silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama : Fitri Afriyani
    Nim : 857490864
    Jurusan : S1 PGPAUD
    Pokjar : Bandung

    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Lokasi : Didalam kelas
    Kelompok : 5-6 Tahun

    Menurut pendapat saya
    Dalam video pembelajaran dilakukan didalam kelas, memperlihatkan cara guru menarik perhatian mengenal konsep bilangan dengan game. Didalm video tersebut guru menggunakan 2 bahasa sangat menarik dan bagus sekali.
    Untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan bisa dilakukan dengan cara tepuk dan bernyanyi misalanya ( 1 seperti pensil,2 seperti bebek,3 seperti telinga, 4 seperti kursi, 5 perutnya gendut, 6 seperti ular yang melingkar diatas pagar, 7 seperti payung, 8 seperti gajah, kalau angka 9 kepala botak kakinya lengkung, kalau angka 10 seperti pensil ditambah donat)
    Hal tersebut bila sering dilakukan dan dinyanyikan akan memudahkan anak untuk mengenal bilangan.

  2. nama : IRMA WULAN SARI
    NIM : 858846059
    PRODI : PGPAUD AKPMM2

    seri pembelajaran kognitif pada anak/judul : mengenal konsep bilangan
    kelemahan dari video tersebut yaitu :
    1. guru menggunakan 2 bahasa yaitu bahasa indonesia dan bahasa inggris
    2. guru tidak memberikan contoh pada saat mengambil bola sesuai dengan angka yang diminta
    3. guru tidak memberikan contoh lambang bilangan kepada anak
    4. tidak ada kegiatan pembukaan dan penutupan pada saat pembelajaran berlangsung
    5. contoh lembar kegiatan yang diberikan terlalu kecil sehingga kurang menarik dan kurang terlihat.

  3. Nama : Muzawafah
    NIM : 858169674
    Prodi : PG-PAUD BI
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Neti Hernawati
    Lokasi : Ruang Kelas
    Dalam video yd berjudul “sulit mengenal konsep bilangan” guru berupaya bagaimana anak-anak dapat mengenal konsep bilangan dengan baik sehingga guru menggunakan cara yang menarik agar anak tidak merasa bosan dan proses belajar menjadi menyenangkan. Pada video tersebut guru mengajak anak-anak bermain sambil belajar menghitung bola, bernyanyi, bertepuk sehingga anak akan merasa senang. Melalui kegiatan bernyanyi, bertepuk secara tidak langsung kita menyampaikan pembelajaran bilangan pada anak.
    Apabila kita mengajarkan anak secara langsung misalnya 1+1=2 maka anak akan merasa bosan dan jenuh. Karena pada usia TK anak-anak lebih suka diajak belajar sambil bermain, sehingga guru harus mempunya teknik dan cara bagaimana pembelajaran yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik pada anak.
    Memperkenalkan bilangan pada anak usia dini sebaiknya dengan kegiatan bermain atau melakukan permainan karena dengan kegiatan bermain. Melalui bermain anak merasa senang, Nyaman dan anak akan belajar tentang kehidupan, melatih keberanian sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan diri, serta belajar menghargai teman sesamanya.

  4. Nama : MUZAWAFAH
    NIM : 858169674
    Prodi : PG-PAUD BI
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Neti Hernawati
    Lokasi : Ruang Kelas
    Dalam video yd berjudul “sulit mengenal konsep bilangan” guru berupaya bagaimana anak-anak dapat mengenal konsep bilangan dengan baik sehingga guru menggunakan cara yang menarik agar anak tidak merasa bosan dan proses belajar menjadi menyenangkan. Pada video tersebut guru mengajak anak-anak bermain sambil belajar menghitung bola, bernyanyi, bertepuk sehingga anak akan merasa senang. Melalui kegiatan bernyanyi, bertepuk secara tidak langsung kita menyampaikan pembelajaran bilangan pada anak.
    Apabila kita mengajarkan anak secara langsung misalnya 1+1=2 maka anak akan merasa bosan dan jenuh. Karena pada usia TK anak-anak lebih suka diajak belajar sambil bermain, sehingga guru harus mempunya teknik dan cara bagaimana pembelajaran yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik pada anak.
    Memperkenalkan bilangan pada anak usia dini sebaiknya dengan kegiatan bermain atau melakukan permainan karena dengan kegiatan bermain. Melalui bermain anak merasa senang, Nyaman dan anak akan belajar tentang kehidupan, melatih keberanian sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan diri, serta belajar menghargai teman sesamanya.

