Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama : Mursida
    Nim : 859403219
    Dari video cara mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan memudahkan guru dalam permasalahan tersebut dengan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak. Dalam video tersebut guru yang mempunyai kemampuan untuk menyampaikan materi berupa menghitung bilangan dengan menggunakan media benda konkrit/ nyata seperti bola, spidol sangat membantu anak untuk lebih memahami konsep bilangan dan didukung dengan bahasa yang jelas dan komunikatif sehingga anak mudah untuk memahaminya. Proses pembelajaran yang berlangsung sangat interaktif, anak dilibatkan langsung dalam pembelajaran.

  2. Nama : Rindiana Noviani
    Nim : 858531339

    Menurut saya dari video diatas itu adalah, seorang pendidik yang mengajarkan anak didiknya mengenalkan bilangan sambil bermain. Dan iya, pendidik harus ekstra sabar untuk belajar sama anak didik. Mengenalkan bilangan sambil bermain itu salah satu cara untuk mempermudah guru mengenalkan bilangan pada anak.

  3. Alfiatu Rahmania (857877409)
    Dari video diatas dapat diketahui, tentang cara menyenangkan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan menggunakan berbagai media dan interaktif (tanya jawab) dengan anak. Penjelasan guru dalam menyampaikan kegiatan pada anak-anak divideo tersebut juga sangat jelas.

  4. Asalamua’alaikum izin menanggapi
    menurut saya dari tayangan video tersebut sudah baik, guru memberikan contoh dengan metode yang kreatif dan inovatif sehingga mendorong minat anak dalam mengenal dan memahami konsep bilangan, selain itu guru juga dapat menciptakan suasana kelas yang aktif seperti mengajak anak untuk bernyanyi sehingga membuat belajar anak yang menyenangkan.

  5. Nama : Dwi Sutanti
    Nim : 855795438
    Asalamua’alaikum izin menanggapi
    menurut saya dari tayangan video tersebut sudah baik, guru memberikan contoh dengan metode yang kreatif dan inovatif sehingga mendorong minat anak dalam mengenal dan memahami konsep bilangan, selain itu guru juga dapat menciptakan suasana kelas yang aktif seperti mengajak anak untuk bernyanyi sehingga membuat belajar anak menyenangkan.

  6. Nama : Dian Octora
    NIM : 857996705
    PGPAUD UT semester 8

    Bismillah, Assalamu’alaykum.
    Izin berdiskusi teman-teman.
    Berdasarkan hasil pengamatan video diatas tentang bagaimana cara untuk mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan.
    Menurut pendapat saya, Proses pembelajaran dalam mengenal konsep bilangan diatas sangat menyenangkan.
    Terlihat dari,, Guru sangat interaktif dan komunikatif dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga anak merasa tertarik dalam belajar mengenal angka. Terlihat dari, Guru telah mempersiapkan bahan ajar untuk mendukung pembelajarannya, seperti bola, gambar, spidol, dan stempel. Guru juga melakukan pengulangan dalam pembelajaran sehingga membuat anak jadi lebih paham.
    Diakhir video,, Guru juga memberikan stempel sebagai reward untuk anak yang telah berhasil. Kegiatan ini salah satu bentuk apresiasi yang bagus untuk anak dalam memotivasi dan menumbuhkan dampak positif bagi anak.

    Terimakasih atas sharing videonya.

  7. Nama: Herawati
    Nim: 857525633
    Izin menanggapi video anak sulit mengenal konsep bilangan.
    Video tersebut sangat bermanfaat untuk saya sebagai guru paud karena pada video dijelaskan bagaimana cara mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan cara yang menyenangkan sehingga dapat mudah dipahami oleh anak.

  8. Nama : Yulianti
    Nim : 857471287
    Video di atas menampilkan Upaya seorang guru Tk yang sedang mengatasi kesulitan anak -anak untuk mengenal konsep bilangan, guru itu menggunakan berbagai setrategi seperti, Mengajak anak membilang melalui permainan , lagu, dan tepuk tangan, Menggunkan alat peraga untuk membantu anak menggambil benda sesuai dengan yang di sebutkan guru, Memberikan lembar kerja yang melibatkan memasangkan dan melingkari benda sesuai dengan angka yang di tunjukan, Memberikan penghargaan kepada anak yang berhasil seperti memberikan setempel Bintang ke tangan anak.
    Kelebihan dari video ini Guru menggunakn metode bermain, tepuk-tepukan dan bernyanyi agar pembelajaran lebih menyenangkan dan anak tidak jenuh dalam pembelajaran, serta Alat-alat yang digunakan guru sangat membantu anak untuk memahami konsep bilangan yang konkret, Guru juga memberikan penghargaan kepada anak yang berhasil menyelesaikan tugasnya, Kekurangan dari video ini yaitu, Pemilihan anak yang berpartisipasi dalam kegiatan kurang beragam dan kurang melibatkan semua anak, seharusnya semua anak berperan secara merayata dan Beberapa kegiatan tidak ditampilkan secara lengkap dalam video, seperti proses penilaian.
    nah dari Video ini dapat memberikan wawasan tentang pentingnya pendekatan yang menyenangkan dan interaktif dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Sebagai guru dalam memberikan pembelajaran, kita juga perlu memastikan bahwa semua anak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dan memahami materi yang diajarkan

  9. Assalamualaikum wr wb
    Nama : Siti Arofah
    Nim : 857649978
    Izin menanggapi video yang berjudul Sulit Mengenali konsep bilangan.
    dari video tersebut upaya yang dilakukan oleh guru sudah sangat bagus, dengan melibatkan/ interaksi langsung dengan anak sehingga anak merasa senang sehingga anak mudah menerima dan memahmi konsep yang diberikan oleh guru. Upaya yang dilakukan untuk mengenalkan konsep bilangan kepada peserta didik Sangat menginspirasi.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://sipil.teknik.untan.ac.id/