silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Rizqia Rosi Handayani
    Nim : 858731648
    Prodi : PGPAUD

    Hasil analisis video :
    Menurut saya berdasarkan pada video pembelajaran tadi cara guru dalam menyampaikan materi dan mengenalkan anak pada konsep bilangan sudah baik. Guru menggunakan berbagai metode kepada anak agar anak lebih mudah dalam mengenal konsep bilangan. Mungkin guru bisa memberikan media yang lebih konkret lagi kepada anak. Untuk asesmen, guru masih belum munculkan itu. Guru hanya memberikan reward berupa stempel bintang kepada anak. Dimana reward tersebut digunakan guru untuk memberikan motivasi kepada anak lainnya agar mau maju juga.

  2. beberapa anak terlihat kurang bersemangat dalam kelas, guru berusaha mengalihkan perhatian anak dengan mengunakan media bola. media lembar kegiatan dapat di ganti dengan media lain seperti kartu angka dan benda kongkret anak merasa senang dan bersemangat guru dapat melakukan ricalling di akhir kegiatan sebagai penguatan kepada anak didik dalam kegiatan pembelajaran guru harus menyiapkan rancangan kegiatan dan penilaan sebagai bentuk evaluasi kegiatan. apakah capaian perkembangan anak sudah terpenuhin atau belum, dan guru dapat mengtahui aspek-aspek perkembangan lain anak sudah terpenuhi atu belum trimakasih atas jawaban dari teman-teman guru lain sangat membantu saya juga dalam persiapan mengajar

  3. Nim : 858797375
    kelas : 8B Pokjar batu
    Beberapa anak terlihat kurang bersemangat dalam kelas, guru berusaha mengalihkan perhatian anak dengan mengunakan media bola. media lembar kegiatan dapat di ganti dengan media lain seperti kartu angka dan benda kongkret anak merasa senang dan bersemangat guru dapat melakukan ricalling di akhir kegiatan sebagai penguatan kepada anak didik dalam kegiatan pembelajaran guru harus menyiapkan rancangan kegiatan dan penilaan sebagai bentuk evaluasi kegiatan. apakah capaian perkembangan anak sudah terpenuhin atau belum, dan guru dapat mengtahui aspek-aspek perkembangan lain anak sudah terpenuhi atu belum trimakasih atas jawaban dari teman-teman guru lain sangat membantu saya juga dalam persiapan mengajar

  4. Nama : Rina Arumawati
    NIM : 857837286
    Prodi: PGPAUD
    UPBJJ : Surakarta

    Dalam video GPO Judul “ Sulit Mengenal Konsep Bilangan” Guru menggunakan berbagai metode untuk mengenalkan konsep angka kepada anak-anak, antara lain dengan permainan bola, bernyanyi, bertepuk tangan, mengerjakan soal menghitung. Reaksi anak saat mengikuti kegiatan pembelajaran terutama saat Guru menjelaskan terlihat tidak tertarik dengan kegiatan, tidak semangat, ada yang menguap, sebagian anak berbicara dengan teman. Tetapi anak-anak dalam kondisi kondusif tidak berlarian dalam kelas.
    Kelemahan Guru dalam melakukan pembelajaran ialah menyampaikan pembelajaran kurang menarik, sehingga anak-anak tidak terlihat antusias untuk mendengarkan terutama saat kegiatan bermain mengambil bola.
    Kelebihan Guru dalam melakukan pembelajaran ialah guru dapat mengkondisikan kelas tetap tenang, anak-anak tidak berlarian dalam kelas. Selain itu Guru memberikan apresiasi berupa tepuk tangan dan cap tanda bintang di tangan kepada anak yang sudah maju untuk berhitung.
    Hal unik yang dapat ditemukan dalam video tersebut ketika guru memberikan apresiasi berupa tanda cap bintang ditangan anak yang sudah maju untuk berhitung, sehingga anak-anak senang.

