silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Shinta Novitaria
NIM : 856607803
a.
Judul Video : sulit mengenal konsep bilangan
Seri pembelajaran pengembangan kognitif PAUD
Nama pengembang : Netti Hernawati
Lokasi : di dalam kelas
Kelompok : B usia 5 – 6 tahun
Ringkasan video :
Berdasarkan video di atas, untuk mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan, mengenalkan bilangan biasa dilakukan dengan berbagai cara yaitu :
✅ mengenalkan bilangan dengan metode bermain bola yaitu anak mengambil bola sesuai dengan jumlah yang disebutkan oleh guru
✅ mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi di video ini guru mengajak anak bernyanyi lagu Dua mata saya sambil menunjuk jumlah mata yang ada dua lalu jumlah hidung yang ada satu dan seterusnya
✅ lalu guru mengajak anak bertepuk dengan pola yaitu tepuk 1x, 2x, 3x dst
✅ guru juga memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan jumlah benda sesuai dengan lambang bilangannya
✅ terakhir guru memberikan penguatan dan reward berupa stempel bintang pada anak yang sudah paham mengenai konsep bilangan yang diajarkan
b. Guru dalam video telah menerapkan prinsip asesment dan evaluasi untuk anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari cara guru memberikan penguatan dan reward berupa stempel bintang pada anak yang sudah paham mengenai konsep bilangan yang telah diajarkan guru pada akhir pembelajaran.
c. Menurut saya, hal yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video adalah, alangkah lebih baik jika saat memberikan perintah mengambil bola pada anak guru menggunakan bahasa Indonesia saja dan tidak menggunakan bahasa asing atau bahasa Inggris, agar fokus anak tidak terpecah
Nama : Shinta Novitaria
NIM : 856607803
Jurusan PG-PAUD BI
Semester 2
a.
Judul Video : sulit mengenal konsep bilangan
Seri pembelajaran pengembangan kognitif PAUD
Nama pengembang : Netti Hernawati
Lokasi : di dalam kelas
Kelompok : B usia 5 – 6 tahun
Ringkasan video :
Berdasarkan video di atas, untuk mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan, mengenalkan bilangan biasa dilakukan dengan berbagai cara yaitu :
✅ mengenalkan bilangan dengan metode bermain bola yaitu anak mengambil bola sesuai dengan jumlah yang disebutkan oleh guru
✅ mengenalkan konsep bilangan dengan bernyanyi di video ini guru mengajak anak bernyanyi lagu Dua mata saya sambil menunjuk jumlah mata yang ada dua lalu jumlah hidung yang ada satu dan seterusnya
✅ lalu guru mengajak anak bertepuk dengan pola yaitu tepuk 1x, 2x, 3x dst
✅ guru juga memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan jumlah benda sesuai dengan lambang bilangannya
✅ terakhir guru memberikan penguatan dan reward berupa stempel bintang pada anak yang sudah paham mengenai konsep bilangan yang diajarkan
b. Guru dalam video telah menerapkan prinsip asesment dan evaluasi untuk anak usia dini. Hal ini dapat dilihat dari cara guru memberikan penguatan dan reward berupa stempel bintang pada anak yang sudah paham mengenai konsep bilangan yang telah diajarkan guru pada akhir pembelajaran.
c. Menurut saya, hal yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam video adalah, alangkah lebih baik jika saat memberikan perintah mengambil bola pada anak guru menggunakan bahasa Indonesia saja dan tidak menggunakan bahasa asing atau bahasa Inggris, agar fokus anak tidak terpecah
Nama : Saydatus Siva
Nim : 858948144
Prodi : S1 PGPAUD
a. Identitas video yaitu :
Judul : Sulit Mengenal Konsep Angka
Nama Pengembang video : Neti Hernawati
Lokasi anak: dikelas PAUD
Kelompok anak : Usia 4 thn
Ringkasan Materi :
1. Guru mengajak anak berhitung dengan cara mengambil sejumlah bola di dalam keranjang
2. Guru mengajak anak-anak untuk bernyanyi 2 mata saya dan bermain tepuk angka
3. Guru memberi lembar kerja kepada anak-anak agar bisa melihat sejauh mana kemampuan anak-anak
4. Guru memberi penghargaan kepada anak yang sudah mampu berhitung dengan baik dengan memberi stempel
5. Guru mengenalkan benda sederhana yang ada di sekitar anak yang dapat dipegang anak yaitu berupa bola, spidol.
b. Menurut saya dalam vidio tersebut Guru sudah menerapkan asesmen / evaluasi kepada anak yaitu berupa Guru juga telah melakukan asesmen dengan cara menyuruh anak maju kedepan mengambil bola dan menghitung jumlah bola yang telah diambil dan disebutkan oleh guru. Menyuruh anak anak mengerjakan lembar kerja tentang melingkari angka sesuai benda. Selain itu, Guru juga telah memberikan penguatan dan motivasi kepada anak dengan cara pemberian stempel bintang kepada anak. pemberian apresiasi kepada anak berupa stempel pada anak yang mengerjakan tugas dengan benar. Guru juga mengevaluasi pada anak yang belum benar dan memberi pengertian bagaimana menghitung dengan benar saat menghitung bola.Guru juga bisa memberi penilaian pada lembar kerja yang sudah dikerjakan oleh anak.
