silahkan klik iconΒ Β jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian padaΒ anak Β .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
860032267 Dhyni arigustin
Video ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran yang interaktif, konkret, dan menyenangkan. Guru berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang positif dan memberikan apresiasi untuk mendorong motivasi belajar anak.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
nama : Siska Triana Taslim
Nim : 859405348
MataKuliah : PKP
Menurut hasil analisis saya untuk video yang berjudul “Anak Sulit mengenal konsep bilangan”. dalam video tersebut berisi tentang upaya guru mengenalkan konsep angka menggunakan media dan memberikan metode serta teknik-teknik yang bervariasi seperti belajar sambil bermain, hingga mengenal angka sambil bernyanyi, hal ini mampu menarik perhatian anak dan meningkatkan minat anak untuk lebih mengenal konsep bilangan. terlihat ketika ibu guru meminta anak mengambil bola sesuai angka yang disebutkan oleh ibu guru serta menganjak anak membilang deng bernyanyi dan bertepuk dan ibu guru juga memberikan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkarri benda sesuai lambang bilangannya
mungkin hanya itu dari saya sekian dan terimakasih
Nama: Dhyni Arigustin
Prodi: PGPAUD
Video ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran yang interaktif, konkret, dan menyenangkan. Guru berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang positif dan memberikan apresiasi untuk mendorong motivasi belajar anak.
Nama: Kartika Nurdianingsih
NIM : 877805055
Video diatas yaitu “Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan” sangat membantu kami dalam mengajarkan konsep bilangan pada anak dengan lebih menyenangkan dan tidak monoton atau membosankan. Yaitu dengan mengajak anak membilanv dengan benda-benda yang asli (bisa di pegang), melalui tepuk, dan melalui nyanyian. Dengan begitu anak lebih mudah untuk memahami dengan rasa gembira tanpa bosan.
Nama : Siti Ulfah Nurhamidah
NIM : 857428705
Prodi : PGPAUD
Dalam video diatas memperlihatkan metode seorang guru TK yang sedang melakukan kegiatan mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Metode yang digunakan guru tersebut seperti mengajak anak membilang melalui permainan bola dan spidol, melalui lagu, tepuk tangan dan memberikan lembar kerja pada anak untuk lebih memahami secara langsung konsep bilangan. Selain itu terlihat guru juga memberikan apresiasi atau reward kepada anak untuk menumbuhkan minat anak dalam pembelajaran yang dapat membuat anak bangga. Pada proses pembelajaran yang berlangsung anak sangat interaktif. Pada video tersebut juga guru menggunakan metode bermain, tepuk-tepuk dan bernyanyi sehingga pemebelajaran lebih menyenangkan dan anak tidak jenuh ketika pembelajaran berlangsung. Dengan metode yang digunakan guru tersebut sangat membantu anak untuk lebih memahami konsep bilangan pada anak dengan cara yang mudah dipahami oleh anak.
Nama: Asnani Dawolo
NIM: 878368581
Selamat pagi π
Izin berkomentar π
Dari video diatas saya sangat tertarik dengan metode pembelajaran tersebut, terlebih untuk anak yang sulit mengenal konsep bilangan,
Karena di sekolah saya mengajar masih banyak anak yang susah mengenal konsep bilangan…
Dengan adanya metode seperti menghitung bola, menghitung dengan gambar seperti bintang, pensil dan lainnya,anak lebih memahami dan anak tidak bosan karena belajar menghitung sambil bermain…
Karena yang sering terjadi,anak cepat bosan dengan calistung….
Terimakasih π
Nama : Titin Nurhalimah
Matkul : PKP /PAUD 4501.29
Menurut saya, video pembelajaran mengenal konsep bilangan dengan alat peraga sangat membantu anak dalam memahami kegiatan membilang. Dengan adanya objeknya nyata, proses belajar menjadi lebih interaktif dan efektif. Diawali dengan menggunakan media bola lalu anak diminta mengambil sejumlah bola sesuai instruksi guru, melalui nyanyian dan bermain tepuk-tepukan bukan hanya melatih konsenterasi tapi anak juga menepuk sesuai jumlah yang diminta oleh guru. Selanjutnya guru membagikan lembar kerja, setiap anak menuliskan angka sesuai jumlah benda yang ada pada gambar dan memilih serta melingkari angka yang tepat sesuai dengan jumlah benda pada gambar tersebut. Adapun kegiatan untuk melatih kepercayaan diri, anak diminta maju kedepan satu persatu dan mengambil sejumlah sepidol sesuai instruksi. Diakhir pembelajaran, anak diberikan reward berupa stempel bintang sehingga anak menjadi bersemangat dan termotivasi untuk mengerjakan tugas selanjutnya.
