silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam video ini menyajikan  gambaran salah satu cara mengembangkan motorik kasar dan bahasa anak TK melalui  kegiatan tebak pantomim, yang merupakan salah satu alternative kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik anak, dalam menstimulasi kemampuan anak bergerak, kelenturan, keseimbangan dan perkembangan gerakan lainnya. Selain itu, kegiatan tebak pantomime ini juga melatih perkembangan bahasa anak, yaitu kemampuan menyimak, mengekspresikan diri dan mengenal kosa kata agar lebih baik lagi.

Agus Tatang

Tujuan tayangan video sudah sesuai, yaitu sebagai alat bantu guru dalam mengembangkan kemampuan motorik Anak Usia Dini.

Pada waktu pembukaan guru kurang memperhatikan kesiapan belajar siswa sehingga masih ada siswa yang kurang memperhatikan pada materi yang akan dijadikan topik pembelajaran, dan pada waktu  mengisi pembelajaran guru tidak berusaha melibatkan seluruh siswa sehingga ada siswa yang masih belum aktif. Begitupun pada waktu mengevaluasi hasil pembelajaran, guru belum melibatkan semua siswa sehingga ketuntasan pembelajaran secara umm belum nampak.

Penggunaan pendekatan, strategi metode, media dan evaluasi sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

Materi yang disajikan sudah sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Secara umum video pembelajaran ini sudah sesuai dengan fungsinya sebagai alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan motorik anak usia dini, dan guna mengatasi siswa yang acuh tak acuh terhadap materi yang disajikan guru. Namun  masih ada siswa yang belum terlibat secara aktif karena guru tidak menghampiri semua siswa, terutama siswa yang belum berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran.

Chofnia Saidah

Secara umum tayangan video tersebut sudah cukup bagus dan banyak manfaatnya bagi pengunjung.

Penggunaan strategi, metode dan evaluasi pembelajaran cukup terlihat.
Guru menggunakan strategi bermain, tebak-tebakan, disertai media
gambar-gambar yang mendukung, yang membuat anak merasa senang dan
tertarik untuk melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan motorik
kasarnya, dimana hal tersebut sesuai dengan tingkat perkembangan peserta
didik, dimana pembelajaran dilakukan dengan nuansa bermain. Untuk
evaluasi pembelajaran, sebelum anak-anak mencuci tangan atau pulang,
anak dapat melakukan gerakan-gerakan sesuai gambar menuju keluar kelas.

Pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dimana anak
diperlihatkan sesuatu, anak menebak, dan memperagakan sendiri
gerakan-gerakan tersebut. Guru hanya sebagai fasilitator.

Harimurti

Similar Posts

469 Comments

  1. nama: Meri Asmita
    NIM: 856281514
    Kegiatan ini sangat efektif dalam merangsang perkembangan fisik anak, seperti kelenturan, keseimbangan, dan koordinasi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena mereka diminta untuk menyebutkan nama gerakan atau binatang yang ditirukan.
    dan kegiatan ini juga melatih fokus anak untuk dapat menyimak.
    permainan ini dapat di terapkan di satuan paud yang saya ajar.

  2. Nama. : Nurmawati
    NIM. : 858486462
    Assalamualaikum warahmatullahi
    Ijin menyampaikan pendapat, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan strategi tebak gerakan atau pantomin memang sangat baik dan di sukai anak-anak, Anak-anak yang mlas bergerak pada kegiatan senam akan bersemangat melakukan gerakan ketika menggunakan metode ini. Permainan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik anak. Terima kasih sekian pendapat dari saya

  3. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
    Nama : Lailatul Mufida
    NIM : 877704176

    . Berdasarkkan video yang saya lihat dengan judul “ Tebak Pantomim “, jika terjadi hal yang tidak kondusif saat kegiatan senam yang dapat dilakukan oleh seorang guru ad acara lain yang dapat dilakukan oleh guru untuk menstimulasi kemampuan motorik dan bahasa adalah dengan cara bermain tebak pantomim. Permainan tebak pantomime bisa menjadi sebuah alternatif yang dapat meningkatkan anak dalam kemampuan motorik dan kemampuan bergerak, ketegangan, kelenturan dan gerak. Selain itu, permainan ini dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak, yaitu menyimak, dan mengekspresikan diri, dan mengenal kosa kata agar lebih baik. Video tersebut bermanfaat bagi para pendidik yang mempunyai pengalaman yang sama dalam melakukan kegiatan perkembangan motorik anak, dengan alternatif kegiatan pantomime tersebut dapat menjadikan anak mampu untuk mengembangkan kemampuan motorik dan mengembangkan kemampuan bahasanya.

