silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama: Tias Purwaningsih
Nim: 856593658
Upbjj: Jambi
Divideo tersebut memperlihatkan bagaimana cara seorang guru untuk memperkenalkan konsep bilangan kepada anak, dengan cara bermain bola (mengambil bola). Cara bermainnya yaitu dengan cara guru memerintahkan anak-anak untuk mengambil bola sesuai perintah dari guru. Misalnya guru mengucapkan ambilkan bola sebanyak 5 maka anak-anak mengambil bolanya sebanyak 5 buah. Kegiatan tersebut mengajarkan anak berbagai macam seperti menimbulkan rasa percaya diri pada anak, dan anak juga menimbulkan rasa ingin tahu / tertarik pada pembelajaran tersebut.
Divideo juga dijelaskan mengenai teknik mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan cara:
– sebelum kegiatan di mulai usahakan bernyanyi mengenai bilangan
– melingkari angka sesuai jumlah gambar
Assalamu’alaikum
ijin menanggapi vidio Sulit menenal konsep bilangan
Nama : NURSIYAM
NIM : 877956587
UT SALUT SURABAYA
Dalam video tersebut memperlihatkan upaya seorang guru memberikan pembelajaran dengan beberapa metode untuk mengenalkan bilangan kepada anak, supaya anak dapat mengikuti dengan mudah dan menyenangkan dalam memahami konsep bilangan. Teknik bermain bola pada saat pembukaan kelas yang dikaitkan dengan pembelajaran, bernyanyi, bertepuk dan menerapkannya pada lembar LKA serta mencoba langsung pada anak untuk antusias maju kedepan kelas dan mendapatkan reward sangat tepat untuk metode pembelajaran bagi anak usia dini sesuai dengan tingkat kemampuannya.
vidio ini menginspirasi dan sangat bermanfaat bagi kami para guru supaya lebih inovatif dan kreatif.
Assalamualaikum Wr. Wb.
Izinkan saya menanggapi video pembelajaran dengan judul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Nama : IRNA DENI
NIM : 856273857
UPBJJ PADANG
Pada video diatas dapat dilihat bahwa cara guru mengenalkan konsep bilangan pada anak sangat kreatif, dimana guru mengajarkan belajar sambil bermain sehingga anak sangat antusian dan tidak bosan. Dapat dilihat pada video diatas cara guru membantu anak yang salah dalam melakukan pengammbilan bola tidak sesuai dengan bilangan sudha baik dimana guru membantu mew,ecahkan masalah anak tanpa anak merasa taku dan minder. Dapat dilihat juga pada video bahwa guru melakukan bernyanyi sambil tepu tangan dimana selain dapat mengenali bilangan juga dapat mengasah kemampuan kasar anak. Dan dilihat juga pada video diatas guru memberikan cap stempel bintang pada anak yang sudan mampu sehingga ini dapat memberikan motivasi kepada anak untuk melakukannya. ini bisa jadi reverensi dalam mengajar bagi saya. Terima kasih
NAMA:Lnda Herawati
NIM:858758001
UPBJJ:UT JOMBANG JATIM
ASALAMUALAIKUM WR.WB
Setelah melihat dan menganalisa tayangan vidio di atas [pembelajaran ttg bilangan] menjadi pemasukan untuk pengalaman saya dalam pembelajaran kedepan nya. di dalam vidiotersebut lebih mengedepankan bermain sambil belajar yang artinya anak diajak bermain tetapi memasuki pembelajara berikut contohnya:anak diajak bermain bola kemudian anak dapat mengambil bola sesuai yang di sebut oleh gurunya. selain itu penting juga memberikan apresiasi terhadap siswa atas kerja mereka seperti memberikan stempel atau bintang yang membuat siswa lebih percaya diri dan termotivasi dalam pembelajaran
NAMA:LINDA HERAWATI
NIM:85878001
UPBJJ:UT JOMBANG JATIM
ASALAMUALAIKUM WR.WB
Setelah melihat dan menganalisa tayangan vidio diatas [pembalajara ttg bilangan] menjadi pemasukan untuk pengalaman saya dlm pembelajaran kedepan nyadi dalam vidio tersebut lebih mengedepankan bermain sambil belajar yag artinya anakdiajak bermain tapi tetap memasuki pembelajara berikut contohnya:anak diajak bermain bola kemudian anak dapat mengambil bola sesuai jumlah yang disebut oleh guru. selain itupenting juga memberikan apresiasi terhadap siswa atas kerja mereka seperti memberikan stempel atau pintang yang membuat siswa akan lebih percaya diri dan termotivasi dalam belajar.
