Sulit Mengenal Konsep Bilangan

silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,490 Comments

  1. NIM : 858009208

    Dari video diatas, anak akan cepat bosan jika konsep berhitung tidak dipadukan dengan permainan. Manfaat pembelajaran bilangan dimodifikasi supaya anak lebih tertarik dan cepat memahami dalam berhitung. Pemberian stiker bintang yang tertera di video juga menambah semangat anak untuk selalu mengikuti arahan guru supaya diberi stiker tersebut.

  2. Assalamualaikum Wr, Wb
    Nama: Tria Permatasari
    NIM: 856873559
    UPBJJ:Bengkulu
    Dari video tersebut dapat kita lihat upaya yang dilkakukan oleh seorang guru untuk mengenalkan konsep bilangan dapat dilakukan dengan mengajak anak melakukan ice breaking, kemudian menghitung jumlah konsep bilangan yang dibutuhkan dengan menggunakan metode yang mudah dipahami oleh peserta didik.

  3. Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Ijin menanggapi isi video
    Nama : LISTIANA
    NIM : 858703577
    UPBJJ : UT SURABAYA

    Setelah mengamati video yang berjudul “SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN” menurut pendapat saya video ini menggambarkan seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak didiknya untuk memahami konsep bilangan,perkembangan setiap individu itu berbeda-beda terkadang anak usia PAUD sudah ada yang lahir dalam berhitung,tdtapi juga ada yang belum faham sama sekali.
    Dalam Video tersebut guru menggunakan berbagai metode pembelajaran yang menarik, antaranya dengan mengajak anak berhitung melalui permainan bola, tepuk tangan, dan lagu. Selain itu, alat peraga dimanfaatkan untuk menggambarkan konsep bilangan, seperti dengan meminta anak untuk mengambil bola sesuai perintah guru.

    Kelebihan video di atas : Guru sangat interaktif dengan anak didiknya, serta menggunakan bahasa asing “Inggris dalam setiap perintahnya”

    Kelemahan : Mungkin sebagian anak yang kurang faham dengan bahasa Inggris, kurang merespon perintah guru.

    Terimakasih🙏

  4. Nama : Amanda Citra Sari
    NIM : 856667088
    UPBJJ Jambi

    Terimakasih atas video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi pendidik untuk lebih memahami karakter dan kekurangan pada anak didik serta memberikan ide baru dalam metode belajar sambil bermain untuk anak usia dini. Dengan belajar sambil bermain dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan anak lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran hingga menumbuhkan minat belajar serta eksplorasi.

  5. Nama : Amanda Citra Sari
    NIM : 856667088
    UPBJJ Jambi

    Terimakasih atas video pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi pendidik untuk lebih memahami karakter dan kekurangan
    pada anak didik serta memberikan ide baru dalam metode belajar sambil bermain untuk anak usia dini. Dengan belajar sambil bermain dapat membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan dan anak lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran hingga menumbuhkan minat belajar serta eksplorasi.

  6. Nama: Sabrina Anastasya
    NIM: 859438529
    UPBJJ: UT MAKASSAR

    Menurut saya video ini sangat bermanfaat. Perkenalan konsep bilangan dengan melalui permainan dan nyanyian membuat kegiatan pembelajaran menjadi interaktif. Penjelasan yang ada dalam video memberikan saya pengetahuan baru yang bisa saya aplikasikan di kelas saya nanti.Tampilan video juga terlihat menarik.
    Namun suara video tidak terdengar jelas.

