silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar lagu tersebut melalui tape recorder.

Rusdianto

Buat couple singing (menyanyi berpasang) untuk mengenal dan mengetahui kelemahan dan kekuatan bernyanyi masing-masing.

Arfan Santoso, S.S.

Similar Posts

47 Comments

  1. NAMA : JULIA PUTRI PERDANA
    NIM : 858690757
    UT POKJAR MOJOKERTO

    Setelah melihat video diatas, tentang Pembelajaran Teknik menyanyi dengan mudah yang menggunakan tape recorder.
    guru menggunakan pembelajaran secara langsung, artinya tidak menggunakan pembukaan dan apersepsi terlebih dahulu, seketika guru langsung ke inti pembelajaran. Dalam video tersebut guru tidak menjelaskan teknik bernyanyi terlebih dahulu, guru meminta siswanya untuk menyanyikan sebuah lagu yang sudah ditulis dipapan tulis, kemudian guru meminta 2 siswa untuk maju kedepan dan menyanyikannya. Pembelajaran menyanyi dengan media tape recorder sebenarnya memudahkan guru untuk mengajarkannya, akan tetapi siswa tidak bisa interaksi secara langsung, Penggunaan tape recorder dapat mengurangi interaksi langsung antara guru dan siswa. Komunikasi langsung sangat penting dalam memberikan umpan balik dan arahan yang spesifik dalam memperbaiki teknik vokal siswa. Ketika guru hanya mengandalkan rekaman, mereka mungkin tidak dapat memberikan bimbingan secara langsung kepada siswa. akan tetapi dengan menggunakan tape recorder, guru dapat merekam dan memutar ulang lagu atau melodi dengan mudah. Ini memungkinkan siswa mendengarkan dan berlatih bernyanyi kapan pun mereka mau, bahkan di luar jam pelajaran. Hal ini meningkatkan aksesibilitas materi pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang-ulang materi secara mandiri.

  2. nama : yunita clara keke
    nim: 858069203
    upbjj: mempawah

    izin kan saya menyampaikan analisis terkait vidio diatas, diawal guru menyapa dan mengajak siswa berinteraksi dan mengajak siswa menyanyi. saya suka dengan metode yang ibu ini bawakan, dipenutup guru langsung memberikan tugas rumah kepada siswa dan menutup pembelajaran.

  3. NAMA : DELLYA RAHMAWATI
    NIM : 856081957
    UPBBJ : BATAM
    Setelah menganalisa vidio di atas, seorang guru mengajarkan kepada siswan bagaiamana teknik beryanyi yang tepat.
    setelah saya lihat, guru melakukan pembelajaran langsung di kelas, dan tidak melakukan ice breaking sehingga siswa langsung memasuki pelajaran dan tidak menanyakan kabar siswa dan menanyakan siapa yang tidak hadir.dan melakukan doa terlbeih dahulu sebelum memulai pelajaran pun tidak ada..sehingga siswa di dalam kelas langsung belajar.adapun guru mengajar kan kepada siswa bagaimana teknik bernyanyi dengan benar pun tidak di ajarkan,sebelum nya guru harus mengajarkan kepada siswa notasi dalam nada..sehingga siswa tidak tahu mana tinggi ,rendahnya nya suara saat benyanyi. adapun metode yang di ajarkan guru tepat,sehingga siswa secara bersama sama bernyanyi tidak ada nya irama dalam beryannyi.

  4. Nama: Ijah Fitriana
    NIM: 859763797
    UPBJJ: Kendari
    Video: Teknik Bernyanyi dengan Mudah Melalui Media Audio Tape Recorder

    Ada beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran dalam video ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
    1. Tampak anak-anak kurang berminat pada kegiatan bernyanyi. Penting bagi guru untuk menunjukkan manfaat bernyanyi bagi jiwa.
    2. Guru masih menggunakan “tape recorder” sebagai media yang hanya merupakan audio. Mungkin guru bisa menggunakan media yang lebih menarik yang melibatkan audio-visual dan dengan “sound system” yang memadai.
    3. Guru belum menunjukkan teknik bernyanyi yang ideal bagi anak-anak hanya dengan menggunakan “tape recorder”.

    Catatan: Sebaiknya sekolah menyediakan studio musik atau semacam lab musikal di mana siswa dapat bertumbuh dengan musik untuk menjiwai musik.

  5. Dari video pembelajaran tersebut, mohon izin saya menyampaikan pendapat saya mengenai video tersebut.
    Pada awal pembelajaran, Ibu guru tersebut tidak melakukan awal pembelajaran yang menarik, misalnya mengaitkan dengan materi sebelumnya, guru juga tidak memberikan motivasi kepada siswa, sehingga siswa tampak malu-malu dan kurang bersemangat dalam proses pembelajaran.
    Lalu dalam hal pemahaman ke sisiwa, guru tidak menjelaskan secara rinci mengenai teknik bernyanyi yang baik.
    yang terakhir yaitu, penggunaan media yang sepertinya kalau untuk saat ini masih kurang menarik, jika memungkinkan tersedia saran dan prasarana yang memadai, guru bisa menggunakan laptop dan juga lcd untuk memperlihatkan video youtube kepada siswa tentang teknik bernyanyi yang baik dan juga memotivasi siswa supaya lebih terlibat aktif dalam pembelajaran.

    Sekian dan terimakasih
    Mohon maaf jika ada salah kata.

  6. Nama : Siti Masruroh
    Nim : 856757036
    UPBJJ : Palembang
    Menurut saya, pembelajaran teknik beryanyi dengan mengunakan media audio tape recorder cukup baik dan memudahkan guru dalam pembelajaran dengan mengunakan audio. anak dapat mendengarkan lagu dengan jelas sehingga dapat melatih auditori, anak lebih tertarik untuk mendengarkan sehingga mempermudahkan anak untuk menghafal lagu tersebut.
    Namun juga terdapat kekurangan dari teknik pembelajarannya karna dalam Vidio tersebut guru hanya langsung mengajak untuk menyanyikan lagu dengan iringan audio tersebut kemudian beberapa anak di suruh maju untuk mengulangi lagi tersebut di depan, guru tidak mengajarkan tekniknya terlebih dahulu, intonasi, nada beryanyi yang baik dan benar. Menurut saya sebelum mengajak anak bernyanyi guru terlebih dahulu mengenalkan, menjelaskan, tentang teknik dalam bernyanyi intonasi lirik lagu nada dan cara bernyanyi yang baik dan benar.

  7. Nama : Ajeng Eka Safitri
    NIM : 877966058
    Prodi : PGSD
    Setelah menyaksikan video tersebut, saya melihat antusias siswa pada pembelajaran tersebut, kondisi kelas terlihat tenang, dan ketika guru menjelaskan semua siswa memperhatikan. Metode pembelajaran yang digunakan sangat menarik sehingga semua siswa sangat antusias dan tidak jenuh dengan pelajaran yang disampaikan, dan sehingga semua siswa ikut bernyanyi bersama-sama dengan riang

Leave a Reply