    Menurut saya untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran
    – Guru hendaknya lebih semangat dan antusias dalam menyampaikan atau mendampingi anak-anak dalam kegiatan pembelajaran.
    – Pada saat kegiatan bermain mengambil bola, bisa dilakukan oleh semua anak-anak dengan cara lomba mengambil bola. Selain anak-anak akan antusias dan senang dalam bermain, semua anak akan mendapat giliran bermain bola.
    – Sebelum pembelajaran inti, saat kegiatan pembuka guru bersama anak-anak seharusnya bernyanyi tentang angka terlebih dahulu sambil menunjukkan flashcard angka.

  5. Nama: Alfa magfuro
    Nim : 859034347
    Pokjar : Mekepung jembrana Bali
    Mata kuliah: Evaluasi pembelajaran Tk
    Judul: sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang: Netti Hermawati
    Lokasi : di dalam kelas
    Kelompok : TK
    Ringkasan materi :
    pada video tersebut untuk kegiatan pembelajaran dalam pengenalan konsep bilangan anak usia dini seorang guru mengajak anak didiknya untuk bermain sambil belajar agar mempermudah anak dalam mengenal konsep bilangan, diantaranya guru mengajak anak untuk permainan bola sambil berhitung secara bergantian sekaligus mengajarkan anak tentang penjumlahan dan pengurangan, guru mengajak anak untuk bernyanyi dan tepuk tangan dalam mengenalkan konsep bilangan, guru memberikan tugas yang terdapat pada gambar” yang telah disedikan ,guru menggunakan media spidol untuk digunakan anak dalam berhitung, guru memberikan penguatan atau apresiasi stampel bintang untuk anak yang berhasil.
    -Penerapan assesment :
    dimana seorang guru bukan hanya memberikan penilaian kepada anak didiknya berupa stampel bintang di tangan anak, namun seorang guru harus memberikan sebuah penilaian seperti catatan anekdot, ceklis, hasil karya.
    – Penerapan evaluasi
    guru lebih megamati anak didiknya dalam perkembangan mengenai pembelajaran mengenal konsep bilangan tersebut , dalam metode pembelajaran yang sudah digunakan apakah guru sudah mencapai tujuan yang di inginkan.
    – Hal-hal yang perlu di perbaiki
    1. harus ada pembukaan setiap mengawali kegiatan belajar, didalam video tersebut guru langsung pada kegiatan inti
    2. dalam proses belajar yang lebih menyenangkan tidak hanya di dalam kelas, guru dapat mengajak anak didiknya belajar diluar kelas agar lebih menyenangkan. untuk media pembelajaran guru dapat mengunakan berbagai macam media pembelajaran seperti bermain puzzel angka, kartu angka bergambar
    3. dalam kegiatan penutup guru dapat review ulang pembelajaran untuk hari ini, supaya guru dapat melihat perkembangan anak yang sudah mengenal konsep bilangan yang telah dikenalkannya.

  6. Nama : Norsyifa Aslamiah
    NIM : 858307296
    UPBJJ : Banjarmasin
    Pokjar : Kotabaru

    a. Judul Video : “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Nama Pengembang : Netti Hernawati
    Lokasi : Didalam ruangan kelas
    Kelompok Anak dalam video : Anak Taman Kanak-kanak
    Ringkasan materi :
    Dalam video terdapat upaya guru dalam mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak belajar sambil bermain yaitu dengan permainan anak mengambil bola sesuai dengan perintah ibu guru kemudian guru menghitung kembali jumlah bola yang telah diambil anak tersebut. Selanjutnya guru mengajak anak bernyanyi dan bertepuk yang berkaitan dengan bilangan. Anak diminta mengisi lembar kerja dengan memasangkan benda dan melingkari sesuai dengan lambang bilangan. Penguatan yang diberikan guru saat kegiatan tersebut anak diminta menghitung spidoldan memberikan reward berupa stempel bintang pada anak yang benar menghitung jumlah spidol tersebut.

    b. Penerapan asesmen yang dilakukan guru dengan memberikan stempel bintang pada tangan anak -anak yang melakukan kegiatan menghitung spidol dengan benar.

