silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Mohon ijin menanggapi Video tersebut.
Nama : Rinda Ika Maiharti
NIM : 877305406
Judul ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
menurut saya, video tersebut sangat recomended banget buat menghadapi anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. untuk metode dan media yang digunakan dalam video tersebut, sudah pernah saya mencobanya, dan ternyata memang cukup efektif untuk membantu anak dalam mengenal konsep bilangan. tetapi saya juga pernah menggunakan metode dan media kursi angka. jadi saya menyiapkan kursi yang bertuliskan angka, dan anak-anak membawa tulisan angka masing-masing, lalu ketika guru menyebut suatu angka, anak yang memegang angka tersebut diminta untuk menduduki kursi sesuai angka yang dipegang. cara tersebut juga cukup efektif, dan anak juga terlihat lebih antusias.
Nama : Norhidayanti
Nim : 858319839
Dalam video guru mengajarkan konsep bilangan dengan menggunakan benda nyata yaitu mengambil bola dala keranjang. Hal ini bertujuan untuk menggambarkan konsep bilangan dengan cara yang lebih konkret, agar anak bisa melihat dan memegang benda secara nyata sehingga konsep bilangan lebih mudah dipahami oleh anak. Anak diminta menghitung saat mereka mengambil bola untuk pengenalan jumlah benda yang diminta oleh ibu guru, anak belajar secara langsung melalui pengalaman dan keterlibatan fisik.
Nama : Husnul Khatimah
Nim : 859177642
Tema konsep bilangan yang di ajarkan guru dalam video tersebut sangat menyenangkan bagi anak-anak yaitu permainan bola. Dalam video tersebut media ajar yang digunakan guru adalah keranjang dan bola kecil. Bola kecil disimpan didalam keranjang, dan guru memanggil anak satu persatu untuk mengambil jumlah bilangan bola sesuai instruksi guru dan mengajak anak-anak berhitung bersama. Melalui permainan bola, anak-anak tidak hanya belajar mengenal dan menghitung angka, tetapi juga melibatkan keterampilan motorik kasar dengan mengambil bola. Metode ini menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan serta melatih konsentrasi, dan rasa percaya diri mereka. Selain itu, kegiatan berhitung bersama memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar secara kolektif, dan meningkatkan keterampilan sosial mereka.
Kegiatan menunjukkan pendekatan yang kreatif dan inovatif dalam membantu anak-anak mengenal konsep bilangan. Guru tidak hanya menggunakan metode membilang secara verbal, tetapi juga memanfaatkan permainan, lagu, alat peraga, dan lembar kerja untuk membuat pembelajaran menjadi menyenangkan dan interaktif. Pemberian penguatan positif seperti stempel bintang juga merupakan langkah yang baik untuk memotivasi anak-anak. Namun, penting untuk memastikan bahwa kegiatan ini disesuaikan dengan kebutuhan individu anak dan diberikan dalam suasana yang mendukung, agar semua anak merasa nyaman dan mampu berpartisipasi.
Pengenalan angka menggunakan bola merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bisa dilakukan oleh setiap anak kapanpun. Namun mengenalkan jumlah angka melalui lagu dan tepuk merupakan cara yang lebih efektif. Harapannya ketika nanti anak-anak sudah bisa menghitung menggunakan bayangan atau jari, anak dapat lebih mudah menerima materi simbol angka.
Nama: Siti Rahmah
Nim : 8538316564
Dalam video ini, fenomena anak sulit mengenal konsep bilangan, guru memerlukan keterampilan tesendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak guru secara tidak langsung memperkenalkan lambang bilangan kepada anak melalui kegiatan bermain. Anak usia dini lebih mudah memahami konsep bilangan atau huruf dengan menggunakan benda-benda konkret. Seperti yang ditunjukkan dalam video, guru memperkenalkan konsep bilangan dengan menggunakan bola, melingkari gambar sesuai jumlah yang ditentukan, serta menghitung spidol. Anak-anak terlihat senang dan lebih mudah memahami konsep bilangan karena metode yang digunakan adalah belajar sambil bermain yang menyenangkan. Guru juga memberikan pujian berupa tepuk tangan dan memberikan stempel bintang di tangannya kepada anak yang berhasil menghitung dengan benar. Video ini sangat inspiratif dan layak diterapkan pada anak usia dini, terutama untuk mengembangkan kemampuan dasar serta menanamkan pemahaman bahwa belajar sambil bermain itu menyenangkan.
Nama : Rizka Arfina
NIM : 858543215
video ini sangat inspiratif! Cara guru dalam mengajarkan konsep bilangan benar-benar kreatif dan menarik. Menggunakan permainan menghitung, alat peraga seperti benda bernomor, dan lembar kerja mencocokkan angka dengan objek, itu ide yang sangat bagus! Apalagi ditambah dengan penguatan positif seperti memberikan pujian atau stiker, anak-anak pasti jadi lebih termotivasi untuk belajar.
Saya juga suka bagaimana kegiatan dibuat menyenangkan dan interaktif. Tapi saya penasaran, apakah ada metode lain yang bisa digunakan, seperti lagu atau aplikasi edukasi? Dan bagaimana guru memastikan anak-anak tetap fokus, terutama mereka yang mudah teralihkan? Saya juga ingin tahu, tantangan terbesar apa yang biasanya dihadapi saat mengajarkan konsep angka ini? Kalau ada tips tambahan, pasti sangat membantu guru-guru lainnya!”
Nama : Pulung Tri Hayati
NIM : 857689839
Video tersebut sangat menginspirasi karena membantu pendidik dalam mengatasi anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dengan benda nyata, serta pemberian penguatan positif kepada anak yang sangat sesuai, sehingga anak merasa bersemangat dalam kegiatan pembelajaran
Nama : Pulung Tri Hayati
NIM. : 857689839
Video tersebut sangat menginspirasi karena membantu pendidik dalam mengatasi anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dengan mengenalkan menggunakan benda nyata, dan memberikan penguatan positif kepada anak sehingga anak merasa bersemangat dalam kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan.
Nama: Puspita Wulan Dhari
Nim: 856257401
Dalam video guru mengajarkan konsep bilangan dengan menggunakan benda nyata yaitu mengambil bola dala keranjang. Hal ini bertujuan untuk menggambarkan konsep bilangan dengan cara yang lebih konkret, agar anak bisa melihat dan memegang benda secara nyata sehingga konsep bilangan lebih mudah dipahami oleh anak. Anak diminta menghitung saat mereka mengambil bola untuk pengenalan jumlah benda yang diminta oleh ibu guru, anak belajar secara langsung melalui pengalaman dan keterlibatan fisik.