silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Adhinda Pringgandani
NIM : 877600198
Dalam video tersebut menjelaskan tentang fenomena anak yang sulit mengenal apa itu konsep bilangan. Dan dari video tersebut terdapat cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Yaitu dengan cara : Sebelum peserta didik memulai kegiatan atau mengerjakan tugas , guru bisa mengajak peserta didik untuk membilang dengan permainan atau bernyanyi diiringi lagu bertepuk tanga selain itu juga dapat dengan memberikan lembar kerja seperti memasangkan antara benda sesuai dengan lambang bilangan tersebut atau juga melingkari benda yang sesuai angka atau lambang bilangan.
Permasalahan video diatas juga sering sekali saya hadapi dengan menonton video tersebut saya mendapatkan ilmu baru tentang bagaimana menjadi guru PAUD yang baik dan juga mengetahui agaimana cara mengatasi dan memperbaiki cara kerja saya.
dengan ada nya belajar sambil bermain seperti ini anak anak sangat suka dan mereka juga mudah dalam menghitung bilangan dan dengan gerakan , bernyanyi,disitu mereka bisa cepat mengingat
terimakasih atas video yang di berikan ,,sangat bermanfaat bagi saya.
Nama : supiyatun
NIM : 859683518
Dari video diatas kita bisa belajar beberapa cara mengatasi anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan diantaranya:
1.melalui lagu dan tepuk
2. Melalui permainan
3. Melalui peraga
4.melalui lembar kerja
Video diatas sangat membantu sekali kepada kami sebagai guru untuk mengatasi beberapa kendala dalam mengajar contohnya seperti video diatas,karena saya yakin semua guru pasti pernah menemui anak yang kesulitan dalam mengenal bilangan
Video ini bertujuan untuk membantu anak-anak mengenal dan memahami konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Melalui berbagai aktivitas, guru berusaha memfasilitasi anak-anak dalam mengenal angka dan jumlah secara konkret. Guru menerapkan berbagai strategi untuk mengenalkan konsep bilangan. Mengajak anak-anak untuk membilang melalui permainan dan lagu atau tepuk, yang dapat meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar. Membuat alat peraga permainan konsep bilangan. Memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan benda sesuai lambang bilangan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan
Bismillah
Dari video diatas bisa bermanfaat buat saya pribadi dalam menangani anak yang sulit mengenal konsep bilangan angka,dari analisi saya video diatas anak mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, bagaimana cara pengajar dalam mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan teknik tepuk tangan dan bernyanyi , menghitung di LKPD, teknik yang digunakan sangat efektif sehingga di akhir anak mampu menghitung jumlah stik dengan benar dan guru memberikan apresiasi dengan stempel bintang sebagai bentuk motivasi anak untuk semangat belajar.
Izin menanggapi bunda..
Nama : erna rahayu
Nim : 858825324
Video ini merupakan salah satu cara bagaimana mengatasi anak yang sulit mengenakan konsep bilangan, dari video diatas bisa kita lihat media yang di gunakan sudah bagus, anak2 juga terlihat antusias saat ber main, walaupun masih ada yang sedikit kesulitan. Metode yang di gunakan juga sudah bagus yaitu dengan metode pendekatan dan pemberian tugas. Video ini bisa di gunakan di lembaga untuk mengatasi bagaimana cara mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan cara yang menyenangkan.
Nama:Nur masyithoh
UT Denpasar
Dari vidio ini sudah banyak membantu sy untuk memahami bagaimana cara mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan,mungkin ad sedikit saran dr sy bisa ditambahkan lagi dengan menggunakan mainan berbentuk angka,sehingga anak lebih mudah mengingat seperti apa angka” yang sedang di pelajari,selebihnya terimakasih dg adanya vidio ini sy mendapat tambahan pengetahuan tentang cara belajar menyenangkan dg anak anak
Salam sehat,
Nama : Mariana Lele Padang
Nim. : 859428678
Dalam vidio di atas tentang sulit mengenal konsep bilangan. Di mana dalam vidio di di atas sudah memberikan pembelajaran yang sangat memberikan semangat untuk anak- anak. dengan memperkenalkan bilangan lewat permainan yang dapat membuat konsentrasi. Dengan semangatnya ibu guru dalam menerapkan pembelajaran lewat permainan dalam menghitung sesuai dengan angka yang sudah di tentukan oleh ibu guru. Namun masih ada anak yang belum mengenal konsep bilangan dan dengan tuntutan dan pendekatan ibu guru anak akan bisa mengenal bilangan dengan baik.
Nama : Tri Wahyuni
NIM : 858315333
Dalam video tersebut dijelaskan mengenai tantangan yang dihadapi anak-anak dalam memahami konsep bilangan. Video ini juga menyajikan beberapa strategi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan mengajak peserta didik melakukan kegiatan membilang melalui permainan atau menyanyikan lagu yang disertai tepuk tangan sebelum memulai aktivitas atau mengerjakan tugas. Selain itu, guru dapat memberikan lembar kerja yang melibatkan aktivitas seperti mencocokkan benda dengan lambang bilangan yang sesuai atau melingkari benda berdasarkan angka yang ditentukan.
Permasalahan seperti ini sering saya temui dalam pengalaman mengajar di pendidikan anak usia dini. Melalui video ini, saya memperoleh wawasan baru tentang bagaimana menjadi guru PAUD yang lebih efektif serta cara-cara untuk mengatasi dan meningkatkan metode pengajaran saya.
Nama : Nur Hidayah
NIM : 857656128
Dalam Vidio yang sudah saya lihat menggambarkan upaya seorang guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya yang dilakukan guru tersebut antara lain :
1. Mengajak anak membilang dengan permainan dimana anak diminta untuk mengambil benda sesuai lambang bilangan yang disebutkan.
2. Mengajak anak membilang dengan menyanyikan lagu “dua mata saya”
3. Memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Dari beberapa kegiatan yang dilakukan anak-anak terliat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.
Dari video tersebut dapat menjadi referensi bagi saya dalam melakukan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan mengenalkan lambang bilangan pada anak.