silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.

Netti Hernawati

Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.

Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.

Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.

Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.

Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.

Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.

Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .

Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .

Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada  anak  .

Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.

Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)

Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.

Evanigustiningtyas

Similar Posts

2,753 Comments

  1. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD
    Dalam pelajaran matematika guru hari lebih kreatif dalam menyajikan materi materi untuk mengenal konsep bilangan guru dapat menggunakan media baik gambar maupun kongkrit agar siswaebih mudah memahami pembelajaran dengan baik dan bebar

  2. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD

    Dalam pelajaran matematika guru hari lebih kreatif dalam menyajikan materi materi untuk mengenal konsep bilangan guru dapat menggunakan media baik gambar maupun kongkrit agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran dengan baik dan benar

  3. Nama : hayu analia Pratiwi
    Nim: 858746702
    PGPAUD

    Dalam pelajaran matematika guru hari lebih kreatif dalam menyajikan materi materi untuk mengenal konsep bilangan guru dapat menggunakan media baik gambar maupun kongkrit agar siswa lebih mudah memahami pembelajaran dengan baik dan benar

  4. Assalamu’alaikum wr wb
    NAMA. : SITI DJAENAB
    NIM. :. 858752967
    PRODI. : PGPAUD BI

    Mohon ijin untuk menjawab 🙏
    Setelah melihat ilustrasi dal video tersebut terlihat jelas kegiatan mengenal konsep bilangan bersama dalam kegiatan mengambil bola sesuai perintah dari Bu guru. Anak – anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut Upaya guru untuk mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan yaitu dengan mengajak anak membilang dengan permainan dan lagu, serta bermain tepuk. Kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan, memberikan tugas berupa lembar kerja, memasangkan benda sesuai dengan lambang bilangan, mengulas kembali hasil karya anak yang baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang ditangannya.
    Adapun kekurangan guru tersebut yaitu guru hanya memerintahkan mengambil sejumlah benda tanpa memperlihatkan lambang bilangannya. Kemudian guru harusnya memberikan penguatan dengan memperlihatkan lambang bilangan 1-10, guru saat ini bermain berhitungny dengan benda yang ada disekitar kita
    Terimakasih 🙏

  5. Nama : Orinda oktavia ningtyas
    Nim : 858731655
    Kelas : pgpaud BI pokjar rato ebu bangkalan_ semester 2

    Menurut saya apa yang d lakukan pada video sudah baik… Karna pembelajaran d kemas secara menyenangkan… Dimulai dari bermain bola.. Anak d tugaskan untuk Mengambil bola sesuai dengan bilangan yang d beri perintah oleh guru….
    Kegiatan selanjutnya adalah anak bernyanyi seputar bilangan… Kemudian anak d suruh mengambil bolpen yang sesuai bilangan yang d perintah… Kemudian anak juga d minta mengerjakan tugas… Setelah itu guru mengapresiasi siswa dengan memberikan stempel bintang d tangannya.

  6. 2. Menurut saya upaya guru untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak sudah bagus tetapi ada kelebihan dan kelemahan dalam video sulit mengenalkan konsep bilangan.
    kelebihannya adalah Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sudah bagus dengan menggunakan alat peraga seperti bola,spirol dan Lembar Kerja. sedangkan kelemahannya adalah Seharusnya untuk permainan bola walaupun bolanya kecil tapi kegiatannya tidak didalam kelas tapi di luar kelas, supaya anak.lebih semangat dan antusia lagi untuk belajar. Karena terlihat beberapa anak ad yang ngantuk, mainan jari dan ada yang mengobrol asyik dengan kamera.
    Solusi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru juga harus lebih kreatif lagi dengan mengenalkan lambang bilangan dengan kartu angka yang bisa dibuat dari kardus bekas yang berwarna, supaya anak lebih semangat lagi belajar mengenal angka dan bisa lebih mengenal angka tersebut.

