Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. Nama:Salsa Renggani Lujiazahra
    Nim:857390805
    Judul video:sulit mengenal konsep bilangan
    Tanggapan Saya dalam video tersebut guru mengajar kan pembelajaran tentang bilangan dengan berbagai media pembelajaran seperti menghitung jumlah bola dengan cara meminta anak untuk mengambil jumlah bola yang diberikan guru

  2. Nama : Erna Suryani
    NIM : 858619677

    Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Dalam video ini memperlihatkan bagaimana seorang guru ditaman kanak-kanak mengenal tentang konsep bilangan kepada anak-anak dengan metode yang lebih mudah dipahami melalui pendekatan yang kreatif dan menarik seperti bernyanyi, bertepuk tangan, mengambar serta permainan-permainan yang dapat mereka ikuti. Dengan demikian anak-anak dapat lebih mudah memahami angka bilangan sejak dini sesuai dengan usia anak PAUD.

  3. Nama : Nurhayati
    Nim : 857470063

    Dalam tayangan video tersebut tampak terlihat guru taman kanak-kanak sedang mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. adapu beberapa metode yang dilakukan oleh guru tersebut dengan menggunakan beberapa cara, yang pertama dengan menghitung benda konkret seperti bola bola kecil, kemudiang dengan metode bernyanyi, kemudian dengan metode tepuk tangan , dan metode penugasan yaitu menghitung jumlah benda yang ada pada gambar, dan menuliskan angka sesuai banyaknya gambar benda. dengan metode seperti ini anak akan lebih mudah memahami karena menghitung secara langsung benda yang ada dihadapannya, dan memiliki pengalaman berkesan dalam pembelajaran karena mempraktekan secara langsung menghitung bola sambil bermain, menghitung tepuk sesuai bilangan sambil bernyanyi, pembelajaran seperti ini tidak akan membuat anak cepat bosan kaerena sangat menyenangkan dimainkan bersama sama.

  4. NAMA : FIRLY NURBAETI ZEIN
    NIM : 857526223
    PGPAUD UPBJJ BANDUNG

    Dalam video tersebut, guru berupaya untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

    Menurut saya, pembelajaran/strategi yang digunakan sudah bagus. Pembelajaran juga bisa memanfaatkan bahan disekitar sepeti ranting, kancing baju, tutup botol, kerikil dan sebagainya. Selain memperkenalkan konsep bilangan pada anak, dapat juga mengajarkan anak untuk memanfaatkan serta menggunakan bahan disekitar.

  5. Nama : Era Yudhithia Prawira
    NIM : 877636937
    Izin memberikan pendapat, dari video di atas tampak upaya seorang guru TK yang sedang mengajarkan anak didiknya untuk mengenal konsep bilangan yang menggunakan berbagai cara seperti menghitung bola ( benda konkret), namun masih terdapat anak yang belum paham konsep bilangan sehingga antara perintah yang diminta guru dan bola yang diambil anak belum sesuai. Guru mengajak semua anak untuk menghitung bersama jumlah bola yang diambil temannya. Guru juga menggunakan strategi lainnya untuk mengenalkan konsep bilangan dengan berbagai teknik seperti tepuk dan bernyanyi, menggunakan lembar kerja mengklasifikasikan gambar sesuai bilangan dan memberikan penguatan dan motivasi berupa stempel bintang sehingga anak tidak merasa bosan mengikuti pembelajaran.

  6. Nama:Hikma Fujianti
    NIM:859405799
    Di dalam video ini saya menemukan pembelajaran sebagai pendidik untuk melatih dan mendorong anak agar mampu mengulang dan mengenal bilangan dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak. Guru yang berupaya mendorong anak agar mampu mengingat dan mengenal bilangan . Yang di mana mengenal bilangan membangun dasar untuk pemahaman matematika dan penting dikembangkan sejak dini pengenalan bilangan sebaiknya dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengenalkan bilangan antara lain bermain puzzle, pemilahan latihan warna dan bentuk, bermain dengan benda-benda di sekitar, bermain game, membaca dan mengajukan pertanyaan dengan mengenal konsep angka, anak-anak akan dapat mengenal dan membaca bilangan dan simbol-simbol matematika yang biasa digunakan dalam menyatakan bilangan.(Runtukahu,J.T,2014)

  7. Video di atas sangat bermanfaat sekali khususnya buat saya pribadi dalam menangani anak yang sulit mengenal konsep bilangan angka, dari analisis saya tentang video di atas adalah anak mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, Bagaimana cara mengajar dalam mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan teknik tepuk tangan dan bernyanyi, menghitung di LKPD teknik yang digunakan sangat efektif sehingga di akhir anak mampu menghitung jumlah . dengan benar dan Guru memberikan apresiasi dengan stempel bintang sebagai bentuk motivasi anak untuk lebih semangat lagi belajarnya.

