silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,134 Comments

  1. Nama: Dhyni Arigustin
    Prodi: PGPAUD

    Video ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran yang interaktif, konkret, dan menyenangkan. Guru berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang positif dan memberikan apresiasi untuk mendorong motivasi belajar anak.

  2. Nama Sulistiyani
    Nim : 858188373
    Judul video : Sulit mengenal konsep bilangan
    Dari video yg saya nonton itu mengajarkan bagaimana cara melatih anak tentang konsep bilangan ,ada beberapa cara dengan bernyanyi atau bermain tepuk ,divideo itu anak disuruh mengambil bola sesuai yg ibu guru minta contohnya tadi Seven ( 7 ) tapi anak tadi masih kurang 1 bola , untuk masukan diviwo itu ,videonya kurang penuh tayanganan nya kurang penuh ,terima kasih

  3. Nama : noviyatul islamiyah
    Nim : 858190133
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Judul video : suli mengenal konsep bilangan
    Video ini menyajikan gambaran pembelajaran di kelas seperti :
    • Pembelajaran Aktif dan Interaktif: Bu Santi berhasil menciptakan suasana belajar yang aktif dengan melibatkan langsung anak-anak dalam permainan bola dan menghitung. Ini membuat anak-anak lebih tertarik dan mudah memahami konsep bilangan.
    • Penggunaan Media yang Konkret: Bola menjadi media yang sangat efektif karena anak-anak bisa melihat dan menyentuh langsung jumlahnya. Ini membantu mereka membangun pemahaman yang lebih nyata tentang angka.
    • Diferensiasi Sederhana: Meskipun tidak eksplisit, terlihat adanya sedikit diferensiasi ketika Bu Santi memberikan jumlah bola yang berbeda kepada Raza dan Nailah. Ini menunjukkan kepekaan guru terhadap potensi perbedaan pemahaman anak.
    • Penguatan Positif: Pemberian pujian (“Subhanallah ternyata Raza juga hebat ya”, “Wah Subhanallah Naila pandai”) dan stempel bintang adalah bentuk penguatan positif yang sangat baik untuk memotivasi anak-anak.
    • Mengaitkan dengan Kehidupan Sehari-hari: Meskipun di dalam kelas, aktivitas bermain bola tetap relevan dengan pengalaman bermain anak-anak di luar kelas.
    • Variasi Metode: Video juga menunjukkan variasi metode pengajaran, seperti bernyanyi sambil berhitung, bertepuk, memasangkan gambar dengan lambang bilangan, dan melingkari benda sesuai lambang bilangan. Ini penting untuk mengakomodasi gaya belajar anak yang berbeda-beda.
    • Mengatasi Kesulitan Konsep Bilangan: Narasi di tengah video sangat relevan, menyoroti tantangan anak dalam mengenal konsep bilangan dan pentingnya strategi kreatif guru.
    Manfaat ketika saya sebagai guru setelah menonton video ini:
    • Mendapatkan Ide Kreatif: Guru dapat terinspirasi untuk menggunakan permainan sederhana seperti bermain bola di dalam kelas sebagai cara yang menyenangkan untuk mengenalkan konsep bilangan.
    • Memahami Pentingnya Media Konkret: Video ini mengingatkan guru akan pentingnya menggunakan media pembelajaran yang nyata dan bisa dimanipulasi oleh anak-anak untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam.
    • Melihat Contoh Penerapan Penguatan Positif: Guru dapat belajar bagaimana memberikan pujian dan penghargaan yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak.
    • Menyadari Variasi Metode Pengajaran: Video ini memberikan contoh konkret tentang bagaimana mengombinasikan berbagai metode (bermain, bernyanyi, lembar kerja) untuk mengajarkan konsep bilangan secara lebih komprehensif.
    • Mendapatkan Inspirasi untuk Mengatasi Kesulitan Belajar: Guru dapat belajar bahwa kesulitan anak dalam memahami konsep bilangan adalah hal yang wajar dan memerlukan kreativitas guru dalam mencari solusinya.
    • Meningkatkan Keterampilan Diferensiasi: Meskipun sederhana, contoh dalam video dapat memicu guru untuk lebih mempertimbangkan perbedaan individual anak dalam memberikan tugas atau pertanyaan.
    • Menegaskan Pentingnya Pembelajaran yang Menyenangkan: Video ini menjadi pengingat bahwa pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan akan membuat anak lebih antusias dan mudah menyerap materi

  4. Saya Dinda pebriana putri, dengan NIM : 858876338. Dari UPBJJ Malang.
    Menurut saya vidio ini sangat membantu guru dalam mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Dengan berbagai cara yang bisa dilakukan sangat bervariasi dan juga menyenangkan, serta sangat mudah untuk ditirukan dan diterapkan di kelas.