  7. Nama : Triyana Rahmawati
    NIM : 858161497
    Prodi : PG PAUD
    UPBJJ : Palangka Raya

    Dalam video tersebut guru sudah melakukan proses mengajar dengan baik. Tetapi menurut saya, ada kelebihan dan kekurangan pada proses kegiatan tersebut, antara lain :
    1. Kelebihan
    • Upaya guru sudah tepat dan bagus karena dengan memilih benda konkrit (bola) sebagai alat main untuk mengenalkan konsep bilangan kepada anak,
    • Guru menggunakan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris,
    • Guru mengajak anak bernyanyi “dua mata saya” sebelum mengerjakan LKS ( lembar kerja anak) dengan bernyanyi lagu tersebut anak belajar bilangan sambil bernyanyi,
    • Guru mengajak anak untuk melakukan tepuk sesuai dengan aba-aba yang diberikan,
    • Guru menjelaskan dan memberikan contoh bagaimana cara mengerjakan LKS ( lembar kerja anak) dengan baik,
    • Guru memberikan reward kepada anak dengan cara memberikan stempel bintang pada tangan anak agar anak lebih semangat lagi untuk belajar.
    2. Kekurangannya
    • Guru tidak memberikan contoh secara langsung dan tidak memberikan keranjang untuk membawa bola yang sudah di hitung agar anak tidak kesulitan,
    • Guru juga kurang menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat bermain bola sehingga masih ada anak yang tidak fokus dan berbicara dengan teman yang berada disebelahnya,
    • Guru hanya memberikan kesempatan kepada beberapa anak saja seharusnya guru memberikan kesempatan kepada semua anak,
    • Guru tidak membersihkan papan tulis terlebih dahulu sehingga tulisan yang ada di papan tulis selain LKA yang ditempelkan akan membuat pecah konsentrasi pada anak atau membuat anak tidak fokus.

  8. Nama : yaumul rahmi
    NIM : 856258585
    Prodi : PG PAUD
    UPBJJ: 14/padang

    Dalam video tersebut guru sudah melakukan proses mengajar dengan baik dan menarik bagi anak, karena dalam mengenak konsep bilangan guru cukup kreatif yaitu dengan mengenalkan konsep angka dengan media bola dan mengenalkan angka dengan bahasa inggris. Guru juga mengenalkan berhitung dengan menggunakan lagu setelah itu guru memberi lembar kegiatan dengan gambar sehingga anak mudah untuk menghitung benda.

  9. NAMA : ANISA NUR IDATUL FITRI
    NIM : 857764034
    PRODI : PGPAUD BI

    Menurut saya pembelajaran yang ada di video dengan judul “sulit mengenal bilangan” sudah sangat bagus, dalam video tersebut guru sudah mengajarkan anak tentang konsep bilangan melalui permainan, seperti permainan mengambil bola, tepuk tangan, dan menghitung gambar, serta ada pula kegiatan mengambil spidol. untuk kegiatan permainan sebaiknya guru memberikan stimulus dengan mencontohkan terlebih dahulu, dan untuk kegiatan menghitung gambar di papan tulis sebaiknya guru menghapus tulisan yang ada di papantulis terlebih dahulu supaya tidak mengganggu fokus anak yang sedang melihat gambar. selain berhitung dengan benda seperti bola, dan spidol seperti yang ada dalam video , guru juga perlu mengenalkan bentuk bentuk bilangan, bisa menggunakan lagu atau kartu pintar atau bisa juga dengan menuliskannya di papantulis. terimaksaihj.

  10. Nama : Lailatul Mufidah
    Nim : 858855603

    Menurut pendapat saya, pengenalan konsep bilangan dan membilang jumlah benda sudah sangat bagus. Karena di lakukan dengan cara meminta anak mengambil bola, lalu menghitung bola tersebut sesuai dengan permintaan guru, kemudian anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.

Leave a Reply