silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

301 Comments

  1. Bismillah
    Nama : Ani Rosmiati
    UPBJJ : Bandung
    Nim : 857530628

    Video ini menyajikan ilustrasi kegiatan motorik anak dengan melakukan senam dan kegiatan tebak pantomim, tebak gerak sesuai gambar yang diberikan, kegiatan ini cukup seru dan menyenangkan bagi anak, Permainan ini untuk menstimulasi mengembangkan motorik anak dalam bergerak, keseimbangan sesuai yang harus di peragakan, selain itu menstimulasi perkembangan bahasanya yaitu dengan menyimak dan mampu mengekspresikan dirinya. Video ini sangat menarik dan bermanfaat sekali untuk memperkaya wawasan dalam pembelajaran pengembangan aspek motorik dan bahasa anak.

  2. Nama : Esra Nova Renti Siahaan
    Nim : 859811898

    judul vidio ” tebak pantonim”
    Dari permainan pantonim tersebut kita bisa melihat bahwa agar perkembangan motorik keterampilan berbahasa serta kemampuan kognitif anak bisa berkembang kita bisa melakukan kegiatan yang memang menyenangkan bagi anak. Diawal tadi kita bisa lihat kalau anak tersebut malas untuk bergerak, namun setelah melakukan tebak pantonim anak bersemangat melakukannya karna hal tersebut merupakan hal yang diminati oleh anak. Agar anak bisa bersemangat ada cara atau strategi yang digunakan oleh guru seperti di dalam vidio tadi mengajak anak untuk bermain tebak pantonim. Di dalam permainan itu anak diajak untuk memperagakan dan menebak apa yang dilakukan dan disebutkan guru sehingga dapat mengajak anak untuk terlibat aktif dalam permainan dan bisa menjadi penilaian bagi guru setiap perkembangan yang sudah dimiliki anak

  3. Nama: Makrifatul Hidayah
    NIM : 856833293
    Bermain pantomim adalah kegiatan yang menarik, kegiatan ini mengharuskan anak untuk berpikir, dan bagaimana agar mereka dapat bergerak mengikuti gambar yang ada pada kartu tersebut, kegiatan ini juga dapat menstimulus motorik kasar anak juga bahasa. Sebagai seorang guru kita harus mencari kegiatan yang menarik agar anak-anak tidak mudah bosan dan selalu bersemangat dalam belajar. Kegiatan bermain pantomim sangat memberikan inspirasi bagi kita sebagai guru PAUD, terutama bagi saya, dan akan saya terapkan di sekolah. Terimakasih 🙏

  4. Nama :yaumul Rahmi
    Nim : 856258585
    Berdasarkan vidio diatas dalam ilustrasi pembelajaran motorik kasar anak dengan bermain pantomim sangat menarik bagi anak karena anak dapat bergerak.mengikuti gambar pada kartu tersebut.dalam kegiatan ini sangat menginspirasi bagi kita seorang guru.jadi kita bisa membuat kegiatan anak yang lebih menarik.saya bisa mempraktekkan disekolah saya.

  5. NAMA : Aulia Nur Latifa
    NIM : 859676401

    Dari video ini adalah ilustrasi pembelajaran motorik kasar dengan cara bermain pantomim. Disini guru memberikan contoh gambar hewan yang akan ditirukan oleh anak misalnya, gambar harimau guru menyuruh anak-anak menirukan gerakan dan suara harimau. Ada juga dari guru tersebut yang meniru gerakan dan anak yang menjawabnya, pada kegiatan ini sangat bermanfaat dan menginspirasi bagi para guru untuk bisa mempraktekkan kegiatan tersebut di lembaga sekolahnya.

  6. nama : indri nurcahyani
    nim : 858529633
    menurut saya, video di atas sangat bagus dan menarik karena mengajarkan anak untuk menebak sesuatu hal berdasarkan perilaku. contoh menebak nama hewan berdasarkan perilakunya. video di atas juga sangat bermanfaat untuk saya yang notabene masih baru dalam dunia pendidikan ini. video tersebut menjadi bahan referensi saya untuk mengajar anak didik saya agar tidak bosan dengan pembelajaran yang biasa saya lakukan di sekolah.

  7. Nama Imas Purnamasari
    NIM 857500886
    Judul video Tebak Pantomim
    Dari video tersebut apa yang dilakukan guru sangat bagus dan menarik karena menstimulasi perkembangan motorik kasar dan bahasa anak dengan menebak gambar hewan dan memperagakan serta menyebutkannya

  8. Nama : Siti Rohkimah
    Nim. : 859939524

    Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagai seorang pendidik. Melalui pantomim di dapat mengembangkan motorik kasar dan bahasa.

  9. dalam kegiatan di sekolah kebetulan saya belum pernah mencoba bermain pantomim , dalam kegiatan pantomim ternyata didalamnya terdapat aspek perkembangan yang nermanfaat bagi anak salahsatunya pengembangan motorik juga berbahasa pada anak , kegiatan ini bisa juga di implementasikan di kelas untuk menambah pengalaman anak dalam belajar yang meneyenangkan

  10. Nama : Risna Maya sari
    Nim: 856789437
    Video diatas dapat membantu guru anak usia dini dalam mengembangkan kemampuan motorik dan bahasa anak melalui kegiatan tebak pantonim dimana anak diminta untuk mengikuti gerakan dan menyebutkan nama hewan berdasarkan gambar dikartu tersebut.

Leave a Reply