silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : Ayu Milla Hanif
    NIM : 877953961
    Prodi : PGPAUD

    Dalam video tersebut, pendidik telah mengajarkan konsep bilangan kepada peserta didik melalui berbagai kegiatan, seperti menghitung bola, melakukan tepuk-tepukan, mengenalkan anggota tubuh melalui lagu, dan mencocokkan lambang bilangan dengan angka pada lembar kerja. Setelah itu, peserta didik mengerjakan tugas pada lembar kerja, dan sebagai penghargaan, diberikan stempel di tangan mereka. Namun, pembelajaran ini lebih berpusat pada pendidik, dengan pendidik yang lebih aktif dalam kegiatan tersebut. Untuk meningkatkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, sebaiknya pengenalan konsep bilangan dilakukan melalui lingkungan bermain yang menyediakan berbagai alat peraga edukatif (APE), baik yang dibuat sendiri maupun yang dibeli, serta permainan yang sesuai dengan bakat dan minat anak. Dengan pendekatan ini, anak-anak dapat belajar mengenal konsep bilangan secara menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan antara lain mencocokkan angka dan bilangan menggunakan APE, bermain puzzle, menggunakan kartu dalam permainan sederhana, menulis angka, dan lain-lain. Dengan pendekatan ini, anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan sesuai dengan tahap perkembangan mereka.

  2. THAIBAH_858328852
    Judul : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Dari video tersebut, sangat luar biasa peran guru dalam membersamai & membimbing serta menjadi fasilitator bagi anak didiknya untuk bisa mengenal konsep bilangan, mulai dari pengenalan angka melalui nyanyian dan tepuk-tepukan.
    Sebelum memberikan pembelajaran secara langsung anak diajak menghitung jumlah dengan jarinya. Guru memberikan media lembar kerja yang mendukung, anak diajak mengenal konsep bilangan dengan melingkari angka sesuai jumlah gambar ataupun memasangkan sesuai jumlah gambar. Anak diajak menghitung sendiri. Setelah anak mencoba dan bisa anak diberi reward berupa bintang. Hal yang sangat menyenangkan ketika anak mendapatkan bintang

  3. THAIBAH_858328852
    Judul : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Dari video tersebut, sangat luar biasa peran guru dalam membersamai & membimbing serta menjadi fasilitator bagi anak didiknya untuk bisa mengenal konsep bilangan, mulai dari pengenalan angka melalui nyanyian dan tepuk-tepukan.
    Sebelum memberikan pembelajaran secara langsung anak diajak menghitung jumlah dengan jarinya. Guru memberikan media lembar kerja yang mendukung, anak diajak mengenal konsep bilangan dengan melingkari angka sesuai jumlah gambar ataupun memasangkan sesuai jumlah gambar. Anak diajak menghitung sendiri. Setelah anak mencoba dan bisa anak diberi reward berupa bintang. Hal yang sangat menyenangkan ketika anak mendapatkan bintang

  4. Rustini Sibuea
    Nim : 860134352
    Anak Sulit mmengenal Konsep Bilangan:
    Pada tayangan Vidio ini Guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  5. Nama : Rustini Sibuea
    Nim : 860134352
    UPBJJ : Medan
    Pada tayangan Vidio ini Guru mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

  6. Nama
    Nim
    Prodi
    Izin menanggapi video di atas tentang “sulit mengenal konsep bilangan”.
    Video tersebut memperlihatkan situasi nyata di mana seorang guru sedang mengajarkan membilang yaitu dengan menghitung bola, mengenalkan konsep bilangan dengan lagu dan Tepuk, dan pemberian tugas berupa lembar kerja, yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambang bilangan. Pada saat membilang bola, ada anak yang mengalami kesulitan dalam menghitung bola tersebut. Guru membantu menghitung bola dan mencocokkan dengan yang diperintahkannya tadi, dan hasilnya bola kurang satu. Kemudian guru menyarankan anak untuk mengambil satu lagi supaya genap menjadi 7.
    Dari video tersebut, anak-anak terlihat lebih banyak diam, mendengarkan atau hanya menunggu instruksi dari guru. Tanpa adanya kesempatan untuk bereksplorasi bertanya dan berpendapat. Padahal sesuai dengan pendekatan kurikulum merdeka dan prinsip pembelajaran anak usia dini, anak adalah subjek aktif dalam belajar bukan sekejajar penerima informasi.

  7. Nama
    Nim
    Prodi
    Izin menanggapi video di atas tentang “sulit mengenal konsep bilangan”.
    Video tersebut memperlihatkan situasi nyata di mana seorang guru sedang mengajarkan membilang yaitu dengan menghitung bola, mengenalkan konsep bilangan dengan lagu dan Tepuk, dan pemberian tugas berupa lembar kerja, yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari benda sesuai lambang bilangan. Pada saat membilang bola, ada anak yang mengalami kesulitan dalam menghitung bola tersebut. Guru membantu menghitung bola dan mencocokkan dengan yang diperintahkannya tadi, dan hasilnya bola kurang satu. Kemudian guru menyarankan anak untuk mengambil satu lagi supaya genap menjadi 7.
    Dari video tersebut, anak-anak terlihat lebih banyak diam, mendengarkan atau hanya menunggu instruksi dari guru. Tanpa adanya kesempatan untuk bereksplorasi bertanya dan berpendapat. Padahal sesuai dengan pendekatan kurikulum merdeka dan prinsip pembelajaran anak usia dini, anak adalah subjek aktif dalam belajar bukan sekejajar penerima informasi.

  8. Pada keseluruhan video tersebut sangat bagu karena bu guru memberikan pembelajaran yang berdiferensiasi tentang pengenalan angka. Namun pada video tersebut belum Nampak kegiatan pembuka, bu guru langsung berpraktek tanpa memberikan contoh kegiatan yang akan dilakukan. Saran pada kegiatan pengembangan selanjutnya sebaiknya lebih banyak melibatkan peserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Jangan kegiatan hanya didominasi oleh guru saja. terimakasih

  9. Nama : Irmawati
    Nim : 859399427
    Pada keseluruhan video tersebut sangat bagu karena bu guru memberikan pembelajaran yang berdiferensiasi tentang pengenalan angka. Namun pada video tersebut belum Nampak kegiatan pembuka, bu guru langsung berpraktek tanpa memberikan contoh kegiatan yang akan dilakukan. Saran pada kegiatan pengembangan selanjutnya sebaiknya lebih banyak melibatkan peserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Jangan kegiatan hanya didominasi oleh guru saja. terimakasih

  10. Nama : Imas Maryani
    NIM : 857420417
    Prodi : PGPAUD

    Judul : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Dari tayangan video diatas seorang guru mengenalkan konsep bilangan yang begitu luar biasa , anak cepat menanggapinya dan mengikuti kegiatanya sangat antusias. Dimana dalam video tersebut guru dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anaknya dengan permainan,tepuk dan lagu dan alat peraga permainan konsep bilangan. sehingga dengan mengajak anak lewat permainan konsep bilangan tersebut anak yang sulit mengenal konsep bilangan sangat terbantu sekali , anak tidak susah pengerjaannya,dan lewat lagu, tepuk anak langsung bisa menyebutkan jumlah bilangannya sesuai dengan gambar setelah menyelesaikan tugas anak dengan senangnya mendapat reward / penguatan dari guru berupa stempel bintang ditangannya.

Leave a Reply