silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : MERLIN
Nim : 818112535
Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Setelah saya melihat video GPO yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan, saya sudah setuju dengan cara guru mengajarkan konsep bilangan, dimana disertai dengan kegiatan bermain dan bernyanyi.
hanya saja pada saat guru menyuruh salah satu anak tersebut mengambil bola didalam keranjang menggunakan bahasa inggris, sehingga anak tersebut sempat bingung, lalu kemudian guru menggunakan bahasa indonesia, lalu anak itu mengerti. menurut saya, sebaiknya guru menggunakan bahasa indonesia saja. sehingga anak lebih cepat menangkap apa yang diperintahkan oleh ibu gurunya.
Ada beberapa lagu yang bisa diajarkan yaitu pengenalan konsep bilangan melalui lagu dan gerakan. dimana guru menyanyi sambil menuliskan angka tersebut.
Berikut Bunyi Lagu tersebut.
1 = seperti lidi
2 = seperti bebek
3 = seperti burung terbang
4 = kursi terbalik
5 = seperti badut
Nama : MERLIN
Nim : 818112535
Judul video : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Setelah saya melihat video GPO yang berjudul “Sulit Mengenal Konsep Bilangan, saya sudah setuju dengan cara guru mengajarkan konsep bilangan, dimana disertai dengan kegiatan bermain dan bernyanyi.
hanya saja pada saat guru menyuruh salah satu anak tersebut mengambil bola didalam keranjang menggunakan bahasa inggris, sehingga anak tersebut sempat bingung, lalu kemudian guru menggunakan bahasa indonesia, lalu anak itu mengerti. menurut saya, sebaiknya guru menggunakan bahasa indonesia saja. sehingga anak lebih cepat menangkap apa yang diperintahkan oleh ibu gurunya.
Ada beberapa lagu yang bisa diajarkan yaitu pengenalan konsep bilangan melalui lagu dan gerakan. dimana guru menyanyi sambil menuliskan angka tersebut.
Berikut Bunyi Lagu tersebut.
1 = seperti lidi 6 = seperti ular melingkar
2 = seperti bebek 7 =tongkatnya kakek
3 = seperti burung terbang 8 = seperti kacang
4 = kursi terbalik 9 = seperti balon terbang
5 = seperti badut 10 = lidi dan bola
ini angka-angka yang sudah kuhafalkan.
terima kasih
Nama : khoirotul Mufidah
Nim : 858824308
Judul video : Sulit untuk Mengenal Lambang Bilangan
Menurut saya dalam video tersebut termasuk dalam pengembanan Kognitif PAUD
Dalam video tersebut menurut saya untuk kegiatan pembukaan, inti dan penutup begitu kurang jelas, hanya bermain dalam mengenalkan konsep bilangan seperti memgambil bola sesuai Lambang Bilangan atau angka yang disebutkan oleh guru.
Menurut saya guru tersebut untuk memberikan pemahaman terhadap anak-anak masih kurang jelas, sebaiknya sebelum diajak bermain alangkah baiknya terlebih dahulu mengenalkan Lambang Bilangan atau konsep bilangan angka sesuai urutan sehingga anak dapat paham juga Lambang Bilangannya.
Guru tersebut sudah terlihat sangat baik dan penuh kasih sayang terhadap muridnya untuk memberikan stimulasi, tidak hanya itu guru tersebut sudah memberikan apresiasi terhadap anak di saat anak melakukan kegiatan nya dengan baik.
Tanggapan saya dari video tersebut:
– Guru sudah bagus dalam memberikan pembelajaran yang menarik tentang konsep bilangan, dengan permainan menghitung bola, dan anak belajar mendengarkan perintah guru dengan 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, serta belajar berkompetisi dengan temannya. Anak terlihat antusias memperhatikan temannya yang sedang berhitung.
– Ada baiknya Sebelum melakukan permainan mengenalkan konsep angka, sebaiknya guru mengawali pembelajaran dengan apersepsi mengenalkan angka seperti bernyanyi sambil berhitung, menunjukkan angka, dan menyocokkan angka dengan benda.
