silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Siti Nurohmah
NIM. : 857866531
Dalam vidio sulit mengenal konsep bilangan apa yang disampaikan sangat kreatif dan menyenangkan media yang digunakan melalui permainan bola, bernyanyi dan lembar kerja lebih menarik bagi anak
anak akan cepat memahami konsep lambang bilangan dengan benda- benda yang kongkrit, ketika anak berhasil menyelesaikan tugas guru memberikan reward kepada anak menambah dampak positif bagi anak. Dengan media yang bervariasi dalam pembelajaran akan lebih menarik minat anak dalam mengikuti kegiatan belajar.
Pada anak usia dini mungkin sering kali ditemukan kesulitan dalam mengenal konsep bilang. Permasalahan tersebut dapat diatas dengan beberapa cara antara lain yaitu:
1. Mengenalkan konsep bilangan diawali dengan permainan, tepuk dan lagu
2. Memberikan lembar kerja kepada siswa, pada lembar kerja tersebut siswa diminta untuk memasangkan gambar dan lambang bilangannya
3. Memberikan penguatan kepada siswa yang telah berhasil menyelesaikan tugasnya dengan benar berupa reward bintang
4. Mengajak siswa mengenal konsep bilangan dengan menggunakan media yang menarik, seperti buku cerita, video edukatif atau aplikasi edukasi yang mendukung
5. Memberikan stimulasi secara teratur. Ajarkan anak konsep bilangan secara rutin untuk memperkuat pemahamannya. Mulailah dengan angka 1, lalu 2, 3, dan seterusnya.
Nama : Renni Malau
Nim : 877796042
Video ini memberikan pengetahuan dan pelajaran kepada kita bagaimana teknik seorang guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak, yaitu :
1. Guru menggunakan benda nyata untuk mengajak anak mengenal konsep lambang bilangan yang sesuai dengan angkanya. contoh: 5 bola dengan angka 5
2. Guru menggunakan metode bernyanyi juga untuk mengajarkan lambang bilangan sesuai dengan panca indera anak.
3.Guru Memberikan memberi tahu bahwa jumlah yang diambil anak belum sesuai namun dengan cara yang baik kepada anak
4. Guru juga memberi penguatan dengan pujian kepada anak yang sudah mampu mengambil bola sesuai dengan perintah.
5. Guru melakukan pembelajaran dengan menyenangkan.
Assalamualaikum wr wb
Nama Mardiana
NIM : 823232654
Video yang memperlihatkan anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan mencerminkan salah satu tantangan umum dalam proses perkembangan kognitif anak usia dini. Pada tahap ini, kemampuan anak untuk memahami bilangan, menghitung, dan menghubungkan angka dengan jumlah konkret masih dalam proses berkembang. Kesulitan tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan, melainkan menjadi petunjuk bagi pendidik untuk menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan. Anak-anak membutuhkan pendekatan yang konkret, menarik, dan sesuai dengan dunia bermain mereka untuk dapat memahami konsep bilangan secara perlahan. Misalnya, melalui media benda nyata, lagu berhitung, permainan edukatif, atau kegiatan sehari-hari yang melibatkan angka. Peran guru sangat penting dalam memberikan stimulus yang tepat dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta bebas tekanan. Dengan pendekatan yang konsisten dan penuh kesabaran, anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan sesuai dengan tahapan perkembangannya.
Assalamualaikum wr.wb
Nama Mardiana
Nim 823232654
Video yang memperlihatkan anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan mencerminkan salah satu tantangan umum dalam proses perkembangan kognitif anak usia dini. Pada tahap ini, kemampuan anak untuk memahami bilangan, menghitung, dan menghubungkan angka dengan jumlah konkret masih dalam proses berkembang. Kesulitan tersebut bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan secara berlebihan, melainkan menjadi petunjuk bagi pendidik untuk menyesuaikan metode pembelajaran yang digunakan. Anak-anak membutuhkan pendekatan yang konkret, menarik, dan sesuai dengan dunia bermain mereka untuk dapat memahami konsep bilangan secara perlahan. Misalnya, melalui media benda nyata, lagu berhitung, permainan edukatif, atau kegiatan sehari-hari yang melibatkan angka. Peran guru sangat penting dalam memberikan stimulus yang tepat dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta bebas tekanan. Dengan pendekatan yang konsisten dan penuh kesabaran, anak akan lebih mudah memahami konsep bilangan sesuai dengan tahapan perkembangannya.
Nama: Niluh Yuli Sartika
Nim: 859646717
Anak masih memerlukan bimbingan dalam memahami konsep bilangan terutama dalam menganal urutan dan jumlah benda secara tepat. Kita sebagai guru harus memberikan stimulasi melali permainan berhitung dan kegiatan konkret untuk membantu anak dalam mengembangkan pemahaman matematika dasar secara bertahap.
