silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,748 Comments

  1. Nama: Mar’atul Mufida
    NIM ; 858747048
    Prodi: PG PAUD BI
    Menurut pendapat saya mengenai video pembelajaran diatas yang berjudul sulit mengenal konsep bilangan diatas , guru sudah menyampaikan dengan bagus tentang konsep bilangan yaitu berhitung dengan media nyata .. seperti contoh diatas guru berhitung dengan media bola ..anak diajak untuk mengambil langsung bola dan menghitung nya ..dengan begitu anak akan lebih paham selanjutnya di kenalkan juga lambang bilangannya . Guru juga mengenal kan konsep bilangan dengan bernyanyi

  2. Menurut saya, upaya guru di Vidio tersebut sudah bagus, karena mengenalkan konsep bilangan dengan bermain menggunakan media bola, bermain tepuk dan lagu ,guru juga mengajak anak untuk mengitung beberapa bola yg telah diambil sesuai dengan perintah yang diberikan, dan mengajak anak-anak lainnya untuk mengevaluasi apakah sudah sesuai dengan intruksi yang disampaikan ,guru juga menerangkan (Lembar Kerja ) berupa beberapa jumlah gambar yang berbeda untuk dihitung dan melingkari angka sesuai dengan jumlah benda, hal trsebut dilakukan untuk mengetahui kepahaman anak tentang konsep bilangan dan mengenal bentuk dari angka-angka tersebut.Namun menurut saya mungkin terlebih dahulu anak anak diperlihatkan bentuk angka seperti bentuk angka 4 itu seperti apa bentuk angka 7 itu seperti apa dengan kartu angka ,agar anak lebih jelas dan anak dapat memahami tentang konsep bilangan dengan mudah

  3. Nama : Anik Sarwanti
    Nim : 857844235
    Prodi : PG PAUD BI
    Pokjar : Surakarta

    Dari video ” Sulit Mengenal Konsep Bilangan” menurut saya guru sudah melakukan pembelajaran dengan berbagai metode yang menyenangkan dalam mengenalkan konsep dengan metode :
    1. Membilang dengan bermain bola, anak mengambil bola sesuai angka yang diinstruksikan oleh guru, kemudian menghitung bola secara bersama untuk mengetahui apakah anak mampu mengambil bola sesuai angka yang disebutkan oleh guru. ketika ada anak yang mengambil bola dengan jumlah yang tidak sesuai angka guru memberikan pemahaman dan penguatan lagi.
    2. Mengenal konsep bilangan dengan metode bernyanyi dengan lagu ” Dua Mata Saya”
    3. Mengenal konsep bilangan dengan memberikan penugasan lembar kerja anak. Anak membilang jumlah gambar kemudian melingkari angka yang sesuai dengan jumlah gambar.
    4. Guru memberikan reward dengan stempel bintang kepada anak yang mampu membilang benda dengan benar.

    Saran saya untuk guru yang berada di video tersebut adalah:
    1. Gunakan media pembelajaran yang lebih variatif dan yang mudah dijumpai seperti : batu,bunga, ranting,daun dan lain-lain.
    2. Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk membilang secara mandiri
    3. Gunakan kalimat-kalimat pemantik untuk menghidupkan kelas dan anak-anak lebih aktif, anak tidak hanya diam mendengarkan gurunya.

