Similar Posts
Memainkan Alat Musik Sederhana
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha unutkmenarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang dei berikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara: Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang; Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan; Meminta…
Siswa Tidak Teratur pada Saat melaksanakan Observasi/Praktikum Diluar Kelas Pada Saat Pembelajaran IPA SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Kadang-kadang dalam pelaksanaan praktikum IPA di SD, guru mengalami kesulitan. Misalnya saat harus melaksanakan praktek di luar kelas. Siswa-siswa menjadi tidak terkendali dan berkeliaran tak tentu arah. Solusi yang ditawarkan dalam program ini adalah sebagai berikut. Guru memberikan pengarahan serta memberikan LKS sebelum siswa keluar…
Siswa Kurang Menguasai Konsep Pencerminan Bangun Dasar
Sinopsis Video ini membahas tentang bagaimana cara guru mengajarkan konsep pencerminan. Dalam hal ini guru menggunakan cermin, penghapus, spidol sebagai media pembelajaran. Selain itu guru meminta siswa untuk mempraktekan konsep pencerminan dengan menggunkan media pembelajaran. Muchtar M Noor Pakar Dosen Video ini berupaya menjelaskan konsep pencerminan yang diawali dengan pertanyaan terkait jarak antara cermin dan…
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Metode Pembelajaran Menyimak di Kelas I SD
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan isi dongeng pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SD, beserta alternatif pemecahan masalahnya. Dra. Yetty Morelent, M.Hum. & Dra. Benedicta Esti Pramuki Sri Karyati, Mpd. Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Assalamu’alaikum perkenalkan nama saya
Nama : Nurdini
NIM : 857533806
UPBJJ : Bandung
Kelas : PDGK4209.240
Saya izin menjawab , menurut saya video “Yuk Bercerita, Kepada Teman” ini sudah bagus , dan menginspirasi saya yang masih guru baru, terimakasih .
Dijaman modern seperti sekarang ini, anak-anak kebanyakan malas untuk membaca buku apalagi buku cerita, dikarenakan anak sekarang sudah mulai mengenal adanya gadget dan kurangnya dorongan di lingkungan rumah untuk membaca buku.
Ada sedikit masukan , untuk video tersebut harusnya di contohkan dulu oleh guru menjelaskan terlebih dahulu tujuannya secara sederhana agar membantu mereka meringankan rasa takut untuk maju, bimbing dalam menyusun presentasinya seperti (Judulnya apa? , Siapa pengarangnya? Apa isi cerita tersebut secara singkat?, Beri pesan moralnya!), cerita yang diberikan pada siswa harus mengenai lingkungan sekitar agar cepat dicerna lalu sisipkan gambar agar lebih menarik, buat suasana kelas yang mendukung ajak siswa agar tidak mentertawakan teman dan siap mendukung, lalu beri apresiasi siswa.
Lalu untuk di rumah diberi tugas untuk membuat cerita sendiri dan menceritakannya di depan kelas agar memupuk rasa percaya diri nya.
Terimakasih
Nama : Dewi Setianingrum
NIM : 858862727
Setelah menonton video di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru melakukan pembelajaran dengan memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu mempersiapkan sebuah cerita yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa yang dapat membuat siswa tidak merasa kesulitan untuk memahami apa yang ada dalam bacaan tersebut.
Akan tetapi, dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan pendahuluan seperti memberikan salam, berdoa, presensi memberikan apersepsi dan motivasi serta tidak menyampaikan materi dan tujuan dari pembelajaran yang akan mereka lakukan. Sehingga, siswa cenderung merasa belum siap untuk mengikuti pelajaran dan mereka cenderung kebingungan dan kesulitan saat pembelajaran dilakukan. Pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan dari apa yang telah mereka pelajari.
Oleh karena itu, saya dapat memberikan saran yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan pendahuluan dengan baik dan kegiatan penutup juga tidak boleh dilewatkan karena kedua kegiatan tersebut penting untuk dilakukan.
Nama : Adaja Rara Theaomay
Nim : 859774965
Izin memberikan komentar 🙏
Pembelajaran dalam video ini cenderung satu arah, kurang melibatkan siswa secara aktif, penyampaian materi kurang variatif, dan minim contoh langsung dari siswa sehingga mengurangi keterlibatan dan antusiasme belajar.
