silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Kelebihan Guru dalam Video Mengenal Konsep Bilangan
1. Menggunakan media konkret dan menarik
Guru menggunakan benda-benda nyata seperti kancing warna-warni dan stik es krim untuk mengenalkan bilangan, sehingga anak-anak lebih mudah memahami konsep jumlah.
2. Memberi kesempatan anak aktif berpartisipasi
Guru meminta anak secara bergantian menghitung benda dan menyebutkan jumlahnya. Ini membuat anak terlibat aktif, tidak hanya pasif mendengar.
3. Memberikan pujian dan motivasi
Setiap anak yang berhasil menjawab atau mencoba, diberi pujian seperti “Bagus sekali!” atau “Pintar kamu!” sehingga anak lebih percaya diri.
3 Kelemahan Guru dalam Video Mengenal Konsep Bilangan
1. Terlalu cepat dalam menjelaskan konsep
Guru kadang kurang memberi jeda atau waktu cukup untuk anak berpikir sebelum menjawab, langsung menunjuk ke anak lain.
2. Kurang bervariasi dalam metode
Guru hanya menggunakan satu jenis media (kancing) dalam aktivitas, padahal bisa lebih menarik jika diselingi lagu berhitung atau permainan bilangan sederhana.
3. Tidak melakukan evaluasi hasil belajar di akhir kegiatan
Setelah anak-anak selesai menghitung, guru tidak melakukan refleksi bersama untuk memastikan apakah semua anak benar-benar memahami konsep bilangan.
Video terkait “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” ini menarik perhatian saya. Karena Video ini menyajikan tentang upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Jika memahami pengenalan konsep bilangan dengan baik maka akan mudah memahami operasi bilangan yang lebih rumit di pembelajaran matematika selanjutnya.
Manfaat mengenal konsep bilangan sejak usia dini yaitu dapat berpikir logis dan sistematis melalui pengamatan terhadap benda-benda, gambar-gambar ataupun angka-angka yang ada di sekitar anak.
Video terkait “Sulit Mengenal Konsep Bilangan” ini menarik perhatian saya. Karena Video ini menyajikan tentang upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Jika memahami pengenalan konsep bilangan dengan baik maka akan mudah memahami operasi bilangan yang lebih rumit di pembelajaran matematika selanjutnya.
Manfaat mengenal konsep bilangan sejak usia dini yaitu dapat berpikir logis dan sistematis melalui pengamatan terhadap benda-benda, gambar-gambar ataupun angka-angka yang ada di sekitar anak.
Kegiatan yang dilakukan Bu Santi sesuai untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini melalui kegiatan menghitung bola, membilang jumlah bola dengan jari, menghitung gambar dan melingkari bilangan yang sesuai, serta menghitung jumlah spidol. Guru secara aktif memberikan semangat pada anak melalui pemberian contoh dan pujian positif bagi anak yang mampu melakukan tugasnya. Hal ini akan menumbuhkan percaya diri anak atas usahanya. Penggunaan media belajar yang beragam akan menarik minat anak untuk belajar. Selain itu, dengan dibarengi metode pembelajaran yang bervariasi seperti bernyanyi, tepuk, permainan, dan pemberian tugas akan lebih efektif untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak usia dini.
Nama : putri Supartini
NIM : 877669104
Sangat suka dengan video pembelajaran ini karena pembelajaran buat anak usia dini harus sesuai dengan usianya. Dengan metode lagu, tepuk dengan bermain bilangan anak dapat menikmati permainan yang begitu menyenangkan. Anak belajar aktif menunjukkan konsep bilangan matematika awal.
Nama : Ika Novita
Nim. : 857226162
Dari vidio pembelajaran yang saya lihat itu seringkali di gunakan oleh setiap guru paud, namun yang membedakan bagaimana cara guru menyampaikan dalam kegiatan pembelajaran tersebut, terlihat dalam vidio guru tersebut bagaimana cara mengenalkan dan menyebutkan lambang bilangan atau angka dengan kegiatan menghitung menggunakan media bola.saya sangat suka sekali karena pembelajaran di paud itu selain dengan bernyanyi harus juga disertakan dengan media supaya anak dapat mengingat apa yang di sampaikan oleh guru,sehingga anak ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut merupakan kegiatan yang paling menyenangkan dan dapat diterima oleh anak.
Nama Ika Novita
Nim 857226162
Pada vidio di atas yang berjudul sulit mengenal bilangan terdapat guru yang sedang melaksanakan kegiatan pembelajaran terhadap anak usia dini, yang mana guru dapat mengenalkan angka atau lambang bilangan kepada anak melalui bermain dengan cara mengajak anak bertepuk tangan dan bernyanyi, kegiatan yang dilakukan guru tersebut sangat di terima oleh anak sehingga terlihat dalam kegiatan ini sangat menyenangkan dan bervariatif,terlihat juga guru dalam menyampaikan kegiatan tersebut sangat mudah dipahami oleh anak karena guru memberikan apresiasi berupa stempel ketika anak mampu menjawab pertanyaan guru.
vedio ini menyajikan tentang upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. jika memahami pengenalan konsep bilangan dengan baik maka akan mudah memahami operasi bilangan yang rumit.manfaat memahami konsep bilangan sejak usia dini yaitu dapat berpikir logis dan sistematis melalui pengamatan terhadap benda,gambar,atau angka yang ada disekitar.
Assalamualaikum
mohon ijin menanggapi video ini
Berdasarkan isi dari video tersebut, saya menilai bahwa proses pembelajaran yang dilakukan cukup menyenangkan dan interaktif, terutama dengan menggunakan teknik permainan seperti menghitung dan memperlihatkan gambar benda. Teknik ini dapat membantu anak-anak lebih tertarik dan terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengenal konsep bilangan. Namun, ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, seperti variasi metode pengajaran agar tidak monoton dan memastikan anak benar-benar memahami konsep secara mendalam melalui pengulangan yang sistematis. Selain itu, keberhasilan proses pembelajaran juga sangat tergantung pada keahlian dan kreativitas guru dalam mengelola kelas dan menyesuaikan teknik pengajaran dengan kebutuhan anak. Secara keseluruhan, pendekatan yang menarik dan menyenangkan sangat penting dalam mengajarkan konsep dasar kepada anak usia dini.
terima kasih
wassalsamualaikum
Nama : Nita Asiana
NIM : 858526258
Judul Video : Mengenal Konsep Bilangan
Dalam video diperlihatkan cara guru mengemas dan memberikan kegiatan bermain yang sangat sederhana dan mudah dilakukan oleh anak juga bisa mudah dipahami oleh anak. Pendidik memberikan menggunakan media bola untuk memudahkan anak mengenal konsep bilangan. Pendidik juga memberikan kesempatan kepada anak untuk mengitung, kemudian pendidik mengulas hasilnya. Pendidik juga memberikan motivasi kepada anak-anak agar semangat belajar konsep bilangan.
Assalamualaikum wr wb.
Ijin menanggapi vidio, dalam kegiatan ini anak-anak sangat senang dan antusias dalam mengikutiya dan guru mengenalkannya dengan gembira,
Dan mengenalkan konsep bilangan untuk anak usia dini sangan penting,dan harus menyenangkan menyenangkan agar anak anak tidak merasa bosan