  5. NAMA: IMRO’ATUS SHOLIHAH
    NIM: 858743491
    PRODI: PG PAUD B1 Semester 2
    JUDUL: Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    *Berdasarkan video di atas, guru mengenalkan konsep bilangan pada anak dengan media bola. Anak-anak diajak untuk mengambil bola sesuai dengan bilangan yang disebutkan oleh guru. Guru juga mengenalkan konsep bilangan dengan nyanyian.
    Kelebihan dari video di atas guru menggunakan media yang menarik untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak. Sehingga anak antusias saat mengerjakan kegiatan.
    Dalam video di atas, guru menggunakan metode pembelajaran yang menyenangkan, tidak monoton dengan metode berceramah saja. Dan pembelajaranpun berpusat pada peserta didik.
    *Dalam video di atas, guru menggunakan asesmen otentik dimana data yang digunakan harus berdasarkan pada fakta sesungguhnya. Data yang otentik diperoleh pada saat anak terlibat aktif dalam kegiatan bermain – belajar, berjalan secara alamiah tanpa paksaan.
    Guru juga memberikan evaluasi pembelajaran dan reward pada anak-anak yang berhasil melakukan kegiatan dengan benar dengan pemberian tepuk tangan dan stempel bintang.
    *Secara keseluruhan, video di atas sudah bagus dan menginspirasi guru-guru yang lain dalam memilih media, metode dan strategi yang menyenangkan dan menarik bagi anak.

  6. Nama : MUZAWAFAH
    NIM : 858169674
    Prodi : PG-PAUD BI
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama Pengembang : Neti Hernawati
    Lokasi : Ruang kelas
    Dalam video yd berjudul “sulit mengenal konsep bilangan” guru berupaya bagaimana anak-anak dapat mengenal konsep bilangan dengan baik sehingga guru menggunakan cara yang menarik agar anak tidak merasa bosan dan proses belajar menjadi menyenangkan. Pada video tersebut guru mengajak anak-anak bermain sambil belajar menghitung bola, bernyanyi, bertepuk sehingga anak akan merasa senang. Melalui kegiatan bernyanyi, bertepuk secara tidak langsung kita menyampaikan pembelajaran bilangan pada anak.
    Apabila kita mengajarkan anak secara langsung misalnya 1+1=2 maka anak akan merasa bosan dan jenuh. Karena pada usia TK anak-anak lebih suka diajak belajar sambil bermain, sehingga guru harus mempunya teknik dan cara bagaimana pembelajaran yang disampaikan dapat tersampaikan dengan baik pada anak.
    Memperkenalkan bilangan pada anak usia dini sebaiknya dengan kegiatan bermain atau melakukan permainan karena dengan kegiatan bermain. Melalui bermain anak merasa senang, Nyaman dan anak akan belajar tentang kehidupan, melatih keberanian sehingga menumbuhkan rasa kepercayaan diri, serta belajar menghargai teman sesamanya.

  7. NAMA : Dzurrotun Nasihah
    NIM : 858171473
    PRODI : PG-PAUD-BI (Semester 2)
    POKJAR : Lamongan
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan
    Nama : Pengembang Video : Neti Hernawati
    Lokasi : Ruang Kelas

    Ringkasan Materi Dalam Video :

    Dalam video tersebut seorang guru memberikan sebuah konsep bilangan dengan cara bermain bola untuk berhitung, didalam video tersebut guru memakai dua bahasa yaitu bahasa Indonesia & bahasa inggris. Dalam mengatasi anak yang sulit mengenal bilangan dalam video tersebut guru memberikan teknik dengan cara bernyanyi sebelum melakukan pembelajaran dimulai, guru memberikan gambar yang ditempelkan pada papan tulis guru bertanya kepada anak-anak tentang gambar apa ini dan berapa jumlah gambar dan dihitung bersama-sama. Setelah itu guru menyuruh anak untuk mengambil spidol sesuai lambang bilangan untuk keberhasilan anak tersebut guru memberikan stempel bintang pada tangan anak. Sebelum memberikan lembar kerja. Dalam video tersebut dalam sebuah prinsip asesmen sudah bagus dengan mengamati setiap anak. Setelah menemukan masalah pada kasus tersebut guru mencari solusi supaya anak ini bisa mengenal konsep bilangan yaitu dengan menggunakan macam teknik, yaitu dengan cara bernyanyi, bertepuk dan memberikan lembar kerja dengan memasangkan angka dan melingkari angka sesuai dengan gambar tersebut.

