Similar Posts
Penggunaan Metode Field atau Karya Wisata dalam menumbuhkan Pemahaman Siswa Pada Tumbuhan dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan permasalahan guru ketika melaksanakan pembelajaran di kelas pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, yaitu dalam materi tempat menyimpan cadangan makanan pada tumbuhan siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi. Metode yang dianjurkan dalam program ini adalah dengan menggunakan metode field trip atau karya wisata…
Keterpaduan Pembelajaran Sastra
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini memuat gambaran tentang pembelajaran sastra klasik di SD yang dirasakan sulit bagi siswa. Dengan menggunakan pendekatan terpadu, antarketerampilan berbahasa maupun antarlintas bidang studi, masalah ini dapat diatasi. Melalui kegiatan membaca, menyimak, berbicara, dan menulis, serta dengan kegiatan berdiskusi di dalam kelompok, siswa akan…
Mengenal Tanda Dinamika
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Mengkontruksi Rumah dari Kertas
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis – – Pakar Dosen – – Pakar Guru – –
Belajar Membuat Pantun
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Video ini berisi tentang pemecahan masalah kesulitan siswa dalam belajar membuat pantun, beserta alternatif pemecahan masalahnya, dengan tujuan untuk mempercepat pemahaman siswa mengenai cara membuat pantun. Solusi yang diberikan dalam program ini adalah dengan pembelajaran secara berkelompok. Dengan belajar berkelompok, selain mempercepat pemahaman siswa bagaimana…
Pembelajaran Model Kompetitif
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar Sinopsis Program ini menggambarkan siswa yang tidak peduli dengan sampah yang berserakan di halaman sekolah dan membuang sampah sembarangan. Untuk mengatasi masalah ini, guru dapat melakukan pembelajaran untuk menanamkan pembiasaan menjaga kebersihan melalui bentuk permainan ”kompetitif area”, yaitu dengan membagi siswa menjadi kelompok kecil dan berlomba…
Nama. : Yusiana
NAMA. : Yusiana
NIM. : 856336736
UPBJJ. : Pangkalpinang
Dari Video yang berjudul ” Yuk,Kita Baca Lagi” yang telah saya amati berikut identifikasi masalah dan analisis yang dapat disimpulkan : pada kegiatan membaca tersebut ada beberapa Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan anak-anak membaca di kelas antara lain meningkatkan pemahaman materi pelajaran, memperluas kosakata, dan melatih kemampuan analisis dan pemikiran kritis. Kekurangan membaca di kelas bisa terjadi jika tidak ada motivasi yang cukup, materi yang kurang menarik, atau lingkungan belajar yang tidak kondusif, sehingga menyebabkan anak merasa bosan atau kesulitan memahami materi.
Kelebihan:
Meningkatkan Pemahaman Materi:
Membaca membantu anak memahami materi pelajaran secara lebih mendalam, karena mereka bisa mengaitkan informasi tertulis dengan pengetahuan yang sudah ada.
Memperluas Kosakata:
Membaca secara rutin memperkaya kosakata anak, sehingga mereka bisa lebih mudah berkomunikasi dan memahami bahasa.
Melatih Kemampuan Analisis dan Pemikiran Kritis:
Membaca teks yang kompleks mendorong anak untuk menganalisis informasi, membuat kesimpulan, dan berpikir secara kritis.
Meningkatkan Kecepatan Membaca:
Dengan berlatih membaca secara rutin, anak akan menjadi lebih cepat dan lancar membaca, sehingga mereka bisa menghemat waktu dan fokus pada pemahaman materi.
Meningkatkan Kemampuan Belajar secara Umum:
Kemampuan membaca yang baik merupakan fondasi penting bagi semua aspek pembelajaran, termasuk matematika, sains, dan mata pelajaran lainnya.
Kekurangan:
Kurangnya Motivasi:
Jika materi yang dibaca tidak menarik atau pelajaran kurang menyenangkan, anak-anak mungkin tidak termotivasi untuk membaca, sehingga mereka kurang memahami materi.
Nama : Dwi Muryani
NIM : 856085796
Dalam vidio pembelajaran ” yuk kita baca lagi ” guru menyuruh siswa untuk membaca buku masing-masing, tetapi siswa tidak fokus membaca apa yang disuruh oleh guru, sehingga siswa ada yang cepat bosan dan juga tidak mengerti apa yang baca. adi kesimpulannya guru mengajak siswa untuk membaca cerita dibuku kemudian disuruh menceritakan kembali apa hasil yang dibaca oleh siswa. Sehingga dapat memacu siswa untuk semangat membaca.
Nama : Wahyu Artati Wulandari
Prodi : PGSD
NIM : 860228354
Kelas : PDGK4209.14
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,
Mohon ijin memberikan analisis video diatas.
1. Tahap awal pembelajaran sudah benar guru meminta seluruh siswa untuk membaca. Di awal video ada beberapa siswa yang kurang fokus. Yang perlu dilakukan guru bisa dengan mendatangi siswa, menanyakan kenapa tidak iku membaca, mungkin bisa mengganti bahan bacaan dengan yang lebih menarik.
2. Dari tugas membaca tersebut siswa bisa diminta menceritakan Kembali dengan bahasa yang mereka pahami, kemudian diberikan tanggapan untuk perbaikan mereka.
3. Guru bisa memberikan apresiasi terhadap siswa yang berani maju ke depan dan yang memberikan tanggapan.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh