silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Tiara Puspaeni
NIM : 856341634
dari video ini bisa menjadi media pembelajaran yang efektif bagi guru baru yang kesulitan mengajar anak didik yang belum bisa mengenal bilangan.
Dengan menggunakan media yang menarik bisa meningkatkan anak dan belajar lebih mudah mengenal bilangan.Pendidik bisa mencari metode yang sesuai dengan gaya belajar anak.
Assalamu’alaikum,
Nama : Fiska Etika
NIM : 857653978
Dalam video pembelajaran diatas, Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak tentang mengenal konsep bilangan, yang dilakukan guru sudah kreatif dan melakukan kegiatan belajar sambil bermain. Ijin memberikan saran dalam permainan mengambil bola , ketika guru sedang memberikan perintah boleh ditambahkan dengan membawa kertas bertuliskan bilangan ” 4″ .Sekian terimakasih
Wassalamu’alaikum..
Salam Guru Hebat
Nama : Levi Fefti Masrurin
Nim :858788154
izin menanggapi video tersebut,menurut saya teknik pengenalan bilangan pada anak sudah sesuai yaitu dengan mengajak anak mengenal bilangan dengan bermain bola,bertepuk tangan,dan memberikan reward pada anak yang bisa menebak angka.sehingga anak-anak merasa senang, nyaman, dan belajar secara alami. hal tersebut membantu anak mengembangkan keterampilan kognitif, sosial, dan emosionalnya.
Anak-anak terkadang kesulitan mengenal bilangan itu karena berbagai faktor, mulai dari kurangnya pemahaman konsep dasar matematika, kurangnya fokus saat belajar, atau bahkan adanya gangguan belajar Kurangnya peran orang tua dan kurangnya motivasi belajar juga bisa menjadi faktor penghambat. oleh sebab itu kita sebagai guru harus menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif. Misalnya, dengan bermain papan flanel, menggunakan media kartu angka, atau melakukan kegiatan sehari-hari yang melibatkan angka. Menggunakan lagu, dongeng, dan permainan juga bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan pemahaman anak tentang bilangan.
TERIMAKASIH..
Pada vidio tersebut guru yang sedang mengajarkan anak2 tentang kegiatan kognitif yaitu mengenal konsep bilangan. Dalam vidio tersebut,, guru telah mengajarkan anak didiknya dengan tehnik mengenalkan benda agar mudah untuk di mengerti. Guru juga harus memiliki rasa sabar dan kreatifitas agar anak tidak jenuh/ bosan.
Assalamualaikum
Nama: Ariana
Nim : 856588742
Baik, disini saya akan analisis mengenai vidio sulit untuk mengenal konsep bilangan.
Pada vidio tersebut, guru telah mengajarkan anak dengan cara mengenalkan gambar / benda, menghitung bola sesuai angka, bernyanyi dan bertepuk tangan dengan konsep mengenal bilangan. Guru dapat menghidupkan suasana sehingga dalam belajar anak tidak bosan.
nama saya regina, menurut saya kegiatan video tersebut sangat baik dan sudah saya lakukan dalam kegiatan di sekolah. terimakasih…
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh
Nama : Lailatul Mufida
NIM : 877704176
Jurusan : S1 PGPAUD
Berdasarkan video yang saya amati dengan judul vidio ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan ” adalah, sebelum guru mengajar untuk menghafal nama-nama bilangan, lebih baik guru mengenalkan konsep bilangan terlebih dahulu dengan permainan seperti apa yang ada dalam vidio tersebut. Apabila anak belum mengetahui konsep bilangan dan anak juga belum bisa membilang, ada beberapa hal yang perlu guru lakukan yaitu dengan mengajak anak mengenal konsep bilangan dengan permainan, memberikan lembar kerja , dan memberikan penguatan dan apresiasi kepada anak yang telah berhasil dalam mengetahui konsep bilangan tersebut, sehingga anak mampu untuk termotivasi agar selalu belajar. Sehingga anak paham dengan konsep bilangan, adapun anak usia dini harus mengembangkan kemampuan kognitifnya dengan bantuan pendidik agar, apa yang telah mereka pelajari tersebut bisa menjadi sesuatu hal yang dapat mereka hafal hingga ia dewasa kelak.
NAMA : Rizka Maulia
NIM : 859516986
UPBJJ : Jakarta
Menurut saya dari video yang sudah saya tonton, video tersebut memberikan gambaran terhadap saya agar anak yang sulit mengenal angka dapat mengenal angka dengan cara belajar sambil bermain. Terkadang ingatan anak kecil yang berumur 2-3 tahun masih sedikit kecil atau lupa-lupa. Dengan cara bermain sambil belajar anak dapat dengan mudah mengingatnya. Metode seperti ini sangat penting untuk mengajar usia dini, karena pembelajarannya yang menyenangkan dan anak tidak mudah bosan pada saat belajar dan semua yang di ajarkan oleh guru akan di serap di dalam otak. Dengan contoh upaya guru mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan dengan cara : memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut, mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Nama: Aris Tya Wijayanti
NIM: 858570309
Dari hasil analisis yang saya lakukan terhadap video yang telah dimuat, yakni terlihat upaya seorang guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan metode Bermain sambil Belajar melalui berbagai kegiatan, seperti bermain bola yang mana anak mengambil bola sesuai angka yang disebutkan guru lalu menghitungnya dengan bersama-sama, bernyanyi dua mata saya, bermain gerak dan tepuk, menghitung gambar benda, serta kegiatan dimana guru juga memberi penguatan kepada anak.
Menurut saya, kegiatan-kegiatan pembelajaran yang diberikan guru memang sudah beragam/bervariasi namun alangkah lebih baiknya jika kegiatan bisa lebih menarik dan inovatif sehingga menarik minat dan perhatian anak untuk belajar konsep bilangan semakin meningkat, seperti guru juga dapat membuat APE sederhana misalnya pohon angka atau telur angka yang kiranya lebih inovatif untuk proses pembelajaran. Selain menarik, anak juga akan tertarik dan penasaran bagaimana cara untuk memainkan APE sederhana yang dibuat guru.
Sekian, terimakasih.
Nama : Dzakirah
Nim : 858328683
Pada video ” Sulit mengenal konsep bilangan ” Menurut saya video tersebut sangat menarik, dalam video tersebut memperlihatkan seorang guru dalam mengatasi anak yang sulit Mengenal konsep bilangan. Mereka menggunakan beberapa teknik yaitu guru mengajak anak untuk membilang dengan cara bermain bola sambil bernyanyi atau bertepuk tangan bersama-sama. Dan guru bisa juga dengan memberikan tugas berupa lembar kerja kepada anak yaitu dengan memasangkan gambar benda sesuai lambang bilangannya serta anak disuruh melingkari benda sesuai bilangannya. Dan guru juga bisa memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil sejumlah benda yang diperintahkan oleh guru tanpa salah dan guru tersebut memberikan stempel bintang ditangan anak sebagai penghargaan.