silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Pitriani
NIM : 858318948
Dalam video yang berjudul (anak sulit mengenal konsep bilangan) yaitu video yang berisi tentang seorang guru dalam mengamati anak-anak yang kesulitan mengenali konsep lambang bilangan serta upaya guru tersebut dalam mengatasi yang ada dengan cara sebagai berikut :
– Guru mengajak anak untuk membilang atau berhitung dilakukan dengan cara bermain dan lagu serta tepuk-tepuk
– Bisa melakukan dengan membuat alat peraga permainan dengan konsep bilangan
– Memberikan tugas atau meminta anak-anak untuk melingkari benda yang sesuai dengan lambang bilangannya
Nama : Ekalola Esthy Kusumaningtyas
NIM : 859662521
Anak sulit mengenal konsep bilangan memang sering terjadi, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Dalam video tersebut ibu guru sudah sangat memperhatikan anak dengan baik, memberikan bimbingan khusus agar anak bisa mengerti dengan baik, memberikan pengertian untuk anak yang kesulitan, mempunyai metode yang cocok dengan anak yang kesulitan. Anak yang kesulitan juga mampu menerima dengan baik karena merasa nyaman dan tidak tertekan dengan yang disampaikan oleh ibu guru.
assalamu’alaikum wr.wb
perkenalkan nama saya Klaudia syintia bela
Nim 877640256
upbjj jakarta
dari vidio pembelajaran di atas yaitu Sulit mengenal bilangan, dari vidio tersebut saya banyak belajar tentang cara bagaimana agar anak didik bisa mengenal bilangan dengan beberapa cara salah satu nya mengajak anak untuk menyanyi lagu sesuai dengan bilangan,,,
vidio pembelajaran ini sangat membantu untuk para guru yang kesusahan dalam mendidik anak yang belum mengenal bilangan.
sekian terimakasih.
NAMA: FITRIA NINGSIH
NIM: 877624473
Setelah melihat vidio dilaman GPO yang berjudul SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN saya menyadari bahwa banyaak anak-anak hanya menghafal urutan angka saja tanpa memahami bahwa angka mewakili suatu jumlah.
Dalam vidio diatas menekankan pentingnya penggunaan benda, gambar bahkan objek nyata agar anak dapat membangun pemahaman konsep bilangan secara alami, dalam hal ini guru diharapakan dapat memperhatikan konsep kognitif anak, guru juga harus peka melihat apakah anak tersebut benar-benar paham dengan pembelajaran yang sedang dilakukan.
REFLEKSI: Sebagai seorang guru saya harus lebih banyak menghadirkan kegiatan belajar yang nyata seperti: menghitung benda yang dibawa oleh guru, bisa buah, daun, permen, dll.
atau bisa juga kegiatan belajar yang konkrit seperti, balok, gambar, bangku yang ada dikelas, kancing baju, dll.
Nama : Nina Khadijah
NIM : 858328505
Video ini sangat bermanfaat khususnya bagi para pendidik PAUD. Dalam video tersebut diperlihatkan bagaimana guru mengemas pembelajaran dengan menarik untuk mengenalkan konsep bilangan kepada peserta didiknya serta bagaimana guru mengatasi permasalahan yang terjadi. Di awal pembelajaran guru mengajak anak untuk berhitung, bernyanyi dan bermain tepuk tanpa mengenalkan lambang bilangannya, pada kegiatan inti baru guru memperlihatkan lambang bilangan tersebut dengan mencocokkan jumlah gambar dengan angka (lambang bilangan), di akhir guru memberikan penguatan dan mengkonfirmasi kembali terkait apa yang telah diajarkan serta memberikan apresiasi kepada anak.
Nama: Sri Rahayu Rizki
Nim : 856299337
Kesulitan dalam memahami konsep bilangan memang sering terjadi pada anak TK, terdapat banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya minat belajar dan metode pengajaran. melalui video tersebut dapat Kita pelajari dan kita coba mempraktekkan ke anak-anak yang masih sulit mengenal bilangan dengan cara menggunakan media bola. Untuk berhitung atau media lainnya, memberikan bimbingan agar anak bisa mengerti dengan baik dan memberikan reward kepada anak-anak yang telah bisa sehingga, anak-anak yang lain termotivasi.
Nama : Dyah Ayu Krisnasari
NIM : 857859077
Penggunaan permainan, lagu, dan tepuk cenderung membuat anak lebih tertarik dan bersemangat dalam belajar. Aktivitas ini menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan. Pemberian lembar kerja tambahan dan pengulasan hasil karya menunjukkan adanya upaya untuk membantu anak yang mungkin masih kesulitan. Momen-momen tak terduga dari reaksi dan interaksi anak-anak selama kegiatan pembelajaran bisa menjadi hal yang unik dan menarik untuk ditangkap dalam video.
Nama : Rustiningsih NIM : 857652492
Judul Vidio : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Pada vidio”Sulit mengenal konsep bilangan”vidio ini sangat bagus sekali,disitu dijelaskan cara guru mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Memang kita sebagai guru harus tahu cara menyikapi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Pada vidio diatas guru sudah memberikan berbagai media dan metode untuk mengenalkan anak tentang bilangan,salah satunya dengan mengenalkan bilangan dengan cara bermain dan bernyanyi. Dengan cara seperti ini anak akan lebih bersemangat dalam mengenal konsep bilangan,disamping itu seorang guru guru juga harus selalu memberikan reward kepada anak yang benar dalam mengenal konsep bilangan,karena dengan memberikan reward ,anak akan merasa senang dan terpacu serta semangat dalam belajar mengenal konsep bilangan.
Terimakasih untuk Guru Pintar Online,vidionya sangat bermanfaat dan bisa untuk dijadikan referensi untuk guru dalam menghadapi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.
Nama : Lisneweri Simamora
NIM :856532073
Izin menanggapi video di atas
Menurut saya video ini bertujuan untuk membantu anak-anak mengenal dan memahami konsep bilangan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Melalui berbagai aktivitas, guru berusaha menfasilitasi anak-anak dalam mengenal angka dan jumlah secara konkrit. Guru menerapkan berbagai strategi untuk mengenalkan konsep bilangan. Mengajak anak-anak untuk membilang melalui permainan dan lagu atau tepuk-tepuk, yang dampak meningkatkan minat dan motivasi mereka dalam belajar.
Nama : Khoiriah
Nim : 856655993
Di vidio ini terlihat pendidik/guru menggunakan beberapa teknik untuk mengenalkan konsep bilangan kepada peserta didik, yaitu dengan mengambil bola dengan jumlah yang diarahkan sama guru, bernyanyi menghitung anggota tubuh, tepuk tangan, menghitung jumlah gambar dan menghitung banyaknya pensil. Dengan banyaknya teknik di lakukan oleh guru bisa membantu anak yang sulit mengenal konsep bilangan. sebagai pendidik juga selalu mengapresiasi bagi anak yang berhasil melakukan tugas sesuai arahan dari guru, dengan cara memeberi pujian serta memberi stempel bintang ditangannya. Namun saya melihat dalam vidio tersebut saat mengambil bola sebanyak yang diarahkan sama guru, guru tidak memberikan alat bantu berupa keranjang kecil atau sejenisnya. sehingga anak terlihat kesulitan saat membawa bola ke arah guru.