Nama : Yeni Wahyu Prasasti
NIM : 857876224
Assalamuallaikum Wr Wb
Izin menanggapi video tersebut. saya memilih untuk menonton video ini karna sesuai yang saya alami murid saya ada yang belum bisa berhitung bahkan huruf 1-20 itu belum hafal. Dengan video ini saya bisa mengajarkan kepada murid saya yang disitu sifatnya bermain bernyanyi tapi juga belajar . Terimakasih video ini sangat membantu saya.
Nama: Endang Fitrianingsih
NIM: 857994582
UT Yogyakarta
Tanggapan kami mengenai video ini sangat bagus dan memberikan ide buat kami para pendidik untuk bisa lebih inovatif dalam memberikan kegiatan main dan juga mengenalkan konsep bilangan ke anak.
Dalam video ini juga sangat ramah anak, anak tidak stress saat belajar berhitung dan mengenal angka dilihat dari antusias para murid dalam mengikuti pembelajaran.
Semoga semakin bertambah maju dan inovatif video pembelajarannya.
Nama : Nurhayati
NIM : 859687482
UT Bandung
Vidio tersebut sangat bagus dan menarik untuk kita saksikan, kita dapat mengetahui solusi dari permasalahan yang di hadapai dalam mengajari anak PAUD di sekolah. Dalam vidio tersebut di contohkan cara- cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, diantaranya menghitung benda, menggunakan media konkrit dan visual, mengajarkan dengan permainan lagu dan tepuk serta membuat alat peraga dalam mengenal konsep bilangan, menggunakan kartu angka.
Masih banyak permainan yang dapat kita lakukan untuk mengatasi anak yang kesulitan mengenal konsep bilangan. Kita dapat melibatkan anak dalam kehidupan sehari-hari dalam aktivitas mengenal angka seperti berhitung saat bermain ayunan, prosotan. Serta membuat suasana belajar yang menyenangkan dan positif seperti memberi pujian dan apresiasi.
Nama: Muslikah
NIM. : 858565701
UT. : Malang
Mohon izin menanggapi video pembelajaran AUD yang berjudul ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan” pada aspek perkembangan kognitif.
Dalam video tersebut diperlihatkan berbagai cara guru untuk menstimulasi perkembangan kognitif anak dengan masalah anak sulit mengenal konsep bilangan. Guru mengajak anak mengenal bilangan dengan cara bernyanyi memberi tugas sambil bermain.
Kelebihan metode ini:
– anak bersemangat mengikuti kegiatan karena cara pembelajaran yang menyenangkan
– guru memberikan penguatan kepada anak( reward ) untuk anak yg berhasil melakukan
– guru menggunakan benda langsung untuk belajar
Kekurangan:
-Pembelajaran yang dilakukan bagus,tetapi guru masih menggunakan lembar kegiatan untuk memberikan tugas pada anak.
Ada sedikit solusi dalam kegiatan pembelajaran ini menurut saya:
– seharusnya guru tidak hanya memberikan lembar kegiatan pada anak untuk mengenalkan pada bentuk Bilangan,akan tetapi guru mengajak anak anak untuk berpetualang mencari simbol bilangan yang disembunyikan di tempat tertentu untuk lebih memantapkan kemampuan anak mengenal bilangan
– guru mengajak anak untuk menuliskan simbol bilangan menggunakan berbagai media, seperti pasir,biji,krayon dan lain sebagainya
Nama : Ari Satriana
NIM : 856472659
UPBJJ : 16 Pekanbaru
Vidio tersebut diatas mengingatkan kembali kepada saya bahwa semua peralatan dan permainan anak yang ada di sekolah dapat dijadikan dan dimanfaatkan sebagai media belajar bagi anak. Melalui bola kecil ibu guru memberi perintah kepada anak untuk mengambilkan bola sesuai dengan instruksi angka yang disebutkan. Kegiatan ini mengajarkan anak mengenal konsep bilangan melalui menghitung bola, pada video tersebut ada anak yang mengambil jumlah bola yang salah, dari kesalahan ini anak mengetahui konsep penjumlahan bahwa 6+1 =7, kemudian guru didalam video tersebut menerangkan konsep bilangan dengan lembaran tugas setelah anak mengerti anak diberi tugas mengerjakannya sendiri. Pada kegiatan terakhir guru memberikan penguatan kepada anak dengan media pensil warna dan yang berhasil diberikan 2 bintang pada kedua tangan anak. Hal ini menurut saya dapat merangsang dan membuat anak termotivasi untuk menjawab pertanyaan guru dengan benar dan kegiatan di dalam video tersebut diatas akan saya coba di sekolah tempat saya mengajar nantinya.
TERIMAKASIH, SEKIAN JAWABAN DARI SAYA