  8. Setelah saya mengamati video pembelajaran mengenai “Sulit mengenal konsep bilangan”, terdapat kelebihan dan kekurangan.
    Kelebihan video tersebut adalah :

    1. Posisi duduk anak sudah baik
    2. Guru sudah menyiapkan bola sebagai media sehingga anak tertarik mengikuti kegiatan
    3. Menyampaikan materi dengan baik
    4. Guru mengajak anak-anak bernyanyi, bertepuk untuk menumbuhkan Kembali semangat anak
    5. Pemberian tugas
    6. Kemudian Guru mereview materi yang sudah dipelajari
    Memberikan reward pada anak.
    Kekurang video tersebut adalah :
    1. Saat anak mengambil bola sesuai bilangan yang disebutkan, lalu menghitungnya, sebaiknya guru menunjukkan angkanya, baik menggunakan kartu atau menulis di papan tulis.

  9. Nama : Oktavia Yesi Martina
    NIM : 857797587
    Prodi : PG PAUD SI
    Judul : Sulit mengenal konsep bilangan
    Nama pengembang video : Netty Hernawati

    1. Bagaimana reaksi anak terhadap proses pengembangan video tersebut?
    Jawab : Anak merasa senang dan antusias saat meksanakan kegiatan bermain bola dan mengenal konsep bilangan, dengan sebuah permainan akan menarik minat belajar anak.
    2. Secara keseluruhan apa saja kelemahan guru dalam vidio tersebut?
    Jawab : Secara keseluruhan guru sudah melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik, akan lebih baik lagi apabila pada kegiatan mengenal konsep bilangan ada angka tertulis agar anak lebih memahami konsep.
    3. Secara keseluruhan apa saja kelebihan guru dalam vidio tersebut?
    Jawab : Kelebihan Guru dalam vidio Tersebut, guru sangat memahami anak didik, dan memberi kegiatan yang menarik dengan cara bermain bola, guru juga mengajarkan dengan cara bernyanyi dan bertepuk hal itu akan menambah anak lebih cepat memahami apa yang disampaikan guru.
    4. Hal-hal unik apa yang saya temui dalam kegiatan dalam vidio tersebut?
    Jawab : Anak-anak memperhatikan dan duduk dengan rapi serta mengikuti kegiatan dengan baik.
    5. Setelah mengetahui kelemahan dan kelebihan guru, maka apa saja yang guru harus lakukan agar lebih baik lagi?
    Jawab : Membuat beragam aneka bermainan yang beragam dan inovatif akan lebih memudahkan anak mengenal kopsep bilangan.

    0
    0
  10. Nama : Woro Hastuti
    NIM : 85796968752
    Jurusan: PGPAUD AKPMM
    Pokjar: Kasihan

    Judul : Sulit Mengenal konsep Bilangan
    Nama pengembang : Neti Hernawati
    Lokasi : dalam kelas

    Setelah melihat tayangan video pembelajaran yang berjudul “sulit mengenal konsep bilangan” tadi. saya berpendapat bahwa apa yang sudah dilakukan guru sudah cukup baik..menarik hingga anak-anak antusias dalam mengikuti proses pembelajaran..
    meskipun ada satu dua anak yang mengantuk. Namun alangkah lebih baik jika dari awal pembelajaran kita kenalkan dulu konsep bilangan sebelum masuk ke kegiatan bermain dan belajar dan juga menurut saya pemakaian bahasa inggris..Mungkin jika memakai bahasa Indonesia anak jadi lebih antusias lagi..
    Disamping menggunakan teknik bertepuk dan bernyanyi untuk membuat suasana semakin hangat dan bermakna. Mengenalkan konsep bilangan dapat dilakukan dengan berbagai teknik. dalam video nampak guru mengajak anak untuk membilang,dengan permainan, lagu dan tepuk, dapat dilakukan dengan pemberian lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya dan melingkari benda sesuai lambang bilangannya. selain itu guru juga memberi penguatan kepada anak yang telah berhasil mengambil spidol sejumlah yang diperintahkan tanpa salah. Kemudian diberikan reward berupa stempel bintang di tangan anak. Jadi secara keseluruhan guru tersebut sudah memberi stimulus/ rangsangan pembelajaran dengan baik.

Leave a Reply