  4. Nama : Latifah Ja’far Ahmad Basalamah
    NIM : 857605913
    UPBJJ Purwokerto / PGPAUD Semester 2

    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Menurut pendapat saya, cara guru dalam video pembelajaran tersebut dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak didik sudah bagus. Media yang digunakan juga cukup menyenangkan untuk anak, selain dapat mengenal konsep bilangan anak juga bisa mengenal macam-macam warna pada bola tersebut. Guru juga mengajak ice breeaking bersama anak untuk bernyanyi dan tepuk sebagai variasi dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan tugas yang tujuannya untuk mengetahui sejauh mana anak didiknya paham tentang apa yang telah ia lihat dan lakukan sebelumnya. Guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu agar anak didiknya makin paham dengan apa yang akan ia lakukan. Guru juga memberikan reward kepada anak dengan cara memberi stempel bintang pada tangan anak agar anak lebih semangat lagi belajarnya. Pada kurikulum merdeka guru semakin di tuntut untuk juga belajar demi keberhasilan pembelajaran, dan anak-anak pun semakin di beri ruang untuk mengeksplorasi kemampuannya. Pembelajaranpun tidak lagi berpusat pada guru, melainkan sesuai dengan apa yang anak-anak inginkan dan guru sebagai motivator untuk terus menggali segala potensi anak.Media yang digunakan juga antara lain macam macam looseparts
    contoh : Anak di ajak melihat kebun tanaman mangga lalu mengamati pohon mangga tersebut dari proses penanaman hingga pada akhirnya tumbuh Buah, anak bisa mendeskripsikan apa yang ia lihat sesuai dengan pengamatan dan menurut pendapatnya sendiri. Anak juga dapat mengeksplorkan rasa keingintahuan nya pada kegiatan tersebut

    Terimakasih

  5. NAMA: DIAN RUSTINI
    NIM:857506475

    setelah melihat tayangan vidio di atas, bahwa yang dilakukan guru dalam mengatasi anak dalam mengenal konsep bilangan sudah bagus. Dimana guru dalam menyampaikan materinya sudah bagus dan fariatis yaitu dalam bentuk berbagai permainan dan kegiatan menarik lainnya. sebagsi tambahan disini guru kurang mengkondisikan anak sehingga masih banyak anak yang kurang memperhatikan, terlalu lama dalam apersepsi atau penjelasan dan belum adanya reward bagi anak yang sudah bisa menyelesaikan kegiatan dengan benar.

  6. Nama : Sri Munisah
    Nim : 857759279
    Prodi : PGPAUD B1
    Assalamu’alaikum….
    Mohon ijin berpendapat tentang video yang saya saksikan berjudul :”Sulit Mengenal Konsep Bilangan”.
    Berdasarkan video diatas upaya yang dilakukan guru sudah baik, misal dengan:
    -Mengenal konsep bilangan dengan bernyanyi dan tepuk
    -Mengajak anak untuk membilang melalui kegiatan bermain mengambil bola
    -Memasang benda sesuai jumlah benda
    -Memberi tugas berupa lembar kerja
    -Memberi penghargaan kepada anak yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.
    Dari beberapa upaya tersebut menurut pendapat saya yang harus diperhatikan guru antara lain: Guru sebaiknya menggunakan media APE buatan sendiri, bisa dari bahan bekas, warna yang menarik dan bahannya aman untuk anak, yang disesuai dengan umur anak. Dengan adanya media tersebut anak akan lebih tertarik untuk memperhatikan pembelajaran apa yang akan disampaikan oleh guru. Terimakasih

    Wassalamu’alaikum….

  7. Nama : Salmah
    Nim : 858305429
    Jurusan : PGPAUD
    Semester 2
    Dari video yang saya saksikan tentang anak sulit mengenal konsep bilangan adalah teknik yang digunakan oleh guru untuk mengenalkan bilangan kepada anak sudah benar yaitu melalui bermain dengan benda seperti bola dan jua bernyanyi bersama. Dari bermain bola guru meminta salah satu anak untuk mengambil bola sesuai dengan jumlah yang diminta, anak pun akan mencoba menghitung jumlah bola yang harus diambilnya. Setelah itu guru akan menghitung kembali apakah jumlah yang anak ambil sudah benar, jika ada yang salah dalam mengambil bola guru akan membatu anak dengan menanyakan berapa kekurangan bola yang ia ambil. Dan bagi anak yang sudah benar mengambil jumlah bola guru memberikan pujian dan tepuk tangan. Selain melalui bola guru juga memberikan tugas kepada anak untuk menghubungkan jumlah gambar sesuai dengan bilangan yang tertera, terlebih dahulu guru memberikan contoh dalam kegiatan tersebut. Ketika ada salah satu anak yang diminta untuk mencocokkan gambar dengan jumlahnya dan ia bisa melakukannya dengan benar, guru memberikan reward dengan memberi stiker bintang ditangannya. Hal ini akan membuat anak yang lain termotivasi untuk melakukann hal yang sama dengan temannya.

