Similar Posts
Belajar Membaca Deskripsi tentang Benda
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa kelas I SD dalam mebaca deskripsi tentang benda yang terdapat dalam buku pelajaran bahasa indonesia beserta pemecahan masalahnya. Yetty Morelent dan Teguh Prakoso Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Pembelajaran Menggunakan Flow Chart
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan guru dengan menggunakan metode ceramah menjelaskan pemerintahan desa/kelulrahan kepada siswa kelas III SD, sementara itu siswa tampak tidak memahami mengenai apa itu aparatur/perangkat desa/ kelurahan dan fungsi dari setiap aparatur tersebut. Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah melakukan pembelajaran…
Kesulitan Membaca Huruf, Suku Kata, Kata dan Kalimat
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Membangun Suasana Aktif, Interaktif dan Menyenangkan
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Pada program ini digambarkan upaya seorang guru yang mengajar namun tidak memperhatikan apakah siswa memperhatikan atau tidak. Solusi yang disampaikan dalam tayangan ini adalah upaya guru mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Caranya adalah dengan mengajak siswa mengeksplorasi suatu objek/benda dengan membilangan/operasi berhitung dasar,…
Menyimpulkan Isi Cerita Anak
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Menarik Perhatian Siswa
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang bagaimana seorang guru yang berusaha untuk menarik perhatian siswa untuk memperhatikan pelajaran yang diberikan. Dalam hal ini guru melakukan beberapa cara diantaranya dengan cara : Mengajak mahasiswa untuk mengeksplorasi dengan membilang. Memberi penguatan ketika memberi respon terhadap apa yang kita contohkan….
Nama : Shinta Olviana Paramita
NIM: 877768108
Pokjar : Prabumulih
UPBJJ : Palembang
Dari video berjudul “Yuk, Kita Baca Lagi” memberikan gambaran bahwa guru di video tersebut di awal pembelajaran menyuruh seluruh murid untuk membaca. Di awal ada saja murid yang tidak fokus membaca dan membuat gaduh dan menganggu temannya. Hal yang perlu guru lakukan yaitu menegur dan mendatangi murid-murid yang tidak fokus membaca dan menyuruhnya mengganti bacaan. Hasil bacaan tersebut harus diapresiasi guru dengan menyuruh murid-murid menyampaikan hasil bacaan secara lisan. Dengan menyuruh beberapa siswa menceritakan kembali bacaan akan menambah wawasan dalam menyampaikan bacaan sesuai dengan ide murid namun tidak mengubah arti bacaan tersebut.
NIM: 858319197
Nama: Sri Hendrawati
UPBJJ: Banjarmasin
Program Prodi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Masukan Guru Dalam jabatan (in Service)
Semester: 8
Video tersebut membahas upaya perbaikan pembelajaran, dan juga membahas tentang bagaimana cara mengatasi siswa yang tidak fokus pada saat membaca materi bacaan yang diberikan. Salah satu cara untuk mengatasi hal seperti ini adalah kita dapat mendatangi siswa yang bermasalah tersebut dan memberikan teguran. Apakah dia telah selesai membaca dan tanyakan juga penyebabnya. Siswa dengan kecepatan membaca yang lebih tinggi dari teman-teman yang lain dapat diatasi dengan memberi materi bacaan tambahan lain untuk dibaca sehingga akan memberikan kesibukan tambahan dan sekaligus menambah pengetahuan siswa tersebut. Hasil bacaan tersebut harus diapresiasi oleh guru salah satunya dengan cara mendorong dan menyemangati siswa tersebut untuk maju ke depan kelas dan menceritakan apa yang baru saja dibaca. Hal ini dapat memberikan motivasi pada teman-teman yang lain juga untuk mendapatkan pengalaman tambahan berdasarkan apa yang dibaca oleh siswa tersebut dari materi bacaan tadi.
