silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Dalam tayangan video tersebut sangat terlihat seorang guru mengupayakan dalam mengatasi anak yang kesulitan dalam mengenal konsep bilangan dengan menggunakan metode bermain dan media pembelajaran yang tepat dan menarik sesuai dengan perkembangan anak usia dini. Pendekatan ini tidak hanya membantu anak memahami konsep bilangan secara konkret tetapi juga menyenangkan. Di antaranya dengan mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu dan tepuk. Dengan demikian guru sangat berperan penting dalam menciptakan suasana belajar yang kreatif, inovatif agar anak berkembang dengan optimal.

  2. Setelah menonton video seri pengembangan kemampuan dasar yaitu tentang anak sulit mengenal lambang bilangan sebagai seorang guru dapat melakukan atau mengupayakan beberapa kegiatan yang menyenangkan bagi anak diantaranya dapat mengajak anak untuk membilang dengan permainan yang menyenangkan, melalui lagu atau tepuk, membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan, memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya, serta mengulang kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian reward atau stempel bintang di tangannya.

  3. Dengan melihat tayangan video tadi dapat membantu saya di dalam proses belajar mengajar, di video tadi kita belajar mengenal lambang bilangan dengan cara yang menarik agar anak dapat memahami konsep lambang bilangan. Didalam metode pembelajaran yang digunakan dengan media bola, dan dengan bernyanyi untuk mengenal bilangan, apabila sudah selesai guru memberikan lembaran tugas, disetiap anak guru memberikan apresiasi atau diberikan rewed atau cap berbintang anak yang berhasil mengerjakan tugas, disisi ini memberikan dampak yang positif dan ilmu yang bermanfaat untuk tehnik mengajar yang menyenangkan dan anak anak tertarik pada pembelajaran.

  4. setelah menonton video di atas dapat dilihat bagaimana seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan berbagai macam kegiatan, seperti menghitung benda secara nyata dalam hal bola dan spidol, bertepuk, bernyanyi dan unjuk kerja. dan dapat dilihat bagaimana anak semangat dalam mengikuti kegiatan sesuai dengan arahan guru.

  5. Assalamualaiku..
    ijin menegeluarkan pendapat …Menurut saya pada asfek perkembangan Kognitif dimana Perkembangan anak yang difokuskan adalah bagaimana anak menjadi paham mengenal lambang bilangan dan maksudnya.Dimana anak bukan menghafal tetapi memahami konsep bilangan seperti 1 , 2 , 3 dan seterusnya.
    Pada vidio ini guru melakukan pendekatan dengan cara :
    1. Bermain/Game mengambil bola dari keranjang
    anak diminta mengambil bola sebanyak yang diinstruksikan guru dan diminta menghitungnya
    2 Lembar kerja
    membuat gambar dan memasangkan benda sesuai jumlahnya
    3. Permainan tepuk tangan
    Bertepuk sebanyak yang diinstruksikan guru
    3 Praktek langsung / penguatan
    anak mengambil balpoint sebanyak yang diminta guru dan menghitungnya.Dan guru memberikan Penghargaan pada anak yang dengan memberi stempel di tangannya

    Jadi menurut saya pendekatan dan metode yang dilakukan guru sangat bagus, karena guru melakukan dengan sepenuh hati serta dengan pendekatan yang disukai anak melalui bermain sambil berhitung dan berhitung sambil bermain , sehingga memori anak akan bekerja maksimal dan anak dapat memahami konsep bilangan karena anak mengalami langsung dan terlibat langsung hingga pengalaman ini menjadi pengalaman yang berharga bagi anak dan guru tentunya mencapai tujuan pembelajarannya yaitu ” mengenalkan konsep bilangan/ angka pada anak ”
    Demikian menurut

    .