NAMA: ZETI PUJI HERMAWATI
NIM: 877959038
Dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak PAUD maka guru haruslah lebih kreatif, karena pembelajran di PAUD konsepnya belajar sambil bermain, jadi dari video yang telah saya amati bahwa guru sudah mampu menerapkan pembelajaran pengenalkan konsep bilangan pada anak melalui media atau alat peraga yaitu ” BOLA” guru mampu mengkondisikan situasi dan kondisi anak melalui kegiatan mengenalkan konsep bilangan dengan cara yang menyenangakan. Anak-anak terlihat antusias dan aktif untuk unjuk kerja. dan guru juga memberi penghargaan berupa stempel pada anak yang sudah menyelesaiakan tugasnya dengan baiak dan benar.
Dibeberapa sekolah mungkin masih ada anak yang mengalami kesulitan dalam mengenal lambang bilangan. Dalam video guru pintar online tersebut guru mengenalkan tekhnik mengenalkan konsep bilangan dengan menerapkan beberapa strategi dan menggunakan beberapa alat peraga yang mudah dipahami anak didik dengan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak dengan mudah memahaminya.
1. Guru menggunakan media balok dan spidol untuk berhitung
2. Guru mengenalkan konsep bilangan melalui lagu dan tepuk sehingga anak akan lebih semangat untuk belajar
3. Guru mengajak anak untuk berhitung dengan menunjuk nama anak yang duduk rapi untuk mengambil bola sehinga anak mau duduk rapi dan memperhatikan apa yang disampaikan guru
4. Guru memberikan penguatan kepada siswa dengan memberikan stempel bintang ditangan anak
5. Guru memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai dengan bilanganya atau melingkari benda sesuai lambang bilanganya.
6. Dengan memberikan reward atau penguatan kepada anak maka akan menjadikan anak semangat untuk belajar dan merasa tidak bosan
7. Guru harus kreatif dan inovatif dalam mendesain pembelajaran dengan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan minat anak didik
NAMA : PARAMITA SUNARNO
NIM : 856523447
Untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam konsep bilangan, banyak cara kreatif yang dapat dilakukan seorang guru, terutama untuk anak-anak yang sulit mengenal konsep angka, adapun metode yang dapat dilakukan guru dalam pengenalan konsep bilangan dapat dilakukan dengan beberaca cara, diantaranya yaitu :
1. mengembangkan konsep bilangan dengan cara berhitung menggunakan benda-benda sederhana/ yang konkret seraya bermain, hal ini dapat memicu kemampuan berhitung anak dengan baik.
2. guru dapat mengenalkan konsep angka kepada anak dengan cara bernyanyi, karena dengan bernyanyi akan lebih memudahkan anak untuk berhitung, seperti bernyanyi jumlah anggota tubuh “dua mata saya ”
3. kemudian guru dapat mengenalkan konsep bilangan kepada anak dengan lembar kerja, berupa pemberian tugas kepada anak, seperti mencocokkan jumlah gambar dengan angka yang tepat, atau menghitung jumlah benda sesuai lembar kerja yang diberikan guru, hal tersebut dapat membantu anak untuk lebih memahami konsep angka dengan cara menuliskan langsung jumlah angkanya sehingga lebih memudahkan anak untuk lebih hafal angka terssebut.
Dari tayangan yang saya saksikan tersebut sudah dapat membantu guru untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam berhitung.
Nama: Niswatun Jannah
NIM: 877697776
Berdasarkan video pembelajaran ini, sangat setuju dengan teknik yang diberikan oleh guru dalam menangani anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Keterampilan guru dalam memberikan penekanan pemahaman kepada anak melalui lagu dan tepuk memberikan semangat dan motivasi dalam belajar. Adapun teknik yang diberikan guru dalam mengenal konsep bilangan adalah yang pertama mengajak anak membilang dengan permainan lagu dan tepuk. Membilang merupakan kemampuan awal dari konsep bilangan yang muncul pada anak. Kemampuan ini diawali dengan kemampuan anak menghafal angka dan menyebutkannya secara urut misalnya 1-10. Kemampuan ini berkembang ketika anak diajak bernyanyi atau bersajak tentang bilangan, bermain tentang bilangan menggunakan jari, dan sebagainya. Kemudian teknik yang kedua adalah guru mengenalkan konsep bilangan dengan lembar kerja berupa pemberian tugas kepada anak yaitu memasangkan benda dengan lambang bilangannya, dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya. Teknik ketiga adalah memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil sebuah benda (spidol) sejumlah yang diperintahkan tanpa salah berupa pemberian stempel bintang. Dengan teknik-teknik tersebut dapat memudahkan anak dalam belajar mengenal konsep bilangan sesuai dengan kemampuan dan tahap perkembangannya.