silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. Nama : Rohimah
    NIM : 857649717
    Video tersebut sangat menarik, upaya yang dilakukan guru dengan kegiatan tebak pantonim/tebak gambar, dapat mengembangkan kemampuan motorik anak dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan lainnya serta dapat melatih perkembangan bahasa anak yaitu kemampuan untuk menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosokata agar lebih baik lagi. Dan melalui kegiatan ini, proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi anak.
    Terimakasih

  2. Manfaat dari menonton video yaitu kegiatan pantonim dapat meningkatkan kemampuan bahasa,kelenturan,gerak tubuh

  3. Video ini menyajikan kemampuan motorik kasar dan bahasa melalui kegiatan tebak pantomim, dimana pantomim adalah salah satu kegiatan yang bisa menstimulasi perkembangan motorik anak, seperti bergerak, kelenturan, dan keseimbangan, serta bisa mengembangkan aspek bahasa dimana anak dapat menyimak, mengekpresikan diri dan mengenal kosa kata.

  4. Dengan kegiatan tebak pantonim, dapat membantu siswa dalam menstimulasi motorik kasar dan kemampuan bahasa

  5. NAMA : NUR ANISAH ARISIS SALAM
    Dalam kegiatan yang ada di vidio, yaitu tebak pantomin sangat menarik sekali dan menurut saya itu bagus untuk melatih motorik anak. Ditambah lagi kegiatan tersebit bersifat fleksible sesuai dengan topik mana yang kita sedang pelajari.

  6. nama : novia ramadhani
    NIM : 857399897

    Video tersebut bermanfaat untuk pendidik mengetahui cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak

  7. Nama : Veronika Serang Sogen
    NIM : 859320639
    setelah menyimak video pantoim tersebut sangat membantu anak untuk konsentrasi memahami lebih mudah dan menarik anak untuk bisa bergerak lebih seimbang, serta mengespresikan diri dalam berbagai kosakata anak yang lebih baik lagi
    Terima kasih.

  8. Nama : Nuri Qolbiati
    NIM : 857648858
    video di atas sangat menarik sekali karena menggunakan permainan tebak pantomim sebagai solusi untuk mengatasi anak yang malas bergerak. menggunakan video pembelajaran yang singkat tersebut dapat bermanfaat secara praktis dan tempat guna bagi guru yang sibuk dengan segala aktivitas dan kebutuhan administrasi dan dapat dipraktekkan di kelas. teknik pantomim yang digunakan dapat mengembangkan kemampuan motorik anak kemampuan berbahasa dan juga kemampuan melatih keseimbangan kelenturan ekspresi diri dan menyimak anak.

  9. Ijin menanggapi video tersebut, video ini sangat menarik apalagi untuk anak anak, upaya yang dilakukan guru dengan kegiatan tebak pantonim/tebak gambar, dapat mengembangkan kemampuan motorik anak dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan bahasa anak yaitu kemampuan untuk menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosokata agar lebih baik lagi. Melalui kegiatan ini dapat menjadi solusi untuk anak yang malas bergerak dan melalui kegiatan ini, proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi anak.

  10. NAMA : Maria Mes
    NIM : 858197286
    Video ini sangat menginspirasi dan memberikan contoh nyata bagaimana kegiatan sederhana seperti tebak pantonim bisa menjadi alat pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan motorik kasar sekaligus kemampuan berbahasa anak usia dini. Kegiatan ini sebaiknya diintegrasikan secara rutin dalam pembelajaran agar manfaatnya semakin optimal.

Leave a Reply