silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,067 Comments

  1. nama : Ainul amalia
    nim : 858801751
    setelah menonton vidio tersebut sangat bagus dan sangat bermanfaat bagi guru paud untuk mengenalkan konsep bilangan

  2. Dalam video ” sulit mengenal konsep bilangan” ini dapat menambah wawasan bagi guru PAUD bahwa mengenalkan lambang bilangan bukan hanya dengan cara memakai buku saja tetapi bisa dengan cara teknik / media yang lain sepeerti dalam video di atas

  3. Nama : SRI WAHYUNI
    Nim : 859425128
    Dalam video tersebut memberikan inspirasi kepada saya dalam mengajarkan anak dalam mengenal konsep bilang.
    Bukan hanya menggunakan media nyata dalam mengenal konsep bilangan akan tetapi dapat juga melalui penggunaan permainan lagu dan tepuk, dapat juga berupa pemberian tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya…
    Anak-anak juga diberi penguatan yang sudah berhasil melakukan kegiatan yang sesuai dengan arahan atau perintah ibu guru dengan Pemberian reward berupa ajungan jempol, kata hebat atau pintar, tepuk tangan dan memberikan bintang yang ditempelkan di bajunya.

  4. nama : jumriani
    nim : 837973545
    dari tanyangan video tersebut,saya mengamati ada banyak sekali metode pengenalan angka/bilangan yang sangat bagus untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak,mulai dari bernyanyi,mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan dan lain sebagainya. selain itu guru menyiapkan materi yang membuat anak gembira dan bersemangat untuk ikut berkegiatan.

  5. Nama: Sehat Warhangan
    Nim: 855708704
    Dari video yang di atas saya mengamati bahwa ada banyak sekali metode pengalaman angka atau bilangan yang bagus untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak,mulai dari bernyanyi,mengelompokkan benda sesuai dengan bilangan dan lain-lain.

  6. Nama : Yuni Melania
    NIM : 859520346
    Dari video di atas dalam mengenalkan konsep bilangan guru harus memakai cara-cara yang menarik seperti bermain mengambil bola dan menghitungnya, dengan cara bernyanyi, dan dengan mengerjakan lembar kerja anak sesuai usia anak serta belajar berhitung dengan benda konkrit. Dalam video di atas guru juga dapat memberikan reward atau pujian agar anak lebih semangat dan termotivasi contohnya memberikan stempel di tangan anak-anak.

  7. Nama : Ika Setyorini
    NIM : 857522534
    Prodi PGPAUD

    Dari video tersebut, saya mendapatkan pembelajaran dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak anak. Pembelajaran tersebut tidak melulu secara lembar kerja, akan tetapi melalui kegiatan kegiatan yang juga dapat menyentuh aspek perkembangan anak lainnya.
    dan pembelajaran ini sebetulnya dapat dilakukan didalam dan juga diluar ruangan, dengan begitu aspek perkembangan anak juga dapat lebih berkembang.

  8. Kelly Angelita _ 859519183
    dalam video tersebut mengenal konsep bilangan angka berdasarkan jumlahnya melalui permainan dengan menggunakan benda-benda konkrit, membilang dengan lagu dan tepuk tangan sehingga belajar berhitung dengan cara yang menyenangkan. Dengan ini waktu pengerjaan dengan lembar kerja anak mampu mandiri mengisinya adapun guru memberikan stempel bintang kepada anak guna memberikan penguatan kepada anak dengan hasil karyanya baik. perihal diatas sangat membantu untuk kemampuan kognitif anak terutama bidang matematika

  9. Nama : SAMSIYATUN
    NIM : 855872816

    Setelah saya mengamati video tersebut, Cara pembelajaran yang dilakukan Bu guru untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak sangat inovatif dan sudah pernah saya implementasikan dalam pembelajaran paud. Sebelum memberikan LKPD pada anak guru terlebih dahulu mengajarkan konsep bilangan dengan menggunakan benda konkret/ nyata yaitu membilang banyak bola/ mengambil bola dalam keranjang sesuai dengan instruksi bu guru. Anak menghitung bola secara langsung dengan bimbingan bu guru. Hal ini bertujuan agar anak mampu mengenal konsep membilang banyak benda secara konkret. Guru juga memberikan penguatan melalui bernyanyi.

  10. Nama : SAMSIYATUN
    NIM : 855872816

    Setelah saya mengamati video tersebut, Cara pembelajaran yang dilakukan Bu guru untuk mengenalkan lambang bilangan pada anak sangat inovatif dan sudah pernah saya implementasikan dalam pembelajaran paud. Sebelum memberikan LKPD pada anak guru terlebih dahulu mengajarkan konsep bilangan dengan menggunakan benda konkret/ nyata yaitu membilang banyak bola/ mengambil bola dalam keranjang sesuai dengan instruksi bu guru. Anak menghitung bola secara langsung dengan bimbingan bu guru. Hal ini bertujuan agar anak mampu mengenal konsep membilang banyak benda secara konkret. Guru juga memberikan penguatan melalui bernyanyi.

Leave a Reply