silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Mira Dwi Yanti
NIM : 858163974
Prodi : PG-PAUD BI
Menurut pendapat saya yang sudah dilakukan guru dalam video tersebut dalam mengenalkan konsep bilangan sudah baik. Sebelum kegiatan Guru mengajak anak untuk menyanyikan lagu dan atau tepuk tangan tentang bilangan, Guru membuat alat peraga edukatif (APE) berupa bola dalam permainan konsep bilangan kemudian anak diminta mengambil bola sebanyak bilangan yang diucapkan guru secara bergiliran, kemudian anak diajak menghitung bersama. Lalu memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya,dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya berupa pemberian stempel bintang ditangannya.
Setelah saya melihat video diatas (sulit mengenal konsep bilangan) guru menerapkan beberapa metode yaitu metode dengan bermain,bernyanyi menggunakan tepuk dan menggunakan lembar kerja untuk mengerjakannya, menurut saya dengan ngajak anak belajar sambil bermain mudah untuk di ingat anak.seperti yang ada di video di atas anak di ajak untuk mengambil bola dengan cara menghitungnya dan setiap anak di berikan giliran untuk mengambilnya.bisa juga dengan mengambil bola dulu kemudian di masukkan dalam keranjang sembari di hitung.
Nama : HAlIMAH
Nim : 856032345
Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional ( PAUD4501)
Menganalisis tentang video tersebut “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”. alam sebuah video simulasi kegiatan belajar berupaya untuk mengatasi anak yang kesulitan dalaam mengenal bilangan angka. Upaya guru adalah mengajak anak untuk menyebutkan bilangan dengan bermain dan bernyanyi atau sambil tepuk tangan, membuat alat bermain dengan konsep bilangan kemudian anak diminta menyusun sejumlah benda sesuai lambang bilangan yang nyata. Menurut pendapat saya, guru sudah mengajarkan tentang bilangan kepada anak-anak sudah jelas, sehingga anak dapat memahami bilangan.
Nama : Aida Muslimah
NIM : 858304688
Guru melakukan beberapa teknik dalam mengenalkan bilangan pada anak, sebelum memulai mengenalkan tugas kepada anak guru terlebih dahulu mengajak anak untuk membilang dengan permainan, lagu dan tepuk tangan. Namun dapat juga guru memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan benda sesuai lambang bilangan dan melingkari sesuai lambang bilangan.
Teknik lainnya yaitu dengan memberikan penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil benda sejumlah yang ditentukan tanpa salah, jika melakukan dengan benar anak akan mendapatkan hadiah berupa stempel Bintang di tangannya.
Nama: Hanik Dwiningtiyas
Nim: 858169373
Judul video: sulit mengenal konsep bilangan
Nama pengembangan video: Netti Hernawati
Lokasi: Dalam kelas
Kelompok: TK
Ringkasan materi dalam video sebagai berikut:
Dalam video tersebut, seorang guru mengajarkan dan menstimulasi anak sudah sangat tepat, pengenalan konsep angka guru telah menggunakan pendekatan yang konkrit dan visual dalam penyampaian materi. Guru menggunakan beberapa macam kegiatan seperti, anak bermain tepuk sesuai dengan jumlah bilangan,anak diajak untuk bermain mengambil bola sesuai yang disebutkan oleh guru, dan anak diajak menghubungkan benda yang sesuai dengan jumlah, pembelajaran berlangsung kondusif dan anak -anak senang dalam mengikuti setiap kegiatan. Perencanaan kegiatan maupun pemilihan alat dan bahan pendukung pembelajaran sudah tepat dan baik. Metode yang dipilih dalam pengenalan konsep bilangan juga bervariatif dan menyenangkan. Guru juga sangat tepat memberikan penguatan kepada anak,baik dengan pujian maupun reward yaitu dengan pemberian stempel bintang bagi anak yang melakukannya dengan benar. sehingga reward tersebut dapat memacu anak untuk lebih bersemangat lagi dalam belajar mengenal konsep bilangan.
A.judul:sulit mengenal konsep bilangan Nama pengambang Vidio:Neti
hernawati
Lokasi:di dalam kelas
Kelompok:TK
Ringkasan materi
*Mengenal konsep bilangan dengan menggunakan bola
*Mengenal bilangan dengan cara tepuk tangan
*Menghitung gambar sesuai jumlah gambar
B.Apakah guru dalam Vidio yg anda saksikan telah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini?
sudah,Bu guru melakukan asesmen dan evaluasi secara langsung dengan memberikan cap bintang d tangan nya kepada anak2 yg sudah mengerjakan tugas dengan baik untuk memotivasi si anak belajar tentan konsep bilangan
C.jelaskan pendapat anda hal apa saja yg perlu d perbaiki pada proses pembelajaran yg guru lakukan dalam Vidio tersebut?
menurut saya Bu guru seharusnya melakukan apersepsi terlebih dahulu supaya si anak bisa mengingat apa yg sudah d pelajari dan sebaiknya waktu pembukaan Bu guru melakukan kegiatan berhitung dengan menggunakan lagu supaya si anak bisa mengelal konsep bilangan .
