silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Siti Maftukhah
    NIM : 857836428
    Program Study : PGPAUD
    UPBJJ : Surakarta

    Judul : Anak sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang: NETTI HERNAWATI
    Kelompok : Anak TK
    lokasi : di dalam Kelas

    Dalam Video pembelajaran tentang kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Metode yang digunakan guru sudah tepat, guru memberikan beberapa cara bagaimana anak dapat mengenal konsep bilangan seperti
    1. Bermain mengambil bola di dalam keranjang dengan jumlah bola sesuai intruksi guru,
    2. Menyanyikan lagu tentang anggota tubuh
    3. Bertepuk dengan menggunakan konsep bilangan
    4. Menghitung jumlah benda pada gambar
    5. Membuat alat peraga kemudian anak-anak diminta untuk meletakkan sejumlah benda sesuai dengan lambang bilanganya
    6. Memasangkan benda sesuai dengan jumlahnya
    7. Melingkari benda sesuai dengan jumlahnya
    8. Guru memberi reward kepada anak setelah berkegiatan

    Hal yang perlu di perbaiki dalam video ini
    1. Sebaiknya saat bermain mengambil bola dapat di lakukkan di luar kelas lebih luas
    2. Guru memberikan pemahaman cara bermain terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan
    3. Saat mengambil bola ada 2/3 anak yang mengambil bersamaan agae anak berkompetisi saat mengambil bola dengan jumlah yang sesuai dengan intruksi guru
    4. Sebaiknya guru juga menggunakan media kartu angka jadi anak juga bisa langsung mengenal bentuk angka
    5. Anak yang menghitung sendiri jumlah bola yang di ambil

  2. Nama : Siti Maftukhah
    NIM : 857836428
    Program Study : PGPAUD
    UPBJJ : Surakarta

    Judul : Anak sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang: NETTI HERNAWATI
    Kelompok : Anak TK
    lokasi : di dalam Kelas

    Dalam Video pembelajaran tentang kesulitan anak dalam mengenal konsep bilangan. Metode yang digunakan guru sudah tepat, guru memberikan beberapa cara bagaimana anak dapat mengenal konsep bilangan seperti
    1. Bermain mengambil bola di dalam keranjang dengan jumlah bola sesuai intruksi guru
    2. Menyanyikan lagu tentang anggota tubuh
    3. Bertepuk dengan menggunakan konsep bilangan
    4. Menghitung jumlah benda pada gambar
    5. Membuat alat peraga kemudian anak-anak diminta untuk meletakkan sejumlah benda sesuai dengan lambang bilanganya
    6. Memasangkan benda sesuai dengan jumlahnya
    7. Melingkari benda sesuai dengan jumlahnya
    8. Guru memberi reward kepada anak setelah berkegiatan

    Hal yang perlu di perbaiki dalam video ini
    1. Sebaiknya saat bermain mengambil bola dapat di lakukkan di luar kelas lebih luas
    2. Guru memberikan pemahaman cara bermain terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan
    3. Saat mengambil bola ada 2/3 anak yang mengambil bersamaan agar anak berkompetisi saat mengambil bola dengan jumlah yang sesuai dengan intruksi guru
    4. Sebaiknya guru juga menggunakan media kartu angka jadi anak juga bisa langsung mengenal bentuk angka
    5. Anak yang menghitung sendiri jumlah bola yang di ambil

  3. Nama : Uswatun Khasanah
    Nim : 857757956
    Pokjar : Permata Pati
    Jurusan : PG-PAUD AKPMM semester 2
    A. Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang video : Netti Hernawati
    Lokasi : di ruang kelas
    Kelompok anak : TK
    Ringkasan Materi :
    Video tersebut menggambarkan proses pembelajaran mengenal konsep bilangan. Guru memperkenalkan bilangan dengan menggunakan berbagai upaya diantaranya dengan : anak disuruh mengambil bola sesuai yang di instruksikan oleh guru, mengajak anak untuk membilang angka dengan permainan lagu & tepuk, memasangkan benda/melingkari benda sesuai dengan lambing bilangannya, memberikan penguatan (apresiasi) kepada anak yang telah berhasil dalam pembelajaran dengan memberikan stempel bintang pada anak.
    B. Pada video ini guru sudah melakukan prinsip asasemen dan evaluasi terlihat dari pemberian bintang (apresiasi) pada anak yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik. Pada saat anak mengalami kesalahan pada saat mengambil bola, guru tetap memberikan semangat dan memberikan kesempatan untuk memperbaikinya. Dan guru perlu lebih memperhatikan lebih detail lagi dalam mengamati perkembangan anak didik dalam pembelajaran mengenal konsep bilangan tersebut, dalam metode tersebut apakah guru sudah mencapai tujuan yang diinginkan atau belum.
    C. Sebaiknya pada saat mengawali pembelajaran guru perlu melakukan pembukaan (pijakan sebelum permainan) jangan langsung inti (mengambil bola). Dalam pembelajaran hendaknya guru lebih kreatif dalam menggunakan permainan, menambahkan permainan yang lebih menarik & menantang (cth : puzzle, kartu bergambar, balok angka dll). Supaya anak bisa lebih aktif dalam kegiatan dan tidak merasa bosan. Pada saat menghitung bola hendaknya guru membiarkan anak menghitung bola yang diambil sendiri, supaya anak memahami konsep bilangan. Dan pada akhir pembelajaran hendaknya guru menanyakan pada anak apakah anak sudah mengetahui apa yang dilakukan dan disuruh menceritakan dan menunjukkan apa yang dilakukannya tadi.

