silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Umi Kulsum
NIM. : 857728038
Terimakasih.
Video ini sangat menginspirasi sekali. Guru sangat kreatif dalam mengajarkan anak tentang konsep bilangan. Diantaranya, menghitung dengan cara yang konkret dengan bola, membilang, melingkari angka sesuai jumlah gambar, dan memberikan penguatan berupa tanda bintang.
Nama : Noviani Septi Mutia
NIM : 877958992
Video yang saya saksikan yaitu SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN, video tersebut sangat menginspirasi bahwa dalam mengenalkan bilangan kepada anak harus dikemas dengan menarik dan menyenangkan sehingga anak mudah memahami konsep bilangan. Sesuai rekomendasi dari video tersebut hal-hal atau pembelajaran yang bisa digunakan dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak yaitu :
1. Menyanyi dan bertepuk sebelum memulai pembelajaran : menyanyi dua mata saya, tepuk satu ,tepuk dua
2. Memberikan tugas yang berupa : melingkari gambar sesuai dengan bilangannya, atau dengan memasangkan benda benda sesuai dengan bilangannya
3. Permainan bola dalam keranjang. Guru meminta anak untuk mengambil bola dikeranjang sesuai dengan bilangan yang di minta guru. Kemudian anak memberikan bola ke guru. Kemudian mengajak anak-anak semuanya menghitung bola yang diambil. Jika sudah benar memberikan apresiasi kepada anak, jika masih belum benar memberikan. Pemahaman dan pengertian kepada anak jika jumlah bola belum sesuai yang diminta guru. Guru meminta anak untuk membenarkan jumlah bolanya. Serta tidak lupa memberikan apresiasi kepada anak.
4. Memberikan penguatan untuk mengambil benda yang ada disekitar sesuai bilangan yang diminta guru
5. Memberikan apresiasi kepada anak berupa stempel bintang di tangan anak.
Terima kasih
Dari video yang sudah saya saksikan yaitu tentang “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”, dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam pembelajaran mengenalkan matetatika kepada anak usia dini harus dilakukan dengan cara belajar sambil bermain supaya anak senang dan tidak mudah bosen dalam pembelajaran. Dari video tersebut langkah yang dibuat oleh guru dalam mengenal bilangan sudah sangat baik, pertama guru mengenalkan konsep bilangan melalui bernyanyi dan tepuk, selain itu juga guru mengenalkan konsep bilangan dengan menggunakan benda yang ada disekitar anak seperti bola dan spidol dan tidak lupa guru juga memberikan lembar tugas kepada anak. Terakhir guru memberikan apresiasi kepada anak berupa stempel di tangan apabila jawaban anak benar. Upaya guru tersebut sudah sangat baik dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak yang dikemas dengan menyenangkan sehingga anak tidak mudah bosan dan jenuh dalam pembelajaran.
Terima kasih.
Dari video yang saya lihat tentang”sulit mengenal bilangan”
Videonya sangat menarik dan memberikan motivasi terhadap pendidikan,khususnya guru TK,teknik yang dipakai pendidik untuk mengenalkan konsep bilangan sangat cocok sekali bagi anak TK ,dengan cara bermain ,tepuk,dan bernyanyi anak akan lebih mudah untuk mengingat dan menghafal konsep bilangan.dengan pembelajaran yang menyenangkan anak akan lebih bersemangat dan mudah untuk menyerap apa yang disampaikan pendidik.dari video tersebut sudah tepat sekali yaitu dari pembukaan diawali dengan mengenalkan konsep dengan bermain bola,dengan menghitung jumlah bola yang diambilnya,kemudian guru memberikan penguatan lagi dengan cara anak diajak bernyanyi dan tepuk dengan konsep mengenalkan bilangan ,setelah itu pendidik memberikan materi dengan cara memberikan lembar kegiatan yang sebelumnya anak sudah dikenalkan cara dan bagaimana mengenal konsep bilangan tersebut,sehingga anak lebih mudah untuk mengerjakan.dan itu bisa dicontoh dan diterapkan oleh pendidik disekolah masing-masing agar anak bisa belajar mengenal konsep bilangan dengan mudah dan menyenangkan.
Nama : Nurkhaeti
NIM : 857471746
Video ini sangat membantu dalam memberikan pemahaman kepada guru PAUD tentang cara yang efektif dan menyenangkan untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak usia dini. Penggunaan benda konkret seperti menghitung bola, kancing, balok, atau buah sangat sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang belajar melalui pengalaman langsung. Materi disampaikan dengan jelas dan aplikatif, sehingga mudah dipahami dan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari.
Video ini sangat menginspirasi . Dari semua kegiatan yang digunakan dalam mengenal konsep bilangan sangat menarik dan menyenangkan, sehingga anak terus semangat untuk mengikuti kegiatan belajar sambil bermain . Terlebih lagi ditunjang dengan media ajar seperti bola, media gambar , tepuk untuk melatih konsentrasi . Anak juga dilibatkan langsung dalam kegiatan tersebut., sehingga kegiatan ini menarik dan menyenangkan. Guru juga Selalu memberikan apresiasai kepada anak agar anak terus semangat dan percaya diri. Dengan demikian anak akan lebih cepat mengenal konsep bilangan dengan baik.
Nama / Nim : Diny Wahyu Pratiwi / 858755883
Video ini sangat menginspirasi untuk melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran sambil bermain. Selain itu dengan menggunakan benda konkret sangat membantu anak untuk mengenali konsep bilangan bagi anak usia dini. Selain itu pemberian pujian atau reward bagi anak juga sangat membantu meningkatkan motivasi anak untuk terus mau belajar.
Video ini sangat menginspirasi untuk melaksanakan pembelajaran untuk meningkatkan kognitif anak usia dini melalui pembelajaran sambil bermain. Selain itu dengan menggunakan benda konkret sangat membantu anak untuk mengenali konsep bilangan bagi anak usia dini. Selain itu pemberian pujian atau reward bagi anak juga sangat membantu meningkatkan motivasi anak untuk terus mau belajar.
Video ini sangat menarik dan inspiratif. Saya menyukai bagaimana guru mengenalkan konsep bilangan melalui aktivitas bermain yang menyenangkan. Anak-anak terlihat aktif dan antusias saat belajar menghitung sambil bermain. Ini membuat saya sadar bahwa pembelajaran bilangan bisa lebih bermakna jika disampaikan melalui pengalaman konkret, bukan hanya lewat lembar kerja. Saya akan mencoba menerapkan metode ini di kelas saya.
Nama : Gema Suci Adha
NIM : 856290839
Video ini sangat bagus dan inspiratif untik anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Dengan permainan mengambil bola sesuai perintah anak dapat memahami jumlah bilangan yang di sebutkan guru.
guru juga mengajak anak untuk membilang dengan lagu dan tepuk sehingga anak senang dan antusias dalam pembelajaran. guru juga memberi lembar kerja lambang bilangan dengan menghitung jumlah benda.
dalam video guru memberi penguatan bagi anak yang berhasil mengambil spidol sesuai jumlah yang di sebutkan, anak diberi apresiasi/ reward dengan memberi stempel bintang di tangannya, ini membuat anak senang dan semangat dalam belajar. Sehingga dapat memotivasi anak lain untuk semangat belajar.