Similar Posts
Tangga Nada Mayor
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Bagaimana Menulis Cerita?
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Kurang Mengetahui Perkalian Dasar
Sinopsis Pada program ini digambarkan guru yang sedang mengajar perkalian dasar (matematika) menggunakan papan tulis. Sebagian besar siswa gaduh, tidak konsentrasi dan tampak malas mengikuti. Hal ini disebabkan karena mereka tidak mengerti, tidak bisa dan tulisan guru juga kurang jelas.Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan chart. Dalam program ini juga diberikan beberapa tips bagi…
Pembelajaran IPAS dalam Kurikulum MBKM di Sekolah Dasar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Lingkungan hidup yang kita nikmati saat ini adalah suatu anugerah ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Lingkungan hidup sebagai tempat hidup dan berinteraksnya manusia dengan mahluk hidup lain dipermukaan bumi diatas lingkungan hidup ini. Lingkungan hidup memiliki dua komponen, yaitu biotik dan abiotik. Kedua kompenen ini tidak…
Membelajarkan Konsep Perkalian dengan Mudah Dikelas Rendah
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program video ini memberikan solusi bagaimana meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep perkalian dengan menggunakan alat peraga yang menarik berupa gambar ayam, gambar telur, papan magnet, dan manik-manik bermagnet. Anda tertarik dengan ini video ini? Silahkan anda simak baik-baik video ini. Selamat menyimak. Vera Maya Santi,…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Assalamu’alaikum perkenalkan nama saya
Nama : Nurdini
NIM : 857533806
UPBJJ : Bandung
Kelas : PDGK4209.240
Saya izin menjawab , menurut saya video “Yuk Bercerita, Kepada Teman” ini sudah bagus , dan menginspirasi saya yang masih guru baru, terimakasih .
Dijaman modern seperti sekarang ini, anak-anak kebanyakan malas untuk membaca buku apalagi buku cerita, dikarenakan anak sekarang sudah mulai mengenal adanya gadget dan kurangnya dorongan di lingkungan rumah untuk membaca buku.
Ada sedikit masukan , untuk video tersebut harusnya di contohkan dulu oleh guru menjelaskan terlebih dahulu tujuannya secara sederhana agar membantu mereka meringankan rasa takut untuk maju, bimbing dalam menyusun presentasinya seperti (Judulnya apa? , Siapa pengarangnya? Apa isi cerita tersebut secara singkat?, Beri pesan moralnya!), cerita yang diberikan pada siswa harus mengenai lingkungan sekitar agar cepat dicerna lalu sisipkan gambar agar lebih menarik, buat suasana kelas yang mendukung ajak siswa agar tidak mentertawakan teman dan siap mendukung, lalu beri apresiasi siswa.
Lalu untuk di rumah diberi tugas untuk membuat cerita sendiri dan menceritakannya di depan kelas agar memupuk rasa percaya diri nya.
Terimakasih
Nama : Dewi Setianingrum
NIM : 858862727
Setelah menonton video di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa guru melakukan pembelajaran dengan memberikan bahan bacaan yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu mempersiapkan sebuah cerita yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa yang dapat membuat siswa tidak merasa kesulitan untuk memahami apa yang ada dalam bacaan tersebut.
Akan tetapi, dalam pembelajaran tersebut guru tidak melakukan pendahuluan seperti memberikan salam, berdoa, presensi memberikan apersepsi dan motivasi serta tidak menyampaikan materi dan tujuan dari pembelajaran yang akan mereka lakukan. Sehingga, siswa cenderung merasa belum siap untuk mengikuti pelajaran dan mereka cenderung kebingungan dan kesulitan saat pembelajaran dilakukan. Pada akhir pembelajaran guru juga tidak memberikan kesimpulan dari apa yang telah mereka pelajari.
Oleh karena itu, saya dapat memberikan saran yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan pendahuluan dengan baik dan kegiatan penutup juga tidak boleh dilewatkan karena kedua kegiatan tersebut penting untuk dilakukan.
Nama : Adaja Rara Theaomay
Nim : 859774965
Izin memberikan komentar 🙏
Pembelajaran dalam video ini cenderung satu arah, kurang melibatkan siswa secara aktif, penyampaian materi kurang variatif, dan minim contoh langsung dari siswa sehingga mengurangi keterlibatan dan antusiasme belajar.
NAMA : MANIATI GULO
NIM : 859881253
Dari video yang baru saja saya buka, cara kita untuk meningkatkan minat baca seorang siswa tidak hanya memberikan buku kepada siswa karena setiap siswa belum tentu berminat membaca buku tersebut dan bisa memahami isi dari teks cerita tersebut.
Tapi yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru harus berperan aktif mendekati setiap siswa dan memastikan dia sedang membaca buku tersebut dan sambil menanyakan isi dari cerita tersebut juga memberikan apresiasi kepada setiap siswa.
Demikian terimakasih
Nama : Laela Claraningtyas
NIM : 860030374
saya izin untuk memberikan komentar untuk vidio ” Yuk, Bercerita kepada teman ”
Menurut saya diawal vidio kurangnya penjelasan membuat siswa kesulitan memahami pelajaran, guru dan siswa kurang aktif melakukan tanya jawab yang akhirnya bisa menurunkan semangat belajar. Sebaiknya, guru perlu memastikan bahwa setiap topik disampaikan secara terstruktur agar siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan merasa terbantu.
Dividio selanjutnya, betapa pentingnya seorang guru yang mengajar dengan persiapan materi yang lengkap dan penjelasan yang cermat. Ketika guru menjelaskan dengan runtut dan memberikan contoh yang relevan, siswa merasa lebih mudah memahami materi dan menjadi lebih antusias untuk belajar. Sikap profesional seperti ini sangat dihargai oleh siswa dan mampu menciptakan suasana belajar yang positif dan inspiratif.
Nama : Ratna Nuraeni
NIM : 857364641
Setelah melihat video di atas dapat di simpulkan, di jaman modern seperti ini, anak anak lebih tertarik membaca apa yang ada di gedget dari pada buku ceritaa dan juga kurang nya dorongan dri lingkungan untuk membudi dayakan literasi pada anak.
Oleh karena itu, saya dapat memberikan saran yaitu guru sebaiknya lebih memahami penyebab anak kurang menyukai membaca, dan kita guru juga sebaiknya membuat strategi membantu anak contohnyaa seperti : membaca buku cerita bersama menggunakan gambar dan teks sederhana.
Dan untuk meningkatkan minat siswa kita harus memilih bacaan cerita yang menarik