Nama : Fathonah Desyanna
NIM: 857840972
Semester : II- PGPAUD
Tanggapan saya dari video tersebut: Guru sudah bagus dalam memberikan pembelajaran yang menarik tentang konsep bilangan, dengan permainan menghitung bola, dan anak belajar mendengarkan perintah guru dengan 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, serta belajar berkompetisi dengan temannya. Anak terlihat antusias memperhatikan temannya yang sedang berhitung. Ada baiknya Sebelum melakukan permainan mengenalkan konsep angka, sebaiknya guru mengawali pembelajaran dengan apersepsi mengenalkan angka seperti bernyanyi sambil berhitung, menunjukkan angka, dan menyocokkan angka dengan benda
Seri Pembelajaran Kognitif PAUD
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Dalam video tersebut, anak terlihat antusias mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru, namun terlihat beberapa anak kurang semangat dan ekspresif. Tetapi secara keseluruhan, anak senang dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, terlihat pada saat mengerjakan tugas yang diberikan, anak mengerjakan sesuai arahan guru dan mengerjakan secara tuntas.
Menurut saya, kelemahan guru dalam video tersebut adalah dalam hal menyiapkan media. Pada saat anak mengambil bola, guru tidak menyediakan wadah untuk anak menaruh bola, karena ketika anak mengambil bola dengan jumlah yang cukup banyak, kemudian dia memberikan ke guru, dan kembali lagi ke wadah tempat mengambil bola, maka fokus anak akan terpecah, yang dapat menyebabkan anak lupa jumlah bola yang telah dibawa nya.
Selain itu, media konkrit yang digunakan terlihat sedikit, akan lebih baik guru mengajak anak menghitung media konkrit yang ada di sekitarnya, kemudian menunjukkan lambang bilangan nya.
Menurut saya, kelebihan guru yang ada dalam video tersebut adalah cara guru mengenalkan angka kepada anak. Metode yang digunakan guru sudah tepat, yaitu dengan mengajak anak bertepuk dan bernyanyi, dan mengajak anak berhitung dengan benda konkrit, di dukung dengan tugas yang diberikan oleh guru terkait dengan jumlah gambar dan lambang bilangan nya.
Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut adalah guru memberikan reward kepada anak berupa stempel bintang di tangan anak.
Dalam video tersebut, guru sudah berinteraksi dengan anak dan mengajar anak dengan baik. Namun, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran , menurut saya salah satu nya adalah penggunaan dan pengembangan media pembelajaran yang digunakan, juga kegiatan anak yang bervariasi dan mengembangkan 6 aspek pada anak.
Nama : Alvi Mulyana Putri
NIM : 857073827
Program Studi : PG PAUD
UPBJJ UT Jakarta, Pokjar Pondok Pinang
Seri Pembelajaran Kognitif PAUD
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
1. Dalam video tersebut, anak terlihat antusias mengikuti pembelajaran yang dilakukan guru, namun terlihat beberapa anak kurang semangat dan ekspresif. Tetapi secara keseluruhan, anak senang dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, terlihat pada saat mengerjakan tugas yang diberikan, anak mengerjakan sesuai arahan guru dan mengerjakan secara tuntas.
2. Menurut saya, kelemahan guru dalam video tersebut adalah dalam hal menyiapkan media. Pada saat anak mengambil bola, guru tidak menyediakan wadah untuk anak menaruh bola, karena ketika anak mengambil bola dengan jumlah yang cukup banyak, kemudian dia memberikan ke guru, dan kembali lagi ke wadah tempat mengambil bola, maka fokus anak akan terpecah, yang dapat menyebabkan anak lupa jumlah bola yang telah dibawa nya.
Selain itu, media konkrit yang digunakan terlihat sedikit, akan lebih baik guru mengajak anak menghitung media konkrit yang ada di sekitarnya, kemudian menunjukkan lambang bilangan nya.
