silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : Ade almalia
Nim : 855854635
Upbjj : ut Medan
Dari video yang saya lihat upaya guru dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan sudah cukup bagus. Di mana guru membuat anak tertarik untuk belajar mengenal angka seperti melalui permainan, bernyanyi,bertepuk sehingga anak akan lebih mudah untuk mengingat konsep bilangan
Nama: Siska Triana Taslim
Nim : 859405348
Prodi : PG PAUD S1
Judul: sulit mengenal konsep bilangan
menurut saya pada video ini untuk mengatasi sulit mengenal konsep bilangan cukup bagus namun alangkah baiknya kita sebagai guru mengenalkan yerlebih dahulu untuk memberikan gambaran konsep bilangan tersebut setelah itu barulah kita memberikan pelatihan-pelatihan seperti dalam video tersebut yaitu mengenal bilangan dengan mengambil bola sesuai angka yang di perintahkan oleh guru dan mengenal bilangan dapat melalui dengan cara bermain tepuk.
mungkin hanya itu dari saya terima kasih
Nama : Rina .A
NIM : 858445782
sulit mengenal konsep bilangan
setelah saya menonton vidio yang ada bahwa guru tersebut mengajarkan kepada anak didik dengan memanfaatkan benda yang ada untuk menjadi media hitung untuk anak-anak yang mengalami kesulitan dalam berhitung, dengan menggunakan media bola anak bisa berhitung berapa jumlah bola yang guru suruh ambil dan anak mampu melakukannya, dengan bernyanyi anak juga dapat berhitung sesuai dengan lagu, jadi dengan mengunakan teknik seperti ini anak lebih mudah mengenal jumlah bilangan yang mereka hitung, dan di akhir kegiatan guru memberikan tanda kepada anak melalui stempel bahwa anak tersebut mampu menyelesaikan apa yang diperintah guru.
Sekian jawaban saya, Terima kasih
Nama : Euis sri onengsih
NIM : 857168662
Jurusan : PGPAUD BI Pokja Mutiara Insani Bekasi
bismillah..
alhamdulillah saya sudah menonton vidio kegiatan anak PAUD mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. vidio ini bagus, guru memperkenalkan konsep pengenalan bilangan ke anak dengan permainan, disini dilakukan dengan teknik anak bermain mengambil bola berdasarkan jumlah bilangan yang di sebutkan guru, kemudian di awalan untuk menstimulasi kegiatan ini dilakukan dengan bertepuk sejumlah banyak bilangan yang di sebutkan dan bernyanyi mengenalkan nama bilangan dengan media anggota tubuh, lalu menghitung spidol dan trakhir mengerjakan LK menghitung jumlah benda pada gambar dan melingkari simbol angka jawaban nya sesuai jumlah benda tersebut, dilanjutkan dengan memberikan reward bintang.
masukan saran dari kegiatan vidio tersebut dari saya:
1. saat awalan cyrcle time selain bertepuk ajak anak dengan berhitung misal 1 – 10 dengan bahasa indonesia dan inggris supaya lebih menarik bisa dilanjut dengan kegiatan memakai media kartu angka yang berwarna menyebutkan nama jumlah bilangan yang ada di kartu tersebut secara bergiliran.
2. dalam menggunakan media spidol ketika membilang, biarkan anak yang menghitung sendiri jumlah nya, dengan suara yang lantang dan guru hanya memberikan arahan awalan saja. setelah selesai berhitung jumlah spidolnya dan benar jawaban nya bu guru dapat menguatkan mengenal konsep simbol angka nya dengan kartu, dan di perlihatkan ke semua anak dan anak – anak menyebutkan kembali nama simbol angka tersebut. dan tetap perhatikan adab menguatkan pembiasaan dengan menggunakan tangan kanan dan kiri sesuai dengan fungsinya yang benar, yakni ketika memberi dan menerima itu menggunakan tangan kanan.
3. kegiatan mengerjakan LK, dengan menghitung jumlah gambar benda kemudian melingkari jawaban dengan simbol angkanya, akan lebih jelas perkenalkan dulu simbol angka nya dengan media kartu dan urutkan sesuai urutan nya misal 1 – 10. atau bisa juga guru menuliskan di papan tulis simbol angka tersebut dan anak – anak awalan ajak dulu menyebutkan satu persatu jumlah nya menurut simbol angkanya.
4. pemberian penghargaan berupa stempel bintang bagi yang berhasil mengerjakan kegiatan tersebut sudah baik, bisa ditambah dengan pujian “good nak kamu sudah berhasil melakukan kegiatan ini, besok harus tambah semangat yaa”
5. kegiatan bermain dengan bola awalanya informasikan terlebih dulu kepada anak tentang berapa banyak bola yang ada di keranjang dan dapat juga di hitung dulu bersama sama dengan anak,supaya jelas target mereka untuk mengenal konsep membilang dan mengenal simbol angka itu dari angka berapa sampai berapa, misalkan 1 – 15. setelah itu contohkan atau peragakan dulu oleh guru bagaimana cara bermain nya. dapat juga dilakukan dengan menggunakan kotak / wadah untuk bola yang akan diambil, supaya anak tidak kerepotan. dan pada saat menghitung jumlah bola yang diambil, biarkan anak sendiri yang menghitungnya dengan suara yang lantang di depan teman – teman nya, setelah itu kuatkan kembali dalan mengenal simbol angkanya anak diminta mengambil kartu angka sesuai jumlah bola yang diambilnya. jika anak belum faham bisa di ulang dan tetap memberikan respon baik dengan menyemangati dan menghargai hasil usahanya.
