silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-kanak dalam mengatasi anak yang sulit mengenal konsep bilangan. Upaya guru tersebut antara lain: mengajak anak untuk membilang dengan permainan dan lagu dan atau tepuk; membuat alat peraga permainan konsep bilangan kemudian anak diminta meletakkan sejumlah benda sesuai lambang bilangan tersebut; memberikan tugas berupa lembar kerja memasangkan benda sesuai lambang bilangannya atau melingkari benda sesuai lambang bilangannya; dan mengulas kembali hasil karya anak yang paling baik serta memberikan penguatan kepada anak yang hasil karyanya baik berupa pemberian stempel bintang di tangannya.
Netti Hernawati
Dalam membuka pelajaran guru bagus dalam mengkaitkan dengan materi yang lalu dengan mengutarakan akan melakukan permainan dengan bola.
Guru mengutarakan bahwa pelaksanaan permainan didalam kelas sambil berhitung untuk mengenalkan konsep bilangan pada anak.
Menyuruh anak mengambil bola dalam kranjang dan menghitung, akan lebih baik lagi jika yang menghitung anak sendiri sambil ditunjukan pada teman-temannya.
Sayang guru dalam memilih anak yang mengambil bola hanya anak perempuan sebaiknya juga anak laki-laki sehingga ada variasi dan tidak merasa dikesampingkan.
Guru dalam menggunakan tehnik pengenalan konsep bilangan bagus dengan melakukan bernyanyi bersama dengan alat peraga badan sendiri.
Tehnik yang digunakan guru cukup memperhatikan perkembangan anak dengan alat peraga yang ada disekitar anak.
Penanaman konsep yang dilakukan guru dengan menggunakan LKS yaitu ada gambar yang dibawahnya ada angka anak disuruh melinghkari sesuai dengan jumlah gambar yang ada yang dilakukan anak secara mandiri .
Secara umum pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru .
Perbaikan yang diusulkan adalah peraga yang nyata atau tiruan yang beraneka ragam digunakan guru untuk menyampaikan konsep bilangan dan memberikan penilaian pada anak .
Memberikan penghargaan bagi anak yang menang dengan memberikan stempel di tangan kanan dan kiri.
Ada beberapa kegiatan yang dilakukan guru tidak bisa ditampilkan dalam vidio secara lengkap seperti penilaian guru.
Dra. Aini Indriasih, M.Pd (Semarang)
Secara umum, tayangan video cukup menarik. Memperlihatkan sebuah pemecahan masalah tentang bagaimana mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak anak. Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit. Tetapi guru masih terlihat lebih dominan dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran materi tersebut.
Evanigustiningtyas
Nama : SELY YULIANTI RIWU
NIM : 859287577
Prodi : PGPAUD
Judul : anak sulit mengenal konsep bilangan
Menurut pendapat saya secara keseluruhan, cara Guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah bagus. Berikut kelemahan dan kelebihan pembelajaran dalam video menurut pendapat saya, yakni :
Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
* Saat guru menjelaskan anak masih belum antusias dan kurang fokus. Masih ada juga anak yang asik bermain sendiri serta terdapat anak duduknya belum tertib
* Penggunaan media pembelajaran dan alat peraga yang nyata maupun replika yang kurang beragam dan menarik untuk anak.
* Guru masih terlihat dominan dalam pembelajaran kerena guru menghitung benda yang sudah diambil oleh anak. Seharusnya saat anak diajak untuk membilang benda juga disertai memilih angka yang sesuai dengan jumlah benda, agar anak juga mengetahui bentuk bilangannya
* Saat guru menjelaskan menghitung gambar ada anak, ada anak yang menerima spidol dari guru dengan menggunakan tangan kirinya itu menunjukkan perilaku kurang sopan dalam pembentukan karakter.
* Kurangnya antusias pada anak karena pada saat diajak tepuk tangan untuk menyemangati temannya banyak yang tidak ikut tepuk tangan.
* Pada saat pengambilan bola anak merasa kesulitan saat menggenggam/memegang bola yang terlalu banyak karena tidak adanya wadah/keranjang untuk tempat bola yang sudah di ambil anak. Terbukti dengan adanya bola yang terjatuh saat sudah di ambil oleh anak.
Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
* Mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak-anak.
* Guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak anak bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih dahulu, menggunakan alat peraga dan memberikan penguatan.
* Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas.
Yakni guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit – Pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru
* Pemberian LK pengenalan lambang bilangan dengan melingkari bilangan sesuai banyak gambar
Nama : SELY YULIANTI RIWU
NIM : 859287577
Prodi : PGPAUD
Judul : anak sulit mengenal konsep bilangan
Menurut pendapat saya secara keseluruhan, cara Guru dalam melaksanakan pembelajaran sudah bagus. Berikut kelemahan dan kelebihan pembelajaran dalam video menurut pendapat saya, yakni :
Kelemahan Pembelajaran Dalam Video
* Saat guru menjelaskan anak masih belum antusias dan kurang fokus. Masih ada juga anak yang asik bermain sendiri serta terdapat anak duduknya belum tertib
* Penggunaan media pembelajaran dan alat peraga yang nyata maupun replika yang kurang beragam dan menarik untuk anak.