  4. Nama : Fransisca Yunita sari
    NIM : 858744422

    judul video yang saya lihat adalah tentang anak sulit mengenal konsep bilangan

    Menurut pendapat saya tentang video tersebut , sudah bagus anak diajak untuk mengenal bilangan dengan permainan dan diajak bernyanyi bilangan . Hal tersebut sangat bagus karena dapat memancing anak untuk mengingat lambang bilangan dengan hal yang menyenangkan.

  5. Nama : TUHFATUL IZZAH M.
    NIM : 859167673
    Program Study : PGPAUD
    UPBJJ : MATARAM
    Pokjar : LOMBOK BARAT

    a.Identitas video yang saya saksikan
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang video : Netti Hernawati
    Lokasi: Ruang Kelas
    Kelompok anak : TK

    b.

  6. Nama = Yulia Ayu Farida
    Nim. = 858810094
    Pokjar. = Musi
    Prodi. = S1 PGPAUD AKPMM
    Dari analisis video yang berjudul kesulitan anak mengenal konsep bilangan guru sudah bagus dalam menyampaikan pembelajaran
    guru menggunakan model bervariatif, konsepnya juga sudah bagus menggunakan benda nyata yg dapat memudahkan anak untuk mengenal bilangan, dan guru memberikan reward kepada anak2
    Kekurangannya dan ada lembar kerja lebih baik diberikan lembar kerja yang berwarna sehingga anak lebih senang,,kurangnya interaksi guru dan murid sehingga anak kurang antusias, seharusnya diberikan ice breking dlu sblm kekegiatan inti sehingga anak semangat dalam belajar, medianya ditambah lgi contohnya menggunakan kartu angka agar anak jg dpt mengenal konsep bilangan dan guru sebaiknya tidak selalu membantu anak untuk menghitung.

  7. Nama: Fitriyatus Sholichah
    NIM: 858849387
    Prodi: PGPAUD
    UPBJJ: Malang
    Pokjar: Kedungkandang

    Guru dalam kelas tersebut sedang mengajarkan konsep bilangan pada murid dengan metode BERMAIN dan PEMBERIAN TUGAS dengan menggunakan media konkrit (bola-spidol) dan media gambar. Dalam video tersebut, guru meminta murid secara bergantian untuk mengambil bola dengan jumlah sesuai yang diinstruksikan guru, kemudian mengajak murid untuk menghitungnya bersama-sama. Guru juga memberikan lembar tugas kepada murid untuk melatih kemampuan mereka dalam menghitung gambar secara individu. Selain itu, guru juga mengajak murid untuk bernyanyi lagu tentang bilangan, tepuk bilangan dan memberikan apresiasi berupa stempel bintang bagi murid yang mampu menyelesaikan lembar tugasnya dengan benar.
    Analisis saya untuk perbaikan pembelajaran dengan konsep bilangan berdasar video tersebut yaitu:
    1. Guru perlu melakukan apersepsi terlebih dahulu dengan mengajak murid membilang angka 1-10 bersama-sama dengan menggunakan alat peraga (kartu angka/papan angka).
    2. Jika media yang digunakan adalah bola dan pada hari itu fokusnya adalah menghitung benda 1-10, maka guru harus memastikan bahwa apakah tangan kecil murid mampu membawa 10 bola tanpa bantuan alat apapun. Sehingga perlu disiapkan alat bantu lain (misalnya: baskom/piring besar/ember) untuk membantu murid membawa sejumlah bola yang diminta. Hal tersebut juga akan menambah keseruan dalam pembelajaran. (Ada kemungkinan murid perempuan yang hanya mengambil 6 bola padahal instruksinya 7 bola, bukan karena dia belum mampu menghitung melainkan tangannya tidak cukup untuk membawa 7 bola)
    3. Sebelum guru meminta murid untuk mengambil bola, ada baiknya guru memberikan contoh terlebih dahulu dengan meminta salah satu murid untuk menyebutkan bilangan berapapun dan guru mengambil bola sejumlah yang disebutkan murid tadi dan selanjutnya menghitung bola yang diambil bu guru tadi secara bersama-sama. Setelah itu, memberikan kesempatan secara bergiliran kepada murid.
    4. Untuk melibatkan keaktifan semua murid, guru juga dapat menugaskan murid lain secara bergantian pula dalam menghitung jumlah bola yang sudah diambil temannya. Guru hanya mengoreksi dan menguatkan “sudah tepat atau belum tepat”.

