silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Assalamualaiqum,,,dalam forum diskusi pada laman GPO ini sangat banyak manfaat untuk saya sebagai pendidik,,dimana Setelah menyaksikan video tentang teknik mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini, saya merasa sangat terinspirasi dengan pendekatan yang disajikan. Video ini dengan jelas menggambarkan bagaimana konsep abstrak seperti bilangan dapat dikenalkan melalui kegiatan yang menyenangkan dan kontekstual bagi anak-anak.
Saya sangat tertarik dengan penggunaan aktivitas bermain bola sebagai media pembelajaran. Mengintegrasikan gerakan fisik dengan konsep matematika membuat pembelajaran menjadi lebih hidup dan menarik perhatian anak. Permainan sederhana seperti meminta anak mengambil sejumlah bola sesuai angka yang disebutkan guru adalah cara yang efektif untuk menghubungkan simbol bilangan dengan kuantitas nyata.
Penggunaan bahasa Inggris sederhana seperti ‘Seven’ juga menurut saya merupakan inisiatif yang baik untuk mengenalkan kosakata baru secara dini kepada anak-anak. Meskipun demikian, penting juga untuk memastikan pemahaman konsep bilangan dalam bahasa ibu terlebih dahulu.
Saya juga mengamati bagaimana guru dalam video ini mengajak seluruh kelas untuk berhitung bersama setelah seorang anak mengambil bola. Hal ini tidak hanya memperkuat pemahaman konsep bilangan bagi anak yang bersangkutan, tetapi juga melibatkan seluruh kelas dalam proses pembelajaran. Koreksi yang diberikan kepada Nailah dengan sabar dan memberikan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan juga merupakan praktik yang sangat baik dalam membangun pemahaman anak.
Penggunaan variasi metode seperti permainan, lagu, tepuk, dan lembar kerja sebelum memberikan tugas juga menunjukkan pemahaman akan pentingnya mengakomodasi berbagai gaya belajar anak. Pemberian penguatan positif berupa stempel bintang adalah cara sederhana namun efektif untuk memotivasi anak.
Saya ingin bertanya kepada Bapak/Ibu guru yang lain, bagaimana pengalaman Anda dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini? Apakah ada metode atau media lain yang terbukti efektif? Saya juga tertarik untuk mendiskusikan bagaimana cara kita dapat meningkatkan tingkat kesulitan tugas secara bertahap sesuai dengan perkembangan pemahaman anak.
Terima kasih atas video yang memberikan banyak ide ini. Semoga diskusi kita dapat memperkaya praktik pembelajaran kita sehari-hari.”
mohon maaf saya lupa
Nama : Amica papalia
Nim : 855707995
Upbjj : Ambon
Nama : ASA RIZKY AMALIA
NIM : 858568975
“SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN”
Dari video yang ditayangkan para pendidik mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi, bermain sambil belajar yaitu menghitung bola sesuai perintah guru dan selanjutnya memberikan penguatan dengan tugas menghitung gambar lalu melingkari angka yang benar.
Menurut saya metode tersebut sudah sesuai dengan perkembangan dan usia anak, dengan nyanyian anak akan mudah menangkap apa yang disampaikan pendidik, dengan bermain anak akan merasa senang dan tidak merasa ditekan untuk belajar padahal mereka sedang belajar dengan cara bermain, kemudian pemberian tugas membuat anak belajar fokus dan konsentrasi dengan apa yang sedang dikerjakannya.
Salah satu kemampuan dasar anak yaitu berhitung akan terpenuhi melalui kegiatan yang menyenangkan.
Nama : NUR WAHYU N.
NIM : 860140141
PRODI : PGPAUD
Sebagai guru PAUD, saya melihat video ini sangat relevan dengan tantangan nyata yang sering kami hadapi di kelas, khususnya untuk anak TK yang masih berada pada tahap awal perkembangan kognitif.
1. Video ini menunjukkan bahwa anak TK memang belum semuanya mampu mengenal bilangan dengan baik. Banyak dari mereka masih dalam tahap pra-operasional, sehingga konsep jumlah, urutan, dan hubungan satu-satu masih sulit dipahami.
2. Adanya media seperti balok, biji-bijian, dan kartu angka sangat membantu anak membangun pemahaman melalui pengalaman langsung. Ini sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini: belajar dari yang konkret ke abstrak.
3. Guru dalam video tampak sabar dan tidak memaksa anak untuk segera bisa. Ini penting, karena setiap anak memiliki kecepatan belajar yang berbeda.
Video ini sangat baik untuk menjadi bahan refleksi bagi guru PAUD lainnya. Proses mengenalkan konsep bilangan memang tidak mudah, terutama di usia TK A, karena mereka masih belajar menghubungkan simbol angka dengan jumlah benda secara konkret. Yang terpenting adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, sabar, dan penuh makna.
Saran:
1. Perlu Lebih Banyak Ragam Aktivitas: Akan lebih menarik jika dalam video ditampilkan lebih banyak variasi kegiatan mengenal bilangan, seperti:
a. Menyanyikan lagu angka
b. Permainan peran di toko-tokoan (bermain jual beli)
c. Kegiatan menghitung benda di lingkungan sekitar
2. Video bisa menampilkan bagaimana guru memberikan pendampingan lebih intensif kepada anak yang masih kesulitan. Misalnya, dengan memisahkan anak dalam kelompok kecil agar lebih fokus.