    c. Yang sebaiknya diperbaiki, yaitu
    – pada awal pembelajaran ada proses berbaris, menyanyi, bertepuk, membaca doa dan pengenalan tema
    yang akan dibahas pada kegiatan hari itu.
    – kegiatan yang dilakukan bersama anak-anak di luar ruangan agar memudahkan gerak anak dalam
    permainan bola tersebut.
    – kegiatan pembelajaran tidak terpusat pada perintah guru, seharusnya guru hanya sebagai fasilitator anak
    (dalam hal ini anak yang berperan aktif, yaitu anak bisa bermain seraya belajar dengan bekerjasama
    dengan teman-temannya, sehingga anak tidak bosan menunggu giliran dan perintah dari guru).
    – dalam proses asesmen dan evaluasi sebaiknya guru mempersiapkan instrumen yang dipakai sehingga guru
    bisa mengetahui anak yang paham atau yang masih belum memahami konsep bilangan.
    – dalam proses mengakhiri kegiatan guru sebaiknya mengulas/memberikan review hal apa saja yang sudah
    dilakukan anak, menanyakan perasaan anak, dan menceritakan kegiatan yang akan dilakukan besok.

  7. Nama : Ika Fitriana
    NIM : 857925445
    Prodi : S1 PGPAUD

    a. Identitas Video :
    – Judul : Anak Sulit mengenal konsep bilangan
    – Nama Pengembang : Netti Hernawati
    – Penelaah Media : Trini Prastati
    – Penelaah Materi : Siti Aisyah
    – Sutradara : Donny Harsabudhi
    – Presenter : Paramitha Purnama
    – Lokasi : Di dalam Kelas
    – Kelompok : TK
    – Ringkasan Materi :

    1.Pada video ulasan diatas berisi tentang proses pembelajaran anak usia dini mengenai anak sulit mengenal konsep bilangan.Dari pembelajaran ini guru memberikan dengan cara mengenalkan konsep bilangan dengan metode yang nyaman,menyenangkan sehingga jika hal tersebut guru dapat mengondisikan situasi kelas sehingga materi yang disampaikan mudah di mengerti bagi anak didik agar anak didik tidak mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan .
    Dalam metode atau kegiatan pembelajaran ini guru memberikan langkah awal yang menyenangkan dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak didik adalah sebagai berikut :
    ✓ Menggunakan media bola kecil berwarna,anak melakukan permainan menghitung bola
    ✓Kegiatan tepuk tangan (tepuk 1,2,4)
    ✓Dengan metode bernyanyi bilangan (2 mata saya)
    4. Pemberian lembar kerja yaitu memasangkan benda dengan bilangan yang tersedia dengan benar
    5. Pengulasan kembali materi membilang dengan menghitung spidol sesuai dengan perintah ibu guru dan mengapresiasi anak dengan memberikan bintang jika hal tersebut benar dilakukan.

    2.Kelemahan guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran, antara lain:
    Guru harusnya mengajak anak untuk Membuat aturan main sebelum belajar agar anak juga lebih fokus saat menerima pembelajaran.Sebab disela pembelajaran yang interaktif,masih ada 1 atau 2 anak yang belum fokus dan masih asyik berbicara dengan teman lainnya.

    3.Kelebihan guru dalam melakukan pembelajaran, antara lain:
    Didalam video tersebut sudah guru mampu mengkondisikan kelas dengan rapi dan memberi kesempatan anak untuk duduk rapi. Kegiatan lainnya mengenai asesmen dan evaluasi dengan memberikan penilaian kepada anak yang sudah berhasil mengerjakan dengan benar dengan memberikan reward nilai bintang dan melakukan evaluasi pada anak didik yang sudah mengerjakan namun masih ada sedikit kesalahan namun tetap diberikan semangat dan diberikan kesempatan untuk melakukan yang benar. Guru juga sudah membenarkan cara membilang dengan benar pada anak didik.

