silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
setelah melihat video diatas, maka saya menjadi paham dan mengerti bagaimana memahamkan anak tentang konsep bilangan. Yang telah dilakukan guru sangat baik, memulai sesuatu dengan permainan dan membuat anak lebih tertarik tehadap pembelajaran. Belajar konsep bilangan yang menyenangkan adalah kebutuhan bagi anak. Apresiasi pemberian bintang juga bermakna, anak merasa lebih dihargai perjuangannya dan anak akan merasa hebat dalam apa yang telah dilakukan.
dari video tersebut saya menjadi paham bahwa penerapan konsep bilangan dengan cara tepat akan membuahkan hasil yang maksimal. Guru mengajak anak untuk bermain terlebih dahulu, melatih fokus dan mulai memberikan pembelajaran. Konsep bilangan yang diajarkan ini sederhana dan anak menjadi lebih tertarik karena metode pembelajaran yang telah dilakukan. Upaya guru memberikan apresiasi memberikan bintang juga dapat membuat anak lebih percaya diri dan lebih semangat dalam meraih sesuatu
Nama : Ni Putu Wiwik Widyanuari
NIM : 859047375
Dari video diatas sangat luar biasa dan dapat menginspirasi bagi guru-guru PAUD dalam mengenalkan konsep bilangan ke anak-anak yaitu didahului dengan mengadakan permainan yang menarik dan menyenangkan seperti bermain mengambil bola dengan cara dihitung , anak-anak diajak menyanyi dengan lagu yang relevan dengan pemebelajarannya yaitu mengenalkan konsep bilangan kemudian anak-anak diajak bermain tepuk . Kegiatan awal yang menarik dan pastinya menyenangkan bagi anak-anak sehingga dapat membangkitkan secara alami motivasi internal anak . Dan anak-anak akan siap melaksanakan kegiatan inti selanjutnya.
Terima kasih
Nama : Ni Putu Wiwik Widyanuari
NIM : 859047375
Setelah saya menonton video di atas , sangat luar biasa untuk dapat menginspirasi saya sebagai guru PAUD mengenalkan kepada anak tentang konsep bilangan.
melalui bermain yang menyenangkan dan tentunya sangat menarik bagi anak, melalui bernyanyi dengan diiringi musik , anak-anak sangat senang , kemudian melalui pola tepuk . Dari kegiatan-kegiatan tersebut, secara alami dapat membangkitkan motivasi internal anak. Ketika seseorang menikmati apa yang mereka lakukan, mereka cenderung lebih gigih, fokus, dan mau berusaha lebih keras. Jadi anak-anak akan lebih siap untuk melakukan kegiatan selanjutnya.
Terima kasih
Setelah saya melihat video tersebut di video menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Nama : Desak Gede Leni Jayanti
NIM : 859044251
Di dalam video guru telah mengenalkan konsep bilangan. Luar biasa Bu guru di jenjang PAUD. Dalam meperkenalkan konsep bilangan guru bisa melakukan denag cara permainan, tepuk dan lagu. Dengan cara tersebut anak-anak akan lebih memahami dan merasakan langsung terkait tentang konsep bilanag. Secara tidak sadar kegiatan tersebut telah memberikan pembelajaran yang bermakna yang dapat diingat seterusnya oleh anak-anak.
Nama : Desak Gede Leni Jayanti
NIM : 859044251
Setelah mengamati Video yang berjudul “Sulit Mengenali Konsep Bilangan” didalam video terlihat kegiatan pembelajaran yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Guru telah melakukan kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan penanaman konsep, dengan cara berhitung, lagu dan tepuk. Kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan akan sangat bermanfaat dan bermakna untuk anak selain itu juga pembelajarannya sangat menggembirakan sehingga anak-anak tentunya sangat termotivasi untuk ke sekolah.
Setelah saya melihat video ini,video menggambarkan upaya seorang pendidik Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan.melalui bermain yang menyenangkan dan tentunya sangat menarik bagi anak, melalui bernyanyi dengan diiringi musik , anak-anak sangat senang , kemudian melalui pola tepuk . Dari kegiatan-kegiatan tersebut, secara alami dapat membangkitkan motivasi internal anak,Jadi anak-anak akan lebih siap untuk melakukan kegiatan berikutnya.
NAMA : AI SRI RAHAYU
NIM: 877838007
UPBJJ : BANDUNG
Assalamu’alaiku wr.wb. Izin menanggapi video diatas. Setelah saya amati video tersebut yang berjudul ” Sulit mengenal konsep bilangan” Guru tersebut mempunyai cara lain untuk mengenalkan konsep kepada anak dengan menggunakan media bola, seolah olah anak sedang bermain bola dan anak tidak merasa kesulitan dalam menentukan biangan yang guru berikan, kemudian dari video diatas guru menggunakan metode [pembelajaran yang atraktif dan menyenangkan
Hani Yuliani 857957799
Menurut saya setelah melihat video pembelajaran pengenalan kognitif berhitung dalam video tadi sangat menginspirasi, dengan menggunakan berbagai media dna juga kegiatan belajar yang menarik, akan membuat anak semakin antusias dan tertarik. Bisa juga kegiatan kognitif pengenalan lambang bilangan dan berhitung dilaksanakan diluar kelas dengan menggunakan benda – benda disekitar sekolah seperti losepart, agar anak tidak jenuh dengan kegiatan belajar di taman kanak-kanak