Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik iconΒ  Β  jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian padaΒ  anak Β .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama : Candra Febriyanti
    NIM : 857725634
    video di atas merupakan cara guru agar perkembangan anak dalam aspek kognitif meningkat, dimana video tersebut merupakan cara yang menarik dalam memberikan pembelajaran tentang pemahaman konsep bilangan, dikemas dengan sangat menarik sehingga anak sangat antusias dalam melakukan permbelajaran yang diberikan guru. guru sangat kreatif mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  2. Nama : DELVI NUR INDAH SARI
    NIM : 858756101

    Bu guru dalam video di atas dalam mengenalkan bilangan menggunakan metode yang di sukai anak-anak yakni bernyanyi dan bermain ,, di mana dalam metode ini anak cukup fokus dalam mengikuti arahan dari bu guru, kelebihan dari metode yang di ajarkan bu guru sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini yakni bermain dengan belajar, hanya akan lebih baik lagi jika dalam kegiatan mengambil bola sesuai arahan bu guru, anak anak di beri rintangan untuk menuju ke bola,, agar fisik motorik anak lebih terasah lagi dengan adanya rintangan yang sesuai dengan anak usia dini.

  3. Nama : Gusti Agung Ayu Indrayani
    NIM : 859045561
    Prodi : PGPAUD
    UT Denpasar Kabupaten Buleleng Singaraja Bali

    Menurut saya video diatas sangat bermanfaat bagi guru PAUD, karena sangat memberikan contoh konkret untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan cara yang menarik dan lebih interaktif. Didalam video diatas guru dapat menggunakan teknik bermain sambil belajar, seperti tepuk tangan, menghitung lagu dan aktivitas memasangkan dan melingkari benda sesuai dengan angka, dan sesuai dengan karakteristik pada perkembangan anak usia dini yang belajar paling efektif melalui pengalaman langsung dan bermain.
    Dari video diatas juga sangat menekankan betapa penting pemberian penguatan positif, seperti memberikan stempel bintang sebagai reward ketika anak berhasil melakukan tugas menghitung dengan benar , dan dapat meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri anak. Dalam pendekatan ini sangatlah relevan untuk guru PAUD untuk mengatasi kesulitan anak untuk mengenal konsep bilangan yang secara menyanangkan dan tidak membebani.
    Dari keseluruhan video diatas sangat memberikan inspirasi dan teknis praktis yang dapat langsung diterapkan untuk pembelajaran kognitif di PAUD, sehingga dapat mebantu guru dalam mengembangkan kemampuan numerasi anak secara efektif dan sangat menyenangkan.

  4. Nama : Sri Rahayu Rizki
    Nim : 856299337
    Membantu dalam memahami konsep bilangan memang sering terjadi pada anak TK, terdapat banyak faktor yang mempengaruhi diantaranya minat belajar dan metode pengajaran. melalui video tersebut dapat kita pelajari dan kita coba mempraktekkan ke anak-anak yang masih sulit mengenal bilangan dengan cara menggunakan media bola. Untuk berhitung atau media lainnya, memberikan bimbingan agar anak bisa mengerti dengan baik dan memberikan reward kepada anak-anak yang telah bisa sehingga, anak-anak yang lain termotivasi.

  5. Nama : Desna Puja Kesumastuti
    NIM : 858001457
    Dari Video pembelajaran di atas guru melakukan kegiatan belajar sambil bermain yang menarik dan efektif, dengan metode bernyanyi, menggunakan alat peraga, dan lembar kerja, sehingga anak-anak lebih mudah dan senang mengenal bilangan. Dari kegiatan pembelajaran di video yang mencakup perkembangan kognitif, dapat kita lihat juga beberapa aspek perkembangan yang lain, seperti aspek perkembangan sosial emosional, dimana anak berani maju kedepan untuk menghitung benda. Aspek Bahasa, anak-anak menirukan bernyanyi lagu dua mata saya dengan, dan mungkin beberapa aspek perkembangan yang lainnya.