    4.Hal-hal unik apa saja yang dilakukan anak dalam proses pembelajaran tersebut:
    Anak dengan polosnya dan kepercayaan diri nya dalam maju ke depan untuk melakukan tugasnya, walaupun itu masih kurang benar.Namun tetap dilakukan
    Hal lain anak merasa ingin tahunya sangat tinggi, ketika salah satu temannya maju.Mereka pun fokus dan ingin melihat temannya melakukan hal itu sesuai dengan perintah ibu guru.

    5.Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran tersebut , yaitu:
    Seharusnya guru mengajak anak untuk melakukan icebreaking dan pengarahan awal pada proses pembelajaran membilang seperti memberikan contoh membilang angka yang benar,memberikan contoh menghitung dengan menggunakan media atau alat peraga.
    Memberikan media yang inovatif lagi seperti membentuk salah satu lambang bilangan yang disukai. Dengan pengarahan tersebut maka anak akan lebih mudah memahami materi yang telah disampaikan oleh guru serta kegiatan pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.

  8. Nama : Danik Murdiati
    NIM : 857838113
    Program Studi : PGPAUD BI
    UPBJJ : Surakarta

    Pada awal video guru langsung mengajak anak untuk belajar mengenal konsep bilangan dengan media bola. Anak dipanggil untuk mengambil bola dengan jumlah yang sesuai perintah guru. dalam penayangan tersebut nampak guru mendominasi dalam kegiatan menghitung, guru belum memberikan kesempatan pada anak untuk menghitung secara mandiri.
    Pada penayangan berikutnya, guru mengajak anak untuk bernyanyi terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan berhitung. Guru menggunakan metode bernyanyi untuk mengajak anak mengenal konsep bilangan. Guru juga mengajak anak untuk melakukan tepuk sesuai bilangan yang di ucapkan guru. Guru juga mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan media kertas bergambar, hal ini dilakukan gruu untuk mengenalkan anak pada lambang bilangan. Pada kegiatan menghitung jumlah spidol guru juga mendominasi dalam menghitung jumlah benda, seharusnya gruu memberi kesempatan kepada anak-anak untuk menghitung secara mandiri.
    Kelebihan dalam video ini, guru sudah mengunakan berbagai media dalam pengenalan konsep bilangan kepada anak TK.
    Kekurangan dalam video ini, guru masih terlalu mendominasi dalam kegiatan belajar. Media dan metode yang digunakan masih bisa ditambahkan supaya anak bisa lebih aktif dalam kegiatan belajar.

  9. Nama : UMI KHOIRIYAH
    NIM : 858169911
    UPBJJ : SURABAYA

    Pada video diatas guru sudah memakai cara yang bagus untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak yang masih mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Guru menggunakan bola sebagai media untuk berhitung sehingga anak tertarik dan senang dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tersebut.
    namun alangkah baiknya guru juga menggunakan kartu angka sebagai media tambahan sehingga anak lebih paham antara konsep bilangan dengan benda yang di hitungnya.
    Dalam vidieo diatas guru juga memberikan reward bagi anak yang bisa membilang dengan benar sehingga bisa memotivasi bagi teman yang lainnya. Selain itu ketika ada anak yang keliru dalam mengambil jumlah bola , guru tidak menegur dengan kata “salah” akan tetapi dengan kata yang bijak , jika bolanya yang diambil kurang satu. Dan anak tersebut diminta untuk mengambil kembali satu bola lagi. Dalam kegiatan itu secara tidak langsung guru sudah mengajarkan pengurangan atau penjumlahan kepada anak.

  10. Guru memberikan pembelajaran untuk anak-anak yaitu mengenal konsep melalui bermain bola dan mengambil bola dalam keranjang. Sebelum memulai pembeljaaran guru mengajak anak bernyanyi yaitu Dua Mata Saya, dan bermain tepuk angka dan guru juga mempersiapkan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangannya. Guru memebrikan penguatan berupa pemberian stempel bintang di tangan kepada anak yang berhasil mengambil sejumlah spidol yang diperintahkan tanpa salah

Leave a Reply