silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Nama : Ardiana Pilomena Siong
    NIM : 859294486
    Upbjj :Kupang

    Dari video tersebut, untuk menstimulasi anak dalam mengembangkan motorik kasar anak juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak bisa juga dilakukan dengan kegiatan Tebak Pantomim yaitu dengan cara menyimak : mendengarkan cerita dari guru serta anak mengungkapkan hal yang diketahui dari cerita tersebut, Mengekspresikan diri : anak membuat gerakan -gerakan dari tokoh cerita tersebut dan mengenal berbagai kosa kata : anak meniru suara-suara dari tokoh cerita.

  2. dari video tersebut dapat dipahami keterkaitan pengembangan motorik kasar dapat mempengaruhi perkembangan bahasa anak dengan menyimak guru bercerita sambil membuat gerakan-gerakan yang menggambarkan karakter tokoh

  3. Pembelajaran tebak pantomim di taman kanak-kanak memiliki banyak manfaat penting bagi perkembangan anak-anak :
    1) Pengembangan Kreativitas: Anak-anak didorong untuk menggunakan imajinasi mereka dalam menggambarkan dan menebak berbagai situasi atau objek melalui gerakan tubuh.
    2) Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi: Melalui pantomim, anak-anak belajar berkomunikasi tanpa kata-kata, memperkuat kemampuan mereka untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan dengan cara yang berbeda.
    3) Kerjasama dan Kerja Tim: Permainan ini sering kali dilakukan dalam kelompok, mendorong anak-anak untuk bekerja sama dan mengembangkan keterampilan sosial.
    4) Pemahaman Bahasa Tubuh: Anak-anak belajar membaca dan memahami isyarat non-verbal, yang penting dalam komunikasi sehari-hari.
    5) Pengembangan Motorik: Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam pantomim membantu meningkatkan keterampilan motorik kasar dan halus.
    6) Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat: Anak-anak perlu mengamati dengan cermat gerakan yang dilakukan teman-teman mereka dan mengingatnya untuk bisa menebak dengan benar.
    7) Mengurangi Rasa Malu: Melakukan pantomim di depan teman-teman bisa membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri dan berani tampil di depan umum.
    8) Meningkatkan Kemampuan Observasi: Anak-anak belajar untuk memperhatikan detail, yang merupakan keterampilan penting dalam belajar dan kehidupan sehari-hari.
    Dengan berbagai manfaat ini, pembelajaran tebak pantomim dapat menjadi bagian penting dari kurikulum taman kanak-kanak untuk mendukung perkembangan holistik anak-anak.

  4. nama : rita riani
    nim : 858104132
    dari video di atas dapat di ambil pelajaran bahwa tebak pantomim di taman kanak-kanak memiliki banyak manfaat penting bagi perkembangan anak-anak antara lain:
    1) Pengembangan Kreativitas: Anak-anak didorong untuk menggunakan imajinasi mereka dalam menggambarkan dan menebak berbagai situasi atau objek melalui gerakan tubuh.
    2) Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi: Melalui pantomim, anak-anak belajar berkomunikasi tanpa kata-kata, memperkuat kemampuan mereka untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan dengan cara yang berbeda.
    3) Kerjasama dan Kerja Tim: Permainan ini sering kali dilakukan dalam kelompok, mendorong anak-anak untuk bekerja sama dan mengembangkan keterampilan sosial.
    4) Pemahaman Bahasa Tubuh: Anak-anak belajar membaca dan memahami isyarat non-verbal, yang penting dalam komunikasi sehari-hari.
    5) Pengembangan Motorik: Gerakan-gerakan yang dilakukan dalam pantomim membantu meningkatkan keterampilan motorik kasar dan halus.
    6) Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat: Anak-anak perlu mengamati dengan cermat gerakan yang dilakukan teman-teman mereka dan mengingatnya untuk bisa menebak dengan benar.
    7) Mengurangi Rasa Malu: Melakukan pantomim di depan teman-teman bisa membantu anak-anak menjadi lebih percaya diri dan berani tampil di depan umum.
    8) Meningkatkan Kemampuan Observasi: Anak-anak belajar untuk memperhatikan detail, yang merupakan keterampilan penting dalam belajar dan kehidupan sehari-hari.

