silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Assalamualaikum
Nama : DEWI MUSFIROTUL ILMIYAH.
NIM : 858824806
JUDUL VIDEO : SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Menurut saya dalam video ini sudah sangat kreatif saat menyampaikan konsep bilangan pada peserta didik,
Dengan menyebutkan bilangan guru sangat menguasai konsep pembelajaran yang akan disampaikan mulai dari bernyanyi dan penyebutan bilangan, guru juga memberikan reward kepada anak yang mampu memberikan jawaban yang benar.
Nama : ARISMA AYU USNAINI
NIM : 858529744
Prodi : PGPAUD Semester 4
Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Dalam video pembelajaran diatas, guru mampu menjelaskan aturan bermain dan penguasaan kelas dengan baik yaitu guru mengajar anak bermain mengambil bola sesuai jumlah bilangan yang disebutkan oleh guru ketika ada anak yang belum mengenal jumlah bilangan seperti ketika guru memberi arahan mengambil bola sebanyak 4 tetapi anak mengambil bola sebanyak 5 guru mengajak anak untuk membilang dengan menggunakan lagu agar anak mudah memahami dan lebih semangat lagi selain itu guru memberikan apresiasi anak dengan memberikan stampel bintang pada anak yang mampu mengambilkan spidol sesuai perintah guru sehingga anak akan merasa bersemangat.
Terima kasih…..
Nama : Yuli wulandari
NIM : 857469298
Dalam vidio pembalajaran di atas,guru mengenalkan anak pada konsep bilangan,guru disini sudah cukup baik dalam mengenalkan pembilangan yaitu dengan menggunakan media yang ada yaitu mainan.alangkah baiknya bila dalam menggunakannya dengan cara berlomba,anak akan termotivasi dan lebih bersemangat karena ada semacam kompetisi.
Tetapi disini ada saja beberapa anak masih kurang mengenal dalam pembilangan,guru mengenalkan kembali dengan cara bernyanyi dan bertepuk.dengan menggunakan anggota tubuhnya dan panca indra kita.ada banyak cara mengenalkan anak dalam mengenalkan huruf dan angka,asalkan guru dan orang tua bekerja sama dalam menstimulasi anaknya.
Nama : Nila Aini
NIM : 8568553077
UPBJJ : Kota Bengkulu
Assalamu’alakum wr.wb
Video Anak sulit mengenal konsep bilangan
pada video, guru sudah memberikan materi pembelajaran yang sangat bagus. karena dengan melalui bermain sambil belajar, anak akan mudah memahami dan dapat mengerti dengan konsep bilangan. Namun menurut saya akan lebih baik jika anak di ajak membuat langsung angka yang disebutkan, setelah anak mengambil dan membilang bola anak di beri kesempatan untuk membuat atau menulis angka yang disebutkan memakai spidol di papan tulis atau pada kertas karton. disela permainan guru boleh mengajak anak sambil bernyanyi dan berhitung Dengan begitu, anak akan lebih cepat mengingat dan paham, serta bermain sambil belajar akan terasa lebih menyenangkan.
wassalamu’alaikum wr wb
Nama: Anastasia Br Barus
Nim : 856049958
Pada video pembelajaran tersebut guru sudah mampu melakukan kegiatan belajar yang aktif dan menarik bagi anak. Guru tidak hanya melakukan kegiatan belajar dengan cara menulis akan tetapi sambil bermain berhitung bola, bernyanyi, dan bertepuk tangan. Serta guru juga memberikan umpan balik pada anak sehingga dapat menambah penguatan pada anak.
Nama : Khoirotun Niswah
NIM : 857725096
Dalam vidio pembalajaran di atas,guru berupaya mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan cara mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan tepung, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lama bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangan nya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya .
Tetapi disini ada saja beberapa anak masih kurang mengenal dalam pembilangan. Mungkin bisa dicoba dengan media lain yaitu melalui gambar angka berseri. Karena gambar angka berseri akan sangat cocok digunakan oleh guru taman kanak-kanak sebagai alat permainan sekaligus media pembelajaran karena menarik bagi anak dalam belajar mengenal konsep bilangan atau angka media. Gambar berseri adalah media belajar yang digunakan oleh guru yang berupa gambar datar yang mengandung cerita dengan urutan tertentu sehingga antara satu kata dengan sumber yang lain memiliki hubungan cerita dan membentuk satu kesatuan.
