Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Assalamu’alaikum
    Nama : Neng Ila Erawati
    NIm : 857264796

    Dalam video ini terlihat seorang guru Taman Kanak-kanak mencoba mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Beberapa upaya yang dilakukan adalah dengan mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu dan tepuk.
    Guru membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, guru juga terlihat memberikan tugas kepada siswa memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya dengan worksheet yang sudah disiapkan. Untuk melihat hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
    Guru dalam video ini terlihat sangat bervariatif menggunakan beberapa media yang disampaikan dan dibuat sendiri sehingga anak terlihat lebih antusias dan senang saat belajar bersama. Perlu di contoh karena kita sebagai harus terus berinovasi demi tercapai nya pendidikan yang berkualitas.

  2. Nama : Mahmudah
    NIM : 858316145
    ANALSIS VIDEO : ANAK SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN

    Dari video yang saya tonton diatas menunjukan strategi guru dalam pembelajaran konsep bilangan untuk anak usia dini .Guru menggunakan berbagai media dan tekhnik yang bervariasi. Terlihat pada video guru menguasai kelas dengan semangat, memberikan permaian kepada anak seperti anak diminta meletakan benda (bola ) sesuai jumlah bilangan agar mereka bisa belajar secara langsung melalui pengalaman nyata (hands-on). Guru juga mengajak anak menghitung sambil bermain dan menyanyi atau bertepuk untuk membuat suasana menyenangkan. Dalam strategi mengajarnya guru juga memberi lembar kerja yang kontekstual dengan mengenalkan lambang bilangan seperti tugas mencocokkan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan. Dan guru juga tidak lupa memberikan apresiasi hasil kerja anak dengan memberikan penguatan berupa stempel bintang, yang memotivasi anak untuk lebih semangat belajar. Jadi pendapat saya dari video diatas program ini memang sangat relevan dengan pembelajaran konsep bilangan untuk anak usia dini, khususnya saat mereka mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan. Strategi yang digunakan guru dalam program ini sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini , dengan menggabungkan unsur bermain, gerak, lagu, media konkret, serta penguatan positif . guru mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, bermakna dan efektif untuk membantu anak mengenal bilangan. Demikian pendapat saya, terima kasih

  3. NAMA : SITI MASITOH
    NIM : 857988381
    UPBJJ : YOGYAKARTA
    menurut saya vidio di atas sangat membantu mengenalkan kepada anak yang sulit mengenal konsep bilangan dan upaya guru dalam vidio tersebut sudah sangat baik mengajak bermain mengambil bola guru menyebutkan bilangan angka lalu murid mengambil jumlah bola ada yang benar dan ada yang belum benar,mengajak bernyanyi menyebutkan 2 mata saya sambil tangan guru menunjukkan ke kwdua mata dstlalu bertepuk tangan dengan konsep bilangan. guru sangat terlibat aktif sehingga anak tidak merasa cepat bosan tehnik di GPO ini sangat membantu pendidik pemula yang mana banyak sekali pelajaran yang bisa di ambil

  4. NAMA : SUPRIYATI
    NIM : 857987516
    Video ini menarik dan menginspirasi saya sebagai referensi melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan “Mengenal konsep bilangan” . cara penyampaian guru pada video tersebut sangat komunikatif dan menarik sehingga semua anak dapat berpartisipasi dan terlibat secara langsung dalam permainan. sehingga pembelajaran sangat menyenangkan bagi anak. Saya sangat setuju jika setelah kegiatan selesai anak diberikan reward sederhana agar merasa senang dan tambah antusias.

  5. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Nama : Fayza Mas Safitri
    NIM : 858159476
    Video tersebut memberikan gambaran penting tentang tantangan yang mungkin dihadapi sebagian anak usia dini dalam memahami konsep bilangan. Ini adalah hal yang wajar karena perkembangan kognitif setiap anak berbeda. Mengidentifikasi kesulitan ini sejak dini sangat krusial agar intervensi yang tepat dapat diberikan.
    penyebab mengapa anak-anak dalam video tersebut mengalami kesulitan:
    -Kurangnya Pemahaman Konkrit: Konsep bilangan bersifat abstrak. Anak usia dini belajar lebih baik melalui pengalaman langsung dan konkret. Mungkin anak-anak belum memiliki cukup kesempatan untuk menghubungkan angka dengan objek nyata.
    -Metode Pengajaran yang Kurang Interaktif: Jika pengajaran terlalu fokus pada hafalan atau lembar kerja tanpa manipulasi benda, anak-anak mungkin kesulitan memahami makna sebenarnya di balik angka.
    – Perkembangan Individu yang Berbeda: Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Mungkin sebagian anak dalam kelompok tersebut memang membutuhkan waktu lebih lama untuk memahami konsep bilangan.

    Berikut beberapa saran yang dapat dipertimbangkan untuk membantu anak usia 5 tahun yang mengalami kesulitan mengenal konsep bilangan:
    Fokus pada Pengalaman Konkret:
    -Gunakan Benda Nyata: Libatkan benda-benda sehari-hari seperti kancing, batu, buah, mainan, atau stik es krim untuk mengenalkan konsep bilangan. Biarkan anak-anak menghitung, mengelompokkan, dan membandingkan jumlah benda.
    -Manipulatif: Sediakan alat bantu manipulatif seperti balok susun, manik-manik, atau counting bears. Biarkan anak-anak bereksplorasi dan membangun pemahaman mereka sendiri.
    Demikian tanggapa saya terima kasih.

