silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
pengenalan konsep bilangan yg di lakukan oleh guru pada Vidio tersebut sudah sangat baik, di dlamnya sudah terdapat berbagai macam metode permainan yaitu bermain sambil belajar seperti menghitung jumlah bola yg di ambil, menghitung tepukan, menyebutkan nama benda dan jumlah benda yg di tempelkan ibu di papan tulis, memberikan tugas pada kertas tugas anak-anak
Nama : Anik Wijayanti
NIM : 857762277
Prodi : PGPAUD
Video pembelajaran diatas sudah menggambarkan proses pembelajaran yang baik. Bu guru sudah menggunakan cara yang bervariasi sehingga anak tidak cepat bosan. Bernyanyi, bertepuk, dan penggunaan media bisa menarik perhatian anak dalam mengenal konsep bilangan tanpa merasa terbebani. Terima kasih bu guru sangat menginspirasi 👍
Nama :Yulianti kowe
Nim :859287839
a. Judul vidio :Sulit Mengenal Konsep
Nama Pengembang Video:Netty Hernawati
Lokasi :Dalam Kelas
Kelompok: A
Materi pembelajaran pada video di atas yaitu
tentang mengenalkan konsep bilangan pada
peserta didik dengan beberapa cara
diantaranya;dengan cara bermain, unjuk kerja dan
juga bernanyi tentang bilangan. Guru juga sangat
bagus dalam memberikan materi ke peserta didik
tentang mengenal konsep bilangan.
b. Di video pembelajaran tersebut guru sudah
menerapkan asesmen dan evaluasi pada anak usia
dini di mana guru mempersilakan anak-anak untuk
mengambil bola sesuai instruksi guru dan mareka
pun mulai menghitungnya secara bersama-sama,
cara ini termasuk prinsip evaluasi.
c. => seharusnya guru juga mengajak anak untuk
menulis lambang bilangan dari benda yang di
hitung
=> guru dapat menggunakan lembar kerja untuk di
tempelkan pada papan tulis untuk menjelaskan
gambar dan angka pada lembar kerja.
=> seharusnya guru memberikan kesempatan
kepada anak untuk bereksplorasi dengan
bilangan agar kegiatan pembelajaran tersebut
tidak hanya terpusat pada guru saja.
Nama : Kokom Komariah.
Nim : 857503147
UPBJJ Bandung
Dalam vidio ini guru sudah sangat baik mengenalkan bilangan, dengan cara mengenalkannya lewat benda-benda yang sering anak temui di kehidupan sehari-hari mereka. apalgi benda tersebut masuk kategori benda yang mereka senangi, ditambah dengan metode penyampaian yang menyenangkan, karena anak-anak merasa sedang bermain bersama, karena sejatinya bermain adalah, kegiatan yang paling mereka senangi.
Nama :Novaaslita
Nim: 859875045
Pokjar:Simalungun
Setelah menyimak vidio tentang sulit mengenal konsep bilangan,menurut saya guru sudah menyampaikan materi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk anak²,karna didalamnya belajar sambil bermain,bermain sambil belajar,dimulai dengan kata pembukaan disertai dengan bernyanyi dan gerakan,dan berhitung dengan menggunakan objek media yang ada disekitarnya seperti bola dan spidol,dalam permainan bola anak² boleh ikut berperan dalam pengambilan bola sesuai dengan jumlah yang diperintahkan gurunya,dan juga guru memberikan penugasan kepada anak dengan melingkari angka yang sesuai dengan jumlah pada gambar,dalam vidio tersebut guru sudah menerapkan prinsip asesman dan evaluasi dan memberikan stempel bintang bentuk apresiasi pada anak yang mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik,yang perlu di perbaiki guru yaitu guru harus lebih kreatif dalam memberikan materi dalam hal permainan bola bisa saja guru setelah menyuruh anak mengambil bola misalnya budi ambil bola 4 dan kita hitung bolanya bersama² dan budi menuliskan angka 4 dipapan tulis,dengan ini kita bisa mengetahui apakah anak bisa mengenal angka.