Nama Sulistiyani
Nim : 858188373
Judul video : Sulit mengenal konsep bilangan
Dari video yg saya nonton itu mengajarkan bagaimana cara melatih anak tentang konsep bilangan ,ada beberapa cara dengan bernyanyi atau bermain tepuk ,divideo itu anak disuruh mengambil bola sesuai yg ibu guru minta contohnya tadi Seven ( 7 ) tapi anak tadi masih kurang 1 bola , untuk masukan diviwo itu ,videonya kurang penuh tayanganan nya kurang penuh ,terima kasih
Nama : noviyatul islamiyah
Nim : 858190133
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
Judul video : suli mengenal konsep bilangan
Video ini menyajikan gambaran pembelajaran di kelas seperti :
β’ Pembelajaran Aktif dan Interaktif: Bu Santi berhasil menciptakan suasana belajar yang aktif dengan melibatkan langsung anak-anak dalam permainan bola dan menghitung. Ini membuat anak-anak lebih tertarik dan mudah memahami konsep bilangan.
β’ Penggunaan Media yang Konkret: Bola menjadi media yang sangat efektif karena anak-anak bisa melihat dan menyentuh langsung jumlahnya. Ini membantu mereka membangun pemahaman yang lebih nyata tentang angka.
β’ Diferensiasi Sederhana: Meskipun tidak eksplisit, terlihat adanya sedikit diferensiasi ketika Bu Santi memberikan jumlah bola yang berbeda kepada Raza dan Nailah. Ini menunjukkan kepekaan guru terhadap potensi perbedaan pemahaman anak.
β’ Penguatan Positif: Pemberian pujian (“Subhanallah ternyata Raza juga hebat ya”, “Wah Subhanallah Naila pandai”) dan stempel bintang adalah bentuk penguatan positif yang sangat baik untuk memotivasi anak-anak.
β’ Mengaitkan dengan Kehidupan Sehari-hari: Meskipun di dalam kelas, aktivitas bermain bola tetap relevan dengan pengalaman bermain anak-anak di luar kelas.
β’ Variasi Metode: Video juga menunjukkan variasi metode pengajaran, seperti bernyanyi sambil berhitung, bertepuk, memasangkan gambar dengan lambang bilangan, dan melingkari benda sesuai lambang bilangan. Ini penting untuk mengakomodasi gaya belajar anak yang berbeda-beda.
β’ Mengatasi Kesulitan Konsep Bilangan: Narasi di tengah video sangat relevan, menyoroti tantangan anak dalam mengenal konsep bilangan dan pentingnya strategi kreatif guru.
Manfaat ketika saya sebagai guru setelah menonton video ini:
β’ Mendapatkan Ide Kreatif: Guru dapat terinspirasi untuk menggunakan permainan sederhana seperti bermain bola di dalam kelas sebagai cara yang menyenangkan untuk mengenalkan konsep bilangan.
β’ Memahami Pentingnya Media Konkret: Video ini mengingatkan guru akan pentingnya menggunakan media pembelajaran yang nyata dan bisa dimanipulasi oleh anak-anak untuk membangun pemahaman yang lebih mendalam.
β’ Melihat Contoh Penerapan Penguatan Positif: Guru dapat belajar bagaimana memberikan pujian dan penghargaan yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar anak.
β’ Menyadari Variasi Metode Pengajaran: Video ini memberikan contoh konkret tentang bagaimana mengombinasikan berbagai metode (bermain, bernyanyi, lembar kerja) untuk mengajarkan konsep bilangan secara lebih komprehensif.
β’ Mendapatkan Inspirasi untuk Mengatasi Kesulitan Belajar: Guru dapat belajar bahwa kesulitan anak dalam memahami konsep bilangan adalah hal yang wajar dan memerlukan kreativitas guru dalam mencari solusinya.
β’ Meningkatkan Keterampilan Diferensiasi: Meskipun sederhana, contoh dalam video dapat memicu guru untuk lebih mempertimbangkan perbedaan individual anak dalam memberikan tugas atau pertanyaan.
β’ Menegaskan Pentingnya Pembelajaran yang Menyenangkan: Video ini menjadi pengingat bahwa pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan akan membuat anak lebih antusias dan mudah menyerap materi
Nama : Vera Apriliani
NIM : 877315912
Prodi : S1 PGPAUD
Sangat menarik informasi yang di dapat dari video di atas, sangat bermanfaat untuk mengatasi anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Pemahaman konsep bilangan pada anak usia dini adalah kemampuan menghitung, membilang, menghubungkan angka dimana konsep ini merupakan dasar matematika yang penting untuk dikembangkan sejak dini. Guru berperan penting dalam memotivasi anak usia dini dengan menginovasikan kegiatan sederhana agar anak mudah memahami bilangan. Sehingga dengan mengadaptasi materi dan metode pengajaran yang sesuai dan tepat, anak akan mampu mengenal bilangan dengan mudah dan menyenangkan.