silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Ijin menanggapi video diatas dengan judul “Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan”. Dalam video tersebut sangat mudah untuk saya pahami yaitu dengan cara Guru dapat mengatasi anak-anak yang sulit mengenal bilangan dengan kegiatan bermain dan bernyanyi. Pembelajaran yang digunakan sudah sesuai dan bagus. Video diatas menunjukkan dengan pendekatan melalui pembelajaran yang kreatif anak-anak dapat mengenal bilangan secara mudah.
Nama : Nurul Huda
Nim : 858330146
Dalam video tersebut, guru berupaya mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan mengajak anak membilang melalui permainan dan nyanyi dan tepuk, memakai alat peraga, dan pemberian lembar kerja memasang/melingkari benda sesuai lambang bilangan serta apresiasi guru terhadap anak dengan stempel bintang.
Dalam menghadapi kesulitannya, guru harus memiliki kreativitas dan inovasi dalam menciptakan metode mengajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan yang mampu mendorong partisipasi anak aktif.
Nama: Sarinah
Nim: 858328315
PGPAUD UPBJJ Banjarmasin
Bedasarkan dari video yang saya amati tentang mengenal konsep bilangan pada paud, cara guru dalam memberikan pembelajaran sangar menarik bagi anak-anak. Guru meminta anak untuk mengambil bola sesuai instruksi yang diberikan kemudian bersama-sama anak yang lain mengoreksi apakah bola yang diambil anak sudah sesuai dengan yang diminta guru. Menurut saya apa yang dilakukan guru tersebut sudah sangat baik mengemas pembelajaran yang melibatkan anak untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Guru juga menggunakan bahan bekas yang bisa digunakan menjadi media yang menarik untuk anak dalam proses mengenal lambang bilangan.
Nama : Anggita Rahayu Wardani
Nim : 857870359
Dari vidio diatas menunjukkan cara guru mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Ada banyak cara untuk mengenalkan bilangan kepada anak guru ini menggunakan metode menghitung bola dan mengerjakan lembar kerja dan bernyanyi.
Menurut saya video ini bermanfaat bagi guru anak usia dini karena untuk referensi mengajar
Dalam video tersebut dalam pembelajaran guru sangat kreatif dan inofatif karena :
Saat mengajar guru menggunakan metode bermain dan bernyanyi melalui lagu dan tepuk tangan dengan hal ini anak- anak lebih mudah dalam memahami konsep bilangan karena mereka belajar sambil bergerak dan bersenang-senang.
Guru menggunakan alat peraga dan memberikan contoh benda konkret untuk dipasang -pasangkan dengan lambang bilangan sehingga anak melihat dan menyentuh secara langsung apa yang mereka pelajari
Guru memberikan lembar kerja sebagai Latihan mandiri yaitu Latihan memangsangkan benda dengan angka atau melingkari jumlah yang sesuai memberikan kesempatan keppada anak untuk pemahaman mereka dengan lebih focus dan mandiri
Assalammualaikum wr.wb
Nama : Annisa Wulandari
NIM : 856278182
Proses pelaksanaan PBM yang di lakukan guru ini sangat efektif dalam membantu anak dalam mengenal konsep bilangan secara menyenangkan dan interaktif. yang dilakukan di dalam vidio tersebut :
1. guru menggunakan Metode Bermain saraya bernyanyi Melalui lagu dan tepuk tangan, anak-anak lebih mudah memahami konsep bilangan karena mereka belajar sambil bergerak dan bersenang-senang.
2.Guru dalam menggunakan Alat Peraga dan memberikan benda – benda konkret atau nyata untuk dipasangkan dengan lambang bilangan yang memungkinkan anak dapat melihat dan menyentuh secara langsung angka yang mereka pelajari. Ini sangat membantu anak yang lebih memahami konsep melalui pengalaman langsung.
3.Guru juga dapat memberikan Lembar Kerja sebagai Latihan Mandiri Latihan memasangkan benda dengan angka atau melingkari jumlah yang sesuai memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba membuat sendiri dan memberikan pemahaman mereka dengan cara yang lebih fokus dan mandiri.
4. Guru juga dapat memberikan Penguatan dan Apresiasi Penghargaan seperti stempel bintang atau stiker di tangan dapat meningkatkan motivasi anak dan rasa percaya diri mereka. Anak-anak akan merasa dihargai atas usahanya, yang pada akhirnya memperkuat kebiasaan belajar yang positif.
Nama: Bastiah
NIM: 858328687
Prodi :PG Paud
Izin memberikan refleksi tentang pembelajaran yang berjudul Anak Sulit Mengenal Lambang bilangan.
Saya sangat setuju dengan guru tersebut karena sangat kreatif dan menyenangkan dalam memberikan pembelajaran terutama dalam mengenal lambang bilangan.
Dalam video tersebut guru juga mengajak anak melakukan permainan, lagu, tepuk-tepukan dan alat peraga permainan yang menarik. Guru juga menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendorong partisiasi anak.