  6. Nama : Sandriani
    NIM : 858406852
    Vidio Pembelajaran : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Vidio ini mengajarkan strategi pembelajaran yang menyenangkan yaitu dengan “Mengenal konsep bilangan” dalam vidio tersebut guru menguasai materi pembelajaran, semua anak dapat berpartisipasi dan terlibat secara langsung dalam permainan. sehingga pembelajaran sangat menyenangkan bagi anak. dengan menghitung bola, spidol warna, secara langsung dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak yaitu, dapat membilang, mengenal warna dan mengenal bentuk.
    setelah pembelajaran selesai guru memberikan reward pada anak sehingga anak lebih semangat lagi dalam belajar.

  7. Assalamualaikum wr.wb.

    Nama: Tri wantini
    Nim:877623679
    Upbjj: Bandar Lampung

    “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Saya sangat menghargai artikel ini yang membahas kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Memahami angka adalah fondasi penting dalam perkembangan kognitif anak, dan pendekatan yang disarankan, seperti menggunakan permainan dan aktivitas sehari-hari, sangat relevan.

    Mengintegrasikan konsep bilangan melalui permainan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Misalnya, menggunakan alat peraga atau permainan yang melibatkan hitungan dapat membantu anak memahami bilangan dengan cara yang menyenangkan.

    Saya berharap lebih banyak pendidik dan orang tua yang menerapkan metode ini untuk mendukung anak dalam mengenal bilangan. Terima kasih atas informasi yang bermanfaat ini.

  8. Assalamualaikum, Wr, Wb.
    izin menanngapi mengenai video diatas :
    Program yang digambarkan tersebut sudah cukup baik dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Berikut beberapa saran dan solusi untuk meningkatkan efektivitas program: seperti Variasi Aktivitas: Pastikan aktivitas pembelajaran bervariasi untuk memenuhi kebutuhan belajar anak yang berbeda-beda. Contohnya, selain permainan dan lagu, bisa ditambahkan aktivitas outdoor atau penggunaan teknologi. kemudian Penggunaan Alat Peraga yang Inovatif: Alat peraga yang digunakan bisa lebih inovatif dan interaktif, seperti penggunaan aplikasi digital atau mainan edukatif yang dapat meningkatkan minat anak. dan Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif: Selain memberikan penguatan positif, guru juga bisa memberikan umpan balik konstruktif kepada anak yang masih kesulitan, sehingga anak tahu apa yang perlu diperbaiki. dan Kolaborasi dengan Orang Tua: Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran bisa membantu meningkatkan efektivitas program. Orang tua bisa melanjutkan pembelajaran di rumah dengan cara yang menyenangkan. serta Evaluasi dan Penyesuaian: Guru perlu secara berkala mengevaluasi efektivitas program dan melakukan penyesuaian jika diperlukan, berdasarkan perkembangan dan kebutuhan anak.
    Dengan implementasi saran-saran tersebut, program dapat menjadi lebih komprehensif dan efektif dalam membantu anak mengenal konsep bilangan
    Terimakasih.

  9. Hani yuliani
    857957799
    Dalam video tersebut, Bu guru memberikan pembelajaran perkembangan kognitif anak usia dini dengan lebih dari 1 kegiatan, DNA kegiatan yg diberikan termasuk kegiatan yang menarik, karena dapat dilihat dengan murid yg merasa senang dan tertarik dan dapat mengikuti kegaitan sampai akhir, kemungkina untuk kegiatan selanjutnya agar dapat memberikan berbagai kegaitan yg lebih beragam dan juga dapat melakukan kegiatan diluar ruangan. Seperti membri kegaitan dengan menggunakan bahan alam disekuta lingkungan kelas.

  10. Assalamualaikum, Wr Wb
    Izin Menanggapi
    Mengenati video anak sulit mengenal konsep bilangan
    Program yang digambarkan tersebut sudah cukup baik dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Berikut beberapa saran dan solusi untuk meningkatkan efektivitas program: seperti Variasi Aktivitas: Pastikan aktivitas pembelajaran bervariasi untuk memenuhi kebutuhan belajar anak yang berbeda-beda. Contohnya, selain permainan dan lagu, bisa ditambahkan aktivitas outdoor atau penggunaan teknologi. seperti Penggunaan Alat Peraga yang Inovatif: Alat peraga yang digunakan bisa lebih inovatif dan interaktif, seperti penggunaan aplikasi digital atau mainan edukatif yang dapat meningkatkan minat anak. seperti Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif: Selain memberikan penguatan positif, guru juga bisa memberikan umpan balik konstruktif kepada anak yang masih kesulitan, sehingga anak tahu apa yang perlu diperbaiki. seperti Kolaborasi dengan Orang Tua: Melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran bisa membantu meningkatkan efektivitas program. Orang tua bisa melanjutkan pembelajaran di rumah dengan cara yang menyenangkan. seperti Evaluasi dan Penyesuaian: Guru perlu secara berkala mengevaluasi efektivitas program dan melakukan penyesuaian jika diperlukan, berdasarkan perkembangan dan kebutuhan anak.
    Dengan implementasi saran-saran tersebut, program dapat menjadi lebih komprehensif dan efektif dalam membantu anak mengenal konsep bilangan.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://aenfis.com/cloud/bandarqq/https://aenfis.com/cloud/pkvgames/https://aenfis.com/cloud/dominoqq/
https://unm.edu.ni/old/pkvgames/https://unm.edu.ni/old/bandarqq/https://unm.edu.ni/old/dominoqq/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/https://cheersport.at/about-us/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/