  4. Nama : Vivi Ana Faradillah
    Nim : 860141168
    Izin mencantumkan diskusi,
    Tebak pantonim adalah cara yang efektif untuk membuat pembelajaran menjadi interaktif, menyenangkan, dan sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini. kegiatan ini juga dapat mengembangkan kemampuan motorik anak dan meningkatkan kemampuan bahasa anak.

  5. Kegiatan ini sangat efektif dalam merangsang perkembangan fisik anak, seperti kelenturan, keseimbangan, dan koordinasi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak, karena mereka diminta untuk menyebutkan nama gerakan atau binatang yang ditirukan.
    Masukan dan Saran:
    Agar lebih menarik, variasikan gerakan dengan tema tertentu, seperti “gerakan hewan di hutan” atau “gerakan transportasi”. Hal ini dapat menambah kreativitas dan imajinasi anak.

  6. Kegiatan ini sangat menstimulasi perkembangan fisik pada anak seperti gerakan tubuh yang meniru hewan-hewan. Kegiatan ini juga bermanfaat karena pembelajaran di kelas semakin efektif dan permainan ini membuat anak ikut terlibat aktif dan dengan ini pembelajaran berjalan sesuai dengan apa yang dirancang guru. Tebak pantomim ini juga memberikan referensi untuk kami sebagai guru dalam membuat atau merancang strategi pembelajaran yang interaktif.

  7. Nama : Deva Widya Kusuma
    NIM : 8601418888

    Video ini menampilkan kegiatan pantomim sebagai metode pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Anak-anak diajak untuk memperhatikan gerakan tubuh tanpa suara, lalu menebak gerakan tersebut. Kegiatan ini sangat bagus untuk mengembangkan motorik kasar dan koordinasi tubuh anak, sekaligus melatih konsentrasi dan imajinasi mereka.

    Dalam video ini terlihat bahwa anak-anak sangat antusias, tertawa, dan aktif bergerak. Selain itu, metode ini juga mendorong anak untuk berpikir kritis dan memperkuat interaksi sosial antar teman. Aktivitas seperti ini sangat cocok untuk diterapkan dalam kelompok kecil maupun besar.

    Komentar positif:

    Video menyajikan kegiatan nyata yang mudah ditiru oleh guru.

    Guru dalam video menunjukkan cara yang ramah dan komunikatif dalam memandu anak.

    Gerakan pantomimnya sederhana namun bervariasi.

    Saran saya:

    Akan lebih baik jika disertakan tujuan pembelajaran di awal video, agar guru lebih memahami kompetensi apa yang ingin dicapai.

    Bisa ditambahkan penjelasan refleksi di akhir video mengenai bagaimana guru menilai keberhasilan aktivitas tersebut.

  8. Assalamualaikum
    izin menyampaikan pendapat
    dengan pengenalan pantomim sangat bagus bagi anak anak ,dapat meninkatkan imajinasi pada anak melatih kekuatan otot ,kelenturan tubuh , dan keterampilan motorik serta kemampuan kognitif , dengan penenalan pamtomim juga membantu anak mengembankan empati dan pemahaman sosial denan memunkin kan mereka memerankan karakter .

  9. Nama : Tiara Puspaeni
    NIM : 856341634
    Video ini sangat membantu dan menginspirasi dalam kegiatan pembelajaran dengan meningkatkan motorik.

  10. Video yang di tampilkan sangat baik untuk menstimulasi perkembangan motorik dan bahasa pada anak

Leave a Reply