang bervariasi dengan konsep yang sama seperti mengenalkan bilangan kepada anak-anak. sehingga anak-anak lebih tertarik dan memilih sendiri media yang digunakannya
Assalamu ‘alaikum wr.wb
Nama; Laila Hani
Nim ; 858320636
UPBJJ; Banjarmasin
Video yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan ”
Sangat menarik dan bagus buat bahan pembelajaran anak anak tk paud, yang mana bisa diterapkan dalam pembelajaran seperti mengenalkan bilangan kepada anak, dengan berbagai teknik atau alat (media) yang digunakan. Dan sebagai seorang guru sebaiknya dalam memberikan pembelajaran dapat menyediakan berbagai alat atau media dalam pembelajaran, sehingga anak dapat memilih sendiri apa yang ia ingin gunakan dalam media pembelajaran tersebut, yang tujuannya sama sama untuk meningkatkan pembelajaran anak, dengan mengenalkan bilangan kepada anak-anak, sehingga anak lebih tertarik dan memilih sendiri media yang akan digunakannya dalam pembelajaran.
Nama : Mona Nova Sari Munthe
Nim
Nama : Mona Nova Sari Munthe
Nim : 856092444
menurut saya cara guru untuk mengenalkan konsep bilangan sudah sangat efektif, sehingga menarik dan memudahkan anak dalam meneganl bilangan
saran: masih banyak media yang dapat digunakan, missalnya : kartu angka, benda-benda yang dapat dihitung secara langsung
Nama: Yulistyati
NIM: 859523517
Mata Kuliah: PAUD 4401.35
Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Dalam video ini, guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang sangat dipahami oleh anak-anak yaitu; bermain. Kegiatan yang dilakukan sudah cukup baik. Namun bisa diperbaiki agar tujuan pembelajaran dapat tercapai:
1. Penggunaan bahasa pengantar. Dalam video terdengar guru menggunakan 2 bahasa dalam pembelajaran yaitu, Indonesia dan Inggris. Akan lebih baik lagi jika guru lebih konsisten dalam hal ini, karena Komunikasi dan Bahasa adalah salah satu aspek kognitif anak. Pilihlah salah satu bahasa pengantar yang akan digunakan dalam pembelajaran ini, menghitung dengan bahasa Indonesia atau Inggris. Sehingga anak dapat mencapai tujuan pembelajarannya dengan baik.
2. Alat peraga di papan tulis terlalu kecil untuk anak usia dini. Buatlah alat peraga yang konsisten dengan pembelajaran. Jika ingin mengenalkan anak pada konsep bilangan maka alat peraganya pun harus mumpuni, tak perlu mahal namun dapat dipakai anak sebagai alat bantu untuk memahami konsep. Salah satu alat peraga yang dapat digunakan adalah Ten Frames. Alat peraga matematika ini berbentuk persegi panjang yang dibagi menjadi 10 kotak kecil dalam susunan 2 baris dan 5 kolom. Kotak-kotak tersebut dapat berisi penanda seperti kancing, lingkaran, atau benda kecil lain yang dapat dilepas dan dipasang sesuai fungsi dan kegunaan dalam kegiatana konsep bilangan.
Demikian Terimakasih