silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,125 Comments

  1. Nama : Nurul Khayatul Qilmi
    Nim : 857631775
    UPBJJ: UT Purwokerto
    Assalamualaikum… Izin menanggapi video pembelajaran di atas. Dengan adanya video tersebut membuat saya terbantu untuk lebih kreatif serta inovatif dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didik saya. Dengan di selingi dengan lagu, tepuk membuat anak lebih semangat dalam pembelajaran. Serta dengan konsep yang seperti itu akan membantu anak lebih mudah dalam mengenal konsep bilangan. Karena dengan hal tersebut anak akan senang serta rasa ingin tahunya kembali besar.
    Serta dengan memberi reward untuk anak yang mampu mengambil bola dan spidol dengan jumlah yang benar dengan memberikan cap Bintang untuk nya akan membuat anak-anak yang lain termotivasi dan ingin melakukan hal yang sama seperti temannya yang lain..
    Demikianlah tanggapan dari saya.

  2. Nama: Aulina Maghfiroh
    NIM : 857991824
    UPBJJ: Yogyakarta

    Assalamualaikum wr.wb
    Izin menanggapi vidio pembelajaran tersebut.
    Vidio tersebut memperlihatkan kegiatan yang dilakukan seorang guru untuk mengenalkan bilangan kepada anak didiknya. Kegiatan yang dilakukan tersebut didalam kelas. Dalam vidio tersebut, seorang guru menyuruh anak untuk mengambil bola yang didalam keranjang sesuai perintah guru dan kemudian menghitungnya bersama teman-teman. Kegiatan tersebut selain melatih anak mengetahui bilangan juga melatih kepercayaan diri seorang anak berdiri dihadapan anak-anak yang lainnya. Guru juga menggunakan teknik konsep bilangan dengan bernyanyi sambil bertepuk. Kegiatan lainnya adalah memberikan lembar kerja kepada anak untuk melingkari bilangan sesuai gambar benda yang ada.

    Guru juga memberikan reward (penghargaan) bagi anak yang bisa mengambil spidol sesuai dengan perintah guru dengan memberikan stempel bintang pada tangan anak.
    Pemberian reward bagi anak sangat bermanfaat agar anak termotivasi untuk selalu belajar agar selalu bisa mendapatkannya.

  3. Bismillah. Izin menanggapi video Sulit Mengenal konsep bilangan
    Menurut saya, video tersebut merupakan sumber belajar yang bermanfaat bagi guru PAUD. Video tersebut menunjukkan beberapa strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk membantu anak belajar konsep bilangan, dengan menggunakan berbagai strategi seperti, Mengajak anak membilang melalui permainan , lagu, dan tepuk tangan. Menggunkan alat peraga untuk membantu anak menggambil benda sesuai dengan yang di sebutkan guru. Memberikan lembar kerja yang melibatkan memasangkan dan melingkari benda sesuai dengan angka yang di tunjukan. Memberikan penghargaan kepada anak yang berhasil seperti memberikan setempel Bintang ke tangan anak.

    Video-video dari Guru Pintar Online merupakan sumber belajar yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD. Video-video tersebut dapat membantu guru PAUD dalam mengajar, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mendukung pengembangan profesional mereka.

  4. Nama : Melani Rosita Rasid
    NIM : 857985694
    UPBJJ : YOGYAKARTA
    Setelah saya melihat video Sulit Mengenal Konsep Bilangan, ibu guru dengan berbagai metode memberikan beberapa strategi bagaimana cara mengenal konsep bilangan pada anak-anak. Dengan bermain kreatif dan menyenangkan, bernyanyi sambil tepuk dan dengan lembar kerja anak. Dengan membangun rasa percaya diri anak-anak guru mengajak anak-anak maju kedepan serta pemberian awards menambah semangat anak dalam belajar. Video ini sangat membantu saya sebagai guru dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak didik saya.

  5. Dalam tayangan video memperlihatkan bagaimana guru memberikan beberapa teknik dalam mengajarkan bilangan kepada anak dengan mudah dan menyenangkan sehingga diharapkan anak dengan cepat memahami konsep bilangan. Teknik bermain. bernyanyi, tepuk dan lain sebagainya sangat tepat untuk metode pembelajaran bagi anak usia dini sesuai dengan tingkat kemampuannya.

  6. Nama : Nanik Tri Ismawati
    NIM : 857987594

    Setelah melihat tayangan vidio diatas, guru telah menerapkan strategi yang tepat, menyenangkan, dan sesuai dengan pendekatan pembelajaran PAUD.
    Guru tidak hanya menyampaikan konsep bilangan secara verbal, tapi juga melibatkan indera, gerak tubuh, serta emosi anak dalam proses belajar.
    Saya berharap pendekatan seperti ini bisa terus dikembangkan dan dibagikan sebagai praktik baik kepada guru-guru lainnya.
    Pembelajaran yang aktif, kreatif, dan memberikan ruang eksplorasi akan membantu anak memahami konsep-konsep dasar seperti bilangan secara lebih mendalam dan bermakna.

  7. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Izinkan saya menanggapi video pembelajaran dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Nama : Endah Haidar Faridah
    NIM : 859655866
    UT Bandung

    Video ini cukup menarik menampilkan sebuah pemecahan masalah mengapa bagaimana mengenalkan konsep bilangan pada anak yang masih kesulitan.
    Guru menggunakan teknik permainan, lagu dan juga tepuk sehingga menarik perhatian anak, selain itu juga guru tidak hanya menggunakan lembar kerja tetapi juga menggunakan benda nyata yang ada di sekitar untuk belajar membilang.