  6. Assalamu’alaikum
    Nama : Baidar
    Nim. : 877797273
    Dalam vidio ini guru memberikan pembelajaran tentang mengenal konsep bilangan kepada anak didik bisa melalui bernyanyi, bemain, bertepuk dengan cara berinteraksi dengan anak, anak lebih fokus dan mudah dimengerti oleh anak.
    Metode pembelajaran ini sudah sesuai dengan pembelajaran anak usia dini…
    Saya suka semoga guru-guru hebat mengajar dengan ceria dan menyenangkan anak..
    Terima kasih πŸ™πŸ™πŸ™
    Wassalamu’alaikum

  7. Nama:Pahriati
    Nim:858276414
    Analisis vidio berjudul “sulit mengenal konsep bilangan”
    Vidio ini berisi tentang seseorang guru Tk dalam mengamati anak-anak yang sulit mengenal konsep lambang bilangan upaya guru tersebut adalah
    – mengajak anak untuk membilang atau berhitung dengan cara bermain dan lagu atau tepuk.
    – membuat alat peraga permainan konsep bilangan
    – memberikan tugas berupa meminta anak-anak melingkari benda sesuai lambang bilangannya.

  8. “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
    Pembelajaran diatas sangat bagus, dan sangat tepat diterapkan pada pendidikan Anak Usia Dini.
    Dengan bernyanyi dapat meningkatkan motivasi, keaktifan, dan memudahkan anak mengingat dalam belajar mengenal konsep bilangan.
    Penggunaan alat peraga bola membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami oleh anak.
    Sedangkan lembar kerja memfasilitasi pembelajaran anak dalam berlatih mandiri, fokus dan penerapan konsep.
    Vidio pembelajaran diatas sudah memenuhi prinsip pembelajaran PAUD, yakni berfokus pada kebutuhan dan perkembangan anak, dengan pendekatan bermain sambil belajar, berorientasi kebutuhan individu, dan menciptakan lingkungan yang kondusif.

  9. Nama: Yuniman Ndruru
    Nim: 859809085

    Program yang dilakukan guru ini sangat efektif dalam membantu anak mengenal konsep bilangan secara menyenangkan dan interaktif. Karena pada vidio tersebut :
    1. guru menggunakan Metode Bermain dan Bernyanyi Melalui lagu dan tepuk tangan, anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan karena mereka belajar sambil bergerak dan bersenang-senang.
    2. Menggunakan Alat Peraga dan memberikan benda konkret untuk dipasangkan dengan lambang bilangan memungkinkan anak melihat dan menyentuh langsung angka yang mereka pelajari. Ini sangat membantu anak yang lebih memahami konsep melalui pengalaman langsung.
    3.Memberikan Lembar Kerja sebagai Latihan Mandiri Latihan memasangkan benda dengan angka atau melingkari jumlah yang sesuai memberikan kesempatan kepada anak untuk mengaplikasikan pemahaman mereka dengan cara yang lebih fokus dan mandiri.
    4. Memberikan Penguatan dan Apresiasi Penghargaan seperti stempel bintang di tangan dapat meningkatkan motivasi anak dan rasa percaya diri mereka. Anak-anak akan merasa dihargai atas usahanya, yang pada akhirnya memperkuat kebiasaan belajar yang positif.

  10. Nama : Munfaridah
    NIM : 857585259

    “Mengenal konsep bilangan”
    Dalam video diatas menjelaskan bahwa pembelajaran untuk menstimulus perkembangan kognitif pada anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan sangatlah beragam. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan mengajar yakni:
    a. Melalui tepuk
    b. Melalui bernyanyi
    c. Menghitung benda secara langsung
    d. Menggunakan media lembar kerja anak yang bergambar

    Tentunya pembelajaran dalam video tersebut sangatlah tepat untuk anak usia dini, karena pembelajaran tersebut dilakukan seraya bermain. Jadi akan menjadikan anak lebih mudah mengerti,fokus dan semangat dalam belajar.
    Dan video ini dapat dijadikan referensi bagi guru Paud untuk meningkatkan kualitas mengajar.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/ http://sofima.hol.es/https://central.nasrda.gov.ng/https://www.naturkraftwerke.com/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://cheersport.at/doc/bandarqq/https://cheersport.at/doc/dominoqq/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/