  8. Nama : Sri Munisah
    Nim : 857759279
    Prodi : PGPAUD B1
    Assalamu’alaikum….
    Mohon ijin berpendapat tentang video yang saya saksikan berjudul :”SULIT MENGENAL KONSEP BILANGAN”.
    Berdasarkan video diatas upaya yang dilakukan guru sudah baik, misal dengan:
    – Mengenal konsep bilangan dengan bernyanyi dan tepuk
    – Mengajak anak untuk membilang melalui kegiatan bermain mengambil bola
    – Memasang benda sesuai jumlah benda
    – Memberi tugas berupa lembar kerja
    – Memberi penghargaan kepada anak yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.
    Dari beberapa upaya tersebut menurut pendapat saya yang harus diperhatikan guru antara lain:
    1. Guru sebaiknya menggunakan media APE buatan sendiri, bisa dari bahan bekas, warna yang menarik dan bahannya aman untuk anak, yang disesuai dengan umur anak.
    2. Guru juga dapat menggunakan bahan dari alam untuk bahan proses pembelajaran anak usia dini. Contoh konkritnya anak mengenal konsep angka dengan batu kecil (kerikil), daun, ranting, kerang, dan lain-lain.
    Dengan adanya media tersebut anak akan lebih tertarik untuk memperhatikan pembelajaran apa yang akan disampaikan oleh guru.
    Terimakasih

    Wassalamu’alaikum….

  9. Heni Irwanti 858736418
    Untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak
    Dalam video di atas sudah bagus,
    Dengan permainan yaitu menghitung bola, kemudian dengan bernyanyi dan tepuk. Untuk menguatkan pemahaman anak guru memberikan tugas cara guru mencontohkan juga suda bagus cukup jelas dan mudah dipahami anak. Terakhir guru memberikan reword untuk anak yang menyelesaikan tugas dengan benar.

  10. Nama : Ratih Ayu Wijaya
    NIM : 858934716
    Menurut pendapat saya berdasarkan video tersebut, guru dalam menyampaikan pembelajaran sudah sangat baik. Dalam video tersebut, guru menggunakan berbagai metode untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak-anak, diantaranya dengan bermain bola, bernyanyi, bertepuk tangan, mengerjakan soal berhitung. Dalam pembelajaran guru sudah menggunakan media agar anak tertarik dan anak akan lebih mudah paham, selain itu dengan mengatur anak untuk duduk melingkar diharapkan semua anak dapat menyimak dan memperhatikan guru dengan baik. Guru sudah memberikan kesempatan pada anak untuk maju ke depan mengambil bola sesuai angka yang disebutkan oleh guru, tetapi guru tidak memberikan contoh terlebih dahulu sehingga anak-anak kesulitan dan masih ada yang belum mengerti dan tidak paham. Selain itu, dalam video tersebut guru terlihat masih mendominasi dalam kelas, seperti saat menghitung bola dan menentukan banyaknya bola, jadi biarkan anak untuk menghitung dan menentukan berapa banyak bola yang akan diambil sendiri. Saat guru menjelaskan anak masih belum antusias masih ada anak yang menggerak-gerakkan tubuhnya dan ada yang menguap anak belum fokus pada pembelajaran. Saat guru menjelaskan menghitung gambar ada anak yang menerima spidol dari guru menggunakan tangan kiri hal ini menunjukkan perilaku yang kurang baik. Dan guru memberikan reward pada anak dengan memberi stempel bintang di tangan anak yang bisa menjawab pertanyaan hal ini akan membuat anak akan semangat untuk menjawab pertanyaan guru.

Leave a Reply