  8. Nama : Listiowati
    Nim : 858159888
    Upbjj : Palangkaraya
    Video di atas sangat bermanfaat buat saya pribadi dalam menangani anak yang sulit mengenal konsep bilangan angka, dari analisis saya video di atas anak mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan, Bagaimana cara mengajar dalam mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan teknik menghitung di LKPD teknik tepuk tangan dan bernyanyi, teknik yang digunakan sangat efektif sehingga di akhir anak mampu menghitung jumlah stik dengan benar dan Guru memberikan apresiasi dengan stempel bintang sebagai bentuk motivasi anak untuk lebih bersemangat lagi belajarnya.

  9. Nama Nuraini
    NIM 856278713
    PAUD UPBJJ Padang

    Dari Video di atas terlihat guru sedang melakukan kegiatan pembelajaran bersama anak di dalam kelas yaitu dengan cara duduk melingkar , Guru mengajarkan kepda anak tentang konsep bilangan.
    Namun yang berbeda guru mengenalkan konsep bilangan dengan cara bermain. Yaitu menggunakan media bola.
    Anak terlihat aktif mengikuti kegiatan.
    Karena dengan menggunakan bola. Anak juga merasa senang belajar dn mengenal bilangan sambil bermain bola.
    Vide tersebut sangat menginspirasi say dalam melakukan pembelajaran di kelas. Agar pembelajaran di kelas menjadi bermakna untuk anak. Terimakasih.

  10. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Perkenalkan Nama saya : Dwi Lestari
    NIM : 858011891
    Pokjar : PRATAMA
    PKBJJ : GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA

    Izin menanggapi video diatas.
    Dalam video ke-2 yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” ini menjelaskan tentang anak-anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Dimana dalam video ini menjelaskan beberapa cara yang bisa mengembangkan mengenal konsep pramatematika, khususnya konsep bilangan. Video tersebut sangat membantu dan menginspirasi para pendidik serta memudahkan anak dalam belajar karena sesuai dengan teknik pembelajaran PAUD. Teknik yang digunakan dalam video tersebut seperti sebelum pemberian tugas guru dapat mengajarkan anak dengan bernyanyi/nasyid/tepuk, memberi lembar kerja menghubungkan gambar dengan lambang bilangan/angka, serta yang terpenting adalah pemberian reward untuk anak yang suah melakukan kegiatan dengan tepat, hal ini bisa menambah semangat dan bisa memotivasi teman yang lain untuk bisa mendapatkan reward juga. Sedikit menambahkan untuk teknik mengenal konsep bilangan seperti mengenal lambing bilangan atau angka bisa juga dilakukan dengan cara menyamakan bilangan tersebut dengan suatu benda, misalkan angka satu seperti tugu, angka dua seperti bebek, angka tiga seperti kupu-kupu/telinga, dan seterusnya. Dengan metode seperti ini saya telah mempraktikan kepada peserta didik yang ada di lembaga saya, anak akan mudah mengingat karena disamakan dengan benda. Dalam penyamaan terhadap benda tersebut bisa digunakan dalam lagu atau bisa dibuat dalam bentuk gambar. Meskipun demikian seperti yang telah saya sampaikan dalam tanggapan video pertama tadi, tentu saja setiap cara pasti ada kelemahan daan kelebihannya itu semua tergantu pada karakteristik anak masing-masing. Sehingga kita sebagi pendidik juga harus tetap memberikan stimulus kepada anak sesuai dengan karakteristik mereka masing-masing.

    Sekian dan terimakasih atas video inspirasi yang diberikan.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://globelegislators.org/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://www.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/https://encuestas.sistemasuni.edu.pe/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/