c.Ada beberapa hal yang perlu di perbaiki yaitu
pada awal pembelajaran sebaiknya melakukan kegiatan pembuka terlebih dahulu tidak langsung materi, sebaiknya juga Guru menyiapkan tempat untuk menaruh bola yang diambil oleh anak karena anak terlihat kesulitan membawa jumlah bola yang agak banyak, guru harus lebih ekspresif lagi dalam mengajar sehingga anak-anak menjadi lebih tertarik dalam belajarnya,
Assalammualaikum wr.wb.
Saya ijin menjawab, enggeh.
Nama : Rosiana Pora
NIM : 858733895
Prodi : PG-PAUD BI
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang Video : Neti Hernawati
Lokasi : Ruang Kelas
A. Ringkasan Video
Menurut analisis saya, dalam video ini seorang guru memberikan sebuah konsep bilangan dengan cara bermain bola untuk menghitung. Di video tersebut guru memakai 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Untuk mengatasi anak yang sulit mengenal bilangan dalam video itu dengan teknik yaitu bernyanyi, tepuk dan guru memberikan lembar kerja dengan memasangkan angka dan melingkari angka sesuai lambang bilangan pada gambar dan teknik yang terakhir guru memberikan penguatan pada anak yang sudah paham atau berhasil mengambil spidol sesuai lambang bilangan untuk keberhasilan anak tersebut guru memberikan stempel bergambar bintang pada tangan anak. Sebelum memberikan lembar kerja guru memberikan contoh dengan sebuah gambar yang ditempelkan pada papan tulis guru bertanya kepada anak-anak tentang gambar apa ini dan berapa jumlah gambar ini dengan berhitung bersama-sama.
B. Guru dalam video ini dalam sebuah prinsip asesmen sudah bagus dengan mengamati setiap anak. Setelah menemukan masalah pada kasus tersebut guru mencari solusi supaya anak ini bisa mengenal konsep bilangan yaitu dengan menggunakan macam teknik, yaitu bernyanyi, bertepuk dan memberikan lembar kerja dengan memasangkan angka dan melingkari angka sesuai dengan gambar tersebut. Evaluasi yang dilakukan guru adalah pertama guru memberikan stempel bergambar bintang di tangan anak, kedua tidak adanya guru mengulas kembali materi yang diberikan pada anak, namun hanya mengulas tentang hasil karyanya.
C. Menurut saya, dalam video pembelajaran yang diberikan guru ini sangat bagus dengan media-media dan teknik-teknik yang menarik namun, kekurangannya adalah guru belum menjelaskan tentang materi pada kegiatan hari ini seperti menjelaskan materi yang akan digunakan lalu melakukan tanya jawab kepada anak. Guru hanya memberitahukan kepada anaknya bahwa hari ini kegiatan bermain bola dengan menghitung. Dalam asesmen dan evaluasi video bagus dengan media dan teknik-teknik yang menarik. Dimana video ini tidak ada kegiatan pembukaan dan kegiatan penutup, perlengkapannya yang kurang.
NAMA : ENDANG PREHATIN
NIM : 857675443
POKJAR:UT POKJAR CEPU (UPBJJ UT SEMARANG)
Ijin memberikan komentar mengenai video di atas
Video diatas emperlihatkan berbagai macam cara guru mengajar dan mengenalkan konsep bilangan kepada anak PAUD dengan cara yang menyenangkan sesuai usia anak, Dengan metode game yaitu mengambil bola sesuai bilangan yang di sebut oleh guru, secara tidak langsung mengajarkan anak untuk belajar membilang dan mengenal angka dengan cara yang menyenagkan
Nama : SRINI LARASATI
NIM : 857367647
Prodi : PG PAUD BI Semester 2
A. Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Seri : Pengembangan Kognitif PAUD
Nama Pengembang Video : Netty Hernawati
Lokasi : Ruang kelas
Ringkasan Materi dalam Video :
– Dalam video ini pembelajaran dilakukan di dalam kelas
– Guru memanggil anak murid satu persatu yang duduk rapi
– Guru memerintahkan murid yang dipanggil untuk mengambil bola sesuai perintah (contoh murid mengambil 4 bola)
– Kemudian guru memerintahkan semua murid untuk menghitung jumlah bola yang diambil, pada murid pertama jumlah bola yang diambil adalah benar sesuai dengan perintah guru.