    Terimakasih

  7. Selamat siang semuanya, saya Izzatul Aufa dengan NIM 858332702 dari UT Banjarmasin
    Setelah melihat video di atas pembelajaran yang disampaikan Pendidik sangat bagus sekali karena menggunakan berbagai media (seperti bola), kegiatan dengan menyanyi dan bertepuk yang membuat kegiatan lebih menarik bagi anak, sehingga dapat mengembangkan Aspek Perkembangan Kognitif dalam membilang/menyebutkan bilangan dari 1 sampai 10, membilang (mengenal konsep bilangan, dengan benda-benda) sampai 10, menghubungkan/memasangkan lambang bilangan dengan benda-benda sampai 20, dan mencocokan bilangan dengan lambang bilangan. Pendidik juga memberikan apresiasi terhadap anak sehingga membuat anak merasa lebih dihargai dan senang

  8. Assalamualaikum wr.wb.
    Izin menanggapi terkait vidio tersebut 🙏🏻
    Nama : Nosis Yudanarsih
    Nim : 858298047
    UPBJJ : Banjarmasin

    Setelah mengamati vidio tentang sulitnya mengenalkan konsep bilangan terhadap anak, menurut saya metode yang digunakan guru sudah baik.
    Mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan menggunakan berbagai metode seperti mengenalkan konsep bilangan dengan sebuah permainan, lagu, atau dengan menggunakan berbagai media agar anak-anak mudah tertarik dan mudah memahami. Guru juga menyelipkan berhitung dengan menggunakan bahasa asing untuk menarik perhatian anak,walaupun ada beberapa anak yang mungkin belum mengetahuinya.
    Selain dengan mengenalkan konsep melalui bermain, guru juga memberikan lembar tugas untuk dikerjakan anak, agar anak tidak hanya mengenal konsep bilangan saja, akan tetapi anak juga dikenalkan lambang bilangan nya.
    Guru juga memberikan reward kepada anak berupa stempel bintang, agar anak lebih giat dalam melakukan tugasnya.

    Terimakasih

  9. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
    Nama : Febrianti
    NIM : 859436629
    UPBJJ : Makassar

    Setelah mengamati video pembelajaran dimana video ini menampilkan upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Strategi yang digunakan meliputi penggunaan permainan, lagu, alat peraga, lembar kerja, dan penguatan positif untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal bilangan.
    Kelebihan
    – Pendekatan Konkret: Guru menggunakan benda nyata.
    – Variasi Metode: Lagu, permainan, aktivitas fisik menjaga minat anak.
    – Penguatan Positif: Stempel bintang meningkatkan motivasi.
    Kelemahan
    – Dominasi Guru: Anak kurang diberi ruang aktif.
    – Kurangnya Variasi Partisipan: Hanya anak perempuan yang terlihat aktif.
    – Keterbatasan Visualisasi: Beberapa proses tidak ditampilkan utuh.
    Saran Perbaikan
    – Meningkatkan Partisipasi Anak.
    – Melibatkan Semua Anak (laki-laki dan perempuan).
    – Menampilkan proses pembelajaran secara lengkap.

  10. setelah menonton Video ini, dimana menampilkan upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam membantu anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan. Strategi yang digunakan meliputi penggunaan permainan, lagu, alat peraga, lembar kerja, dan penguatan positif untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal bilangan.
    Kelebihan
    – Pendekatan Konkret: Guru menggunakan benda nyata.
    – Variasi Metode: Lagu, permainan, aktivitas fisik menjaga minat anak.
    – Penguatan Positif: Stempel bintang meningkatkan motivasi.
    Kelemahan
    Dominasi Guru: Anak kurang diberi ruang aktif.
    Kurangnya Variasi Partisipan: Hanya anak perempuan yang terlihat aktif.
    Keterbatasan Visualisasi: Beberapa proses tidak ditampilkan utuh.
    Saran Perbaikan
    Meningkatkan Partisipasi Anak, Melibatkan Semua Anak (laki-laki dan perempuan), Menampilkan proses pembelajaran secara lengkap.

Leave a Reply

https://pkvgamesqqonline.com/https://topweddinglists.com/https://aethelmearc.net/https://intechnews.com/
https://cccr-nigeria.org/http://sofima.hol.es/https://wiki.naturkraftwerke.com/https://cheersport.at/doc/pkv-games/
https://lpm.stital.ac.id/https://digilib.stital.ac.id/https://piaud.stital.ac.id/https://journal.unmaha.ac.id/https://id.pandamgadang.com/https://dishub.jakarta.go.id/visi-misi/