silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam video ini menyajikan gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.
Agus Tatang
Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.
Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.
Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.
Chofnia Saidah
Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.
Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.
Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.
Harimurti
Nama: Rafikatun Jariah
NIM: 859172604
Kegiatan tebak pantomim yang disajikan dalam ilustrasi video ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kemampuan berbahasa dan fisik motorik anak usia dini. Melalui aktivitas ini, anak-anak diberi kesempatan untuk mengeksplorasi gerakan tubuh secara bebas, yang berdampak langsung pada peningkatan motorik kasar, termasuk kelenturan, keseimbangan, dan koordinasi gerak.
Selain aspek fisik, tebak pantomim juga secara efektif menstimulasi perkembangan bahasa anak. Anak belajar menyimak gerakan teman, menafsirkan makna dari ekspresi non-verbal, serta mengungkapkan ide dan pemahamannya melalui kata-kata saat menebak atau saat diberi kesempatan untuk menjelaskan gerakan yang mereka tampilkan. Proses ini memperkaya kosa kata, melatih keberanian berbicara, dan memperkuat kemampuan anak dalam memahami konteks komunikasi.
Kegiatan ini juga menciptakan suasana bermain yang menyenangkan dan interaktif, sehingga anak-anak terdorong untuk aktif berpartisipasi tanpa merasa terbebani. Interaksi sosial yang tercipta selama permainan memperkaya pengalaman berbahasa anak melalui diskusi sederhana, kerja sama tim, serta memberikan umpan balik satu sama lain.
Dengan demikian, tebak pantomim tidak hanya menjadi sarana untuk mengembangkan aspek fisik, tetapi juga menjadi media yang efektif dalam menumbuhkan keterampilan berbahasa anak secara alami dan bermakna. Kegiatan ini layak untuk terus dikembangkan dan divariasikan dalam pembelajaran anak usia dini.
YENNY RETNO SARI NIM 857889206
Pada video “Tebak Pantomin” ini sangat bermanfaaf bagi kami, karena dapat dijadikan referensi dalam kegiatan bermain di kelas. Kegiatan pantomin ini sangat baik digunakan untuk mengembangkan kemampuan anak khususnya perkembangan fisik motorik kasar dan bahasa. Kegiatan ini dapat melatih imajinasi anak dengan menirukan gerakan hewan, sehingga memunculkan gerakan-gerakan yang dapat menstimulasi anak, serta anak dapat mengekspresikan kosa kata yang sesuai dengan gerakan-gerakan yang disimak.
Mirnawati
Nim 858297661
Sangat menginspirasi bagi saya
Tebak pantomim itu seru banget, apalagi kalau dimainkan bareng teman atau keluarga. Permainannya sederhana, tapi bisa bikin ketawa bareng dan mempererat kebersamaan. Plus, bisa jadi tantangan seru untuk menebak gerakan tanpa kata-kata—jadi melatih kreativitas dan kerja sama juga.
NAMA : AMANAH
NIM : 858876377
POKJAR : MUSI-NGANJUK JAWA TIMUR
analsisi video : dari video tebak pantomim tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. aspek pengembangan : motorik
2. metode yang digunakan guru : bermain peran : artinya guru mempraktekkan (memerankan) sebuah gerakan dan memberi kesempatan anak untuk menjawab gerakan binatang apakah itu
3. media yang digunakan guru : media gambar
4. kelebihan dan kekurangan :
kelebihan : guru mempraktekkan jenis binatang membuat murid suka dan ikut menirukan gerakannya juga, anak menjadi fokus, anak berlatih mengungkapkan hasil pemahamannya
kelemahan : karen yang mempraktekkan guru maka mungkin tidak sesuai dengan aslinya jadi ada kemungkinan salah tebak karena ada perbedaan persepsi antara guru dan anak
5. saran : guru sangat baik dan atraktif saat memperlihatkan gerakan. namun karena guru hanya menirukan alangkah baiknya setelah anak menebak guru memperlihatkan gerakan asli dari binatang tersebut misalnya lewat video
Dari video pembelajaran tersebut,bahwasanya dengan mengajak anak anak bemain tebak gerakan atau pantomim,kegiatan tersebut dapat menstimulasi perkembangan motorik kasar anak dengan cara meniru gerakan gerakan khas dari makhluk hidup baik hewan ataupun tanaman,seperti gerakan melompat lompat,berayun ataupun merayap dan sebagainya.selain itu permainan tersebut juga dapat menstimulasi kemampuan kognitif anak dimana anak anak menggunakan kemampuan berpikirnya untuk mengingat kembali informasi yang sudah di sampaikan oleh guru.permainan tebak pantomim juga dapat menstimulasi kemampuan bahasa anak dengan bertambahnya kosa kata anak.di harapkan dengan permainan tebak pantomim seorang guru dapat menstimulasi perkembangan anak yang menyenangkan dan tidak membosankan bagi anak.