* Guru masih terlihat dominan dalam pembelajaran kerena guru menghitung benda yang sudah diambil oleh anak. Seharusnya saat anak diajak untuk membilang benda juga disertai memilih angka yang sesuai dengan jumlah benda, agar anak juga mengetahui bentuk bilangannya
* Saat guru menjelaskan menghitung gambar ada anak, ada anak yang menerima spidol dari guru dengan menggunakan tangan kirinya itu menunjukkan perilaku kurang sopan dalam pembentukan karakter.
* Kurangnya antusias pada anak karena pada saat diajak tepuk tangan untuk menyemangati temannya banyak yang tidak ikut tepuk tangan.
* Pada saat pengambilan bola anak merasa kesulitan saat menggenggam/memegang bola yang terlalu banyak karena tidak adanya wadah/keranjang untuk tempat bola yang sudah di ambil anak. Terbukti dengan adanya bola yang terjatuh saat sudah di ambil oleh anak.
Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
* Mengenalkan konsep bilangan yang menyenangkan kepada anak-anak.
* Guru menyampaikan pembelajaran mengenal konsep lambang bilangan dengan mengajak anak bernyanyi, bertepuk-tepuk terlebih dahulu, menggunakan alat peraga dan memberikan penguatan.
* Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran sudah terlihat jelas. Yakni guru menggunakan benda-benda konkrit , dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana anak-anak TK lebih tertarik dengan hal-hal yang bersifat konkrit – Pelaksanaan pembelajaran bagus sesuai dengan materi yang disampaikan guru
* Pemberian LK pengenalan lambang bilangan dengan melingkari bilangan sesuai banyak gambar
Nama : Tiyansi camelia novia sari
Nim :858572176
Menurut saya cara guru mengenalkan konsep bilangan dan menbilang jumlah benda sudah bagus. Karena dilakukan dengan permainan, media bola, bernyanyi dan tepuk. Setelah itu anak diberikan tugas untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru tersebut juga memberikan reward berupa pemberian tanda bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
Saran saya untuk penggunaan media lebih beragam dan memilih permainan yang menyenangkan.
Nama : Tiyansi camelia novia sari
Nim :858572176
Menanggapi video pada sesi ini bahwa pembelajaran yang diselenggarakan guru sangat menarik, dan anak sudah terlihat antusias mengikuti pembelajaran. Pembelajaran ini bertujuan mengenal konsep bilangan dengan kegiatan mengenalkan konsep angka pada anak. Saya lebih menyukai apabila pengenalan kosep suatu angka dilakukan dengan metode demonstrasi dan melalui benda-benda nyata yang ada di kelas seperti bola,dengan mempersiapkan angka yang akan dikenalkan pada kertas berukuran besar, keranjang-keranjang untuk tempat benda-benda yang akan diisi anak sesuai jenisnya dengan jumlah sesuai angka yang dikenalkan hari ini. anak dipersilakan melakukan kegiatan
Nama : Reni Apriyani
NIM : 857667407
Prodi : S1 PG PAUD
Pada video tersebut pembelajaran berlangsung kondusif,tertib, variatif dan menyenangkan dalam mengenalkan konsep bilangan. Peran guru mendominasi dalam kegiatan belajar mengajar. Guru mampu memimpin kelas dengan sangat baik sehingga kelas berlangsung kondusif, anak memperhatikan arahan dan peraturan guru, tidak ada yang bermain-main ataupun berlarian. Perencanaan kegiatan maupun pemilihan alat dan bahan pendukung pembelajaran sudah tepat dan baik. Bahasa yang digunakan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami oleh anak. Metode yang dipilih dalam pengenalan konsep bilangan juga bervariatif dan menyenangkan, seperti membilang dengan benda, bernyanyi dan tepuk bilangan, serta lembar kerja, sehingga membuat anak tidak bosan dan mampu mengikuti dengan baik. Guru baik dalam memberikan penguatan kepada anak, baik dengan pujian maupun reward yaitu dengan pemberian stempel bagi anak yang melakukannya dengan benar. Dalam video tersebut terdapat suatu permasalahan yang harus ada perbaikan dari guru. Guru kurang melibatkan anak dalam pembelajaran, guru sudah baik karena sangat aktif, akan tetapi seharusnya guru melibatkan anak ketika menghitung benda, biarkan anak yang mengambil bola dan teman-temannya yang menghitung bersama-sama. Sehingga guru akan tahu sampai di mana kemampuan personal anak dalam mengenal konsep bilangan dan pembelajaran juga akan bermakna bagi anak.
