silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Ilustrasi dalam Video ini berisi tentang pemecahan masalah yang dilakukan guru ketika mengajar bernyanyi kepada siswa dengan menggunakan tape recorder karena guru kurang menguasai teknik bernyanyi dengan baik dan benar. Pada kegiatan awal guru menjelaskan lagu yang akan dipelajari kemudian secara bersama-sama mempelajari dengan memutar lagu tersebut melalui tape recorder.
Rusdianto
–
–
Buat couple singing (menyanyi berpasang) untuk mengenal dan mengetahui kelemahan dan kekuatan bernyanyi masing-masing.
Arfan Santoso, S.S.
Nama : Sendi satria
NIM : 857100813
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Tambelang
Menurut analisis saya tentang Vidio pembelajaran diatas adalah
1. Tidak ada pembukaan (pendahuluan) seperti Guru memberi salam dan mengajak siswa untuk berdo’a.
2. Guru langsung masuk ke dalam inti atau isi pembelajaran tanpa ada pemanasan terlebih dahulu seperti memberikan pertanyaan kepada siswa tentang musik.
3. Setelah guru mengajak siswa untuk memainkan alat musik, guru baru menjelaskan tentang Ketukan Nada.
4. Guru menjelaskan teknik menggunakan alat musik Pianika.
5. Alat media dan metode yang digunakan guru sudah cukup sesuai untuk siswa.
6. Materi juga sudah cukup pas untuk siswa kelas IV.
7. Guru mengetes siswanya satu sama lain untuk mengetahui apakah siswa sudah memahami yang dijelaskan oleh gurunya.
8. Pada bagian akhir antara guru dan siswa tidak ada sesi tanya jawab atau umpan balik.
9. Pembelajaran tidak ditutup dengan baik.
Nama : sendi satria
Nim : 857100813
1. Kelebihan guru
Guru sudah melarang pembelajaran sesuai kurikulum dan pemakaian alat musiknya pun sudah cukup tepat sehingga murid sudah mengerti nada
2. Kekurangan guru
Guru langsung mengawali pembelajaran tanpa menanyai kabar siswa/absen dan tidak memberi motivasi pembelajaran tersebut kepada siswa
3. hal yang unik dalam video
Ada beberapa siswa yang kebingungan ketika mengikuti nada yang diberikan oleh guru
4. saran untuk kedepanya
Seharusnya sebelum memulai pembelajaran sebaiknya diawali dengan doa serta seorang guru harus memberi motivasi kepada siswa agar siswa menjadi semangat untuk memulai pembelajaran.
Nama : sendi satria
Nim : 857100813
Kekurangan guru dalam video tersebut guru langsung mengawali pembelajaran tanpa memberi salam, mengabsensi siswa dan tidak memberi tujuan dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan, Dan juga guru sebelum melakukan pembelajaran tidak memberi materi kepada siswa dan ketika menutup pembelajaran tidak ditutup dengan doa.
Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah alat atau media yang digunakan sudah bagus dan tepat, materinya pun mudah dipahami oleh siswa.
Hal yang unik dalam video tersebut ialah ada beberapa siswa yang kebingungan ketika mempraktikkan media tersebut
Saran untuk pembelajaran selanjutnya guru harus lebih teliti dalam melakukan pembelajaran atau langkah-langkah dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih fokus.
Nama : sendi satria
Nim : 857100813
1. Kekurangan guru dalam video tersebut guru langsung mengawali pembelajaran tanpa memberi salam, mengabsensi siswa dan tidak memberi tujuan dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan, Dan juga guru sebelum melakukan pembelajaran tidak memberi materi kepada siswa dan ketika menutup pembelajaran tidak ditutup dengan doa.
2. Kelebihan guru dalam video pembelajaran tersebut adalah alat atau media yang digunakan sudah bagus dan tepat, materinya pun mudah dipahami oleh siswa.
3. Hal yang unik dalam video tersebut ialah ada beberapa siswa yang kebingungan ketika mempraktikkan media tersebut
4. Saran untuk pembelajaran selanjutnya guru harus lebih teliti dalam melakukan pembelajaran atau langkah-langkah dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi lebih fokus.
Nama : dian Nur alfiana
Nim : 858732861
Prodi : PGSDBI
POKJA : JOMBANG
Assalamu’alaikum,
Mohon Izin memberikan komentar terkait video di atas.