– Bola dihitung oleh semua murid
– Kemudian guru memangil lagi anak yang kedua untuk mengambil bola sesuai dengan jumlah yang diperintahkan, namun pada murid ang kedua ini jumlah bola yang diambil tidak sesuai dengan yang diperintahkan, guru tersebut memerintahkan mengambil 7 bola namun murid hanya mengambil 6 bola kemudian murid tersebut diperintahkan untuk mengambil kekurangannya yaitu 1 bola.
– Bola dihitung oleh semua murid
Fenomena sulit mengenal konsep bilangan. Berikut ini adalah yang harus dilakukan oleh Guru :
– Guru harus memiliki kepiawaian tersendiri untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak
Teknik mengenalkan konsep bilangan pada anak :
– Memberi penguatan pada anak yang telah berhasil (reward)
– Guru memanggil anak dan memerintahakn murid tersebut mengambil pensil sejumlah yang diperintahkan guru, jika jawabannya benar murid akan mendapatkan stempel bintang dari guru.
NAMA: DWI PUSPOWIDURI
NIM : 858733863
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
a. Berdasarkan vidio di atas, ada beberapa contoh yang bisa digunakan guru untuk membantu anak belajar mengenal konsep bilangan yaitu
* Mengenalkan konsep bilangan dengan metode permainan ( bermain bola ), dengan meminta anak meletakkan sejumlah bola yang sudah disediakan sesuai dengan bilangan yang disebutkan oleh guru.
* Mengajak anak belajar membilang melalui lagu yang bertemakan tentang jumlah seperti lagu dua mata saya, dimana anak akan menyebutkan jumlah anggota tubuhnya seperti jumlah mata, hidung, telinga dst.
Mengajak anak bertepuk seperti tepuk 1, tepuk 2 dst.
* Memberikan tugas berupa lembar kerja yang berisikan Kegiatan memasangkan jumlah benda sesuai dengan lambang bilangannya.
* Terakhir mengulas kembali hasil karya anak, memberikan penguatan dan reward Kepada anak yang sudah mengerti atau paham mengenai konsep bilangan dengan memberikan bintang pada akhir pembelajaran.
b Dalam vidio di atas guru dalam pemberian nilai dengan
menerapkan prinsip asesmen otentik dan evaluasi pembelajaran,
dengan penguatan dan reward berupa bintang yang diberikan kepada anak yang dianggap sudah mengerti dan paham mengenai konsep bilangan yang sudah di ajarkan.
c. Menurut saya dalam vidio ini sudah sangat membantu. Kegiatan guru dalam mengatasi kesulitannya membantu anak untuk mengenal konsep bilangan, sudah bervariasi dan menarik. Alangkah baiknya jika nantinya kegiatan seperti ini tidak hanya sekali diterapkan tapi bisa diulang dengan permainan lain yang lebih menarik dan bervariasi.
Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
Nama pengembang video : Netty Hernawati
Lokasi : dalam kelas
Kelompok anak : 5- 6 tahun
Ringkasan materi dalam video :
Memperkenalkan konsep bilangan pada anak usia dini melalui permainan bola,menyanyi, tepuk dan media di papan tulis.
Cara yang digunakan menurut saya bagus karena memberikan variasi belajar anak dengan praktek langsung sehingga anak lebih mengenal konsep bilangan. Cara belajar pun menyenangkan dengan bertepuk dan menyanyi sehingga anak merasa tidak terbebani dalam belajar.
Namun, menurut saya media yang digunakan saat di papan tulis kurang menarik. Dan ukuran yang digunakan juga terlalu kecil sehingga untuk anak yang duduk agak jauh dari papan tulis kemungkinan tidak melihat gambar yang ditunjuk guru. Sehingga ada sebagian anak yang mungkin kurang konsentrasi. Alangkah baiknya bila media yang digunakan itu menggunakan APE edukatif bisa dengan buatan sendiri dari busa hati dibuat menarik lebih besar dan berwarna-warni. Atau dengan mencetak pasir membentuk bintang dll lalu menghitungnya. Jadi, anak lebih tertarik . Karena dasar dari pembelajaran anak usia dini adalah belajar sambil bermain.
