silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : Christy Nurul Fatimah
    NIM : 858001274

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    video tersebut menampilkan upaya guru untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Menurut saya upaya yang dilakukan guru tersebut sudah sangat baik, saya sangat setuju bahwa guru harus kreatif dalam mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan cara yang menyenangkan. Misalnya dengan menggunakan permainan dan lagu, membuat alat peraga yang menarik, memberikan tugas berupa lembar kerja yang disesuaikan dengan kemampuan anak, seperti mencocokkan angka dengan jumlah benda. Selain itu anak usia dini sangat membutuhkkan dorongan dan apresiasi agar meningkatkan motivasinya untuk bellajar. Penting bagi guru untuk selalu memberikan penguatan positif bisa berupa pujian maupun cap/stiker.
    Wa’alaikumsalam Wr. Wb.

  2. nama: susi gia tika silaban
    NIM: 856466379
    Judulnya: Anak sulit mengenal konsep bilangan

    dalam video tersebut saya melihat bahwa upaya guru dalam memberikan dorongan ke murid sangat baik dan dengan adanya permainan membawa bola sebanyak lambang bilangannya juga kegiatan dasar untuk anak-anak lebih memahami konsep bilangan tersebut diawali dengan anak mengenal lambang bilangan 1-10 itu adalah dasar dari mengenal bentuk lambang dan konsep bilangannya, serta adanya penerapan melakukan nyanyian dengan mengggunakan konsep bilangan dari kegiatan ini maka terjadilah pembelajaran pengenalan konsep bilangan. dalam video juga saat anak tidak dapat melakukannya pihak guru tidak memberikan bentakan atau teguran yang kuat mala guru tersebut memberikan dorongan untuk anaknya lebih teliti dengan memberikan kepada anak-anak didiknya untuk melihat jika kurang maka kita harus? memberikan tambahan yang pas agar angka dan bendanya sama nominalnya. dengan memberikan reward maka terbentuklah kepercayaan diri anak dalam melakukan kegiatan dalam video ini saya beljaar untuk lebih mengenal situasi anak dan selalu meberikan dorongan positif serta pemberian reward untuk hal yang baik di lakukan anak.

  3. Asfi Tsania
    857466253
    Judul : sulit mengenal konsep bilangan

    Video ini bermanfaat khususnya untuk guru PAUD. saya merasa video ini sangat relevan karena memperlihatkan bahwa pemahaman konsep bilangan memang tidak mudah, apalagi untuk anak usia dini. Dalam pembelajaran di PAUD, mengenalkan bilangan bukan hanya soal angka, tapi juga harus melalui pengalaman konkret dan permainan yang menyenangkan. Video ini menyadarkan para pendidik, harus memahami konsep bilangan secara mendalam terlebih dahulu agar dapat menyampaikannya dengan cara yang sesuai dengan tahap perkembangan anak.

  4. Nama : Luminta Intan
    NIM : 859940167
    Judul : Sulit Mengenal konsep bilangan
    Pada video diatas guru menggunakan berbagai macam metode belajar agar anak memahami serta mampu menghitung dan mengenal konsep bilangan. Guru memulai dengan bernyanyi bersama, bermain bertepuk tangan sambil memberikan instruksi jumlah tepukkan, yang dapat melatih konsentrasi anak dalam mendengar instruksi serta melatih motorik anak. Aktivitas yang bervariasi ini dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenak konsep bilangan, karena terdapat sistem pengulangan dalam setiap kegiatan. Dengan menggunakan permainan, anak-anak akan lebih mudah menghafal dan memahami, karena menggunakan konsep bermain sambil belajar.

  5. Video ini sangat bermanfaat khususnya untuk guru PAUD. Sebagai mahasiswa PGPAUD, saya merasa video ini sangat relevan karena memperlihatkan bahwa pemahaman konsep bilangan memang tidak mudah, apalagi untuk anak usia dini. Dalam pembelajaran di PAUD, mengenalkan bilangan bukan hanya soal angka, tapi juga harus melalui pengalaman konkret dan permainan yang menyenangkan. Dalam video ini tampak terlihat jelas pembelajaran yang menyenangkan bagi anak melalui kegiatan bermain menghitung bola, bernyanyi, dan lembar tugas yang mudah dipahami anak.

  6. Nama : FARIHUN
    Nim : 859152738
    Vidio yang berjudul “sulit mengenal bilangan” ini sangat membantu saya untuk mengatasi anak yang masih kesulitan dalam mengenal konsep angka . Seperti melalui kegiatan bermain menghitung bola yang konkret itu akan memudahkan anak untuk mengenal angka .

  7. Halo saya Ruri Ariati mahasiswa UT dengan NIM 856957855
    Menurut saya pengenalan konsep jumlah ataupun bilangan yang coba diajarkan di video ini sangat benar ketika ada bendanya secra konkret untuk anak lihat dan pegang. Namun apabila boleh untuk dikomentari, menurut saya lembar kerja agak terasa kurang tepat untuk digunakan, mungkin akan lebih tepat jika anak diminta untuk menghadirkan benda sejumlah ilustrasi yang ada di gambar sehingga prinsip konkret tetap terjaga.
    Demikian, terimakasih.

  8. Mey istiana/ 858525407
    Terimakasih atas ilmunya bunda.
    Kalo untuk pra kita bisa mengenalkan konsep bilanangan dengan benda benda yang ada di kelas.
    Misalkan dengan menghitung jumlah jendela, mentihung foto yang tertempel di dinding.
    Mungkin itu tambahan dari saya bun.

  9. Nama : Cintya Rimayanti
    NIM. : 8t7865135
    Terima kasih atas video pembelajarannya yang sangat bermanfaat. Sebagai bahan koreksi mungkin lebih baik anak diajak untuk menghitung benda-benda konkret yang berada dilingkungan sekolah dibandingkan menghitung melalui LKA. Dengan begitu,pembalajaran yang dilakukan akan lebih menarik dan menyenangkan bagi anak serta memberikan kesan mendalam dalam belajar.terima kasih.

  10. Nama : Titiek Maulidawati
    NIM : 859941635

    Pada video tersebut memberikan contoh anak yang belum dapat mengenal kuantitas dari angka 7. Dimana saat guru meminta si anak mengambil bola sebanyak 7 bola tetapi hanya mengambil sejumlah 6 bola. Akhirnya guru memberikan asesmen berupa mencocokan angka dengan jumlah isinya dengan cara menarik garis atau melingkari angka sesuai jumlah gambar. Setelah itu baru murid diminta mengambil benda lain dengan menyebut angka lain dan benar saat itu guru memberikan afirmasi atau penghargaan berupa bintang sesuai jumlah benda yang diambilnya. disini terlihat bahwa guru berupaya memberikan beberapa ragam aktivitas untuk membantu siswa mengenal angka dengan cara menghitung jumlah dari angka tersebut.

Leave a Reply