silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama Maria Dua Bela
Nim:859320495
Izin menjawab melalui video ini sy ingin memberikan tanggapan videonya sudah bagus namun alangkah baiknya penjelasnya dibuat secara detail misalanya cara anak untuk mengqmbil bola videonyq kurang menarik kerena putaran nya terlalu cepat.
Melalui video ini perkembangan kognitif tiap anak bisa berbeda, pendekatan pembelajaran mungkin kurang variasi, perlu stimulus rutin dan menyenangkan.
Trima kasih🙏
Ijin menanggapi Video
Nama :Prisa Jati Sari
UP JJ: UT Surakarta
Video tersebut menanyangkan bagaimana guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara kreatif dan interaktif yang mudah dimengerti oleh anak.
1. Guru melibatkan anak secara langsung dalam menghitung bola sesuai jumlah yg diminta guru
2. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menyenangkan bagi anak diantaranya menyanyi sambil berhitung, memasangkan gambar dengan bilangan, melingkari benda sesuai dengan lambang bilangannya
3. Guru menggunakan media kongkret yang dapat di lihat anak sehingga anak mudah mengenal konsep bilangan
4. Guru memberikan reward berupa pujian bagi anak
Video ini sangat bermanfaat bagi saya karena dapat menambah refrensi metode pembelajaran yang kreatif, interaktif dan inovatif
Nama:Izzah putri M.H
Nim. :857813635
UPPJB:Surakarta
Menurut saya setelah melihat vidio tersebut membuat saya menjadi lebih krestif dan inovatif saat memberikan tugas.Apalagi dengan konsep seperti itu memudahkan anak dalam mengenal konsep bilangan.Selain melatih konsep bilangan kegiatan tersebut juga melatih kepercayaan diri seorang anak.
Dalam kegiatan tersebut guru juga memberikan sebuah reward.
Vidio-vidio tersebut sangat bermanfaat dan sangan membantu bagi saya.
Nama:Izzah putri M.H
Nim: 857813635
UPPBJ:Surakarta
Menurut saya dengan adanya vidio tersebut membuat saya menjadi lebih kreatif dan inovatif.
Dengan konsep seperti itu memudahkan anak dalam mengenal konsep bilangan .
Selain melatih bilangan kegiatan tersebut juga melatih kemandirian .
Vidio tersebut sangat membantu dan bermanfaat bagi saya.
Nama : Nelda Yeni
Nim : 856293755
Dari vidio tersebut saya melihat guru menyampaikan konsep bilangan secara lisan dengan melibat kan panca indra Serta menggerakan badan sambil bernyanyi gembira agar siswa tertarik dan mudah memahami konsep bilangan.
Nama : Nelda Yeni
Nim : 856293755
Rekaman vidio diatas sangat memotivasi dan menginspirasi saya dalam mengajar anak usia dini, khususnya dalam memgenal konsep bilangan, disini saya melihat upaya guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara verbal serta bernyanyi menggerakan anggota badan, sehingga pembelajaran berlansung sambil bermain.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Izinkan saya menanggapi video pembelajaran dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Nama : Endah Haidar Faridah
NIM : 859655866
UT Bandung
Video ini cukup menarik menampilkan sebuah pemecahan masalah mengapa bagaimana mengenalkan konsep bilangan pada anak yang masih kesulitan.
Guru menggunakan teknik permainan, lagu dan juga tepuk sehingga menarik perhatian anak, selain itu juga guru tidak hanya menggunakan lembar kerja tetapi juga menggunakan benda nyata yang ada di sekitar untuk belajar membilang.
Teknik mengenalkan konsep bilangan pada anak dalam video tersebut adalah:
– Sebelum mengerjakan tugas, guru mengajak anak untuk terlebih dahulu membilang dengan permainan, lagu atau tepuk
– atau guru dapat juga memberikan lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya
– memberikan penguatan pada anak yang telah berhasil mengambil sepidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel bintang ditangannya
Menurut saya selain dengan duduk manis, kegiatan mengenal konsep bilang juga bisa dengan permainan motorik kasar yang melibatkan gerak fisik sehingga anak-anak akan lebih seru dan antusias bermain. Terimakasih videonya sangat menginspirasi.
Video tersebut memperlihatkan seorang anak usia dini yang tampak kesulitan dalam memahami konsep bilangan, ditunjukkan dengan cara menghitung yang belum berurutan dan kurang konsisten dalam menyebut angka. Anak terlihat ragu-ragu dan membutuhkan waktu cukup lama untuk merespon instruksi menghitung, yang menandakan bahwa konsep satu lawan satu serta urutan angka belum terbentuk secara matang. Guru telah menunjukkan pendekatan yang sabar dan suportif, namun anak masih memerlukan stimulus konkret yang berulang agar pemahamannya berkembang. Untuk membantu anak memahami konsep bilangan dengan lebih baik, disarankan menggunakan metode bermain sambil belajar melalui benda nyata, lagu berhitung, dan permainan angka sederhana yang menyenangkan dan sesuai dengan dunia anak. **Menurut saya**, video ini menunjukkan pentingnya pendekatan pembelajaran yang konkret dan menyenangkan dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini.
izin menanggapi video tersebut
Nama : NIDAYATUL HASANAH
NIM : 859152817
Video tersebut memperlihatkan seorang anak usia dini yang tampak kesulitan dalam memahami konsep bilangan, ditunjukkan dengan cara menghitung yang belum berurutan dan kurang konsisten dalam menyebut angka. Anak terlihat ragu-ragu dan membutuhkan waktu cukup lama untuk merespon instruksi menghitung, yang menandakan bahwa konsep satu lawan satu serta urutan angka belum terbentuk secara matang. Guru telah menunjukkan pendekatan yang sabar dan suportif, namun anak masih memerlukan stimulus konkret yang berulang agar pemahamannya berkembang. Untuk membantu anak memahami konsep bilangan dengan lebih baik, disarankan menggunakan metode bermain sambil belajar melalui benda nyata, lagu berhitung, dan permainan angka sederhana yang menyenangkan dan sesuai dengan dunia anak. Menurut saya, video ini menunjukkan pentingnya pendekatan pembelajaran yang konkret dan menyenangkan dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini.
Nama : Widi Gustina
NIM : 860030912
UPBJJ : Bandung
Setelah menganalisis vide dengan judul Sulit mengenal konsep bilangan, saya dapat melihat bahwa dalam video tersebut guri melakukan pembelajaran dengan beberapa teknik. Namun, dalam kegiatan mengambil bola sesuai angka yang disebut guru, anak terlihat tidak bersemangat, berbeda ketika guru menggunakan teknik bernyanyi dan tepuk anak terlihat lebih bersemangat. Apalagi ketika guru menggunakan gambar untuk mengenalkan konsep bilangan, anak sangan semangat mungkun karena ada gambar yang dihitung. Anak juga jadi lebih aktif dan termotivasi ketika guru memberikan reward berupa stempel bintang bagi anak yang benar melakukan perintah guru.
Terimakasih, smeoga videonya bisa menjadi bahan untuk guru-guru dalam menggembangkan dan mempraktikan ketika mengenakkan konsep bilangan kepada anak.