3. Menurut saya, kelebihan guru yang ada dalam video tersebut adalah cara guru mengenalkan angka kepada anak. Metode yang digunakan guru sudah tepat, yaitu dengan mengajak anak bertepuk dan bernyanyi, dan mengajak anak berhitung dengan benda konkrit, di dukung dengan tugas yang diberikan oleh guru terkait dengan jumlah gambar dan lambang bilangan nya.
4. Hal-hal unik yang ditemukan dalam video tersebut adalah guru memberikan reward kepada anak berupa stempel bintang di tangan anak.
5. Dalam video tersebut, guru sudah berinteraksi dengan anak dan mengajar anak dengan baik. Namun, untuk meningkatkan kualitas pembelajaran , menurut saya salah satu nya adalah penggunaan dan pengembangan media pembelajaran yang digunakan, juga kegiatan anak yang bervariasi dan mengembangkan 6 aspek pada anak.
Nama : Widiarti
NIM : 857759784
UPBJJ : Semarang
a. Ringkasan materi : Dalam video tersebut diperlihatkan upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak melalui beberapa kegiatan yang sesuai bagi anak usia dini yaitu melalui benda sederhana yang ada di sekitar anak yang dapat dipegang anak yaitu berupa bola, spidol. Guru juga mengajarkan konsep bilangan dengan memberikan lembar kerja kepada anak untuk dikerjakan anak setelah guru mengajarkan bagaimana konsep bilangan. Guru juga mengajarkan konsep bilangan melalui lagu dan tepuk.
b. Guru sudah menerapkan asesmen / evaluasi kepada anak yaitu berupa pemberian apresiasi kepada anak berupa stempel pada anak yang mengerjakan tugas dengan benar. Guru juga mengevaluasi pada anak yang belum benar dan memberi pengertian bagaimana menghitung dengan benar saat menghitung bola.Guru juga bisa memberi penilaian pada lembar kerja yang sudah dikerjakan oleh anak.
c. Hal yang perlu diperbaiki
Menurut saya dari video tersebut sudah sangat baik
• Perlu ditambahkan saja saat menghitung bola anak bisa diperlihatkan angka yang sesuai dengan bola yang diambil oleh anak dengan tulisan yang besar bisa di kertas atau di papan tulis. Jadi anak mengerti bentuk angka dan jumlahnya sekaligus.
• Saat mengajarkan lagu agar anak lebih antusias bisa disertai dengan iringan musik, anak bisa sambil berdiri dan bergerak agar tidak monoton.
Demikian tanggapan dari saya dari video tersebut.
Terimakasih
Nama : Widiarti
NIM : 857759784
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Semarang
Nama : Widiarti
NIM : 857759784
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : Semarang
a. Ringkasan materi : Dalam video tersebut diperlihatkan upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak melalui beberapa kegiatan yang sesuai bagi anak usia dini yaitu melalui benda sederhana yang ada di sekitar anak yang dapat dipegang anak yaitu berupa bola, spidol. Guru juga mengajarkan konsep bilangan dengan memberikan lembar kerja kepada anak untuk dikerjakan anak setelah guru mengajarkan bagaimana konsep bilangan. Guru juga mengajarkan konsep bilangan melalui lagu dan tepuk.
b. Guru sudah menerapkan asesmen / evaluasi kepada anak yaitu berupa pemberian apresiasi kepada anak berupa stempel pada anak yang mengerjakan tugas dengan benar. Guru juga mengevaluasi pada anak yang belum benar dan memberi pengertian bagaimana menghitung dengan benar saat menghitung bola.Guru juga bisa memberi penilaian pada lembar kerja yang sudah dikerjakan oleh anak.
c. Hal yang perlu diperbaiki
Menurut saya dari video tersebut sudah sangat baik
• Perlu ditambahkan saja saat menghitung bola anak bisa diperlihatkan angka yang sesuai dengan bola yang diambil oleh anak dengan tulisan yang besar bisa di kertas atau di papan tulis. Jadi anak mengerti bentuk angka dan jumlahnya sekaligus.
• Saat mengajarkan lagu agar anak lebih antusias bisa disertai dengan iringan musik, anak bisa sambil berdiri dan bergerak agar tidak monoton.
Demikian yang dapat saya sampaikan
Terimakasih