    Teknik mengenalkan konsep bilangan pada anak dalam video tersebut adalah:
    – Sebelum mengerjakan tugas, guru mengajak anak untuk terlebih dahulu membilang dengan permainan, lagu atau tepuk
    – atau guru dapat juga memberikan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya
    – memberikan penguatan pada anak yang telah berhasil mengambil sepidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel bintang ditangannya

    Menurut saya selain dengan duduk manis, kegiatan mengenal konsep bilang juga bisa dengan permainan motorik kasar yang melibatkan gerak fisik sehingga anak-anak akan lebih seru dan antusias bermain. Terimakasih videonya sangat menginspirasi.

  8. Nama: Muslikah
    NIM. : 858565701
    UT. : Malang
    Mohon izin menanggapi video pembelajaran AUD yang berjudul ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan” pada aspek perkembangan kognitif.
    Dalam video tersebut diperlihatkan berbagai cara guru untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan masalah anak sulit mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bernyanyi memberi tugas sambil bermain.
    Kelebihan metode ini:
    – anak bersemangat mengikuti kegiatan karena cara pembelajaran yang menyenangkan
    – guru memberikan penguatan kepada anak( reward ) untuk anak yg berhasil melakukan
    – guru menggunakan benda langsung untuk belajar

    Kekurangan:
    -Pembelajaran yang dilakukan bagus,tetapi guru masih menggunakan lembar kegiatan untuk memberikan tugas pada anak.

    Ada sedikit solusi dalam kegiatan pembelajaran ini menurut saya:
    – seharusnya guru tidak hanya memberikan lembar kegiatan pada anak untuk mengenalkan pada bentuk Bilangan,akan tetapi guru mengajak anak anak untuk berpetualang mencari simbol bilangan yang disembunyikan di tempat tertentu untuk lebih memantapkan kemampuan anak mengenal bilangan
    – guru mengajak anak untuk menuliskan simbol bilangan menggunakan berbagai media, seperti pasir,biji,krayon dan lain sebagainya

  9. Assalamualikum Wr.Wb.
    izin menanggapi video pembelajaran dengan judul ” sulit mengenal konsep bilangan”
    Nama : Titing Galih Lestari
    NIM : 857473377
    UT Bandung
    video ini sangat menarik untuk memecahkan sebuah permasalahan mengapa anak kesulitan untuk mengenal konsep bilangan, guru menggunakan teknik mengenal konsep bilangan dengan permainan,tepuk dan juga lagu yang membuat anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran yang menarik,selain anak di beri penguatan anak juga bersemangat karena mendapatkan bintang dari guru.
    teknik mengenal konsep bilangan pada anak dalam video tresebut yaitu:
    – guru mengajak anak untuk berhiting melalui permainan,gerak dan lagu
    – guru memberikan pengutan kepada anak
    menurut saya kegiatan tersebut akan lebih menarik jika dilakukian sambil berdiri dan membuat lingkaran agar anak dapat bergerak bebas. terimakasih video nya sangat menginspirasi.

  10. NAMA : FITRIA RAHMASARI
    NIM : 858824046
    Pokjar : Kab. Kediri
    Judul Video Analisis : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    1) Aspek / Bidang pengembangan yang dikembangakan pada anak yang sulit mengenal konsep bilangan adalah cara guru untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan masalah anak sulit mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bernyanyi memberi tugas sambil bermain,selain itu juga guru tidak hanya menggunakan lembar kerja tetapi juga menggunakan benda nyata yang ada di sekitar untuk belajar membilang.
    2) Metode yang digunakan guru adalah
    -Bermain Balok: Meminta anak menghitung jumlah balok yang digunakan untuk membangun menara atau rumah
    -Bermain Peran: Dalam bermain “jual beli”, anak dapat menghitung “uang” atau jumlah barang yang dibeli.
    -Bermain Sensorik: Menggunakan playdough atau pasir untuk membentuk angka atau menghitung jumlah benda yang disembunyikan.
    3) Media yang digunakan guru dalam Video tersebut menunjukkan beberapa strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk membantu anak belajar konsep bilangan, dengan menggunakan berbagai strategi seperti, Mengajak anak membilang melalui permainan , lagu, dan tepuk tangan. Menggunkan alat peraga untuk membantu anak menggambil benda sesuai dengan yang di sebutkan guru. Memberikan lembar kerja yang melibatkan memasangkan dan melingkari benda sesuai dengan angka yang di tunjukan. Memberikan penghargaan kepada anak yang berhasil seperti memberikan setempel Bintang ke tangan anak.
    Permainan Papan Sederhana: Menggunakan permainan dengan dadu atau kartu angka yang sederhana.
    4) Kelebihan dan Kekurangan dalam pembelajaran tersebut
    Kelebihan :
    – anak bersemangat mengikuti kegiatan karena cara pembelajaran yang menyenangkan
    – guru memberikan penguatan kepada anak( reward ) untuk anak yg berhasil melakukan
    – guru menggunakan benda media pembelajaran langsung untuk belajar
    Kekurangan dalam pembelajaran
    Pembelajaran yang dilakukan bagus,tetapi guru masih menggunakan lembar kegiatan untuk memberikan tugas pada anak.
    Masukan untuk meningkatkan pembelajaran Menurut saya selain dengan duduk manis, kegiatan mengenal konsep bilang juga bisa dengan permainan motorik kasar yang melibatkan gerak fisik sehingga anak-anak akan lebih seru dan antusias bermain.

Leave a Reply