Nama: Salima Nailil Muna Noviyanti
Nim : 857759634
Prodi : PG PAUD.BI
Judul: sulit mengenal konsep bilangan
Pada tayangan video diatas cara guru memberikan kegiatan pembelajaran dalam mengenal konsep sudah bagus dan baik juga sangat menarik. Dari video diatas guru menggunakan media bola sebagai kegiatan pembelajaran mengenal konsep bilangan, sedikit tambahan saja, guru dapat menambah angka bisa dengan menukisnya dengan kertas atau bisa memakai media flash card angka untuk mengenalkan juga bentuk angka yang kemudia anak dapat mengenal bentuk angka juga dapat berhitung dengan media bola sesuai dengan jumlah angka yang disediakan bu guru. Kemudian dengan lembar kerja menghitung dan melingkari sesuai dengan jumlah benda, hal itu juga sudah baik, anak secara mandiri menghitung dan berfikir angka mana yang sesuai dengan jumlah benda. Karena pada dasarrnya kegiatan kognitif anak adalah kegiatan anak untuk menjalankan pola berfikirnya menjadi lebih fokus sesuai dengan perkembangan yaitu dengan bermain dan permainan.
Menurut saya, stimulasi yang dilakukan oleh guru pada video diatas sudah baik. pada awal kegiatan guru tidak serta merta langsung mengajak siswa untuk menulis atau melihat lambang bilangannya, namun menstimulasi anak dengan cara mengambil bola sesuai instruksi. pada tahap ini secara tidak disadari oleh anak mereka sudah belajar konsep bilangan. pada tahap ini anak juga belajar memecahkan masalahnya tentang berapa jumlah bola yang harus diamabil, pada saat ini aank dipaksa untuk berpikir kritis. setelah dirasa cukup sebagai stimulasi awal barulah guru mengajak siswa untuk mengenal konsep bilangan dengan worksheet dan juga dengan mengambil benda kembali. sehingga proses pembelajaran terasa menyenangkan.
Dari vidio GPO yang berjudul “Sulit Mengenal Bilangan ” saya dapat. tambah pengetahuan mengenai cara guru dalam menerapkan pembelajaran permainan pada anak yang masih sulit memahami konsep bilangan kita juga dapat belajar beberapa cara untuk mengenalkan angka pada anak disini saya juga belajar cara penerepan pembelajaran dengan menggunakan alat ape yg sederhana yang ada disekolahan dari vidio ini juga saya juga belajar bagaimana cara menstimulasi anak untuk memahami konsep bilangan
Nama: Nazihah Ulya
NIM: 859166546
Prodi: S1 PGPAUD
Setelah melihat video di atas yang berjudul “anak yang sulit mengenal lambang bilangan” menurut saya cara guru menstimulasi anak untuk mengenalkan lambang bilangan sudah bagus. Guru sudah menggunakan berbagai macam permainan dari menyebutkan angka, membilang, bernyanyi dan tepuk tangan, melingakari angka sesuai jumlah gambar dan memberikan reward kepada anak yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
1. Ketika mengambil bola alangkah baiknya anak diberikan keranjang untuk menyimpan bola yang akan diambil supaya memudahkan anak untuk membawa bola ke guru.
2. Ketika mengambil spidol alangkah baiknya anak disuruh menghitung sendiri spidol yang sudah diambil sambil dibimbing.
3. Ketika pemberian reward alangkah baiknya stempel bintang tidak langsung ditempelkan ke kulit anak. Mungkin pemberian reward bisa dengan dibuatkan papan prestasi yang berisikan nama anak yang ada di dalam kelas, dan bagi anak yang mendapatkan reward pada hari itu langsung ditempelkan bintang pada papan prestasi nama anak tersebut.
Nama:MABESUTA
NIM:859166815
Program studi:PGPAUD S1 Assalamualaikum warahmatullahi wabarkaatuh
Menurut pendapat saya video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak. Secara umum, tayangan video menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan membuat stempel pada tangan anak semua sudah bagus
Namun Menurut saya mungkin media untuk stempel yang di ganti yaitu bukan ditangan namun bisa di dinding kelas yang ditempelkan sejenis papan/streoporm yang dapat digunakan untuk memberikan apreasi bintang dengan judul bintang prestasi yang berisi nama semua anak yang ada dikelas anak yang menang akan diberikan stempel/bentuk fisik bintang yang didisain dari kertas kemudian dilaminating untuk lebih awet yang dapat digunakan berulang/dalam jangka waktu lama
Trimakasii
Nama: Risnanda Aprilianti Ardina
NIM: 859166553
Prodi: PGPAUD
Judul video “Sulit Mengenal Konsep Bilangan”
Menurut pendapat saya, apa yang dilakukan pendidik pada video tersebut sudah baik dan menarik, dimana dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak pendidik menstimulasi anak dengan berbagai kegiatan atau metode serta menggunakan beberapa media yang menyenangkan seperti bola, bermain tepuk dan menyanyi, sehingga anak tidak terlalu bosan dalam menerima pembelajaran. Tidak lupa pendidik juga memberikan reward kepada anak yang mampu menjawab dengan benar. Akan tetapi, alangkah baiknya ketika pemberian reward stempel bintang tidak langsung ditempelkan ke kulit anak, mungkin bisa menggunakan papan prestasi di dinding kelas yang ditempelkan sejenis papan/sterofoam yang dapat digunakan untuk memberikan apresiasi dengan judul bintang prestasi yang berisi nama semua anak yang ada dikelas, anak yang menang akan diberikan stempel/bentuk fisik bintang yang didisain dari kertas kemudian dilaminating untuk lebih awet yang dapat digunakan berulang/dalam jangka waktu lama. Dan hal ini juga dapat meningkatkan semangat dan rasa percaya diri pada anak agar lebih semangat dalam belajar.