NAMA : RIANA NASKAYATI
NIM :857363901
PRODI : PGPAUD-S1
PADA UMUMNYA VIDEO KONSEP BILANGAN DIATAS CUKUP BAIK. GURU KREATIF MENGENALKAN KONSEP BILANGAN DENGAN BERBAGAI METODE SEPERTI BERMAIN MENGHITUNG BOLA,BERNYANYI, ,TEPUK DAN MEMBERIKAN LEMBAR KERJA SERTA MEMBERIKAN REWARD STAMPLE BINTANG. NAMUN ALANGKAH BAIKNYA JIKA ANAK DI BERI KESEMPATAN UNTUK MENGHITUNG SENDIRI SEHINGGA ANAK MENGETAHUI APAKAH SUDAH BENAR ATAU BELUM JUMLAH BOLA TERSEBUT.
Nama:Sri Nurhayati
Nim:857508519
Vidio yg saya lihat mengenal konsep bilangan dengan cara bermain menggunakan bola,bernyanyi,tepuk tangan dan menghitung gambar dengan melingkari angka sesuai jumlahnya,dan menghitung spidol sambil d hitung oleh anak d depan teman2 nya,dlm kegiatan ini Bu guru sudah bagus melatih keberanian d depan teman2nya untuk mengambil bola dan menghitungnya kembali sesuai yg d perintah Bu guru.
Kelemahannya:
*kegiatan pembuka buguru tidak melakukan apersepsi,
* tidak memperihatkan lambang bilangan baik menggunakan poster maupun d tulis d papan tulis,
Kelebihannya:
*guru sudah baik menertibkan anak2
*guru menggunakan alat peraga(bola,spidol)
Bu guru dengan sabar mengajarkan anak2
mengenal konsep bilangan d usia dini memang tidak mudah oleh karna itu ibu guru harus mengajarkan anak2 dengan cara menyenangkan dengan cara bermain.
Nama : Eti Agustina
NIM : 855704667
Program Study : PGPAUD
Dari tayangan video pembelajaran diatas terlihat guru menggunakan berbagai cara dalam mengenalkan konsep bilangan, diantaranya menggunakan benda konkret berupa bola, dengan bernyanyi, bertepuk tangan, maupun menggunakan lembar kerja. Kelebihan dari video tersebut adalah guru menggunakan cara yang cukup bervariasi dalam mengenalkan konsep bilangan terhadap siswa. Tetapi siswa terlihat kurang aktif dalam membangun pengetahuannya sendiri mengenai konsep bilangan, karena guru lebih dominan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa hanya mengikuti apa yang diperintahkan oleh guru. Namun terdapat hal unik dalam tayangan video tersebut yaitu saat guru menggunakan bahasa inggris disela-sela proses pembelajaran. Upaya yang bisa dilakukan untuk perbaikan pengembangan adalah dengan memberikan kebebasan pada siswa untuk menggunakan ide-ide kreatifnya atau untuk bereksplorasi menggunakan media yang ada dalam membangunpen getahuannya sendiri mengenai konsep bilangan.
Nama : Eti Agustina
NIM : 855704667
Program Study : PGPAUD
Dari tayangan video pembelajaran diatas terlihat guru menggunakan berbagai cara dalam mengenalkan konsep bilangan, diantaranya menggunakan benda konkret berupa bola, dengan bernyanyi, bertepuk tangan, maupun menggunakan lembar kerja. Kelebihan dari video tersebut adalah guru menggunakan cara yang cukup bervariasi dalam mengenalkan konsep bilangan terhadap siswa. Kekurangan dari video tersebut siswa terlihat kurang aktif dalam membangun pengetahuannya sendiri mengenai konsep bilangan, karena guru lebih dominan dalam proses pembelajaran, sehingga siswa hanya mengikuti apa yang diperintahkan oleh guru. Namun terdapat hal unik dalam tayangan video tersebut yaitu saat guru menggunakan bahasa inggris disela-sela proses pembelajaran. Upaya yang bisa dilakukan untuk perbaikan pengembangan adalah dengan memberikan kebebasan pada siswa untuk menggunakan ide-ide kreatifnya atau untuk bereksplorasi menggunakan media yang ada dalam membangun pengetahuannya sendiri mengenai konsep bilangan.