NAMA : MANIATI GULO
NIM : 859881253
Dari video yang baru saja saya buka, cara kita untuk meningkatkan minat baca seorang siswa tidak hanya memberikan buku kepada siswa karena setiap siswa belum tentu berminat membaca buku tersebut dan bisa memahami isi dari teks cerita tersebut.
Tapi yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru harus berperan aktif mendekati setiap siswa dan memastikan dia sedang membaca buku tersebut dan sambil menanyakan isi dari cerita tersebut juga memberikan apresiasi kepada setiap siswa.
Demikian terimakasih
Nama : Laela Claraningtyas
NIM : 860030374
saya izin untuk memberikan komentar untuk vidio ” Yuk, Bercerita kepada teman ”
Menurut saya diawal vidio kurangnya penjelasan membuat siswa kesulitan memahami pelajaran, guru dan siswa kurang aktif melakukan tanya jawab yang akhirnya bisa menurunkan semangat belajar. Sebaiknya, guru perlu memastikan bahwa setiap topik disampaikan secara terstruktur agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan merasa terbantu.
Dividio selanjutnya, betapa pentingnya seorang guru yang mengajar dengan persiapan materi yang lengkap dan penjelasan yang cermat. Ketika guru menjelaskan dengan runtut dan memberikan contoh yang relevan, siswa merasa lebih mudah memahami materi dan menjadi lebih antusias untuk belajar. Sikap profesional seperti ini sangat dihargai oleh siswa dan mampu menciptakan suasana belajar yang positif dan inspiratif.
Nama : Ratna Nuraeni
NIM : 857364641
Setelah melihat video di atas dapat di simpulkan, di jaman modern seperti ini, anak anak lebih tertarik membaca apa yang ada di gedget dari pada buku ceritaa dan juga kurang nya dorongan dri lingkungan untuk membudi dayakan literasi pada anak.
Oleh karena itu, saya dapat memberikan saran yaitu guru sebaiknya lebih memahami penyebab anak kurang menyukai membaca, dan kita guru juga sebaiknya membuat strategi membantu anak contohnyaa seperti : membaca buku cerita bersama menggunakan gambar dan teks sederhana.
Dan untuk meningkatkan minat siswa kita harus memilih bacaan cerita yang menarik
Nama :Desi novita sari
Nim :859542144
Setelah saya melihat video tersebut saya menyimpulkan bahwa penjelasan guru sangat menarik perhatian siswanya,dan menegur siswa yang tidak konsentrasi dalam mendengarkan penjelasan gurunya.
Sebagai seorang guru kita harus mencari metode dalam pembelajaran supaya menarik minat siswa agar lebih aktif lagi dalam belajar.
Nama :Aulia Safitri
NIM :856085811
UPBJJ UT : Batam
Izin menjawab setelah Video di atas, guru menyuruh salah satu siswanya untuk membaca cerita ke depan, akan tetapi tak ada satu pun siswa yang dapat membacakan buku cerita, dan ada kemungkinan para siswa tampak masih bingung bagaimana cara membacakan buku cerita yang menarik di depan. di karenakan guru tak memberikan strategi contoh bagaimana cara membaca buku cerita dengan baik dan menarik.
Ketika dikemudian hari guru telah memberikan contoh pada siswa bagaimana cara membaca buku cerita dengan baik dan benar. kemungkinan besar para siswa akan paham, bagaimana caranya dan berani maju untuk mempresentasikan cerita dengan sikap profesional dan menghidupkan suasana pembelajaran yang menarik.
terima kasih
Nama : Erfan Efendi
NIM : 858935621
setelah melihat Video “Yuk, Bercerita Kepada Teman” memberikan gambaran pembelajaran yang mendorong siswa untuk aktif berlatih berbicara dan mendengarkan dalam suasana yang menyenangkan dan interaktif. Kegiatan ini sangat efektif untuk mengembangkan keterampilan berbahasa, rasa percaya diri, serta sikap saling menghargai antar teman. Guru berperan penting dalam membimbing dan menciptakan suasana yang kondusif agar semua siswa merasa nyaman untuk bercerita. Dengan penguatan metode dan pemberian contoh yang lebih jelas, kegiatan ini dapat semakin optimal dalam mencapai tujuan pembelajaran.