Nama : Dewi Sri Wahyuni
Nim. : 857673851
Prodi. : S1 PG paud AKPMM semester 8
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Dari hasil pengamatan di laman Guru Pintar Online. Pada video anak sulit mengenal konsep bilangan , identitas yang dapat ditemukan adalah tokoh utama yakni Ibu guru dan siswa anak TK, nama pernulis Ibu Neti Hernawati dan disutradai oleh Bapak Donny Harsabudhi
Sinopsis / Ringkasan Video :
Dalam Video tersebut dalam pengembangan kognitif anak untuk mengatasi anak sulit mengenal konsep bilangan.
1.Upaya Guru tersebut antara lain: bermain bola dengan berhitung dan mengajak anak untuk menghitung bersama jumlah bola yang telah diambil anak.
2.Guru menggunakan teknik dalam mengenalkan konsep bilangan yang pertama, sebelum anak melakukan kegiatan guru mengajak anak untuk membilang dengan permaianan lagu dan tepuk, yang kedua, memberikan tugas berupa lembar kerja yaitu memasangkan gambar benda sesuai bilangannya, melingkari gambar benda sesuai lambang bilangannya, yang ketiga, memberi penguatan kepada anak yang berhasil dalam mengambil spidol sejumlah sesuai yang diperintahkan dengan memberikan stempel pada kedua tangan anak.
3. Kelemahan pembelajaran dalam Video dalam menjelaskan materi guru dalam penyampaiannya ,guru masih menggunakan lembar kerja untuk mengenalkan konsep bilangan saat kegiatan pembelajaran
4. Kelebihan pembelajaran dalam video yaitu sebelum melakukan kegiatan guru mengajak anak untuk membilang dengan lagu dan tepuk dan memberikan penguatan kepada anak yang berhasil sesuai yang telah diperintah ibu guru
5. Hal unik yang terdapat dalam video yaitu memberikan penguatan kepada anak yang berhasil sesuai yang telah diperintah ibu guru
6. Rencana pembelajaran yang akan dilakukan terkait video pembelajaran tersebut yaitu dengan membuat rencana perbaikan pembelajaran . Ibu guru bisa merubah teknik mengenalkan konsep bilangan dari lembar kerja bisa diganti menggunakan media bahan konkret yang sudah dikenal anak dan ada di lingkungan anak didik misalnya menggunakaan media dari kancing
Nama : Sri sumyanti
NIM : 859165884
Prodi : PG-PAUD BI
Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
Nama Pengembang Video : Neti Hernawati
Lokasi : Ruang Kelas
A. Ringkasan Video
Menurut analisis saya, dalam video ini seorang guru memberikan sebuah konsep bilangan dengan cara bermain bola untuk menghitung. Di video tersebut guru memakai 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Untuk mengatasi anak yang sulit mengenal bilangan dalam video itu dengan teknik yaitu bernyanyi, tepuk dan guru memberikan lembar kerja dengan memasangkan angka dan melingkari angka sesuai lambang bilangan pada gambar dan teknik yang terakhir guru memberikan penguatan pada anak yang sudah paham atau berhasil mengambil spidol sesuai lambang bilangan untuk keberhasilan anak tersebut guru memberikan stempel bergambar bintang pada tangan anak. Sebelum memberikan lembar kerja guru memberikan contoh dengan sebuah gambar yang ditempelkan pada papan tulis guru bertanya kepada anak-anak tentang gambar apa ini dan berapa jumlah gambar ini dengan berhitung bersama-sama.
B. Guru dalam video ini dalam sebuah prinsip asesmen sudah bagus dengan mengamati setiap anak. Setelah menemukan masalah pada kasus tersebut guru mencari solusi supaya anak ini bisa mengenal konsep bilangan yaitu dengan menggunakan macam teknik, yaitu bernyanyi, bertepuk dan memberikan lembar kerja dengan memasangkan angka dan melingkari angka sesuai dengan gambar tersebut. Evaluasi yang dilakukan guru adalah pertama guru memberikan stempel bergambar bintang di tangan anak, kedua tidak adanya guru mengulas kembali materi yang diberikan pada anak, namun hanya mengulas tentang hasil karyanya.
C. Menurut saya, dalam video pembelajaran yang diberikan guru ini sangat bagus dengan media-media dan teknik-teknik yang menarik namun, kekurangannya adalah guru belum menjelaskan tentang materi pada kegiatan hari ini seperti menjelaskan materi yang akan digunakan lalu melakukan tanya jawab kepada anak. Guru hanya memberitahukan kepada anaknya bahwa hari ini kegiatan bermain bola dengan menghitung. Dalam asesmen dan evaluasi video bagus dengan media dan teknik-teknik yang menarik. Dimana video ini tidak ada kegiatan pembukaan dan kegiatan penutup, perlengkapannya yang kurang.