silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : Titin Irawatih
    Nim : 858733602

    dari pembelajaran kognitif yang telah ditentukan dan saya mengambil pembelajaran dalam mengenal bentuk benda pada lingkungan di sekitar dan berikut paparan yang saya sajikan:
    a. Nama anak : Baim (Laki-laki, 5 tahun)
    b. Nama Guru : Titin Irawatih ( Perempuan, 32 tahun)
    c. Tempat : Di dalam kelas (30 menit, Kognitif)
    d. Catatan Perilaku dan kejadian yang teramati : Alhamdulilah ananda Baim cukup baik dalam membedakan bentuk benda yang ada disekitarnya, seperti benda piring bentuknya lingkaran dan buku bentuknya persegi.
    e. Hasil observasi: dari penelitian saya tentang pemahaman anak dalam mengenal bentuk benda yang ada disekitarnya Alhamdulillah anak anak mampu menyebutkan dan membedakan mana benda yg berbentuk bulat, lingkaran, persegi dan kotak dengan cukup baik.

  2. Nama : Dian Hardiyanti
    Nim. : 858735305
    Judul : Seri Pengembangan Kognitif PAUD (Sulit Mengenal Konsep Bilangan)

    Menurut pendapat saya tentang video yang telah saya tonton, Pembelajaran yang dilakukan guru sangat bagus dan sangat menarik perhatian siswa. Dimana dalam proses pembelajaran mengenal konsep bilangan guru cukup kreatif dengan mengenalkan konsep bilangan kepada siswanya dengan bermain,menyanyi atau dengan tepuk. Dan dilakukan berulang2 sehingga anak akan hafal apa yang telah diucap guru sebagai stimulasi/ merangsang minat anak dengan bermain, menyanyi dan tepuk. Dalam pemberian tugas pun perintah guru sangat jelas atau materi yang disampaikan sangat jelas sehingga anak mudah mengerjakannya. Dan yang paling disukai anak guru memberikan reward berupa stempel bintang kepada anak2 yang bisa melakukan perintah guru dengan tepat sehingga merangsang minat belajar siswa menjadi lebih tinggi.

  3. Nama: Eka ria wati br Tarigan.
    Nim : 859868698
    Semester : 2
    Upbjj : medan/kab.karo.
    Siapa saya video yang baru saja saya tonton sangat membantu saya dalam membangun pembelajaran di sekolah. Di mana Saya baru tahun pertama menjadi guru PAUD, banyak hal yang belum saya ketahui tentang proses pembelajaran terhadap anak PAUD. Suatu penambahan ilmu yang betul-betul luar biasa, yang akan saya terapkan di PAUD tempat saya mengajar dan menjadi pengalaman baru pada saya di mana pembelajaran
    Mengenalkan bilangan terhadap anak Didi bukan hanya dengan tulisan saja tetapi membantu anak dalam pemahaman mengenal bilangan dapat menggunakan benda-benda di sekitar kita. Terima kasih

  4. Nama : Viska Switaningtyas
    NIM : 858897349
    Prodi/Semester : PGPAUD S1/8
    Judul : Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Kekurangan :
    1. Sebelum dimulainya pembelajaran, biasanya melakukan kegiatan senam terlebih dahulu terus lanjut masuk kelas dengan membiasakan anak berdoa terlebih dahulu agar kegiatan bermain berjalan dengan baik.
    2. Sebelum kegiatan bermain, sebaiknya melakukan demonstrasi terlebih dahulu, seperti contoh :
    -guru menjelaskan bagaimana cara bermainnya
    -anak dapat menyebutkan bola itu berbentuk lingkaran
    -anak juga dapat menyebutkan macam-macam warna bola.
    3. Kemudian guru memberi contoh terlebih dahulu dengan praktik secara langsung didepan anak-anak agar anak-anak tidak bingung.
    4. Guru juga harus menyiapkan media yang lebih menarik untuk anak-anak agar anak lebih senang dalam mempraktikannya.

    Kelebihan :
    Guru sudah bagus dalam hal mengajak anak dalam bernyanyi dan bertepuk serta memberi reward kepada anak-anak melalui stempel bintang.

    Menurut Dali S. Naga dalam Mulyono Abdurrahman (200:253) berpendapat bahwa berhitung atau menghitung adalah cabang matematika yang berkenaan dengan hubungan-hubungan bilangan nyata dan perhitungan mereka terutama penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian selain itu berhitung juga merupakan bagian dari komponen mengenai konsep bilangan, lambang bilangan atau angka. Anak diharapkan mengenal konsep bilangan, lambang bilangan atau angka, sehingga mampu untuk berhitung dengan baik dan benar. Berhitung sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari di sekitar tempat tinggal, sekolah, tempat umum dan di mana saja

  5. Nama : Oviera Maulia Gossti
    NIM : 857842184

    Menurut saya, upaya yang dilakukan guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak sudah cukup baik. Alat peraga yang digunakan guru pada video tersebut juga sudah tepat. Hanya saja, akan lebih baik jika menggunakan alat peraga yang lebih bervariatif dan lebih menarik. Misalnya seperti stik es krim warna warni, pompom, dsb. Selain itu, untuk meningkatkan fokus dan minat anak, guru juga dapat memberikan kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan, serta melibatkan semua anak. Sehingga anak-anak yang lain tidak bosan menunggu giliran. Salah satu contohnya, guru dapat menyediakan media berupa pizza dan sosis mainan, serta kartu angka. Guru dapat membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok, lalu mengajak anak-anak untuk memberikan toping sosis di atas pizza sesuai dengan jumlah yang terdapat pada kartu angka.