Nama : ASA RIZKY AMALIA
NIM : 858568975
“SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN”
Dari vidio diatas menunjukkan cara seorang guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Ada beberapa cara yang diterapkan yaitu bernyanyi, bermain, dan pemberian tugas. Dengan bernyanyi anak akan mudah memahami apa yang sedang disampaikan oleh guru, dengan bermain sambil belajar anak akan merasa senang dan tidak sadar bahwa dirinya sedang belajar karena kegiatan ini paling disukai dan menyengkan. Selanjutnya melalui penguatan materi yaitu pemberian tugas, hal ini mengajarkan anak untuk berlatih fokus dengan menghitung gambar dan melingkari angka yang benar.
Menurut saya metode yang digunakan oleh guru tersebut sudah sesuai karena melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan akan membuat anak merasa nyaman dan tidak bosan saat belajar serta mudah memahaminya.
Dibeberapa sekolah mungkin ada beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan. Dalam vidio guru pintar online tersebut guru memberikan teknik mengenalkan konsep bilangan dengan menerapkan beberapa strategi dan menggunakan beberapa alat peraga yang mudah dipahami anak didik dengan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak dengan mudah memahaminya.
1. guru menggunakan media bola dan spidol untuk berhitung
2. Guru juga mengenalkan konsep bilangan melalui lagu dan tepuk sehingga anak akan lebih semangat untuk belajar
3. Guru mengajak anak untuk berhitung dengan menunjuk nama anak yang duduk rapi untuk mengambil bola, sehingga anak mau duduk rapi dan memperhatikan apa yang yang disampaikan guru
4. Guru memberikan penguatan kepada siswa dengan memberikan stempel bintang ditangan
5. guru memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai dengan bilanganya atau melingkari benda sesuai lambang bilanganya
Dengan memberikan reward atau penguatan kepada anak maka akan menjadikan anak semangat untuk belajar dan merasa tidak bosan. Guru harus kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran dengan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta menyiapkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dan minat anak didik
Nama : Sri Wuryani
NIM : 857871343
Dibeberapa sekolah mungkin ada beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan. Dalam vidio guru pintar online tersebut guru memberikan teknik mengenalkan konsep bilangan dengan menerapkan beberapa strategi dan menggunakan beberapa alat peraga yang mudah dipahami anak didik dengan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak dengan mudah memahaminya.
1. guru menggunakan media bola dan spidol untuk berhitung
2. Guru juga mengenalkan konsep bilangan melalui lagu dan tepuk sehingga anak akan lebih semangat untuk belajar
3. Guru mengajak anak untuk berhitung dengan menunjuk nama anak yang duduk rapi untuk mengambil bola, sehingga anak mau duduk rapi dan memperhatikan apa yang yang disampaikan guru
4. Guru memberikan penguatan kepada siswa dengan memberikan stempel bintang ditangan
5. guru memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai dengan bilanganya atau melingkari benda sesuai lambang bilanganya
Dengan memberikan reward atau penguatan kepada anak maka akan menjadikan anak semangat untuk belajar dan merasa tidak bosan. Guru harus kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran dengan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta menyiapkan bahan ajar sesuai dengan kebutuhan dan minat anak didik
NAMA : NUR AHDA ANNISA
NIM : 858297242
“Dalam video tersebut, guru memberikan berbagai upaya untuk membantu anak yang mengalami kesulitan mengenal konsep bilangan.”
Beberapa upaya yang mungkin dilakukan guru, dan bisa kamu cantumkan sebagai contoh, Memberikan bimbingan individual
Guru mendampingi anak secara langsung, membantu menghitung benda satu per satu dengan sabar..
1. Mengulangi kegiatan secara bertahap
Guru mengulang aktivitas berhitung dari angka kecil secara bertahap agar anak tidak kewalahan.
2. Menggunakan lagu atau gerakan
Anak diajak menyanyi sambil menunjukkan jumlah dengan jari atau gerakan tubuh agar konsep bilangan lebih mudah dipahami.
3. Memberi pujian dan motivasi
Guru memberikan dukungan positif agar anak merasa percaya diri dan tidak takut mencoba.
Nama : HERNA SUSANTI
NIM : 856270837
UPBJJ : UT PADANG
SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN
Menurut saya cara yang digunakan oleh ibu guru di vidio ini dalam mengajarkan anak konsep bilangan pada anak sudah bagus dan menarik. dapat kita lihat bagaimana cara ibu guru mengajarkan konsep bilangan melalui permainan ambil bola pada anak. dimana anak diminta untuk mengambil bola sesuai dengan angka yang diucapkan guru dan kemudian mengkonfirmasikan jumlah bola yang diambil apakah sudah betul atau belum. ibu guru juga mengenalkan konsep bilangan melalui lagu kepada anak serta pemberian lkpd untuk melihat apakah anak sudah paham dengan konsep bilangan atau belum.
Assalamualaikum Wr Wb. perkenalkan nama saya Syarifah dengan NIM 857867859.
Dalam video yang berjudul ” sulit mengenal konsep bilangan” yang berdurasi 5.22 ini menjelaskan kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Fenomena ini sering terjadi pada anak usia dini yang belum memiliki pemahaman tentang konsep bilangan. Dan dari video ini juga disebutkan berbagai cara mengatasi kesulitan tersebut, seperti guru mengenalkan konsep bilangan dengan permainan, bernyanyi, atau permainan tepuk tangan serta memberikan lembar kerja yang mudah dipahami anak. Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode atau strategi belajar yang kreatif akan lebih memudahkan anak dalam memahami konsep bilangan sehingga meningkatkan minat anak dalam berhitung.