silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Khoirotun Niswah
NIM : 857725096
Dalam vidio pembalajaran di atas,guru berupaya mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan cara mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan tepung, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lama bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangan nya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya .
Tetapi disini ada saja beberapa anak masih kurang mengenal dalam pembilangan. Mungkin bisa dicoba dengan media lain yaitu melalui gambar angka berseri. Karena gambar angka berseri akan sangat cocok digunakan oleh guru taman kanak-kanak sebagai alat permainan sekaligus media pembelajaran karena menarik bagi anak dalam belajar mengenal konsep bilangan atau angka media. Gambar berseri adalah media belajar yang digunakan oleh guru yang berupa gambar datar yang mengandung cerita dengan urutan tertentu sehingga antara satu kata dengan sumber yang lain memiliki hubungan cerita dan membentuk satu kesatuan.
Dengan menggunakan media gambar berseri dengan angka, warna, bentuk geometri, kegiatan berhitung dengan menggunakan permainan memasangkan angka dengan gambar berseri, menghitung, menempelkan, dan mengenal warna maka anak akan lebih cepat menghafal bilangan. Kemampuan berhitung anak yang semula rendah menjadi meningkat karena alat/media pembelajaran yang menarik perhatian anak. Terimakasih
NIM : 857725096
Dalam vidio pembalajaran di atas,guru berupaya mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan cara mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan tepung, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lama bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangan nya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya .
Tetapi disini ada saja beberapa anak masih kurang mengenal dalam pembilangan. Mungkin bisa dicoba dengan media lain yaitu melalui gambar angka berseri. Karena gambar angka berseri akan sangat cocok digunakan oleh guru taman kanak-kanak sebagai alat permainan sekaligus media pembelajaran karena menarik bagi anak dalam belajar mengenal konsep bilangan atau angka media. Gambar berseri adalah media belajar yang digunakan oleh guru yang berupa gambar datar yang mengandung cerita dengan urutan tertentu sehingga antara satu kata dengan sumber yang lain memiliki hubungan cerita dan membentuk satu kesatuan.
Dengan menggunakan media gambar berseri dengan angka, warna, bentuk geometri, kegiatan berhitung dengan menggunakan permainan memasangkan angka dengan gambar berseri, menghitung, menempelkan, dan mengenal warna maka anak akan lebih cepat menghafal bilangan. Kemampuan berhitung anak yang semula rendah menjadi meningkat karena alat/media pembelajaran yang menarik perhatian anak. Terimakasih
NAMA:SUNARTI
NIM :859567138
Assalamualaikum.
video anak sulit mengenal konsep bilangan ,setrategi pembelajaran ibu guru tunjukkan kepada anak-anak sangat efektif memudahkan anak-anak memahami untuk mengembangkan diri mengenal angka-angka, dan menghitung secara mandiri. seperti mengambil bola dan krayon lalu menghitungnya sendiri,
saat beryanyi bersama memberikan semangat pada anak-anak mengenal angka dan menjalin kedekatan hubungan antara anak , hal ini sagat kreatif,membantu anak dalam menghitung dan mengenal angka . Dalam video ini menunjukkan betapa semangatnya anak-anak belajar saat proses pembelajaran.
Nama : Aldilla Bintan Hamida
NIM : 858828494
Dalam video mengenai “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, guru mengajarkan konsep bilangan dengan memanfaatkan berbagai teknik dan media yang bervariasi. Ibu guru mengajarkan konsep bilangan melalui kegiatan bernyanyi, tepuk tangan, dan bermain. Guru juga menyajikan beberapa jenis permainan yang dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan, selain menggunakan lagu dan tepuk.
Guru juga dapat memperkenalkan bentuk-bentuk angka pada awal pembelajaran. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan media gambar atau bentuk geometri yang berwarna-warni, sehingga anak lebih tertarik dan mudah memahami konsep tersebut. Dengan demikian, saat guru memberikan lembar kerja yang memuat gambar benda dan lambang bilangan, anak akan lebih mudah mencocokkan jumlah gambar benda dengan lambang bilangan tersebut.
Pada akhir pembelajaran, guru memberikan penguatan kepada anak dan mengapresiasi kinerjanya dengan memberikan stempel bintang. Tindakan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri anak, sehingga semangatnya dalam mengikuti proses pembelajaran akan semakin menyenangkan dan menarik minat anak
Nama : Silvia Novarianti
Nim : 858159967
Judul vidio : Sulit Mengenal Konsep bilangan
dari vidio yang sudah saya saksikan, untuk mengatasi masalah anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan banyak kegiatan yang bervariasi yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak.
guru menyajikan pembelajaran yang beragam yang dapat membantu anak dalam mengenal bilangan diataranya :
1. dengan kegiatan bermain hitung bola
2. menyanyikan lagu yang ada konsep bilangannya ( dua mata saya)
3. bermain tepuk tangan
4. memberikan tugas lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya
dari kegiatan yang beragam yang sudah dilakukan oleh guru dapat membantu anak semangat dalam mengenal lambang bilangan.