  6. Nama : APRILIA KARLINA
    Nim : 858571135

    setelah mengamati vidio pembelajaran di atas terlihat seorang guru yang memperjuangkan anak didiknya untuk bisa belajar mengenal konsep bilangan. disini dapat di simpulkan dari Tujuan mengenal konsep bilangan di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah untuk memberikan dasar yang kuat bagi anak dalam memahami matematika dan berhitung, serta mengembangkan keterampilan berpikir logis dan sistematis sejak dini. Ini membantu anak mempersiapkan diri untuk pembelajaran yang lebih kompleks di kemudian hari, terutama dalam mata pelajaran matematika. Guru juga menggunakan permainan, lagu, alat peraga, dan lembar kerja sebagai media pembelajaran, serta memberikan penguatan positif seperti stempel bintang untuk memotivasi anak. Program ini mencerminkan pentingnya kesabaran dan strategi edukatif yang menarik dalam pendidikan anak usia dini.

  7. Nama : Reza Intan Febrianti
    Nim : 857339021
    izin menanggapi 🙏

    pada video mengenai sulitnya mengenal konsep bilangan pada anak merupakan hal yang wajar karena anak memiliki rentan waktu konsentrasi yang sangat singkat apalagi pengenalan konsep bilangan yang sifatnya hanya melihat dan menunjuk angka maka kegiatan tersebut dapat membuat anak bosan oleh karena itu mengenalkan konsep bilangan dengan cara bernyanyidan atau permainan yang menantang dapat membuat anak senang sekaligus dapat membuat kesan sehingga anak dapat dengan cepat dan mudah mengenal konsep bilangan tersebut

  8. Nama : Rahmiati
    Nim : 858326192

    Video ini memberikan pengetahuan dan pelajaran kepada kita bagaimana teknik seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak, yaitu :
    1. Sebelum memulai mengerjakan tugas pada anak, guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu dan tepuk.
    2. Dapat juga guru memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya.
    3. Memberikan penguatan kepada anak yang bisa mengerjakan tugas dengan benar dengan memberikan penghargaan pada anak.

  9. Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
    Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
    Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
    Sayang nya guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
    Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
    Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.dan melanjutkannnya dengan kegiatan di LKS untuk lebih menambah wawasan anak.

  10. Nama : Uswatun Hasanah
    NIM : 858548214

    ini menggambarkan pendekatan yang sangat interaktif, menyenangkan, dan kontekstual dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Guru menggunakan metode bermain sambil belajar, yang sangat efektif di usia PAUD karena mereka belajar paling baik melalui pengalaman langsung dan aktivitas yang bermakna.

    Poin-Poin Positif
    Pembelajaran Kontekstual & Bermakna:
    Menggunakan permainan bola sebagai alat bantu untuk berhitung membuat konsep bilangan menjadi nyata dan menarik bagi anak-anak.
    Anak tidak hanya diminta menghafal angka, tetapi menghitung benda konkret dan melihat hasilnya langsung.

    Keterlibatan Emosional Anak:
    Guru menggunakan pujian positif seperti “Subhanallah, hebat ya” dan “Give applause”, yang dapat meningkatkan motivasi intrinsik dan kepercayaan diri anak.
    Kegiatan dilakukan dalam suasana gembira, penuh semangat, dan tidak menegangkan.

    Penanganan Kesalahan Secara Positif:
    Saat anak salah mengambil jumlah bola (seperti Nayla yang hanya mengambil 6 dari 7 bola), guru tidak langsung menyalahkan, tapi membimbing anak dengan pertanyaan terbuka (“Kurangnya berapa?”) — ini adalah contoh pendekatan konstruktif.

    Ragam Teknik Lainnya:
    Menggunakan lagu, tepuk, dan gambar untuk membangun pengenalan angka secara multisensori.
    Mengaitkan angka dengan benda-benda nyata dan aktivitas motorik seperti mengambil spidol, memberi stempel, dan menghitung bersama.

    Penguatan Positif:
    Memberikan stempel bintang sebagai bentuk penghargaan adalah strategi sederhana namun sangat disukai anak-anak, yang membantu memperkuat perilaku belajar yang positif.

Leave a Reply