  8. Nama : Mariam
    NIM : 857498084
    UPBJJ : Bandung
    Pokjar: Baleendah

    Video Pembelajaran : Pengembangan Kognitif PAUD

    a.Identitas Video
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Netti Hernawati
    Lokasi : Ruang Kelas
    Kelompok : Taman Kanak-Kanak

    Ringkasan materi:
    Bagi Anak usia Taman Kanak-kanak yang sulit mengenal konsep bilangan dalam video ini sudah jelas,bahwa banyak cara anak untuk mengenal konsep bilangan,diantaranya yaitu dengan permainan.Dengan permainan mengambil bola ini sangat cocok bagi anak yang gaya belajarnya kinestetik,sedangkan bagi anak yang gaya belajarnya musikal yaitu belajar mengenal konsep bilangannya bisa melalui gerak dan lagu,ada juga dengan tepuk,bisa juga belajar konsep bilangan nya melalui permainan tebak-tebakan.Juga bagi anak yang memiliki kecerdasan visual belajarnya dengan menulis,seperti melingkari angka sesuai dengan jumlah gambar yang dihitung melalui lembar kerja anak seperti dalam video pembelajaran yang saya saksikan tadi.Karena diawal pembelajaran video tadi,ada sebagian anak yang tidak bersemangat dalam pembelajara, mungkin juga anak tersebut tidak menyukai cara penyampaian pembelajaran,Karena kemampuaan anak-anak untuk belajar berbeda ada yang senang permainan,tebak-tebakan,lagu,tepuk,menulis dan lain sebagainya sesuai dengan karakter anak masing-masing.Jadi guru harus mengenal karakter belajar setiap masing-masing anak
    b.Guru sudah menerapkan prinsip evaluasi yaitu dengan memberikan stempel bintang ditangannya setelah anak mampu melakukan apa yang di tugaskan/diperintahkan oleh guru
    c.Yang harus diperbaiki dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu sebelum mulai pembelajaran bu guru harus menyapa dulu kepada anak-anak/mengabsen melalui lagu dan menanyakan perasaannya hari ini,setelah itu guru menceritakam ragam main yang akan dilakukan hari ini,kemudian menawarkan kepada anak mau permainan apa dulu yang akan dilakukan.Dan untuk guru pendamping seharusnya tidak diam saja tetapi harus aktif untuk mengkondusifkan anak-anak agar bisa mengikuti pembelajaran semuanya.Guru harus mengulang pembelajaran selama satu hari ini di akhir pembelajaran dan menanyakan kembali perasaan hari ini kepada anak.Dan guru juga harus mengasesmenkan pembelajaran selama hari ini,mau dengan ceklis atau pun foto berseri.

  9. NAMA : LILIS SURYANI
    NIM : 858735606
    Pokjar : Lamongan
    prodi : BI PGPAUD
    1. Saya Sudah melihat video pembelajaran
    2. Saya memilih judul Pengembangan Kognitif PAUD ( Sulit Mengenal Konsep Bilangan)
    3. a. Judul : Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang Video : Netti Hernawati
    Lokasi : Di dalam kelas
    Kelompok : Taman kanak-kanak
    Ringkasan materi : Guru mengenalkan konsep bilangan pada anak Taman kanak-kanak dengan menggunakan media bola. guru memberikan perintah kepada anak untuk mengambil bola sesuai angka yang di ucapkan guru, contohnya “ambil 4 bola ” guru juga mengajari konsep angka dengan bernyanyi dan mengenalkan angka dalam bahasa inggris. guru juga tidak lupa memberikan reward kepada anak yang berhasil dalam menghitung bola.
    b. Dengan kegiatan tersebut, secara tidak langsung guru bisa melakukan asesmen atau evaluasi terhadap anak didiknya seberapa jauh pemahaman anak didiknya terhadap konsep bilangan. sehingga guru bisa melakukan langkah selanjutnya untuk kemajuan anak didiknya, terutama yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan.
    c. Kegiatan pembelajaran mengenalkan konsep bilangan sudah baik dengan menggunakan media bola tersebut. Akan tetapi alangkah baiknya jika media yang digunakan lebih bervariasi sehingga anak akan lebih tertarik dan bersemangat. Misalkan dengan menggunakan media bunga di masukan ke dalam pot yang sesuai lambang bilangannya.

  10. Nama : Rumiana zulfa
    Nim : 837290805
    Pokjar : Samarinda
    Judul Video : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Dari video yang saya simak, metode pembelajaran dengan pengenalan konsep bilangan pada anak usia dini sangat bagus untuk anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Berbagai cara dilakukan guru mulai dari berhitung bersama, komunikasi dua arah dengan anak-anak didik, melakukan tepuk-tepuk dengan konsep bilangan dan menghitung jumlah gambar pada tugas yang diberikan. Anak-anak terlihat senang dan bersemangat. Lebih efektif lagi jika dalam berhitung anak dapat mengenal bentuk angka sekaligus.

Leave a Reply