silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya karena memperlihatkan cara guru dalam melatih perkembangan motorik dan Bahasa anak. melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

  2. video di atas bisa menjadi inspirasi untuk saya dalam mengadakan kegiatan di kelas. Dengan kegiatan tebak pantomim saya bisa mengembangkan aspek bahasa dan motorik anak dengan cara yang menyenangkan. Anak juga bisa mengembangkan aspek sosialnya dengan bekerja sama bersama teman.

  3. video ini sangat bermanfaat bagi saya, divideo tersebut mengajarkan kepada kita bagaimana cara untuk mengatasi ketika kegiatan senam anak kurang bersemangat, tidak mau bergerak, dan asik main sendiri, salah satu solusinya adalah mengajak bermain tebak pantomim yaitu guru memperlihatkan gambar binatang kemudian anak menebak nama binatang tersebut dan memperagakan. dengan permainan tebak pantomim bisa menjadi salah satu caraalternatif yang dapat meningkatkan kemampuan anak untuk menstimulasikan kemampuan bergerak, keseimbangan dan kelenturan. selain itu bermain tebak pantomim ini dapat meningkatkan kemampuan berbahasa, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata. demikian dan terima kasih.

  4. Asalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.

    Nama : NITA ANZANI
    Nim : 857273842
    UPBJJ : UT SERANG-BANTEN

    Komentar dan Tanggapan terhadap Video “Tebak Pantomim untuk Mengembangkan Motorik dan Bahasa Anak TK”
    Video ini sangat menarik dan memberikan gambaran konkret tentang bagaimana kegiatan tebak pantomim dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dua aspek penting dalam perkembangan anak usia dini, yaitu motorik kasar dan bahasa.

    Kegiatan tebak pantomim tidak hanya mengajak anak untuk bergerak aktif, tetapi juga menstimulasi koordinasi tubuh, kelenturan, dan keseimbangan. Dari sisi bahasa, anak dilatih untuk menyimak ekspresi teman, menebak makna gerakan, serta mengungkapkan jawabannya dengan kalimat yang tepat. Ini adalah metode yang menyenangkan namun penuh makna edukatif.

    Judul-judul Video yang Saya Pelajari dari Portal Guru Pintar Online
    ”Tebak Pantomim untuk Mengembangkan Motorik dan Bahasa Anak TK”

    Masukan dan Saran
    *Visualisasi Gerakan: Akan lebih baik jika setiap gerakan pantomim diperlihatkan secara lebih lambat dan diberi label atau subtitle, agar guru dapat mengamati secara detail dan menirunya saat mengajar.
    *Durasi: Video sebaiknya dibuat lebih singkat dan fokus pada satu tujuan pembelajaran agar lebih mudah dipahami.

    Konteks Nyata: Menambahkan cuplikan langsung dari kelas nyata saat anak-anak melaksanakan kegiatan bisa memberi inspirasi yang lebih kuat kepada guru-guru lainnya.

    Apakah Video Pembelajaran dari Portal Guru Pintar Bermanfaat?
    Ya, sangat bermanfaat. Video-video pembelajaran dari portal Guru Pintar memberikan wawasan praktis dan inspiratif kepada guru PAUD/TK dalam merancang kegiatan yang menyenangkan namun tetap memiliki tujuan pengembangan yang jelas.

    Bagi saya pribadi, video semacam ini:

    -Membantu menyegarkan ide pembelajaran,

    -Memberi contoh nyata bagaimana kegiatan dirancang dan dilaksanakan,

    -Meningkatkan pemahaman saya tentang integrasi antara aspek perkembangan anak.

    -Bagi guru PAUD/TK, video ini dapat menjadi sumber inovasi pembelajaran yang mudah diterapkan di kelas, bahkan dengan keterbatasan alat dan bahan.

    Wasalamualaikum warohmatullahi wabarokatu.

  5. Nama: Nadia Putri Sasmita
    Nim: 878197384
    dalam video berjudul “tebak pantomim” menjelaskan bahwa tebak pantomim sebagai salah satu alternatif menstimulasi kemampuan motorik, kemampuan bergerak, keseimbangan dan kelenturan dengan metode ini juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bahasa, menyimak, mengekspresikan diri dab mengenal kosakta baru.