NAMA : ZULVIANA MONALISA
NIM : 860107172
PGPAUD UPBJJ MEDAN
Dalam video tersebut, menunjukkan cara seorang guru mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan beberapa cara yang seru dan menyenangkan menurut saya itu baik dan sudah tepat yaitu dengan cara bermain sambil belajar seperti bermain bola, lalu bertepuk dan bernyanyi 2 mata saya yang berkaitan dengan bilangan, selanjutnya memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan diakhiri dengan apresiasi dan penghargaan kepada anak agar memotivasi mereka dan membangun kepercayaan diri anak.
Ada beberapa hal tambahan yang bisa dilakukan oleh seorang guru untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan yaitu :
– Menggunakan benda-benda konkret sehari-hari: Libatkan benda-benda yang familiar bagi anak, seperti kancing, batu, daun, atau mainan kecil saat membilang dan mengenalkan konsep jumlah. Misalnya, “Ada berapa kancing di bajumu?” atau “Coba ambil tiga batu ini.”
– Memanfaatkan kegiatan rutin: Integrasikan konsep bilangan ke dalam kegiatan sehari-hari. Saat membagikan camilan, tanyakan berapa banyak yang dibutuhkan setiap anak. Saat berbaris, hitung jumlah anak di barisan.
– Menggunakan media visual yang menarik: Selain alat peraga buatan guru, gunakan gambar-gambar cerah, kartu bilangan bergambar, atau bahkan video pendek yang menarik untuk mengenalkan angka dan jumlah.
– Pendekatan multisensori: Libatkan berbagai indra anak. Selain melihat dan mendengar, ajak anak meraba jumlah benda, membuat bentuk angka dengan plastisin, atau bahkan melompat sebanyak angka yang disebutkan.
– Bermain peran (Role-playing): Ciptakan situasi bermain peran yang melibatkan konsep bilangan. Misalnya, bermain “toko” di mana anak harus “membeli” sejumlah barang tertentu.
– Menggunakan buku cerita bergambar tentang angka: Pilih buku cerita yang mengenalkan angka dan konsep bilangan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Diskusikan isi cerita dan ajak anak menghitung benda yang ada di dalamnya.
– Permainan papan sederhana: Perkenalkan permainan papan sederhana yang melibatkan penghitungan langkah atau jumlah benda.
– Kolaborasi dengan orang tua: Berikan saran kepada orang tua tentang cara melatih konsep bilangan di rumah melalui kegiatan sehari-hari yang menyenangkan.
– Observasi dan individualisasi: Amati gaya belajar dan kesulitan spesifik setiap anak. Sesuaikan pendekatan dan berikan dukungan tambahan bagi anak yang membutuhkan.
– Fokus pada pemahaman konsep, bukan hanya hafalan: Pastikan anak benar-benar memahami arti dari setiap bilangan dan bagaimana bilangan tersebut berhubungan dengan jumlah benda, bukan hanya menghafal urutan angka.
– Kesabaran dan pengulangan dengan cara yang bervariasi sangat penting dalam membantu anak-anak usia Taman Kanak-kanak memahami konsep bilangan.
Nama : Ela Nurlaelasari
NIM : 877831559
UPBJJ UT Bandung
———————————————————————–
Dalam Video Seri Pembelajaran PAUD “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” ini secara keseluruhan sudah baik, guru memberikan metode pembelajaran yang menarik terlihat dari video tersebut anak-anak semua terlihat senang melakukan kegiatan yang guru berikan. Kegiatan yang diberikan oleh guru bervariasi dan sudah sesuai dengan perkembangan anak usia 4-6 tahun yaitu tahap bereksplorasi sehingga anak bisa langsung mempraktekannya. Penggunaan benda-benda konkrit akan memudahkan anak menjadi lebih meningkat pemahamannya. Setelah anak-anak belajar guru memberikan reward pada anak-anak hal ini baik karena anak akan merasa dihargai dan keinginan untuk lebih baik lagi saat belajar akan terus meningkat.
Mohon ijin memberikan masukan, pada saat kegiatan mengambil bola sesuai jumlah bilangannya sebaiknya guru terlebih dahulu mencontohkannya karena perkembangan anak dalam memahami perintah tidak sama kemudian guru sebaiknya membiarkan anak untuk menghitung kembali bola yang telah diambilnya pada teman yang lain (kegiatan tersebut konsep nya sama memperkenalkan anak mengenal konsep bilangan) untuk mengefektifkan waktu apalagi muridnya lumayan cukup banyak.
Nama : MUZTALIFAH
NIM : 814767293
Dalam video tersebut, guru berupaya mengatasi kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan melalui berbagai strategi. Upaya yang dilakukan antara lain: mengajak anak membilang sambil bermain, bernyanyi, atau bertepuk tangan; membuat alat peraga permainan konsep bilangan dan meminta anak meletakkan sejumlah benda sesuai dengan lambang bilangan; memberikan tugas berupa lembar kerja untuk memasangkan atau melingkari benda sesuai lambang bilangan; serta mengulas karya anak yang terbaik dan memberikan penguatan berupa stempel bintang di tangan bagi anak yang hasil karyanya baik.
Menurut saya, pembelajaran atau strategi yang digunakan sudah cukup baik. Pembelajaran juga dapat lebih dikembangkan dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar, seperti ranting, kancing baju, tutup botol, kerikil, dan sebagainya. Selain membantu anak mengenal konsep bilangan, penggunaan bahan ini juga mengajarkan anak untuk memanfaatkan serta menghargai sumber daya di sekitarnya