1. Untuk kegiatan pembuka, a persepsi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran belum ada.
2. Sebenarnya memang bagus jika kita ingin mengajarkan lagu sederhana menggunakan media audio tape recorder atau video.
Namun, alangkah baiknya jika sebelum meninta siswa mendengarkan musik/tape kita memberikan atau menyampaikan lirik lagu yang akan dinyanyikan oleh siswa.
Jadi, ketika siswa mendengarkan lagu yang akan diputar, siswa mempunyai pengetahuan terkait lagu yang akan dikenalkan ke siswa.
3. Untuk kegiatan penutup, seperti kesimpulan dan refleksi juga belum dilakukan.
Saran untuk ke depannya.. Guru lebih memperhatikan kegiatan pembuka dan penutup dalam pembelajaran.
Guru harus menguasai kelas membuat anak2 lebih bersemangat lagi Saran untuk guru ya agar lebih membuat anak senang dan lebih meyukai pembelajaran ya alun suara ya telllau pelan
Nama : Berliana Olivia
Nim : 857102738
Prodi :PGSD S-1
Upbjj : Jakarta
Didalem video tersebut ibu guru tidak memberikan kesempatan anak untuk berdoa terlebih dahulu, tidak mengecek kehadiran siswa, langsung dimulai dengan kegiatan inti saja. Lalu dalam latihan bernyanyi sebelumnya dijelaskan dahulu teknik bernyanyi Yang benar seperti apa dan arti lagu.
Saat penutupan harusnya diberikan kesimpulan tentang bernyanyi itu, tidak ditutup dengan doa juga.
NAMA : FARKHATUS SHOLIHAH
NIM : 858170489
PRODI : PGSD.BI
UPBJJ : SURABAYA
Setelah saya memperhatikan video tersebut, menurut saya terdapat kekurangan pada saat proses pembelajaran, antara lain:
1. Pada kegiatan pendahuluan tidak ada salam pembuka, tujuan pembelajaran kurang jelas, dan tidak ada motivasi dari guru untuk siswa
2. Pada proses pembelajaran, penggunaan media berupa taperecorder kurang maksimal. Sehingga siswa terlihat kurang antusias pada saat pembelajaran. Siswa terlihat masih kebingungan saat menirukan intruksi dari guru, mungkin karena kurangnya penjelasan dari guru tersebut.
Demikian pendapat dari saya, terimakasih
Assalamu’alaikum wrwb
Nama : Syahrul Widiyanto
NIM : 857158156
Menurut saya ada kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran seni dari penggunaan media pembelajaran tape Recorder ini.
Kelebihannya antara lain:
Tape Recorder sudah menjadi peralatan yang sangat lumrah dalam rumah tangga, sekolah, mobil, bahkan kantongan (walkman). Karena harga yang cenderung terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat, ketersediannya dapat diandalkan
Rekaman dapat digandakan untuk keperluan perorangan sehingga pesan dan isi pelajaran dapat berada di beberapa tempat pada waktu yang bersamaan
Merekam peristiwa atau isi pelajaran untuk digunakan kemudian, atau merekam pekerjaan siswa sendiri dapat dilakukan dengan media audio
Rekaman memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan diri sendiri sebagai alat diagnosis guna membantu meningkatkan keterampilan mengucapkan, membaca, dan mengaji atau berpidato
Pengoperasian tape recorder relatif mudah
Adapun kelemahan atau keterbatasan dalam menggunakan Tape Recorder untuk media pembelajaran, yaitu:
Dalam suatu rekaman, sulit menentukan lokasi suatu pesan atau informasi. Jika pesan atau informasi itu berada ditengah-tengah, maka akan memakan waktu lama untuk menemukannya
Kecepatan merekam dan pengaturan trek yang bermacam-macam menimbulkan kesulitan untuk memainkan kembali rekaman yang direkam pada suatu mesin perekam yang berbeda dengannya
Nama : putri oktaviani
Kelas : B AKPMM
Nim : 857117333
Setelah saya menyimak video diatas menurut pandangan saya banyak kekurangan nya pada awal masuk kelas tidak ada pendahuluan seperti salam pembuka, doa , penejelasan amteri dan tujuan pembelajaran.
guru langsung masuk pada inti materi dan guru juga kurang menguasai nada lagu sehingga guru sulit mempraktikkan nyanyian dan siswa juga kurang mengenali nada nya sehingga guru mengambil langkah solusi melalui media audio tape recorder dengan seperti ini siswa dapat mengikuti nada lagu dengan baik.