Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. assalamualaikum wr wb

    umi kalsum
    856651663
    upbjj : ut jambi
    video di atas memberikan gambaran kepada guru bagaiman cara untuk mengatasi anak yang sulit dalam mengenal konsep bialangan.melalui bernyanyi dan tepuk serta membuat alat peraga edukatif maka akan mempermudah guru untuk mengatasi anak yang sulit dalam mengenal konsep bilangan.

  2. Assalamualaikum wr.wb
    Izin menanggapi video pembelajaran di atas.
    Menurut saya, Video-video dari Guru Pintar Online merupakan sumber belajar yang sangat bermanfaat bagi guru PAUD. Video-video tersebut dapat membantu guru PAUD dalam mengajar, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan mendukung pengembangan profesional mereka. Dengan adanya video tersebut membuat saya terbantu untuk lebih kreatif serta inovatif dalam memberikan pembelajaran yang menyenangkan untuk anak didik saya. Video tersebut menunjukkan beberapa strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk membantu anak dalam belajar konsep bilangan dengan menggunakan berbagai strategi seperti, Mengajak anak membilang melalui permainan , lagu, dan tepuk tangan. Dengan menggunakan strategi tersebut anak akan senang serta rasa ingin tahunya kembali besar. Serta dengan memberi reward untuk anak yang mampu mengambil bola dan spidol dengan jumlah yang benar dengan memberikan cap Bintang untuk nya akan membuat anak-anak yang lain termotivasi dan ingin melakukan hal yang sama seperti temannya yang lain.

  3. NAMA : NOVIA KRISGIYANTI
    NIM : 858530036
    UPBJJ : SEMARANG

    Video tersebut memberikan inspirasi kepada semua guru supaya bisa mendidik anak-anak TK untuk mengenal bilangan dengan mudah.
    Cara ini bisa membantu anak-anak untuk bisa mengenal angka dengan mudah.
    Adanya video tersebut, bisa menginspirasi dan membantu saya didalam saya mendidik anak didik saya.
    Cara tersebut juga mudah dilakukan untuk mengajari mereka yang belum hafal angka atau bilangan dengan cara memberikan suatu gambar yang kemudian dikasih angka, supaya mereka bisa mengenal konsep bilangan.
    Dan sebelum pembelajaran memang anak-anak diajari nyanyian atau mengenal lagu-lagu dahulu sebelum mereka belajar bersama..

    Terima Kasih

  4. Bismillah
    Nama : Nurul Rahmah

    Tanggapan : Setelah mengamati video tersebut, saya bisa menangkap video ini menampilkan strategi guru TK dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak. Guru menggunakan pendekatan yang menyenangkan seperti permainan, lagu, dan alat peraga konkret untuk membantu anak memahami bilangan. Namun, perlu diperhatikan bahwa keterlibatan semua anak, termasuk anak laki-laki, dalam aktivitas seperti mengambil bola dapat meningkatkan partisipasi dan rasa inklusivitas. Secara keseluruhan, metode yang digunakan sudah sesuai dengan perkembangan anak usia dini, namun variasi dalam penggunaan alat peraga dan keterlibatan anak dapat lebih ditingkatkan untuk hasil yang optimal.

  5. Nama : Vina Oktafia Risnawati Solekha
    NIM : 855799754

    Saya setuju dengan pendekatan yang digunakan guru dalam video ini. Guru sudah tepat dalam mengawali pembelajaran dengan pendekatan bermain dan bernyanyi. Ini sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini, di mana belajar sambil bermain menjadi metode utama. Lagu, permainan bola, dan tepuk-tepuk membantu anak mengenali bilangan dengan cara yang menyenangkan dan aktif secara motorik. Guru juga melibatkan penglihatan (melihat angka), pendengaran (mendengar angka dan lagu), dan gerakan (mengambil bola, menepuk, memasangkan gambar). Pendekatan ini sangat efektif untuk anak usia dini yang belajar melalui pancaindra. Setelah kegiatan bermain, anak diajak mengisi lembar kerja. Ini adalah bentuk konkret dari penguatan pemahaman. Guru tidak hanya berhenti pada kegiatan bermain, tetapi juga menyambungkannya dengan latihan motorik halus dan penguatan konsep. Guru memberikan reward berupa stempel bintang untuk anak yang berhasil. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan motivasi anak, membangun rasa percaya diri, dan memberi pengalaman positif terhadap kegiatan pembelajaran. Sebaiknya, semua anak tetap mendapat semangat, meskipun belum sempurna menyelesaikan tugasnya. Video ini sangat bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi guru PAUD lainnya dalam mengenalkan konsep bilangan secara menyenangkan dan efektif. Terima kasih