Nama : Shinta Olviana Paramita
NIM: 877768108
Prodi : S1-PGSD
Pokjar : Prabumulih
UPBJJ : Palembang
Dari video berjudul “Yuk, Kita Baca Lagi” memberikan gambaran bahwa :
1. Pada tahap awal pembelajaran
Guru di video tersebut menyuruh seluruh murid untuk membaca. Di awal saja ada murid yang tidak fokus membaca dan membuat gaduh dan mengganggu teman. Hal yang perlu dilakukan guru adalah menegur dan mendatangi murid-murid yang tidak fokus membaca dan menyuruhnya mengganti bacaan.
2. Hasil bacaan tersebut harus diapresiasi guru dengan menyuruh murid-murid menyampaikan hasil bacaan secara lisan. Dengan menyuruh beberapa siswa menceritakan kembali bacaan akan menambah wawasan dalam menyampaikan bacaan sesuai dengan ide murid namun tidak mengubah arti bacaan tersebut.
3. Ringkasan isi video
Video pembelajaran ini berjudul “Yuk, Kita Baca Lagi” dengan guru yang menyapa anak-anak di kelas kemudian langsung masuk ke inti materi yang akan disampaikan, kemudian di akhir pembelajaran guru memberi anak-anak tugas berupa tampil kedepan untuk menceritakan yang dibaca menggunakan bahasa mereka sendiri.
4. Kelemahan Pembelajaran dalam Video
a. Pembukaan kegiatan pembelajaran guru tidak mengajak anak-anak untuk membaca doa sebelum belajar.
b. Guru tidak melakukan absensi di awal pembelajaran
c. Terlalu monoton, guru diharapkan melakukan kegiatan ice breaking agar suasana kelas lebih efektif.
d. Ada anak-anak yang ribut dan membuat gaduh suasana kelas.
e. Guru tidak memberikan apresiasi kepada anak yang berani maju ke depan.
f. KBM tidak diakhiri dengan doa penutup pembelajaran.
5. Kelebihan Pembelajaran dalam Video
a. Guru semangat menjelaskan mata pelajaran yang sedang dipelajari.
b. Anak-anak kompak dan antusiasme tinggi.
c. Guru memanfaatkan buku teks sebagai media pembelajaran.
d. Guru menegur siswa yang tidak fokus belajar.
e. Guru memberikan bahan bacaan lain untuk siswa yang mempunyai tingkat pemahaman tinggi.
6. Hal unik yang terdapat dalam pembelajaran video
a. Guru tidak memberikan apresiasi ketika ada anak yang berani maju ke depan kelas.
b. Ada beberapa anak yang tidak memperhatikan dan gaduh di kelas.
c. Guru tidak melakukan ice breaking selama KBM.
NAMA:NURAENI EVA RAHAYU
NIM :857149963
PRODI: S1-PGSD
UPBJJ :JAKARTA
POKJAR :RENGAS DENGKLOK
Dari video “yuk , kita baca lagi” kita melihat bu guru sedang memberikan pembelajaran tentang membaca,dalam vidio ini juga kita dapat melihat bagaimana cara guru mengatasi siswa yang tidak konsentrasi dalam membaca dan mengganggu teman nya.Apa yang bu guru lakukan sudah benar.Menurut saya ,membaca sangat membutuhkan konsentrasi yang penuh agar kita tahu apa yang kita baca,isi dari cerita,pesan apa yang di sampaikan dalam cerita dan lainnya,sehingga jika ada teman yang tidak konsentrasi dan mengganggu ketika teman nya sedang membaca,kita sebagai guru harus menegur,agar siswa tadi kembali membaca buku.Dalam video ini juga guru terlihat memberikan apresiasi kepada siswa yang mau tampil kedepan untuk membacakan kembali cerita dari buku yang dia baca. Hal ini sangat bagus sebagai motivasi agar anak-anak atau siswa mau tampil kedepan dan merasa di hargai oleh gurunya.Namun dalam video pembelajaran ini,di awal pembelajaran guru tidak membimbing siswanya untuk berdoa,tidak ada absensi,dan juga ice breaking untuk membuat siswa semangat dan tidak mengantuk ketika membaca buku.
Terimakasih.