Dengan menggunakan media gambar berseri dengan angka, warna, bentuk geometri, kegiatan berhitung dengan menggunakan permainan memasangkan angka dengan gambar berseri, menghitung, menempelkan, dan mengenal warna maka anak akan lebih cepat menghafal bilangan. Kemampuan berhitung anak yang semula rendah menjadi meningkat karena alat/media pembelajaran yang menarik perhatian anak. Terimakasih
NIM : 857725096
Dalam vidio pembalajaran di atas,guru berupaya mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan cara mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan tepung, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lama bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangan nya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya .
Tetapi disini ada saja beberapa anak masih kurang mengenal dalam pembilangan. Mungkin bisa dicoba dengan media lain yaitu melalui gambar angka berseri. Karena gambar angka berseri akan sangat cocok digunakan oleh guru taman kanak-kanak sebagai alat permainan sekaligus media pembelajaran karena menarik bagi anak dalam belajar mengenal konsep bilangan atau angka media. Gambar berseri adalah media belajar yang digunakan oleh guru yang berupa gambar datar yang mengandung cerita dengan urutan tertentu sehingga antara satu kata dengan sumber yang lain memiliki hubungan cerita dan membentuk satu kesatuan.
Dengan menggunakan media gambar berseri dengan angka, warna, bentuk geometri, kegiatan berhitung dengan menggunakan permainan memasangkan angka dengan gambar berseri, menghitung, menempelkan, dan mengenal warna maka anak akan lebih cepat menghafal bilangan. Kemampuan berhitung anak yang semula rendah menjadi meningkat karena alat/media pembelajaran yang menarik perhatian anak. Terimakasih
Nama : Aldilla Bintan Hamida
NIM : 858828494
Dalam video mengenai “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, guru mengajarkan konsep bilangan dengan memanfaatkan berbagai teknik dan media yang bervariasi. Ibu guru mengajarkan konsep bilangan melalui kegiatan bernyanyi, tepuk tangan, dan bermain. Guru juga menyajikan beberapa jenis permainan yang dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan, selain menggunakan lagu dan tepuk.
Guru juga dapat memperkenalkan bentuk-bentuk angka pada awal pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media gambar atau bentuk geometri yang berwarna-warni, sehingga anak lebih tertarik dan mudah memahami konsep tersebut. Dengan demikian, saat guru memberikan lembar kerja yang memuat gambar benda dan lambang bilangan, anak akan lebih mudah mencocokkan jumlah gambar benda dengan lambang bilangan tersebut.
Pada akhir pembelajaran, guru memberikan penguatan kepada anak dan mengapresiasi kinerjanya dengan memberikan stempel bintang. Tindakan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, sehingga semangatnya dalam mengikuti proses pembelajaran akan semakin menyenangkan dan menarik minat anak
Nama: siti ika Irawati
Nim : 859681173
Video pembelajaran tentang mengatasi permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini: sulit mengenal konsep bilangan.
Dari video ini memberikan strategi yang efektif untuk mengatasi kesulitan anak dalam mengenal bilangan, seperti penggunaan media visual dan permainan interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman mereka.
1.pendekatan visual, video ini menekankan pentingnya penggunaan alat bantu visual. Seperti gambar dan objek nyata.
2. Permainan edukatif, mengintegrasikan permainan dalam pembelajaran bilangan efektif. Dalam video ini menunjukkan permainan yang Dapat digunakan memperkenalkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan.
3.keterlibatan aktif, video ini mendorong keterlibatan aktif anak-anak dalam proses belajar. Dengan melibatkan mereka dalam aktivitas yang memerlukan partisipasi langsung. Anak-anak lebih paham konsep yang diajarkan.
Terimakasih
Nama : Tarmini
Nim : 857829526
Video ini mengajarkan strategi mengenalkan konsep bilangan ini sangat bagus dan kreatif karena semua anak dapat terilibat aktif dan berpartisipasi dalam permainan sehingga pembelajaran berjalan menyenangkan. Strategi pengenalan konsep bilangan yang digunakan didalam video ini yaitu dengan permainan, lagu dan tepuk. Guru memberi lembar kerja memasangkan benda dengan bilangan dan melengkapi benda sesuai bilangan serta memberi penguatan dengan memberi reward bagi yang tidak salah dalam mengambil jumlah benda sesuai bilangan.
Terimakasih.