Nama : Umi Salamah
Nim : 857551495
Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
Pokjar : Kebumen
Kelebihan dalam video tersebut :
a. Guru memanggil secara bergantian agar anak mencoba mengenal konsep bilangan
b. Guru menggunakan metode bermain dalam mengenal konsep bilangan
c. Guru menghitung dan menunjukan bola saat menghitung bola yang sdh diambil sesuai perintah
d. Selain dengan permainan, guru juga mengenalkan konsep bilangan melalui nyanyian tepuk, dan lembar kerja
e. Suara guru cukup keras dan ekspresif
Kekurangan dalam video tersebut :
a. Permainan yang digunakan oleh guru hanya permainan didalam kelas
b. Guru hanya memanggil anak yang duduknya rapi dalam mencoba mengenal konsep bilangan
c. Guru pendamping hanya diam ditempat
nama: aan nurjanah
nim : 857508289
judul: sulit mengenal konsep bilangan
kelompok :A
nama pengembang video;netty hernawati
lokasi dalam kelas
menurut saya pembelajaran dalam video ketika guru menerangkan kosnep bilangan sudah lah bagus dan benar anak diajarkan mengenal bilangan menggunakan media seperti bola jadi tidak hanya anak hapal mengucapkan jumlahnya saja tapi anak juga mengenal jumlah benda secara nyata kemudian gru juga mengajak interaksi anak supaya lebih paham lagi dalam mengenal bilangan.dan kemudian guru memberikan apresiasi kepada anak yang mau maju ke depan dengan menyebutkan bilangan dengan memeberikan stempel bintang agar anak lebih senang dan semangat.dan anak tidak diajarkan mengenal angka tidak lebih dari 10 kemudian guru menyajikannya dalam bentuk lembaran kerja siswa
nama :endang injiyati
NIM :858854515
pokjar : Pacitan
judul video :sulit mengenal konsep bilangan
nama pengembang viedo:Netti hernawati
lokasi : di kelas
Ringkasan video:
pembelajaran yang digunakan mengunakan konsep bermain berhitung mengnakan bola,melingkari angka sesuai jumlah gambar,memberikan rewad kepada anak.dengan pembelajaran demikian anak mampu mengenal bilangan.namun dengan cara tersebut harus ditambah dengan cara bernyanyi dan bisa mengunakan APE lain dengan demikian anak akan merasa senang menerima pembelajaran,dan anak tidak mudah bosan dalam belajar.denan itu harus diselingi permainan dan nyanyian,anak akan merasa nyaman dan senang.
Nama : Zuhrotul Anisah
NIM : 858746308
PRODI : PG PAUD BI
a. Judul vidio GPO : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang Video : Netty Hernawati
Lokasi : Didalam Ruang Kelas
Kelompok : Taman Kanak-kanak
Ringkasan Materi :
Materi yang disajikan dalam video pembelajaran diatas yaitu tentang mengenalkan konsep bilangan pada peserta didik yang kebanyakan masih sulit memahami konsep bilangan. Pengenalan konsep bilangan dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan cara bermain, bernyanyi, tepuk dan dengan unjuk kerja . stimulasi yang dilakukan guru sudah sangat baik, guru juga menggunakan beberapa cara dalam mengenalkan konsep bilangan ke peserta didiknya. Guru juga memberikan penguatan dan reward kepada peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar dengan memberrikan stempel bintang ditangannya
b. Di dalam video pembelajaran tersebut guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi pada anak usia dini . Hal ini ditunjukkan dengan guru meminta kepada anak-anak untuk mengambil bola sesuai jumlah yang diinstruksikan guru, setelah itu mereka menghitung bola tersebut bersama-sama, disamping itu juga guru melakukan tanya jawab saat ada peserta didik yang masih belum faham konsep angka 7, sehingga teman yang lainpun ikut memahami konsep angka 7 tersebut. Guru juga meminta anak-anak melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar di lembar kerja. cara ini termasuk prinsip asesmen dan evaluasi.
c. Menurut saya pembelajaran yang guru berikan pada peserta didik sudah baik, namun dalam video ini guru masih terlalu mendominasi, sehingga anak masih terlihat pasif. sebaiknya guru memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi dan menyediakan media peraga lebih dari satu …misalnya balok, daun, krayon dsb.
NAMA : ZUHROTUL ANISAH
NIM : 858746308
PRODI : PG PAUD BI
a. Judul vidio GPO : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang Video : Netty Hernawati
Lokasi : Didalam Ruang Kelas
Kelompok : Taman Kanak-kanak
Ringkasan Materi :
Materi yang disajikan dalam video pembelajaran diatas yaitu tentang mengenalkan konsep bilangan pada peserta didik yang kebanyakan masih sulit memahami konsep bilangan. Pengenalan konsep bilangan dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya dengan cara bermain, bernyanyi, tepuk dan dengan unjuk kerja . stimulasi yang dilakukan guru sudah sangat baik, guru juga menggunakan beberapa cara dalam mengenalkan konsep bilangan ke peserta didiknya. Guru juga memberikan penguatan dan reward kepada peserta didik yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar dengan memberrikan stempel bintang ditangannya
b. Di dalam video pembelajaran tersebut guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi pada anak usia dini . Hal ini ditunjukkan dengan guru meminta kepada anak-anak untuk mengambil bola sesuai jumlah yang diinstruksikan guru, setelah itu mereka menghitung bola tersebut bersama-sama, disamping itu juga guru melakukan tanya jawab saat ada peserta didik yang masih belum faham konsep angka 7, sehingga teman yang lainpun ikut memahami konsep angka 7 tersebut. Guru juga meminta anak-anak melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar di lembar kerja. cara ini termasuk prinsip asesmen dan evaluasi.
c. Menurut saya pembelajaran yang guru berikan pada peserta didik sudah baik, namun dalam video ini guru masih terlalu mendominasi, sehingga anak masih terlihat pasif. sebaiknya guru memberikan kebebasan kepada anak untuk bereksplorasi dan menyediakan media peraga lebih dari satu …misalnya balok, daun, krayon dsb.