  6. Nama : Ummi Farihah
    Nim : 857746953
    Prodi : PGPAUD BI
    Menurut pendapat saya, untuk video kognitif solusi dalam mengenalkan konsep bilangan yang ditayangkan tadi sudah bagus, dalam penggunaan media, cara penyampaian, dan berbagai lagu dan tepuk yang disampaikan. Namun saya akan menambahi sedikit, alangkah baiknya dalam penggunaan media yang lebih menarik berwarna-warni sehingga lebih menarik lagi. Selain itu, dalam mengenal konsep bilangan bisa dilakukan dengan cara membacakan buku cerita yang melibatkan angka, menjadikan berhitung bagian dari aktivitas sehari-hari, dan mencocokkan benda dengan angka.
    Demikian pendapat saya, Terimakasih.

  7. Nama : Ummi Farihah
    Nim : 857746953
    Prodi : PGPAUD BI
    Menurut pendapat saya, untuk video kognitif solusi dalam mengenalkan konsep bilangan yang ditayangkan tadi sudah bagus, dalam penggunaan media, cara penyampaian, dan berbagai lagu dan tepuk yang disampaikan. Namun saya akan menambahi sedikit, alangkah baiknya dalam penggunaan media yang lebih menarik berwarna-warni sehingga lebih menarik lagi. Selain itu, dalam mengenal konsep bilangan bisa dilakukan dengan cara membacakan buku cerita yang melibatkan angka, menjadikan berhitung bagian dari aktivitas sehari-hari, dan mencocokkan benda dengan angka.
    Demikian pendapat saya, Terimakasih.

  8. Nama : Oviera Maulia Gossti
    NIM : 857842184
    Judul Video : Anak Sulit Mengenal Konsep Bilangan

    Menurut saya, upaya yang dilakukan guru untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak-anak sudah cukup baik. Alat peraga yang digunakan guru pada video tersebut juga sudah tepat. Hanya saja, akan lebih baik jika menggunakan alat peraga yang lebih bervariatif dan lebih menarik. Misalnya seperti stik es krim warna warni, pompom, dsb. Selain itu, untuk meningkatkan fokus dan minat anak, guru juga dapat memberikan kegiatan yang lebih menarik dan menyenangkan, serta melibatkan semua anak. Sehingga anak-anak yang lain tidak bosan menunggu giliran. Salah satu contohnya, guru dapat menyediakan media berupa pizza dan sosis mainan, serta kartu angka. Guru dapat membagi anak-anak menjadi beberapa kelompok, lalu mengajak anak-anak untuk memberikan toping sosis di atas pizza sesuai dengan jumlah yang terdapat pada kartu angka.

  9. Nama : Nur Musabikah
    NIM :858861732
    UPBJJ Malang Pokjar Jayabaya Kota Kediri

    Dari video pembelajaran konsep pengenalan bilangan bermain bola hemat pemikiran saya sudah tepat.Seperti kita ketahui dunia anak adalah dunia permainan.Pada awal KBM guru mengajak anak bernyanyi mengenalkan konsep bilangan dengan lagu 2 mata saya.Dengan lagu tsb anak mengenal berapa jumlah panca indera yg merupakan bagian dari anggota tubuh.Hal ini sudah selaras materi keterdekatnya dengan anak.Tahapan KBM lainnya adlah guru mengajak anak bermain tepuk angka anak2 akan bertambah senang dengan permainan lagu dan tepuk sehingga mereka akan senang dan gembira yang akan merangsang kecerdasan berfikirnya.Kegiatan bermain dengan bola yang diletakan dalam keranjang kemudian guru memberi penugasan anak untuk mengambil bola sesuai bilangan yg diperintahkan.Anak2 dengan antusias mengikuti pola bermain tersebut.Pembelajaran semakin komplek dengan LKA yg disediakan,anak diberi tugas untuk memasangkan gambar benda sesuai bilanganya.Keseruan pembelajaran tsb dtambah dengan permainan anak mengambil spidol sesuai jumlah yg ditentukan guru.Mereka diberi reward berupa stempel bintang pada tangan jika anak2 mengambil dengan tepat jumlah spidol.
    Pola pola permainan pafa video tsb alangkah baiknya jika di tambah dengan media2 yg beraneka macam yanga sangat menantang anak utk belajar angka

  10. Menurut pendapat saya ttg Vidio tersebut,medianya sangat menarik bagi anak2, menyenangkan,dari bermain bola tadi secara tidak langsung anak dapat mengambil dan menghitung jumlah bola yg disuruh oleh ibu guru,

    Guru juga menyediakan media bintang dll,dan anak disuruh melingkari jumlah bintang yg sesuai dengan jumlah angkanya,

    Guru juga memberikan gambar bintang ditangan bagi anak yg telah selesai menyiapkan nya,dengan itu anak menjadi semangat dan termotivasi ingin mendapatkan bintang tsb,dengan cepat pasti ank mengerjakan nya dengan sungguh2

    Masukan saya bisa juga dibuat kartu angka,masing2 anak memegang kartu angka,dan guru menyuruh anak,coba siapa yg tau mana angka 2

    Terus anak2 akan mencari dan memegang kartu angka tsb,dari situ kita akan memahami mana anak yg mampu dan tau,mana ank yg blm tau.

Leave a Reply