Saya sangat setuju dengan video pembelajaran ini. Tebak pantomim adalah kegiatan yang sangat kaya manfaat, karena satu aktivitas, tapi menyentuh motorik kasar, bahasa, dan sosial-emosional sekaligus. Menurut saya kalau kegiatan ini sering dilakukan secara konsisten dan bervariasi, dampaknya bisa sangat baik untuk perkembangan holistik anak usia PAUD. Terima Kasih semoga bermanfaat.
Tebak pantomim adalah permainan tebak-tebakan yang menggunakan gerakan tubuh sebagai media. Pemain memberikan gerakan tubuh yang menggambarkan sebuah kata, objek, atau konsep tertentu, dan pemain lain berusaha menebak apa yang sedang digambarkan. Tebak pantomim, atau charades, memiliki banyak manfaat, terutama dalam hal melatih komunikasi non-verbal, kreativitas, dan kerjasama tim. Permainan ini juga membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan kemampuan berpikir cepat. Dari video di atas terlihat guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain.
Beberapa manfaat lebih detail dari tebak pantomim: 1. Melatih Komunikasi Non-Verbal, 2. Mengasah Kreativitas dan Improvisasi, 3. Meningkatkan Konsentrasi dan Daya Ingat, 4. Membangun Kerjasama Tim, 5. Melepas Stres dan Menghibur, 6. Melatih Kepercayaan Diri, 7. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Cepat, 8. Menstimulasi Aktivitas Fisik Ringan, 9. Meningkatkan Empati, 10. Meningkatkan Interaksi Sosial
Nama : nurlela latif
NIM : 858590776
Dalam video tersebut dapat menyimak langsung guru memberikan kegiatan Tebak pantomim pada anak agar mudah dapat mengingat atau meniru yang pernah mereka lihat dan dapat di stimulasi langsung, tebak pantomim merupakan permainan tebak-tebakan yang menggunakan gerakan atau ekspresi tubuh untuk menunjukkan kata yang mudah bagi anak. kegiatan ini cocok untuk anak usia dini karena dapat melatih kemampuan bahasa, kognitif, dan motorik halus mereka.
Nama : Zaharatuzzuhria pujiawananti
Nim : 877317006
Menurut saya Secara
Kurang Spesifik: Sinopsis ini menjelaskan manfaat tebak pantomim secara umum. Akan lebih baik jika disebutkan aspek spesifik dari motorik kasar dan bahasa yang dikembangkan dalam video ini. Misalnya, apakah video fokus pada koordinasi mata dan tangan, keseimbangan tubuh, atau pengucapan kata tertentu?
* Tidak Ada Informasi Target Usia: Meskipun disebutkan untuk anak TK, rentang usia anak TK cukup lebar. Menyebutkan perkiraan usia target video akan membantu audiens memahami relevansinya.
* Kurang Menarik Perhatian: Sinopsis ini bersifat informatif tetapi kurang “menggugah” minat penonton untuk menonton video tersebut.
keseluruhan, sinopsis ini memberikan informasi dasar tentang isi video.
* Fokus pada pengembangan motorik kasar dan bahasa melalui tebak pantomim adalah ide yang bagus dan relevan untuk anak usia
TK.
* Menambahkan detail dan daya tarik akan membuat sinopsis ini lebih efektif dalam menarik perhatian audiens.
Nama : Siti Habibah Idyan Septia
NPM : 857246458
UPBJJ : Serang
Menurut pendapat saya bermain pantonim adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk Anak Usia Dini selain melatih motorik kasar, anak- anak juga dilatih dalam mengelola kosakata bahasa, melatih kefokusan dan konsentrasi dalam menebak kegiatan apa saya yang si pantonim itu lakukan. dan perkembangan bahasa pada pemkembangan dasar diantaranya adalah bercakap-cakap dengan metode bercakap-cakap anak dapat menambah kosakata baru yang belum pernah mereka gunakan Ketika sedang berbicara dengan guru, teman maupun keluarganya dengan bercakap-cakap anak dapat berkomunikasi dan bersosialisai terhadap lingkungannya. Maka akan menimbulkan rasa percaya diri terhadap sesuatu kegiatan yang akan dilaksanakannya.