  5. Nama : Jumiati
    Nim : 856104438
    Pendapat saya mengenai video pertama yang berjudulkan “Tebak Pantomim (Mengembangkan Kemampuan Motorik Dan Bahasa Anak Usia Tk Melalui Kegiatan tebak Pantomim)” pantomim sendiri adalah sesuatu yang memang jarang terlihat di media karena memang kurang dikenal. Sebagai guru PAUD dengan mengenalkan tebak pantomim kepada anak-anak hal ini akan menambahkan wawasan baru bagi anak, sehingga pantomim yang kurang dikenal bisa dipertunjukkan kepada anak-anak untuk menjadi ilmu baru bagi mereka. Tebak pantomim ini bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kemampuan anak yaitu dengan menstimulasi kemampuan motorik, kemampuan bergerak, kelenturan dan keseimbangan. Tebak pantomim juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa anak contohnya itu seperti kemampuan dalam menyimak, anak dalam mengekspresikan dirinya dan mengenal berbagai kosa kata agar lebih baik.

  6. Nama : Ilma Auliya Nurfauziyah
    Nim : 857490065
    judul vedio tebak pantomim
    dalam vedio tersebut anak mampu mengembangkan motorik kasarnya dengan menggerakan berbagai tubuhnya dan menstimulasi perkembangannya dan melatih koordinasi anggota tubuhnya, pantomim juga sebagai alternafit dalam perkembangan anak dengan melatih, kelenturan, kelincahan, keseimbangan gerak pantomim itu sendiri juga dapat melatih kemampuan bahasa pada anak dengan mengemukakan apa yang dilihat oleh anak, kemampuan dalam menyimak, mengenal berbagai kosata kata anak bisa dengan menirukan gerakan angin sepoi-sepoi, gerakan angin kencang.

  7. Ilustrasi dalam video yang menggambarkan cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim adalah ide yang baik dan kreatif. Namun, ada beberapa masukan yang bisa meningkatkan kualitas dan efektivitas ilustrasi tersebut:
    Jelaskan Tujuan dengan Jelas:

    Penjelasan Tujuan: Sebelum memulai aktivitas, pastikan untuk menjelaskan tujuan dari kegiatan tebak pantomim ini, baik dari sisi pengembangan motorik maupun bahasa. Ini akan membantu guru dan anak-anak memahami manfaat yang diharapkan.
    Visual Aids: Gunakan gambar atau diagram untuk menunjukkan bagian-bagian tubuh yang akan terlibat dalam gerakan tertentu, serta kosakata baru yang akan dipelajari.

  8. Nama: Putu Suryana
    NIM:859041027
    Judul Video: Tebak Pantomim
    Kadang beberapa anak tidak mau mengikuti gerakan senam, entah karena malas bergerak, rasa malu, atau merasa bosan, tentunya hal ini harus dicarikan solusinya. salah satunya dengan kegiatan main “Tebak Pantomim”. Tebak Pantomim adalah kegiatan alternatif yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dasar anak yang mencakup:1. Gerak motorik kasar,yaitu: kelenturan, keseimbangan, 2. Bahasa, yaitu: menyimak, mengekspresikan diri, dan mengenal kosakata agar lebih baik lagi.
    dalam Video anak-anak berusaha menebak gerakan yang dilakukan guru secara aktif ini membuktikan bahwa tujuan untuk pengembangan kemampuan dasar bahasa telah terwujud, anak-anak juga menirukan gerakan yang ditunjukan oleh guru, yang berarti tujuan mengembangkan kemampuan dasar fisik motorik kasar terwujud. melalui kegiatan “Tebak Pantomim” anak-anak telah mengembangkan dasarnya secara menyenangkan, seru dan tentunya bermakna

  9. Dalam kegiatan tebak pantomim siswa diajarkan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya.selain itu juga untuk mengembangkan bahasa anak, seperti kemampuan menyimak

  10. Nama : Anisa Puspita Zahra
    NIM : 859808417
    UPBJJ : Medan

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.. Izin menyampaikan pendapat terkait video pembelajaran diatas.
    Video tersebut sangat menarik dan patut di terapkan di sekolah apabila anak kurang fokus atau sibuk dengan dunianya sendiri. Dengan bermain pantonim saya rasa, imajinasi anak tentang menggambarkan hewan, benda, pekerjaan atau apa apa saja yang sudah di perintahkan akan dapat berkembang. Selain itu kemampuan bahasa dan motorik kasarnya, karna seluruh tubuhnya bergerak untuk menggambarkan isi perintah tersebut.
    Saran yang bisa saya berikan, hendaknya anak anak dibagi atas beberapa kelompok, kemudian anak diminta untuk memilih tema apa yang akan mereka perankan. Kemudian, anak lainnya bisa menebaknya secara bergantian sesuai dengan gambar yang guru berikan. Jika anak menebaknya dengan benar, kita sebagai guru hendaknya memberikan reward berubah stiker bintang atau stempel yang membuat anak bertambah semangat.
    Sekian pendapat saya, terima kasih..

    Assalamu’alaikum Wr. Wb..

Leave a Reply