Nama : NURSAKIA
NIM : 859375395
Prodi : PG-PAUD
Pada video diatas, hal yg sudah dilakukan seorang guru sudah cukup bagus. Dalam mengenalkan konsep bilangan kepada anak kita harus lebih kreatif memilih kegiatan pembelajaran atau permainan yg dapat membantu anak dalam hal menumbuhkan minat dan pemahaman tentang konsep bilangan seperti melakukan kegiatan yg disenangi anak melalui permainan ataupun lagu. Guru juga bisa menggunakan LKA seperti menebalkan angka, menirukan angka, menghubungkan angka sesuai dg jumlah gambar.
Nama: Masnunatul Fitriyah
NIM : 858831801
Menurut saya dalam video tersebut yang dilakukan guru dalam pembelajaran sudah baik. Ketika mengenalkan konsep bilangan guru menggunakan media bola, bernyanyi dan bertepuk mengenalkan bilangan, melingkari angka sesuai gambar, dan menghitung gambar dipapan tulis.
guru bisa menggunakan peraga yang nyata atau barang konkrit untuk mengenalkan bilangan kepada anak.
kelemahan video tersebut:
a. waktu menulis dipapan tulis guru tidak menghapus tulisan yang tidak digunakan sehingga gambarnya kecil
b. ada anak yang menerima spidol dengan tangan kiri tapi guru tidak menegurnya
kelebihan video tersebut:
a. guru menyampaikan pelajaran dengan mengajak anak bernyanyi dan bertepuk tangan
b. guru memberikan reward kepada anak dengan memberi stempel bintang
Nama : TYAS AYUFILANIRA
NIM : 858831833
Pokjar :Bandung Tulungagung
Semester: 3 PGPAUD BI
Menurut pendapat saya setelah menonton video yang dilakukan guru dalam pengembangan bidang kognitif yaitu mengenalkan konsep bilangan pada anak.
– Alat peraga yang digunakan oleh guru yaitu bola, hal ini sudah tepat karena anak menghitung jumlah bola yang harus diambil sesuai perintah guru.
– Selain bola untuk meningkatkan anak untuk mengenal konsep bilangan adalah dengan cara memberikan kartu huruf secara acak, kemudian itu guru dapat menyebutkan angka sesuai urutan 1-20 dan anak yang mendapatkan kartu angka tersebut akan maju kedepan kelas sesuai angka yang ia dapatkan. kemudian, guru juga dapat menyuruh anak tersebut untukmengambik barang yang telah disediakan oleh guru sesuai angka didalam kartu yang ia dapatkan.
– Langkah yang dapat dilakukan guru tersebut, sudah tepat namun alangkah lebih baiknya guru dapat memberikan cap bintang/stempel bintang pada anak yang melalukan tugasnya dengan benar agar mereka merasa senang seperti, disekolah tempat saya mengajar bahwa kalau ada seorang anak yang sudah mengerjakan tugas atau mewarnai dengan rapih saya memberikannya pernghargaan cap bintang/stempel bintang sebanyak-banyaknya. namun yang belum benar akan diberikan kesempatan untuk mengulangi agar anak tersebut tidak putus asa.
– Hambatan yang dialami oleh guru adalah disaat mengenalkan konsep tersebut, biasanya adalah seorang anak kurang fokus dan asyik main sendiri sehingga tidak memperhatikan dan kurang mengerti dengan apa yang dipelajarinya.
– Menurut saya yang dapat dilakukan saat ingin mengenalkan konsep bilangan tersebut kepada anak-anak, saya ajak untuk bernyanyi dan bertepuk tangan serta berhitung dan menyebutkan angka dengan bahasa indonesia maupun secara bahasa inggris, agar anak dapat lebih bersemangat dan fokus dalam belajar mengenal konsep bilangan.
Saya mengamati video pembelajaran di atas. Sulit mengenal konsep bilangan
Nama pengembangan video: Netty Herawati
Lokasi:dalam kelas (TK)
Menurut saya guru menjelaskan kengsep bilangan kepada anak sudah sangat bagus sekali.karen pendidikan sebelum menjelaskan kengsep bilangan anak. anak di ajang mengambil bola kemudian di suruh menghitung bola tersebut dengan bersama pendidik dan teman teman.untuk mengingat daya ingatan anak untuk menghitung.pendidik menerangkan lembar kerja kepada anak didik untuk perhatikan kegiatan.karen lembar kerja di kerjakan dengan bagus seperti menulis yang rapih.memberi warna yang bagus.biyar menarik kepada anak dan semangat.
Dalam video tersebut, guru mengenalkan konsep bilangan melalui permainan, media bola, spidol, bernyanyi dan tepuk tangan. Setelah itu anak diberikan tugas melalui lembar kerja dengan melingkari angka sesuai dengan jumlah benda untuk mengetahui sejauh mana anak menerima materi yang diberikan guru. Guru juga memberikan reward berupa pemberian stempel bintang kepada anak yang dapat membilang benda dengan benar.
Setelah mengenalkan konsep kuantitas, seharusnya guru mengenalkan simbol angka dan cara mengasosiasikannya sebelum memberikan lembar kerja mencocokkan kuantitas dan angka. Selain itu, agar lebih bervariasi, guru bisa menambahkan gerakan atau permainan seperti melompat, menggoyangkan pinggul, atau melahap camilan.