silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
NAMA : FARADILA ALIF KUSUMA DEWI
NIM : 855877159
PRODI : S1 PGPAUD
Menurut saya dalam video tersebut cara guru dalam memperkenalkan konsep bilangan serta dalam membilang jumlah benda sudah bagus. Karena dalam memperkenalkannya dilakukan dengan cara permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Kemudian dalam video tersebut guru juga memberikan tugas kepada anak untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal angka dan menjumlah. Sehingga dengan cara tersebut dapat melatih daya ingat anak dalam menghitung atau membilang angka.
Nama : Zikra Sari
NIM : 855826138
Prodi : S1 PGPAUD
dalam vidio tersebut kita lihat sama-sama bagaimana strategi guru dalam mengenalkan cara untuk bisa mengenal angka dengan mudah. dan strategi tersebut sudah sangat baik dan menarik. guru menggunakan bahan-bahan konkrit untuk menghitung dan memang itu cara yang baik untuk anak usia TK PAUD. mereka mengenal bilangan dengan benda-benda yang konkrit.
dan sebaiknya sebelum memberikan tugas atau melakukan kegiatan inti guru mengajak anak-anak untuk mengenal bilangan dan angka-angka terlebih dahulu. baik dengan nyanyia, tepuk atau menghitung jari-jari.
Nama : Zikra Sari
NIM : 855826138
Prodi : S1 PGPAUD
dalam vidoi tersebut kita sama-sama melihat bagaimana strategi guru dalam mengenalkan cara untuk bisa mengenal angka dengan mudah. dan strategi tersebut sudah sangat baik dan menarik bagi anak. guru menggunakan bahan-bahan konkrit untuk menghitung dan memperkenalkan angka kepada anak. dan memang itu cara terbaik untuk mengajarkan anak-anak usia TK PAUD. mereka belajar dengen benda-benda yang konkrit. tapi sebaiknya sebelum memberikan tugas atau melakukan kegiatan inti, guru mengajak anak untuk mengenal bilangan dan angka terlebih dahulu, baik dengan nyanyian, tepuk atau menghitung jari.
NAMA : SUGIARTI
NIM. : 837442052
UPBJ : SURABAYA
Kelebihan Menurut saya pembelajaran yang diterapkan oleh ibu guru sudah sangat tepat dan benar….karena sudah mengikuti kurikulum atau Rppm yang belaku pada setiap pembelajarannya
Kekuranganya mungkin anak anak belum begitu Memahaminya ada yang sebagian mengerti akan permainan konsep bilangan tersebut dan ada yang belum mengerti tentang permainan yang dilakukan oleh ibu guru.
Seharusnya ibu guru mengajak anak untuk lebih terfokus pada kegiatan yang akan dilakukan. Dan mungkin anak anak bisa diajak untuk keluar kelas lalu diajak untuk menghitung jumlah pohon yang ada disekolah misal pohon ada 10 berarti menghitung lambang nilangan dengan benda 1-10 angka dan bisa juga untuk diajak menghitung jumlah mainan yang ada diluar kelas itu mungkin lebih tertarik lagi Terimakasih
Yes its is
Nama : Fatchiati Rizqia
NIM : 858841501
Jurusan S1 PGPAUD UPBJJ Pokjar Joyoboyo Kediri
Menurut pendapat saya, cara guru tersebut dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak didik sudah bagus. Media yang digunakan juga cukup menarik untuk anak, selain dapat mengenal konsep bilangan anak juga bisa mengenal macam-macam warna pada bola tersebut. Dan menariknya lagi guru dalam video itu juga mengajak anak untuk bernyanyi dan tepuk sebagai variasi dalam pembelajaran. Kemudian guru juga memberikan tugas yang tujuannya untuk mengetahui sejauh mana anak didiknya paham tentang apa yang telah ia lihat dan lakukan sebelumnya. Guru menjelaskan dan memberikan contoh terlebih dahulu agar anak didiknya makin paham apa yang akan ia lakukan. Guru juga memberikan reward kepada anak dengan cara memberi stempel bintang pada tangan anak agar anak lebih semangat lagi belajarnya..
Nama : Yuntri Handika Yulis Alviya
Nim : 855877349
Prodi : PGPAUD
Pokjar : Bojonegoro
Semester : 5
Judul Video : Anak sulit mengenal konsep bilangan
Dari video tersebut menurut saya,cara mengenalkan konsep bilangan dan membilang jumlah benda sudah sangat baik dan cukup menarik untuk anak.
Stimulasi yang di berikan ibu guru kepada anak di jelaskan terlebih dahulu serta di jelaskan tata aturan permainan melalui kegiatan bermain, bernyanyi, bertepuk dan juga permainan bola.
Melalui permainan tersebut anak di kenalkan angka dan konsep jumlah dengan cara bola di masukan dalam keranjang, dari permainan tersebut secara tidak langsung anak dapat mengenal angka 1-10 dan secara tidak langsung anak akan mengerti dan memahaminya.
Hal yang paling saya apresiasi kepada ibu guru yaitu Bu guru memberikan penugasan secara langsung kepada anak apakah hal yang di sampaikan tadi anak memahami atau belum dapat di tunjukan anak ketika melakukan kegiatan.
Pemberian reward merupakan hal yang positif untuk anak dilakukan dengan memberi stempel di tangan anak berbentuk bintang yang dapat membuat anak merasa senang dan semangat dalam kegiatan pembelajaran.
Nama : Risa Vitriningsih
NIM : 858407331
Prodi : PGPAUD
Setelah menonton tayangan video kita dapat menerapkan kegiatan tersebut di sekolah kita masing-masing.
Vudeo tersebut memberikan solusi atau beberapa kegiatan untuk mengatasi anak yang sulit dalam mengenal konsep bilangan, yaitu melalui media bermain bola, bernyanyi, dan tepuk. Setelah diberikan penjelasan materi, selanjutnya anak diberi kan penguatan berupa lembar kerja, anak di minta untuk melingkari bilangan yang sesuai dengan jumlah gambar nya. Kemudian guru memberi kan reward berupa stempel bintang ditangan kepada anak yang dapat mengerjakan tugas tanpa ada kesalahan, dengan cara pemberian reward maka anak akan termotivasi dan semangat dalam mengerjakan tugasnya. Beberapa kegiatan di dalam video tersebut dapat mengatasi anak yang sulit dalam mengenal konsep bilangan.
Terima Kasih
NAMA : SRI WAHYUNI
NIM : 855877317
UPBJJ: SURABAYA
POKJAR : BOJONEGORO
Cara seorang guru menangani anak yang sulit mengenal konsep bilangan? Guru memberikan penguatan terhadap anak yang baik hasilnya dengan cara menilai hasil karyanya, berupa pemberian stempel bintang di tangannya. Guru juga sangat antusias dalam mengajak anak belajar konsep bilangan dengan berbagai cara. Media yang digunakan masih dikatakan kurang menarik bagi anak kelompok A, guru dapat menggunakan media pohon semangka (sembunyi angka). Strategi pendekatan yang digunakan adalah metode dan evaluasi pembelajaran. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak kelompok A lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit.
Nama: Munah
Nim : 857196149
Dalam Vidio tersebut cara guru dalam mengenalkan konsep bilangan sudah baik. Karana dilakukan dengan cara bermain,media bola dan bernyanyi.selain itu guru juga memberikan tugas bagi anak untuk mengetahui sejauh mana materi yang sudah di dapat anak. Juga memberikan hadiah bintang bagi anak yang dapat membilang dengan benar. Buatlah media pembelajaran yang lebih menarik dan kreatip lagi agar dapat menarik minat anak.