  5. Assalamualaikum W.r W.b
    Izin menanggapi
    Nama : EVA DEVIKA RAMADHANI
    NIM : 858830548
    Semester : 8
    Prodi : S1 PG PAUD AKPMM
    Matkul : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Menurut pendapat saya tenaga pendidik dalam video tersebut mengembangkan kemampuan mengenal konsep bilangan kepada para peserta didik dengan tepat. Langkah yang diterapkan diantaranya:
    a. Mengenalkan kepada anak dengan menggunakan model pembelajaran circle time, hal ini membuat anak lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh tenaga pendidik.
    b. Menjelaskan kepada anak dengan suara yang lantang, tegas dan menyenangkan sehingga membuat anak lebih fokus dalam mendengarkannya
    c. Memberikan contoh konkret kepada anak dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk melakukan kegiatan pengembangan. Hal itu nampak ketika tenaga pendidik meminta kepada beberapa anak untuk mengambil bola.
    d. Kegiatan mengenal angka dalam video dilakukan dengan berbagai jenis kegiatan yang menarik seperti mengajak anak membilang dengan permainan, melakukan tepuk dan menyanyi dengan menggunakan bahasa Inggris. Hal ini akan membuat anak lebih tertarik karenaa kegiatan tidak monoton.
    e. Guru juga memberikan penguatan berupa pemberian stempel kepada anak yang dapat melakukan kegiatan tersebut dengan baik dan benar, hal ini akan membuat mereka termotivasi untuk melakukan kegiatan pengembangan dengan baik dan benar
    Demikian yang dapat saya sampaikan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

  6. Nama Anisa Wulan Romadhona
    NIM 858830469
    Semester 8
    Prodi S1 PGPAUD AKPMM
    Matkul Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Judul Vidio Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Mengatasi Kesulitan Konsep Bilangan: Narasi di tengah video sangat relevan, menyoroti tantangan anak dalam mengenal konsep bilangan dan pentingnya strategi kreatif guru.
    Manfaat ketika saya sebagai guru setelah menonton video ini:
    • Mendapatkan Ide Kreatif: Guru dapat terinspirasi untuk menggunakan permainan sederhana seperti bermain bola di dalam kelas sebagai cara yang menyenangkan untuk mengenalkan konsep bilangan.
    • Memahami Pentingnya Media Konkret: Video ini mengingatkan guru akan pentingnya menggunakan media pembelajaran yang nyata dan bisa dimanipulasi oleh anak-anak untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam.
    • Melihat Contoh Penerapan Penguatan Positif: Guru dapat belajar bagaimana memberikan pujian dan penghargaan yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak.
    • Menyadari Variasi Metode Pengajaran: Video ini memberikan contoh konkret tentang bagaimana mengombinasikan berbagai metode (bermain, bernyanyi, lembar kerja) untuk mengajarkan konsep bilangan secara lebih komprehensif.
    • Mendapatkan Inspirasi untuk Mengatasi Kesulitan Belajar: Guru dapat belajar bahwa kesulitan anak dalam memahami konsep bilangan adalah hal yang wajar dan memerlukan kreativitas guru dalam mencari solusinya.
    • Meningkatkan Keterampilan Diferensiasi: Meskipun sederhana, contoh dalam video dapat memicu guru untuk lebih mempertimbangkan perbedaan individual anak dalam memberikan tugas atau pertanyaan.
    • Menegaskan Pentingnya Pembelajaran yang Menyenangkan: Video ini menjadi pengingat bahwa pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan akan membuat anak lebih antusias dan mudah menyerap materi.

  7. Bissmillah…
    Nama : Yuli wulandari
    Nim : 857469298
    prodi: PDPAUD
    Menurut saya dalam vidio diatas menujukan guru yang sedang mengenalkan konsep berhitung pada anak,guru sangat interkatif dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar.mengenalkan berhitung dan mengenalkan angka bisa dengan hal-hal yang sederhana yang dilakukan oleh guru dan orang tua dirumah.seperti nyanyian,tepukan dan berbagai aktivitas lain yang menarik untuk membuat proses belajar berhitung menjadi menyenangkan.

  8. NAMA: DINAR SUA TANTRI
    NIM : 858568137
    AKPMM PGPAUD SEMESTER 8
    SALUT BANDUNG TULUNGAGUNG

    Mata Kuliah: Pemantapan Kemampuan Profesional
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan.

    Dari video di atas kita dapat mempelajari bagaimana cara/ upaya untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
    Beberapa teknik mengenal konsep bilangan pada anak diantaranya:
    a. mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk;
    b. membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut;
    c. memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan
    d. mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
    Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih.

    Sumber: BMP PAUD 4501/ Panduan Pemantapan Kemampuan Mengajar.

  9. Assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Konita Fajriati
    NIM: 857331557
    Judul Video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Di dalam video ini, guru mengenalkan konsep bilangan dengan kegiatan bermain bola, yaitu menghitung jumlah bola yang diambil sesuai dengan arahan guru
    dengan menyebutkan angka. Ada anak laki-laki yang berhasil mengambil bola dengan jumlah yang sesuai arahan guru, namun ada juga anak perempuan yang
    belum sempurna untuk pengenalan konsep bilangannya masih perlu bimbingan dan motivasi terus untuk penguatan pengenalan konsep bilangannya.
    Di sesi selanjutnya, guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan media lembar kegiatan bergambar lalu mengajak anak-anak untung menghitug jumlah gambar
    dan menuliskan angka sesuai jumlah. Terakhir, guru memberikan penguatan dengan menghitung jumlah spidol dan memebrikan stemple bintang di tangan anak
    memberikan umpang balik kepada anak yang sudah percaya diri dan pantang menyerah.
    Dari kegiatan di atas untuk mengenalkan konsep bilangan dapat dilakukan, namun saran saya untuk selanjutnya memberikan kegiatan yang lebih kompleks dari
    sebelumnya, agar guru dapat melihat perkembangan anak dalam pnegenalan konsep bilangan.

Leave a Reply