  6. Video ini sangat bermanfaat bagi saya krena dalam video tersebut saya bisa memperbanyak ilmu tentang mengatasi anak – anak dalam masa perkemabangannya

  7. NAMA : LAILA ROMADHONI
    NIM : 860012075

    sangat bermanfaat. Video ini tidak hanya memberikan wawasan baru, tetapi juga menambah ide-ide kreatif bagi guru PAUD dalam menyusun kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan mendukung perkembangan anak.

  8. NAMA : RANI AGUSTINA
    NIM : 877679216

    Menurut saya, Video yang terdapat dalam seri “Mengembangkan Kemampuan Motorik PAUD” dari Portal Guru Pintar menyajikan gambaran yang menarik dan praktis (mengenai aktivitas tebak pantomim).
    Kegiatan ini adalah salah satu metode pembelajaran yang seru dan mendidik, serta dapat mengembangkan dua aspek penting dalam pertumbuhan anak usia dini, yaitu kemampuan motorik kasar dan keterampilan berbahasa.

    1. Pengembangan Motorik Kasar
    Dengan melakukan gerakan tubuh saat menunjukkan suatu objek atau aktivitas, anak-anak dapat berlatih untuk:
    • Aktif bergerak dengan tubuh mereka.
    • Meningkatkan fleksibilitas otot serta menjaga keseimbangan tubuh.
    • eningkatkan koordinasi antara pikiran dan tubuh.
    • Mendorong rasa percaya diri saat tampil di depan teman-teman.

    2. Pengembangan Bahasa
    • Dalam permainan tebak pantomim, anak yang berperan sebagai penebak akan:
    • Belajar untuk lebih peka terhadap apa yang didengar.
    • Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan baik.
    • Memahami konsep melalui suasana sosial yang menyenangkan.

    Komentar:
    • Video ini menampilkan visual yang jelas dan mudah dimengerti, serta berhasil menggambarkan praktik nyata di lapangan.
    • Materi yang dipilih sesuai dengan ciri-ciri perkembangan anak-anak di usia dini dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam aktivitas pembelajaran sehari-hari.
    Saran dan masukan :
    • Video ini akan lebih menarik jika menyertakan variasi permainan pantomim lainnya, misalnya dengan mengangkat tema mingguan seperti hewan, profesi, atau alat transportasi.
    • Sebaiknya ditambahkan bagian refleksi dari guru di akhir kegiatan untuk menunjukkan bagaimana mereka mengevaluasi pencapaian dan respons anak-anak.
    • Selain itu, bisa juga disertakan panduan keamanan atau tips untuk mengatur kelas agar aktivitas pantomim tetap terjaga dengan baik.

  9. Nama:Fadilah Rima Nazwita
    NIM:860033767
    UPBJJ:Bandung
    Video tersebut sangat bermanfaat diamana menyajikan Cara mengatasi masalah seperti ini tidak memperhatikan dan tidak bersemangat dalam kegiatan dengan bermain pantomime,dan dalam video guru sangat antusias bermain dengan anak.mampu menstimulasi kemampuan motoric dan Bahasa anak dimana anak dapat meragakan sesuai gambar yang di tunjukkan oleh bu guru dan anak menyimak,mengekspresikan diri,dan mengenal kosa kata agar lebih baik

  10. Nama : Febri Pratiwi
    Nim : 860032124
    UPBJJ BANDUNG
    Video “Tebak Pantomim” sangat bermanfaat sebagai contoh praktik pembelajaran interaktif di PAUD. Kegiatan tebak pantomim melatih kemampuan komunikasi nonverbal, kreativitas, serta kerjasama antar anak. Permainan ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri, memperkaya kosa kata, dan melatih kemampuan anak dalam mengekspresikan ide atau cerita melalui gerak tubuh. Kegiatan seperti ini sangat sesuai untuk mengembangkan aspek sosial-emosional dan bahasa pada anak usia dini.

    Kritik dan Masukan:

    Dari segi teknis, kualitas audio dan visual video dapat ditingkatkan agar instruksi guru dan ekspresi anak lebih jelas terdokumentasi.

    Guru dapat lebih aktif memberikan motivasi atau umpan balik selama permainan, agar anak-anak semakin antusias dan percaya diri.
    Secara keseluruhan, video ini sangat inspiratif dan bisa menjadi referensi bagi guru PAUD dalam menerapkan metode pembelajaran aktif dan menyenangkan di kelas.

Leave a Reply