Nama: siti ika Irawati
Nim : 859681173
Video pembelajaran tentang mengatasi permasalahan perkembangan kognitif anak usia dini: sulit mengenal konsep bilangan.
Dari video ini memberikan strategi yang efektif untuk mengatasi kesulitan anak dalam mengenal bilangan, seperti penggunaan media visual dan permainan interaktif yang dapat meningkatkan pemahaman mereka.
1.pendekatan visual, video ini menekankan pentingnya penggunaan alat bantu visual. Seperti gambar dan objek nyata.
2. Permainan edukatif, mengintegrasikan permainan dalam pembelajaran bilangan efektif. Dalam video ini menunjukkan permainan yang Dapat digunakan memperkenalkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan.
3.keterlibatan aktif, video ini mendorong keterlibatan aktif anak-anak dalam proses belajar. Dengan melibatkan mereka dalam aktivitas yang memerlukan partisipasi langsung. Anak-anak lebih paham konsep yang diajarkan.
Terimakasih
Nama : Tarmini
Nim : 857829526
Video ini mengajarkan strategi mengenalkan konsep bilangan ini sangat bagus dan kreatif karena semua anak dapat terilibat aktif dan berpartisipasi dalam permainan sehingga pembelajaran berjalan menyenangkan. Strategi pengenalan konsep bilangan yang digunakan didalam video ini yaitu dengan permainan, lagu dan tepuk. Guru memberi lembar kerja memasangkan benda dengan bilangan dan melengkapi benda sesuai bilangan serta memberi penguatan dengan memberi reward bagi yang tidak salah dalam mengambil jumlah benda sesuai bilangan.
Terimakasih.
Nama: umi Fitriani
Nim : 858995358
dalam vidio ini guru membantu anak memahami konsep dasar bilangan, terutama bagi mereka yang masih mengalami kesulitan dalam mengenali angka dan menghubungkannya dengan jumlah benda yang sesuai. Fokus kegiatan pembelajaran diarahkan pada pendekatan yang nyata, menyenangkan, dan sesuai dengan konteks kehidupan anak, sejalan dengan gaya belajar khas anak usia dini.
misalnya dengan cara:
a. Pembelajaran dengan Lagu dan Permainan
Guru mengajak anak membilang sambil menyanyikan lagu, bermain, atau melakukan tepukan tangan. Metode ini mendukung pembelajaran auditori dan kinestetik, membantu anak mengingat urutan angka serta membangun keterkaitan antara bunyi, gerakan, dan makna bilangan.
b. Pemanfaatan Media dan Alat Peraga
Guru menggunakan alat permainan angka yang memungkinkan anak menyesuaikan jumlah benda dengan simbol angka. Pendekatan berbasis konkret ini membantu anak memahami hubungan antara lambang angka dan jumlah secara nyata—penting dalam membantu anak beralih dari cara berpikir konkret ke simbolik.
c. Pemberian Tugas Visual dan Logis
Tugas seperti memasangkan benda dengan angka atau melingkari benda sesuai lambangnya bertujuan mengembangkan kemampuan visual, logika, dan motorik halus anak. Aktivitas ini memperkuat pemahaman anak terhadap konsep angka secara perlahan namun konsisten.
d. Refleksi dan Pemberian Penguatan
Guru meninjau hasil kerja anak sebagai bentuk penguatan positif dan refleksi, dan memberikan penghargaan seperti stempel bintang kepada anak-anak yang hasil kerjanya baik. Penguatan ini dapat membangkitkan semangat belajar dan rasa percaya diri anak.
Guru juga bisa menyisipkan media digital interaktif untuk memperkaya pengalaman belajar anak
Diberikan ruang kepada anak untuk mengungkapkan secara verbal hasil pemahamannya, seperti menyebut jumlah benda
Perlu dilakukan pencatatan perkembangan individu anak secara konsisten sebagai bagian dari asesmen formatif
Nama: Indah Mursyidah
Nim: 858536653
Vidio ini mengajarkan strategi pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan “Mengenal konsep bilangan” dalam vidio tersebut guru sangat menguasai materi pembelajaran, semua anak dapat berpartisipasi dan terlibat secara langsung dalam permainan. sehingga pembelajaran sangat menyenangkan bagi anak. dengan menghitung bola, spidol warna, secara langsung dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu, dapat membilang, mengenal warna dan mengenal bentuk.
setelah pembelajaran selesai guru memberikan reward pada anak sehingga anak lebih semangat lagi dalam belajar.
Assalamualaikum wr wb
selama malam semuanya
Nama :MISRA
Nim :859563148
Setelah menonoton vidio diatas kami sebagai pendidik dapat tambahan ilmu dari strategi pembelajaran mengenal konsep bilangan yang diajarkan oleh guru tersebut,karna dengan metode pembelajaran kreatif anak-anak dapat cepat mengenal konsep bilangan mudah .dan dengan sentuhan pemberian bintang ditangan dapat menambah minat belajar pada anak dan lebih semangat.
sekian dan terima kasih