silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Nama : Amellia Putri
    NIM : 858315057

    Izin berkomentar mengenai video diatas .
    Video diatas berjudul ‘Tebak Pantomim’ untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan bahasa anak. Motorik kasar untuk menirukan gerakan sesuai gambar dan menirukan suara sesuai gambar. Saran saya adalah dengan memberikan variasi gambar yang lebih meningkatkan minat anak terhadap kegiatan tersebut.

  2. Nama : Raodatul Jannah
    Nim : 858613375
    Semester : 4
    UT : Tarakan

    Dalam video memperlihatkan anak melakukan kegiatan senam yang pada awalnya anak tidak mampu melakukan gerakan dan kurang konsentrasi dalam menggerakkan badan oleh karena itu guru menstimulasi motorik anak di kelas dengan menggunakan permainan tebak pantonim dengan kartu gambar, di dalam kartu gambar tersebut berisi gambar binatang, tumbuhan yang nantinya gambar tersebut akan tirukan gerakannya, pertama-tama guru mencontoh gerakan lalu setelah itu anak mengikuti apa yang diberitahukan oleh gurunya, misalnya guru memperlihatkan gambar kodok lalu anak mengikuti bagaimana gerakan kodok dan suaranya. Manfaat di dapatkan dari permainan ini yaitu dapat menstimulasi anak dengan motorik kasar, meningkatkan kemampuan bergerak, kemampuan dalam keseimbangan, meningkatkan kemampuan berbahasa, menyimak, media dalam mengekspresikan diri, dan menambah kosakata.

  3. Nama: Lailatul syahidah ummina
    Nim: 858316439

    1. Kreatif dan Menyenangkan
    “Video ‘Tebak Pantomim’ ini sangat kreatif dan menyenangkan. Permainan pantomim membuat proses belajar menjadi lebih interaktif dan menarik. Anak-anak pasti akan sangat menikmati metode ini karena mereka bisa belajar sambil bermain.”

    2. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis:
    “Permainan tebak pantomim yang ditampilkan dalam video ini sangat efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Dengan mencoba menebak gerakan tanpa kata-kata, siswa ditantang untuk berpikir lebih dalam dan mengasah imajinasi mereka.”

    3.Interaksi yang Baik:
    “Salah satu hal terbaik dari video ini adalah interaksi yang terjalin antara guru dan siswa. Guru sangat pandai mengarahkan dan memberikan petunjuk, sehingga siswa tetap tertarik dan termotivasi sepanjang sesi.”

    Masukan dan Saran untuk Video “Tebak Pantomim”:

    1. Tambahkan Variasi Gerakan:
    “Akan lebih baik jika variasi gerakan dalam permainan pantomim ditambah. Hal ini akan membuat permainan lebih menantang dan menarik bagi siswa.”

    2. Peningkatan Kualitas Audio dan Visual:
    “Kualitas audio dan visual bisa ditingkatkan untuk memastikan bahwa semua instruksi dan gerakan dapat dipahami dengan jelas oleh siswa. Terkadang, audio yang kurang jelas dapat mengurangi efektivitas pembelajaran.”

    3. Inklusi Semua Siswa:
    “Pastikan bahwa semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam permainan. Hal ini penting agar setiap siswa merasa terlibat dan mendapatkan manfaat maksimal dari sesi pembelajaran.”

  4. Assalamu’alaikum wr.wb
    Pekenalkan nama saya Yuli Yuliyani, NIM 857524807,UPBJJ Bandung

    Pendekatan yang disajikan dalam video tersebut sangat relevan dan penting dalam konteks pendidikan anak usia dini. Kegiatan tebak pantomim merupakan salah satu cara yang kreatif dan efektif untuk mengembangkan tidak hanya motorik kasar anak, tetapi juga kemampuan bahasa mereka.

    Melalui kegiatan ini, anak-anak diajak untuk bergerak dan mengekspresikan diri secara fisik tanpa menggunakan kata-kata. Hal ini tidak hanya melatih keterampilan motorik kasar seperti kelenturan, keseimbangan, dan koordinasi gerakan, tetapi juga membantu mereka memahami bahasa tubuh dan ekspresi fisik sebagai bentuk komunikasi.

    Selain itu, kegiatan tebak pantomim juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk memperkaya kosakata mereka dan meningkatkan pemahaman mereka tentang makna kata-kata melalui konteks gerakan dan ekspresi. Ini dapat membantu meningkatkan kemampuan menyimak mereka, kemampuan mengekspresikan diri, dan kemampuan mereka dalam berkomunikasi secara verbal.

    Dengan demikian, pendekatan ini bukan hanya memberikan manfaat fisik dalam pengembangan motorik kasar anak, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan bahasa dan komunikasi anak. Hal ini menunjukkan pentingnya penggunaan pendekatan yang beragam dan terpadu dalam mendukung perkembangan holistik anak usia dini.
    Terimakasih

  5. Izin menanggapi video Tebak Pantomim yang telah di sajikan
    Vidoe yang disajikan cukup baik,Pengembangan Motorik pada anak PAUD bisa dilakukan dengan kegiatan tebak pantonim yang dapat menstimulasi gerak anak.Tidak hanya dapat merangsang motoric anak,tebak pantonim juga merangsang perkembangan Bahasa anak dimana anak akan mulai menerka-nerka dan ikut andil dalam menebak dari gerakan pantomime yang di peragakan temannya.Tentunya masih banyak lagi gerakan-gerakan variasi yang dapat di kembangkan untuk merangsang perkembangan motoric anak sehingga pembelajaran akan leboh menyenangkan dan tidak membosankan.

  6. Nama : Tanti Muchtar
    NIM : 857777356
    Dengan berpartisipasi dalam kegiatan tebak pantomim, anak-anak dapat aktif bergerak, berinteraksi dengan teman sekelas, dan secara bertahap meningkatkan kemampuan motorik kasar dan bahasa mereka. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak pada usia TK.

  7. Perkenalkan nama saya ASWI NORDIA,,
    Dalam video yang disajikan sudah memberi inspirasi untuk melatih motorik anak yaitu pantonim(tebak kata)anak disuruh menebak macam gerak dan mengikuti gerak tetapi ada beberapa anak yang tidak ikut terlibat,,tetapi kegiatan ini sudah mampu melatih motorik anak.
    Banyak kegiatan lain nya dalam melatih motorik anak seperti berjalan,merangkak,merayap mengunakan alat yang ada disekolah masing².

  8. Nama: Feybi Inggriani Lolaro
    NIM: 859957146

    Dalam video pembelajaran “Tebak Pantomim” ini sangat bermanfaat bagi anak-anak maupun bagu guru/pendidik seperti Saya.
    video yang ditampilkan sangat baik. Melalui kegiatan pembelajaran Tebak Pantomim, anak-anak menjadi lebih semangat dalam proses pembelajaran, sehingga meningkatkan minat anak dalam KBM.

  9. Video tersebut sudah menjadi suatu kegiatan alternatif agar anak-anak dapat mengikuti kegiatan dengan baik, tidak terlihat malas dan sibuk sendiri.
    dengan kegiatan tebak gerak (pantomim) dapat mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

  10. NAMA : FITRIANI
    NIM : 858317953

    Video ini memberikan alternatif kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui tebak pantomim. Kegiatan ini tidak hanya menstimulasi gerakan fisik anak, tetapi juga membantu dalam perkembangan bahasa mereka. Sangat bagus untuk melihat pendekatan holistik seperti ini dalam pembelajaran anak usia dini.

Leave a Reply