  6. Nama : Rini suherti
    Nim : 859430628
    Vidio tentang kegiatan mengenal konsep bilangan pada anak.
    dalam vidio diatas cara mengenalkna konsep bilangan pada anak dengan metode yang bermain yang menyenangkan. Tekhnik mengenalkan konsep bilangan pada anak adalah:
    1. Membilang dengan permainan dan tepuk
    2. Memberikan lembar kerja sesuai dengan lambang bilangan
    3. serta memberikan penguatan kepada anak untuk mengambil benda sesuai dengan angkanya.
    sebagai seorang guru khususnya guru PAUD kita harus punya tekhnik dan metode yang menyenangkan untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak PAUD

  7. Nama : Mira Yuanita
    NIM : 856283905
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    saya sudah menonton video diatas yang mana di awal pembelajarannya dalam penanaman konsep guru menggunakan media dan alat pembelajaran, selanjutnya guru melakukan penanaman konsep angka dengan nyayian, ice breaking dan alat peraga. lalu guru memilih salah satu anak untuk mempraktekkan cara menggunakan alat peraga berupa bola. kemudian guru menjelaskan kembali menggunakan lembar kerja dan anak mengerjakan lembar kerja dengan hasil yang baik, lalu guru memberikan apresiasi kepada anak yang mengerjakan tugasnya dengan baik dan benar. guru memberikan reward kepada anak yang telah berhasil mengerjakan tugasnya dengan baik.

  8. Nama: Siti Alfiyah
    NIM: 878188758
    UPBJJ: 74 / Malang

    Assalamu’alaikum.. Ijin menanggapi vidio pembelajaran di atas.
    Alhamdulillah setelah menonton vidio tersebut saya sangat terbantu mendampingi anak-anak didik untuk mengenal konsep bilangan.
    Mengenal konsep bilangan bagi anak usia 4-6 Tahun bukan hal yang mudah. Maka diperlukan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan seperti vidio tersebut. Saya sangat tertarik dengan metode-metode tersebut karena pembelajaran dikemas dalam permainan yang mana anak tetap riang dan dapat menerima materi serasa bermain yanga pada hakikatnya dia sedang belajar.
    Terimakasih..

  9. Nama : Mira Yuanita
    NIM :
    Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    saya sudah menonton video pembelajaran diatas, yang mana di awal pembelajaran guru menjelaskan materi pembelajaran menggunakan media dan alat peraga. kemudian guru melalukan penanaman konsep Angka kepada anak menggunakan alat peraga bola dan juga guru melakukan penanaman konsep angka dengan nyayian, ice breaking. selanjutnya guru memilih salah satu anak untuk mencobakan kembali, lalu guru memberikan lembar kerja kepada anak dan anak mengerjaka dengan baik dan benar. guru memberikan apresiasi kepada anak yg bisa mengerjakan lembar kerja dengan baik. guru memberikan reward kepada anak yang berhasil mengerjakan tuganya dengan baik.

  10. ENTIN FUJI RAHAYU 858879974
    S1 PGPAUD/ UPBJJ UT Malang Pokjar Kab Kediri
    Terimakasih banyak telah memberikan video yang sangat menarik, disertai dengan contoh pengaplikasian yang lengkap dan mudah untuk difahami.
    Saya sebagai mahasiswa merasa sangat terbantu dengan video ini
    Saya sangat setuju sekali dengan yang sudah disampaikan dalam video bahwa ketika ada anak yang kesulitan membilang kita bisa bantu dengan kegiatan bernyanyi dan tepuk dulu, dijelaskan dulu, diuji coba menggunakan media tertentu seperti di video pakai spidol dan bola, serta diberikan cap stempel bintang untuk mengapresiasi siswa yang sudah mampu.
    Untuk membantu siswa guru sebaiknya juga mengidentifikasi dulu siswa yang belum mampu karena faktor apa, misal ternyata ada faktor pendengaran yang kurang, atau kurang fokus dan lainnya,, jadi perlu diperhatikan juga faktor apa yang menjadikan anak ini kurang dalam mengenal konsep bilangan.
    Terimakasih

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/